OLEH

:
ERIK SETYO IRAWAN (091910301026) SANDI AGUNG IWAN WAWAN

.

 .PENGERTIAN Warganegara adalah rakyat yang menetap di suatu wilayah dan rakyat tertentu dalam hubungannya dengan negara  Hak warganegara adalah segala sesuatu yang harus didapatkan warga negara dari negara (pemerintah)  Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh warganegara terhadap negara.1.

warganegara mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap negara dan sebaliknya warganegara juga mempunyai hak yang harus diberikan dan dilindungi oleh negara  Warga Negara hakikatnya adalah warga yang menjadi anggota dari suatu himpunan yang disebut sebagai Negara  .2.PENJELASAN Dalam hubungan antara warganegara dan negara.

3. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai . Setiap warga negara bebas untuk memilih. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau NKRI dari serangan musuh. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat.HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA 1. 2.

perlindungan. dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum. hak untuk tidak diperbudak . Hak untuk mempunyai hak milik pribadi Hak untuk hidup. 6. Hak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran tanpa memandang status ekonomi. hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani. 7. Hak atas pengakuan. jaminan. hak untuk tidak disiksa. 5.HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA 4.hak beragama. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.

B. E.HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA MENURUT UUD 1945 Hak-Hak Warga Negara Pasal 27 (1. 2. G. F. J)  Pasal 29 (2) (kebebasan memeluk agama)  Pasal 30 (Pertahanan dan keamanan negara)  Pasal 31 (Mendapatkan Pendidikan)  .3) Pasal 28 (A. C. H. D. I.

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA     Pasal 26 ayat (1) : Warga negara adalah orangorang Bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan oleh UU sebagai warga negara Pasal 26 ayat (2) : syarat-syarat yang mengenai kewarganegaraan ditetapkan oleh undang-undang Pasal 27 ayat (1) : Segala warga negaraan bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan.dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya Pasal 27 ayat (2) : Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan penghidupan yang layak .

 Pasal 30 ayat (1) : Setiap warga negara berhak wajib dan ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara  .HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA Pasal 28 : Kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan UU.

. Mengembangkan kehidupan masyarakat ke depan (lingkungan kelembagaan) 4. Ikut terlibat dalam memecahkan masalah–masalah bangsa 3.TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA Mewujudkan kepentingan nasional 2. Memelihara dan memperbaiki demokrasi 1.

KESIMPULAN Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain  Kewajiban adalah suatu beban yang diberikan dan harus dijalankan atau dilaksanakan oleh pihak tersebut dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful