TUGAS MAKALAH KEWARGANEGARAAN

Oleh : DIKA BAHTERA PRASAJA H1F011028

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK JURUSAN TEKNIK – PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI PURBALINGGA 2012
1

.6 Metode Analisis………....12 Saran…………………………………………………………………12 Daftar Pustaka………………………………………………………………13 2 ..4 Ruang Lingkup……………………………………………………….4 Tujuan………………………………………………………………..DAFTAR ISI Daftar Isi…………………………………………………………………….7 BAB III Analisis Permasalahan Pembahasan………………………………………………………….4 Manfaat……………………………………………………………….3 Rumusan Masalah…………………………………………………... 2 BAB I Pendahuluan Latar Belakang………………………………………………………..…………………………………………….5 BAB II Metode Penulisan Perancangan Penulisan………………………………………………6 Objek Penulisan………………………………………………………6 Dasar Pemilihan Objek………………………………………………6 Metode Pemilihan Objek…………………………………………….8 BAB IV Penutup Kesimpulan………………………………………………………….

Biaya produksi menjadi tinggi. yang kedua adalah naiknya permintaan (demand) dan di sisi lain terdapat kekhawatiran atas ketidakmampuan negaranegara produsen untuk meningkatkan produksi. DPR akhirnya menyetujui rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak pada hari Selasa 27 September 2005 sebesar minimal 50%. dan minyak tanah sejak 1 Oktober 2005 akibat kenaikan harga minyak mentah dunia hingga lebih dari 60 Dolar AS per barel dan terbatasnya keuangan pemerintah ini direspon oleh pasar dengan naiknya harga barang kebutuhan masyarakat yang lain. Tiga tahun berikutnya harga terus naik seiring dengan menurunnya kapasitas cadangan. sedangkan masalah tingkat utilisasi kilang di beberapa negara dan menurunnya persediaan bensin di Amerika Serikat juga turut berpengaruh terhadap posisi harga minyak yang terus meninggi. solar. Gejolak harga minyak dunia sebenarnya sudah mulai terlihat sejak tahun 2000. Kebijakan kenaikan harga BBM dengan angka yang menakjubkan ini tentu saja menimbulkan dampak yang signifikan terhadap perekonomian sehingga kebijakan ini menimbulkan banyak protes dari berbagai kalangan. Kenaikan harga BBM itu bagi masyarakat khususnya yang mempunyai perekonomian rendah sangatlah sulit.1 Latar Belakang Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak ( BBM ) akan berdampak pada kebutuhan pokok lainnya. Keputusan pemerintah menaikkan harga bensin. misalnya saja untuk memenuhi kebutuhan makanan dan transportasi juga pasti akan mengalami kenaikan. salah satunya adalah persepsi terhadap rendahnya kapasitas cadangan harga minyak yang ada saat ini. Hal ini kemudian direspon oleh pemerintah di beberapa negara di dunia dengan menaikkan harga BBM. Ada sejumlah faktor penyebab terjadinya gejolak ini. Demikian juga dengan Indonesia. di lain pihak Pemerintah sebagai pengatur kebijakan menganggap kenaikan harga BBM ini merupakan hal yang wajar. harga barang kebutuhan masyarakat semakin mahal sehingga daya beli masyarakat semakin menurun sehingga menyebabkan perekonomian di Indonesia menjadi 3 .BAB I PENDAHULUAN 1.

3. 4 . 2. 4. Sebutkan Contoh masalah yang ditimbulkan karena kenaikan harga BBM ? 3. Bagaimana tanggapan masyarakat tentang kenaikan harga BBM ? 4.3 Tujuan 1. Mampu berpikir kritis terhadap suatu permasalahan. Bagaimana tanggapan pemerintah tentang kenaikan harga BBM ? 5.4 Manfaat 1. 1. Dapat memberikan solusi yang baik bagi semua pihak supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.2 Rumusan masalah 1. 3. Bagaimana solusi mengenai permasalahan kenaikan harga BBM ? 1. Apakah dampak kenaikan harga BBM ? 2. Menjadi orang yang dapat berpikir kritis dalam berbagai kondisi yang ada 2. Melatih diri untuk lebih pekak terhadap masalah yang ada di lingkungan sekitar. Dapat berpartisipasi dalam memberikan solusi yang tepat. Membiasakan diri untuk pekek terhadap suatu masalah. Menajdi orang yang berperan aktif dalam menyelesaikan suatu masalah.sehingga apabila terjadi masalah serupa kita sudah siap mengatasinya.1.

5 Ruang Lingkup Dalam penulisan makalah ini penulis membatasi pembahasan materi kenaikan harga BBM tentang. dampak yang terjadi di lingkungan masyarakat.1. 5 . bagaimana tanggapan dari masyarakat dan pemerintah mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak dan bagaimana solusi yang tepat mengenai permasalahan kenaikan harga bahan bakar minyak. contoh kasus atau konflik yang terjadi karena kenaikan harga bahan bakar minyak.

sedangkan metode kaji pustaka yaitu dengan cara mencari data dari media massa. makalah. Metode diskusi yaitu dengan cara kami berdiskusi dengan anggota kelompok.4 Metode Pengumpulan Data Pengumpulan data yang digunakan adalah kajian pustaka terhadap bahanbahan kepustakaan yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat yaitu tentang kenaikan harga BBM. contoh masalah yang ditimbulkan. Dalam penulisan ini dan juga menggunakan metode diskusi yaitu kami mendiskusikan berbagai macam masalah untuk dituangkan dalam penulisan ini.3 Dasar Pemilihan Objek Sebagian masyarakat belum mengetahui dan memahami betul tentang aspek BBM ini. dan jurnal. Dalam penulisan ini. 2. 6 . penulis menggunakan metode diskusi dan kajian pustaka.2 Objek Penulisan Penulisan ini dilakukan pada aspek kenaikan BBM atau perangkat lunak computer. dimana apabila akibat dari kenaikan harga BBM ini menimbulkan masalah yang batu.1 Perancangan Penulisan Makalah ini mencoba mengetahui tentang BBM baik itu dampak kenaikan BBM. tanggapan dari masyarakat dan pemerintah tentang kenaikan BBM.BAB II METODE PENULISAN 2. dan solusi yang tepat untuk dapat memecahkan masalah ini. 2. terutama masalah kenaikan harga BBM. 2. buku. Diharapkan kedepannya masyarakat lebih paham mengenai masalah ini.

Pada bagian ini juga mencakup saran-saran dan masukan pihak lain untuk dikembangkan oleh pihak-pihak yang terkait agar dapat diperoleh hasil yang optimal. 7 .5 Metode Analisis Kesimpulan ini merupakan rangkuman dari hasil pengolahan data dan analisa.2.

1 Dampak Kenaikan harga BBM Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditas yang memegang peranan sangat vital dalam semua aktifitas ekonomi.2 Dampak yang di timbulkan dari kenaikan harga BBM 8 . Dampak langsung perubahan harga minyak ini adalah perubahan-perubahan biaya operasional yang mengakibatkan tingkat keuntungan kegiatan investasi langsung terkoreksi. Turunnya daya beli masyarakat mengakibatkan tidak terserapnya semua hasil produksi banyak perusahaan sehingga secara keseluruhan akan menurunkan penjualan yang pada akhirnya juga akan menurunkan laba perusahaan.1 Pembahasan 3.BAB III ANALISIS PERMASALAHAN 3. ongkos angkut ditambah pula tuntutan dari karyawan untuk menaikkan upah yang pada akhirnya keuntungan perusahaan menjadi semakin kecil.1. 3. Di lain pihak dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tersebut akan memperberat beban hidup masyarakat yang pada akhirnya akan menurunkan daya beli masyarakat secara keseluruhan. Multiple efek dari kenaikan BBM ini antara lain meningkatkan biaya overhead pabrik karena naiknya biaya bahan baku. Hal ini dikarenakan terjadi kenaikan pada pos-pos biaya produksi sehingga meningkatkan biaya secara keseluruhan dan mengakibatkan kenaikan harga pokok produksi yang akhirnya akan menaikkan harga jual produk.1. dan investor selalu berusaha mananamkan dana pada investasi portofolio yang efisien dan relatif aman. Secara sederhana tujuan investasi adalah untuk maksimisasi kemakmuran melalui maksimisasi keuntungan. Kenaikan harga BBM bukan saja memperbesar beban masyarakat kecil pada umumnya tetapi juga bagi dunia usaha pada khususnya.

6 persen. laju inflasi tahun 2005 diperkirakan berkisar 16-18 persen atau titik tengahnya adalah 17 persen. Dengan mengacu pada inflasi kumulatif Januari-September 2005 sebesar 9. inflasi bulan Oktober sebesar 8. Di awal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). sangat tidak realistis untuk menyelesaikan semua masalah itu sekaligus dengan hanya menggunakan satu jurus pamungkas. Hitung-hitungan pemerintah jelas keliru dan menyederhanakan masalah. Berdasarkan angka-angka itu.2 Dampak Kenaikan harga BBM >>> Kenaikan BBM Menyebabkan Inflasi Kekhawatiran banyak kalangan atas dampak kenaikan harga bahan bakar minyak yang sangat drastis menjadi kenyataan. Dampak ini dapat menimbulkan suatu ekspektasi inflasi dari masyarakat yang dapat mempengaruhi kenaikan harga berbagai jenis barang/jasa. >>> Dampak Kenaikan BBM Pada Masyarakat Kecil Walaupun dampak kenaikan harga BBM tersebut sulit dihitung dalam gerakan kenaikan inflasi.1. yakni kenaikan harga BBM sebesar 114 persen berdasarkan rata-rata tertimbang. Memang disadari bahwa besarnya disparitas harga BBM di dalam dan luar negeri menimbulkan banyak masalah. Lalu beberapa hari kemudian dikoreksi menjadi kira-kira 12 persen. Inflasi Oktober berdasarkan perhitungan "tahun ke tahun" (year on year) lebih tinggi lagi. Namun. seorang menteri ekonomi menegaskan bisa menahan laju inflasi tahun 2005 di sekitar 10 persen.7 persen tentu saja tergolong luar biasa sehingga membuat inflasi kumulatif Januari-Oktober menjadi 15. selanjutnya kembali dikoreksi menjadi 14 persen. Kali ini dan untuk ke sekian kalinya pemerintah salah langkah.9 persen.1 persen.3. tetapi dapat dirasakan dampak psikologisnya yang relatif kuat. Ekspektasi inflasi ini muncul karena pelaku pasar terutama pedagang eceran ikut terpengaruh 9 . yakni 17. Angka laju inflasi yang diumumkan dua hari sebelum Idul Fitri betul-betul di luar dugaan hampir semua pemerhati ekonomi dan bahkan kalangan pemerintah sendiri.

Demikian pula dengan harga solar yang mengalami kenaikan juga akan menyebabkan kenaikan harga barang/jasa yang dalam proses produksinya menggunakan solar sebagai sumber energinya. karena pemerintah menganggap kenaikan harga BBM ini untuk mengurangi volume kendaraan dan menjaga kestabilan devisa negara. dengan naiknya premium sebagai bahan bakar transportasi akan menyebabkan naiknya tarif angkutan. masyarakat menilai pemerintah kurang bijaksana dalam mengambil keputusan karena dalam pengambilan keputusan di rasa sepihak dan kurang memperhatikan lingkungan disekitarnya. Adapun solusi-solusi yang telah ada diantaranya adalah : 10 . solar. Perilaku kenaikan harga barang-barang kebutuhan masyarakat setelah terjadi kenaikan harga beberapa jenis BBM seperti premium (bensin pompa).4 Solusi dari kenaikan harga BBM Untuk kenaikan harga BBM ini memang sudah banyak dikemukakan oleh berbagai pihak.3 Tanggapan Masyarakat dan Pemerintah mengenai kenaikan harga BBM >>> Tanggapan Masyarakat Masyarakat pada umumnya banyak yang menolak dengan kenaikan harga BBM ini.dengan kenaikan harga BBM dengan cara menaikkan harga barang-barang dagangannya.1. Dan biasanya kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat terjadi ketika isu kenaikan harga BBM mulai terdengar. 3. >>> Tanggapan Pemerintah Pemerintah menanggapi permasalahan kenaikan harga BBM ini dirasa sudah benar. tapi selama ini dirasa belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. dan minyak tanah dari waktu ke waktu relatif sama. Misalnya. 3. Dengan kenaikan tarif angkutan tersebut maka akan mendorong kenaikan harga barang-barang yang banyak menggunakan jasa transportasi tersebut dalam distribusi barangnya ke pasar.1.

- Harga BBM tetap naik. 11 . pruduksi minyak mentah dinaikan Dll. pendapatan perkapita juga dinaikan Beralih menggunakan bahan bakar alternatif Harga BBM tetap.

Multiple efek dari kenaikan BBM ini antara lain meningkatkan biaya overhead pabrik karena naiknya biaya bahan baku. ongkos angkut ditambah pula tuntutan dari karyawan untuk menaikkan upah yang pada akhirnya keuntungan perusahaan menjadi semakin kecil. Secara sederhana tujuan investasi adalah untuk maksimisasi kemakmuran melalui maksimisasi keuntungan. Di lain pihak dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak tersebut akan memperberat beban hidup masyarakat yang pada akhirnya akan menurunkan daya beli masyarakat secara 4. dan investor selalu berusaha mananamkan dana pada investasi portofolio yang efisien dan relatif aman. . supaya dalam menjalankan kebijakan tersebut tidak saling berlawanan arah dan dapat dijalankan dengan seoptimal mungkin. Kenaikan harga BBM bukan saja memperbesar beban masyarakat kecil pada umumnya tetapi juga bagi dunia usaha pada khususnya. Dampak langsung perubahan harga minyak ini adalah perubahan-perubahan biaya operasional yang mengakibatkan tingkat keuntungan kegiatan investasi langsung terkoreksi.BAB IV PENUTUP 4.2 Saran Diharapkan kedepannya baik pemerintah maupun masyarakat dalam mengambil dan menjalankan suatu kebijakan harus disepakati secara bersama dalam suatu forum atau musyawarah.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil data penelitian dan pembahasan hasil data maka dapat diambil kesimpulan bahwa : Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditas yang memegang peranan sangat vital dalam semua aktifitas ekonomi. Hal ini dikarenakan terjadi kenaikan pada pos-pos biaya produksi sehingga meningkatkan biaya secara keseluruhan dan mengakibatkan kenaikan harga pokok produksi yang akhirnya akan menaikkan harga jual produk. 12 keseluruhan.

multiply.com Jawa Pos Online.okezone. Rubrik Pembaca Menulis.Daftar Pustaka Mulyono. Kompas Cybermedia. 2008. http://kampus.blogspot.com/2012/04/dampak-kenaikan-harga-bbm-diindonesia.html 13 . Edisi Mei 2002. Mensiasati Dampak Kenaikan BBM Bagi Pengusaha Kecil. Majalah Trend Data. 30 Januari 2002.com/read/2012/03/28/373/601415/ini-solusi-para-dosenhadapi-kenaikan-bbm http://carapada. Dampak Kenaikan Harga BBM. http://reincarbonated. Arya Yoga. 20 April 2001.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful