Ruang Lingkup dan Proses Pembelajaran IPS

bangsa.IPS sebagai program pendidikan.  . melainkan harus pula membina peserta didik menjadi warga masyarakat dam warga negara yang bertanggung jawab atas kesejahteraan bersama dalam arti yang seluas-luasnya  Siswa harus memiliki kesadaran tinggi serta tanggung jawab yang kuat terhadap kesejahteraan masyarakat. tidak hanya menyajikan pengetahuan sosial semata-mata. dan negara.

hny ditambah dgn nilai2 yg menjadi karakter program pendidikannya  . ruang lingkupnya sama dgn yg diatas. ruang lingkup IPS adalah kehidupan manusia dalam masyarakat atau manusia sebagai anggota masyarakat atau dapat juga dikatakan manusia dalam konteks sosial  IPS sebagai program pendidikan.Ruang lingkup IPS IPS sebagai bidang keilmuan.

merupakan lembaga pendidikan yg meletakkan dasar-dasar pendidikan kepada anak-anaknya  Keluarga.Keluarga Keluarga. berfungsi memelihara serta menjamin keadilan kepada anggotanya  Lembaga politik. keluarga berfungsi memelihara dan mempertahankan kesejahteraanketentraman-keamanan hak dan kewajiban anggotanya  . sebagai lembaga ekonomi. memenuhi kesejahteraan material keluarganya  Sebagai lembaga peradilan.

Jadi. aman. dan sejahtera  Dan keluarga. keluarga merupakan lembaga yang ebrnilai dasar dan strategis membina serta mengembangkan SDM dlm menciptakan masyarakat yg makmut. merupakan salah satu ruang lingkup dari IPS  .

baik kognitif (pengetahuan. tanggung jawab) maupun psikomotor (keterampilan)  . biologis yg sudah pasti mewarnai aspek-aspek kehidupan sosial lainnya. penalaran) dan afektif (nilai. politik. dan lainnya terdapat dalam hubungan sosial.  Jika pengembangan aspek budaya berupa pendidikan dlm keluarga sifatnya menyeluruh.  Warna ekonomi.Hubungan Sosial Dalam keluarga. sikap. kedaerahan. hub sosial itu sangat dipengaruhi oleh adanya hubungan darah. suku bangsa. kesadaran.

Proses Sosial Perkembangan kehidupan sosial dgn segala aspeknya dr waktu ke waktu. mulai dr tahap yg sederhana sampai tingkat modern. merupakan sisi lain dari ruang lingkup IPS  Proses perkembangan tsb yg biasa disebut proses sosial  .

Nilai-nilai dalam IPS Nilai  Nilai  Nilai  Nilai  Nilai  edukatif praktis teoretis filsafat ketuhanan .

dan psikomotor  Melalui pendidikan IPS. kepedulian. sikap.Nilai Edukatif Salah astu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pendidikan IPS. kesadaran.  Perilaku itu meliputi aspek-aspek kognitif. dan tanggung jawab sosial peserta didik ditingkatkan  . penghayatan. afektif. perasaan. yaitu adanya perubahan perilaku sosial peserta didik ke arah yang lebih baik.

Nilai Praktis Pokok bahasan IPS. jangan hanya tentang pengetahuan yg konseptual-teoretis belaka. disesuaikan dgn tingkat umur dan kegiatan peserta didik sehari-hari  Pembelajaran pada pend IPS diproses scr menarik. mulai dari lingkungan keluarga. dst. terutama u/ masa2 yg akan datang  . di pasar. di tempat bermain. di jalan. dan secara langsung/tidak langsung bernilai praktis serta strategis membina SDM sesuai dengan kenyataan hidup hari ini. tdk terlepas dr kehidupan sehari-hari. melainkan digali dari kehidupan sehari-hari.  Nilai praktis.

kemampuan menyelidiki dan meneliti dgn pertanyaan2  membuat hipotesis  .Nilai Teoretis IPS.  Siswa dibina dan dikembangkan kemampuan nalarnya ke arah dorongan mengetahui sendiri kenyataan dan dorongan menggali sendiri di lapangan. membahas keterkaitan suatu aspek kehidupan sosial dengan yg lainnya.

Nilai Filsafat Siswa dikembangkan kesadaran dan penghayatannya terhadap keberadaannya di tengah2 masyarakat. bahkan juga di tengah2 alam raya ini  Siswa disadarkan ttg peranan masing2 thd masyarakat. bahkan terhadap alam lingkungan secara keseluruhan  Kemampuan merenungkan keberadaan dan peranan di masyarakat dikembangkan  .

Nilai Ketuhanan Manusia menguasai IPTEK. merupakan nilai ketuhananyg strategis sbg bangsa yang berpancasila  Pendidikan IPS menjadi landasan kuat penanaman dan pengembangan nilai ketuhanan yg menjadi kunci kebahagiaan manusia lahir dan batin  . menjadi landasan kita mendekatkan diri dan meningkatkan IMTAQ kepadaNya  Kekaguman manusia kepada segala ciptaanNya. baik berupa fenomena fisikal-alamiah maupun berupa fenomena kehidupan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful