P. 1
Hewan Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi

Hewan Yang Memiliki Kemampuan Ekolokasi

2.0

|Views: 11,145|Likes:
Published by yodhahernandez

More info:

Published by: yodhahernandez on May 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2014

pdf

text

original

Hewan yang memiliki kemampuan ekolokasi

1. Merupakan binatang nocturnal yaitu binatang yang mencari makan atau beraktivitas pada waktu malam, sedangkan pada siang hari untuk tidur. 2. Mempunyai kulit tipis(yang menyerupai sayap) yang bisa digunakan untuk terbang, sehingga kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang 3. Mempunyai kemampuan ekolokasi yaitu kemampuan menentukan jarak mangsa ataupun rintangan berdasarkan pantulan bunyi ultrasonic yang dikeluarkan melalui mulutnya

1. Burung hantu termasuk binatang nokturnal, yaitu binatang yang beraktivitas di malam hari. 2. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya di malam hari.

4. dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya secara diam-diam. Helai daun yang dibagi menjadi dua : tangkai daun berbentuk hati yang pipih dan sepasang lobus terminal. Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat. Penangkap lalat Venus merupakan tanaman kecil yang memiliki 4-7 daun yang tumbuh dari batang bawah tanah pendek. Tanaman NEPENTHES . Dionaea MuscipulaDionaea Muscipula.. Tubuhan bunga yang memakan serangga Tanaman venus 1. lebih dikenal sebagai penangkap lalat Venus. Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar saat terbang. mungkin adalah tanaman karnivora paling terkenal dan ia makan terutama pada serangga dan arakhnida.3.. sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.

Genus Nepenthes (Kantong semar ( Tropical pitcher plant). Pada umumnya. dan kantong roset. pacet. Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa. Kaledonia Baru. namun kantong roset tumbuh pada bagian daun berbentuk roset. bagian sulur menghadap ke belakang dan dapat melilit ranting tanaman lain. baik yang alami maupun hibrida. memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah. yaitu kantong atas. tidak memiliki sayap. memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya. kantong bawah. Seychelles.Filipine. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra. . Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergelatak di atas tanah. Madagaskar. India. 85%). anak kodok) yang masuk ke dalam. Malaysia. kantong atas lebih sering menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk atau lalat. biasanya berbentuk corong atau silinder. adapun kantong roset. yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga. dan Sri Lanka. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama kini meliputi negara Indonesia (55 spesies. Australia.Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. yang termasuk dalam familia monotipik terdiri dari 80-100 spesies. Republik Rakyat Cina bagian selatan. Nepenthes memiliki tiga macam bentuk kantong. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong.

NAMA PEMBUAT: NELA TRI ISTIANTI ZAHRA TASKIA SALSABILA KELAS : VI IMAM BUKHORI PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM GURU BIDANG STUDY : IBU SRI ATIKOH FARIDAH Tanaman NEPENTHES .

Kaledonia Baru. yaitu kantong atas. Pada umumnya. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama kini meliputi negara Indonesia (55 spesies. Nepenthes memiliki tiga macam bentuk kantong. pacet. yang termasuk dalam familia monotipik terdiri dari 80-100 spesies. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong. namun kantong roset tumbuh pada bagian daun berbentuk roset. dan kantong roset. tidak memiliki sayap. Seychelles. Malaysia. 85%). Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.Filipine. Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergelatak di atas tanah. biasanya berbentuk corong atau silinder. baik yang alami maupun hibrida.Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya. Republik Rakyat Cina bagian selatan. . dan Sri Lanka. kantong bawah. Madagaskar. adapun kantong roset. Australia. anak kodok) yang masuk ke dalam. memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah. kantong atas lebih sering menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk atau lalat. memiliki dua sayap yang berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya. India. yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga. Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa.Genus Nepenthes (Kantong semar ( Tropical pitcher plant). bagian sulur menghadap ke belakang dan dapat melilit ranting tanaman lain.

. Venus Fly Trap (Dionaea muscipula). Punggu Api (Drosera burmannii). Sedangkan tanaman yang dimaksud adalah kantung semar (Nephantes sp. Binatang yang dimaksud sebetulnya bukan binatang besar tetapi serangga seperti lalat. dan Sarasenia (Saraccenia sp. hingga anak kodok. laba-laba.) yang disebut juga tumbuhan insektivora.).Insektivora adalah sebutan untuk organisme yang makanannya adalah serangga dan hewan kecil lainnya. semut.

Maluku. Kantung semar paing banyak ditemui di Kalimantan. apalagi memakan kita. Cairan asam berfungsi mencabik-cabik tubuh serangga menjadi molekul besar yakni protein. Awalnya kantung semar “memancing” serangga dengan cara mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar di kantongnya. Satu-satunya daging yang dimakan kantung semar dan kawan-kawan hanyalah daging serangga . tumbuhan ini tidak bisa menggigit manusia.). Nepenthes alata Selanjutnya kantung semar mengeluarkan enzim proteolase (nephenthesin) sebagai enzim pengurai protein menjadi zat-zat sederhana (nitrogen.Di Indonesia. supaya mendekati bibir kantong. tumbuhan insektivora yang dikenal dan merupakan flora langka adalah tumbuhan kantung semar (Nephentes sp. fosfor. kalium & garamgaram mineral). Jangan khawatir. tapi terdapat juga di Sumatera. Sulawesi. dan Papua. Zat-zat ini yang akan diserap menjadi nutrisi makanan. Setelah itu serangga akan tergelincir dan masuk ke dalam kantung dan terjebak dalam cairan kantung. Cara kerjanya sama dengan lambung manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->