MAKALAH MATEMATIKA DISKRIT

Aplikasi Teori Graft Dalam Beberapa Masalah Nyata

Disusun oleh Kelompok 4 : Anggota : 1. Kris Sutrisno 2. Mita Fadilah 3. Apriansyah 4. Tri Apriani 5. Anggi

STMIK BINUS NUSANTARA JAYA LUBUKLINGGAU Tahun Akademik 2011 / 2012

Lubuklinggau. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini yang berjudul "Aplikasi Teori Graft Dalam Beberapa Masalah Nyata" tepat pada waktunya. Kritik dan saran dari pembaca di e-mail krissutris@gmail.com sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini. Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Januari 2012 Penulis ii .

........................................................... 1 D....................................................... Penggunan Graft untuk mencari Solusi Masalah a........................................ 1 C...............................DAFTAR ISI Cover Kata Pengantar Daftar Isi i ii iii Aplikasi Teori Graft Dalam Beberapa Masalah Nyata A...... 1 B................ Persoalan Pedagang Keliling ... Lintasan Terpendek ......... Penggunaan Graft Dalam Penerbangan E...................... Lumpur Lapindo Kesimpulan Daftar Pustaka 2 2 2 3 4 iii ................................................................ Persoalan Tukang Pos ..........................

B. D. Maka. lokasi airport harus diperhitungkan dengan cermat agar mengatasi masalah bahan bakar namun tetap memiliki jangkauan yang luas untuk tujuan komersial. dalam artian memiliki waktu tempuh seminimal mungkin. 1 . Dapat dikatakan bahwa pesawat udara bukanlah merupakan alat transportasi yang fleksibel. Penggunaan graf dalam penerbangan Penerapan graf dalam di dunia modern ini terlihat dalam bidang kedirgantaraan. Apabila setiap tempat masing-masing dihubungkan dengan 1 jalan. Persoalan Pedagang Keliling Diberikan sejumlah kota dan diketahui jarak antar kota. kecuali untuk pesawat tempur. Lintasan terpendek Sistem transportasi yang baik adalah sistem transportasi yang paling efisien. maka akan terjadi pemborosan dan hanya akan menambah kompleksitas permasalahan.A. Bagaimana ia merencanakan rute perjalanannya supaya ia melewati setiap jalan tepat sekali dan kembali lagi ke tempat awal keberangkatan? Penyelesaian dilakukan dengan menentukan sirkuit Euler di dalam graf. karena menghubungkan 2 tempat tidak bisa mengabaikan lintasan untuk tempat-tempat lainnya. kapasitas bahan bakar pesawat terbatas dan tidak dimungkinkan untuk pengisian bahan bakar di udara. Menghubungkan 2 buah tempat bukanlah sekedar menarik garis terpendek di antara kedua tempat tersebut. Dunia modern ditandai dengan kemudahan dan kecepatan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Persoalan Tukang Pos Persoalan: seorang tukang pos akan mengantar surat ke alamat-alamat sepanjang jalan di suatu daerah. Tentukan sirkuit terpendek yang harus dilalui oleh seorang pedagang bila pedagang itu berangkat dari sebuah kota asal dan menyinggahi setiap kota tepat satu kali dan kembali lagi ke kota asal keberangkatan. C. Penyelesaian masalah yang dilakukan berkaitan dengan teori graf adalah dengan menentukan sirkuit Hamilton yang memiliki bobot minimum.

graf dapat memunculkan berbagai alternatif solusi penyelesaian masalah dan memilih yang terbaik. Graf bukan hanya sebagai representasi masalah. termasuk dalam jalur perhubungan. akan tetapi sebenarnya jalur ini masih berbahaya untuk dilalui. Alternatif penyelesaian untuk masalah ini yang diambil adalah dengan memindahkan secara permanen jalan tol sepanjang 6.E. a. Dengan melakukan berbagai perhitungan. Apabila diumpamakan dalam graf.5 kilometer ke rute baru di atas jalan raya Porong-Gempol yang sudah ada. Pemerintah memutuskan merancang jalur penghubung alternatif. Kasus Lapindo Kasus lumpur Lapindo menyebabkan kerugian di berbagai bidang. Walaupun kendaraan masih berlalu-lalang. Penggunaan graf untuk mencari solusi masalah Suatu teori tentunya akan berkembang apabila dapat dipakai untuk memecahkan problematika kehidupan sehari-hari yang konkret. 2 . Lumpur yang menggenangi jalan tol penghubung Surabaya-Gempol menyebabkan daerah Gempol terisolasi. wilayah Gempol dapat diumpamakan sebagai simpul terpencil (isolated vertex) dan jalan tol merupakan cut-set.

Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari berbagai macam studi kasus mengenai graf adalah : 1. 4. Keampuhan dari graf adalah dapat menggambarkan segala kemungkinan solusi yang mungkin untuk suatu masalah. variabel yang terdapat dalam suatu permasalahan bukanlah sekedar jarak. Kasus-kasus yang diselesaikan dengan menggunakan graf adalah yang dapat disimbolkan dengan simpul dan garis. melainkan dapat pula berupa faktor-faktor non-matematis seperti kondisi sosial. Graf dapat merupakan salah satu bentuk representasi dari masalah dan dapat pula digunakan untuk memecahkan masalah 2. 3. Dalam prakteknya. dan kemudian menentukan salah satu yang paling baik secara matematis. tingkat ekonomi. 3 .

com/docs/18549084/Tugas-Makalah-Mata-Kuliah-IF-2151Matematika-Diskrit http://www.html.html&ei=GGMCT7WIIo_LrQfiiv3pDw&usg=AFQjCNH9U0hYRZddb_N_WnaxH8 YaHdPGRQ http://www.wordpress.com/doc/29475008/Aplikasi-Graf-Dalam-Matriks-Untuk-MenentukanRute-Terpandek http://gamatika.cencus.co. com/adm/aplikasi%2Bteori%2Bgraf%2Bdalam%2Bkehidupan%2Bsehari%2Bhari&ei=om MCT7ubOI7JrQfZ2eT3Dw&usg=AFQjCNE6oKbf8bNGSBXvLjLBxJfFuNYMWw http://lib.gov/ipc/www/world.com/ 4 .id/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi%20teori%20graf%20dalam%20kehidu pan%20nyata&source=web&cd=14&ved=0CCwQFjADOAo&url=http://artikelduniamaya.php%3Fstateid%3Ddownload%26id%3D9733%26part%3Dfiles&ei= XGECT_3XNIXYrQfMldHqDw&usg=AFQjCNGEjo4ZwypRTc7rujby4TM7U5Jsjw http://www.gunadarma.docstoc.google.ac.uin-malang.id/url?sa=t&rct=j&q=aplikasi%20teori%20graft%20dalam%20kehid upan%20nyata&source=web&cd=7&ved=0CEcQFjAG&url=http://staffsite.com/2011/01/05/aplikasi-teori-graf-pada-games-kejelian-mata/ http://www.google.id/thesis/fullchapter/06510026-varhana.i d/mufidnilmada/index.DAFTAR PUSTAKA http://elearning.unesa.html/ http://people.info/pdf/aplikasi-teori-graf-padapohon.ac.brunel.uk/~mastjjb/jeb/or/graph.ac./ http://www.co.co.com/doc/29474724/Aplikasi-Graf-pada-Permainan-Catur http://www.google.scribd.id/tag/aplikasi-teori-graf-dalam-kehidupan-sehari-hari http://www.ilmugizi.id/url?sa=t&rct=j&q=penerapan%20teori%20graft&source=web&cd =10&ved=0CFcQFjAJ&url=http://www.scribd.ac.ps http://www.garuda-indonesia.