SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Pendidikan

Agama Kristen Materi Pokok : 1. Manusia sebagai gambar dan rupa Allah Kelas / Semester :7/1 Pertemuan ke : 2 x 40 Metode : Ceramah, Diskusi Kelompok, Penelahaan Alkitab, Studi Kasus, Games, sosio drama, refleksi diri. Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan mahkota ciptaan Allah. Hal ini diwujudkan dengan hasil belajar sbb : Siswa menyadari manusia sebagai gambar dan rupa Allah dan siswa dapat menjelaskan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia. Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi, studi kasus, PA, Tanya Jawab, Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab, Cermin Remaja ,Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran, majalah, pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Indikator Pencapaian : 1. Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah 2. Membedakan makna gambar dan rupa Allah dalam diri manusia 3. menyimpulan citra-citra Allah yang ada pada diri manusia 4. mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah 5. menjelaskan arti mandat 6. menginformasikan mandat yang Allah berikan kepada manusia 7. menerapkan mandat Allah dalam kehidupan mereka 8. menjelaskan arti kebesaran Allah 9. membandingkan kebesaran Allah dengan kebesaran manusia 10 menyebutkan contoh-contoh kebesaran Allah 11. menjelaskan arti keterbatasan manusia 12. menarik kesimpulan dalam hal apa saja keterbatasan manusia itu 13. menerapkan sikap yang benar sebagai manusia yang terbatas 14. membandikan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia 15. menarik kesimpulan antara kebesaran Allah dan keterbatasan manusia b. Materi Esensial : Manusia sebagai gambar dan rupa Allah adalah manusia yang memiliki cintra/karakter seperti Allah. Manusia adalah mahkota ciptaan Allah yang menjadi kawan sekerja Allah di dunia ini. : Disiplin, jujur, teliti, bekerja sama, toleransi, mengagungkan , Tuhan Maha, pencipta, motivasi diri, kasih sayang, memiliki rasa Kerbukaan,. Mampu mengendalikan Diri

c. Life Skill

bunga dan buah-buahan. Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin oleh guru sendiri. Dan siswa diminta mengisi tabel perbandingan sikap mereka sebagai gambar Allah . Siswa diminta mengerjakan kegiatan yang ada di dalam buku cetak III. Photo tidak dapat menjelaskan keseluruhan diri seseorang karena itu hanya tiruan dari keadaan yang asli. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. Setelah itu. Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : II. Guru membandingkan perbedaan apa saja yang ada pada berbagai timbuh-tumbuhan itu dengan manusia. Siswa secara berkelompok mendiskusikan bagian Alkitab tentang 30 ’ gambar dan rupa Allah dan mencatat hasil diskusi mereka. Media photo dapat digunakan untuk hal ini. jakarta.S. siswa diminta mengerjakan kegiatan yang ada dalam buku cetak. Lalu guru membawa daun. Tahapa n waktu 5’ 30 ’ Pertemuan ke-2 : d. Rincian Proses : No. Lalu guru kembali memberikan penjelasan lebih dan tentang arti dan hakikat manusia sebagai gambar dan rupa Allah.MM . Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: Guru mengarahkan siwa untuk mengungkapkan pengertian mereka tentang gambar dan rupa Alah. Proses Pembelajaran Interaktif 1. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th 5’ Menyetujui.d. Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan. Penutup Guru membacakan cerita tentang menolong seseorang yang kesulitan. Guru meminta siswa mengungkapkan siapakah manusia itu dan salah seorang dipilih di antara siswa sebagai contoh. Setelah guru selesai menjelaskan siswa diminta untuk mengerjakan kegiatan 2.

Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan mahkota ciptaan Allah. Games. Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi. jujur. menyimpulan citra-citra Allah yang ada pada diri manusia 4. Hal ini diwujudkan dengan hasil belajar sbb : Siswa menyadari manusia sebagai gambar dan rupa Allah dan siswa dapat menjelaskan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia. menerapkan mandat Allah dalam kehidupan mereka 8. studi kasus. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah 2. kasih sayang. majalah. refleksi diri. PA. memelihara ciptaan Tuhan dan alam semesta dan Mengasihi sesama manusia. membandikan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia 15.. Tanya Jawab. menarik kesimpulan dalam hal apa saja keterbatasan manusia itu 13. Studi Kasus. menjelaskan arti mandat 6. Cermin Remaja . memiliki rasa Kerbukaan. Manusia diberi mandat untuk Berkarya Kelas / Semester :7/1 Pertemuan ke : 2 x 40 Metode : Ceramah.SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA ======================================================================= Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Materi Pokok : 2. Membedakan makna gambar dan rupa Allah dalam diri manusia 3. menjelaskan arti kebesaran Allah 9. sosio drama. toleransi. Dasar dari mandat Allah ini adalah Kejadian 1:28 dan kejadian 2:15 c. Indikator Pencapaian : 1. Materi Esensial : Manusia Diberi Mandat Untuk Berkarya. Mampu mengendalikan Diri . teliti.Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran. Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab. Diskusi Kelompok. menarik kesimpulan antara kebesaran Allah dan keterbatasan manusia b. Mandat Artinya Perintah atau wewenang. membandingkan kebesaran Allah dengan kebesaran manusia 10 menyebutkan contoh-contoh kebesaran Allah 11. menerapkan sikap yang benar sebagai manusia yang terbatas 14. mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah 5. bekerja sama. Penelahaan Alkitab. Life Skill : Disiplin. motivasi diri. menginformasikan mandat yang Allah berikan kepada manusia 7. mengagungkan . pencipta. Tuhan Maha. menjelaskan arti keterbatasan manusia 12. otoritas yang diberikan oleh Tuhan untuk .

Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : Tahapan waktu 5 ’ 2. Dan alasan apa saja seorang anak tidak mau melakukan perintah dari orang tuanya. Tetapi ada yang mau melaksanakan dan ada yang tidak mau melaksanakan. Penutup Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan.d. Dan guru bertanya kepada sesluruh siswa menurut mereka apa arti permainan peran tadi. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PELITA KASIH JAKARTA . 5’ Menyetujui.MM jakarta.. Rincian Proses : No. Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi. Proses Pembelajaran Interaktif 1. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. 30 ’ 30 ’ III. yaitu dari orang tua mereka. Ada perintah yang harus dijalankan oleh anak-anak ini.S. Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: Guru memilih beberapa orang di antara siswa untuk bemain peran dari sosio drama yang ada dalam buku cetak. Siswa diminta mendata sebagai seorang siswa mandat apa saja yang mereka terima dan bagaimana mereka melaksanakan seluruh andat itu. Pertemuan ke-2 : Guru menjelaskan kepada siwa arti dari kata Mandat dan mandat apa saja yang harus diterima dan dilaksanakan oleh manusia sebagai kawan sekerja Allah. ” Ku mau Seperti-Mu Yesus dan berdoa yang dipimpin siswa . Guru melakukan tanya jawah awal pada siswa alasan-alasan apa saja yang membuat seseorang tidak mau melakuklan perintah orang lain. Setelah itu siswa diminta mengerjakan kegiatan 3.

Kebesaran Allah a. Tanya Jawab. baik dalam perkataan. Membedakan makna gambar dan rupa Allah dalam diri manusia 3. menarik kesimpulan antara kebesaran Allah dan keterbatasan manusia b.KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA ======================================================================= Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Materi Pokok : 3. Diskusi Kelompok. sosio drama. membandikan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia 15. menjelaskan arti keterbatasan manusia 12. Indikator Pencapaian : 1. menyimpulan citra-citra Allah yang ada pada diri manusia 4. studi kasus. Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab. Materi Esensial : Kebesaran Allah ialah keagungan.Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran. menjelaskan arti kebesaran Allah 9. kemuliaan. menginformasikan mandat yang Allah berikan kepada manusia 7. Keterbatasan Manusia b. mewujudkan tindakan sebagai manusia yang segambar dan serupa dengan Allah 5. Hal ini diwujudkan dengan hasil belajar sbb : Siswa menyadari manusia sebagai gambar dan rupa Allah dan siswa dapat menjelaskan kebesaran Allah dan keterbatasan manusia. Ini dibuktikan dalam keadaaan manusia di taman Eden ketika Allah melarang mereka memakan buah pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Tetapi akal budi manusia tetap tidak dapat . Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi. perbuatan bahwa manusia terbatas. refleksi diri. menerapkan sikap yang benar sebagai manusia yang terbatas 14. Cermin Remaja . Studi Kasus. menerapkan mandat Allah dalam kehidupan mereka 8. Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan mahkota ciptaan Allah. Menjelaskan makna manusia sebagai gambar dan rupa Allah 2. Games. Keterbatasan Manusia artinya keadaan terbatas. Penelahaan Alkitab. Kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia Kelas / Semester :7/1 Pertemuan ke : 6 x 40 Metode : Ceramah. menarik kesimpulan dalam hal apa saja keterbatasan manusia itu 13. majalah. Kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia artinya manusia yang diberikan akal budi dapat menggunakannya untuk kebaikan dan kejahatan. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. menjelaskan arti mandat 6. PA. membandingkan kebesaran Allah dengan kebesaran manusia 10 menyebutkan contoh-contoh kebesaran Allah 11. kehormatan yang menggambarkan keadaan Allah yang tidak dapat dibandingkan dengan kebesaran manusia atau sesuatu yang besar di dunia ini.

Pertemuan ke-3-4 : Guru meminta siswa untuk menuliskan kelebihan dan kelemahan tokoh-tokoh idola mereka. memiliki rasa Kerbukaan. pencipta. 35 35’ III. Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : II. mengagungkan Tuhan Maha. Dan segala bukti kecanggihan dan kemajuan teknologi manusia saat ini. Pendahuluan : 5’ Guru mengawali dengan bernyanyi Yesus dan berdoa yang dipimpin siswa . kebesaran Allah apa saja yang ada di dalam Alkitab. kasih sayang. Setelah itu guru meminta siswa untuk melakukan PA secara berkelompok untuk melakukan pendataan. Life Skill : Mau mengucap syukur. motivasi diri. guru membandingkan atara kemahakuasaan Allah dan keterbatasan manusia. Setelah itu siswa diminta kembali melakukan PA secara pribadi dan menuliskan keterbatasan apa saja yang dimiliki manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan Allah. bekerja sama. Guru melakukan tanya jawab kepada siswa bagaimanakah sikap kita yang tepat di dalam menyingkapi keterbatasan yang kita miliki. . Setelah itu. bahwa setiap manusia juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Pertemuan 5-6 Pada kesempatan ini. Proses Pembelajaran Interaktif Tahapan waktu I. siswa menuliskan kesimpulan dengan kata-kata mereka sendiri makna kebesaran Allah bagi diri mereka. Penutup Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan dan meminta siswa memanjatkan doa syukur atas kebesaran Allah dan kelemahan yang dimiliki 5’ . Kegiatan Inti Pertemuan ke-1-2 Guru meminta siswa menuliskan tokoh-tokoh idola yang mereka kagumi dan menuliskan kehebatan mereka. Setelah guru meminta siswa mengisi tabel perbandingan yang ada di buku cetak.toleransi. Rincian Proses : No.menandingi kebesaran Allah c. Ada batasan-batasan tertentu yang tidak boleh dilakukan oleh ciptaan untuk menjadi sama dan bahkan menyaingi Pencipta. Disiplin. teliti. Pada pertemuan selanjutanya guru menjelaskan arti kebesaran Allah yang ada di tengah-tenah dunia ini dan bagaimana sikap manusia yang benar di dalam melihat semua kebesaran Allah itu. Pada saat inilah guru menjelaskan dengan rinci posisi dan kedudukan antara Pencipta dan Ciptaan. jujur. Dan guur melakukan tanya jawab awal. Manusia terbatas dimulai ketika Allah membatasi tindakan dan sikap manusia dalam Taman Eden. Mampu mengendalikan Diri d.. Pada pertemuan selanjutanya guru menjealskan makna dan arti keterbatasan manusia. tetap saja memiliki kelemahan dan kekuarangan.

juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA . Karena dengan keterbatasan manusia inilah.manusia. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. Menyetujui.MM jakarta.S. maka manusia menyadari posisinya yang tepat bahwa ia hanyalah ciptaan yang fana dan tidak kekal.

Karya Allah Melalui Keajaiban Alam Kelas / Semester :7/1 Pertemuan ke : 2 x 40 Metode : Ceramah. Mampu mengendalikan Diri c. Games. motivasi diri. Menceritakan karya Allah melalui kelahiran 4. Penelahaan Alkitab. refleksi diri.. memiliki rasa Kerbukaan. gunung dan samudra dan seluruh ciptaan Tuhan : Disiplin. Menyebutkan contoh-contoh perbuatan peserta didik yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam 3. Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya b. sosio drama. Indikator Pencapaian : 1. jujur.====================================================================== Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Materi Pokok : 6. Life Skill d. Menceritakan Karya Allah melalui keajaiban alam 2. majalah. Studi Kasus. mengagungkan . pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Tanya Jawab. : Tahapan Proses Pembelajaran Interaktif . teliti. Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit 5. PA. pencipta. studi kasus. Diskusi Kelompok. Materi Esensial : Karya Allah melalui keajaiban alam dijelaskan oleh pemazmur yaitu mazmur 104 melalui bentangan langit. Tuhan Maha. bekerja sama. toleransi. Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab.Rincian Proses No. kasih sayang. Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian 7. Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus Berkarya Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi. Cermin Remaja .Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran. Menceritakan karya Allah melalui kematian 6.

Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin siswa . Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : waktu 5’ II. 5’ III. Setelah itu siswa diminta melakukan PA pribadi dengan mencari dan menuliskan kisah-kisah yang berkaitan dengan keajaiban alam.MM jakarta. Setelah itu guru menerangkan arti keajaiban alam bagi manusia dan sikap manusia terhadap alam ciptaan Tuhan yang baik dan sempurna ini. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN . Pelajaran ditutup dengan menyanyikan pujian dari KJ 64 30 ’ 30 ’ . Pertemuan ke-2 : Guru melakuikan tanja jawab kepada siswa untuk memulai pelajaran.S.1. Menyetujui. Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: Guru menceritakan kisah seorang petani yang merasakan bahwa alam yangTuhan ciptakan sudah sempurna dan baik adanya. Penutup Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan dan catatan singkat. Setelah itu siswa diminta menuliskan kesan mereka atas keindahan alam yang sudah mereka rasakan hingga saat ini. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti.

studi kasus. mengagungkan .Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II : Artikel di koran. Karya Allah Melalui Kelahiran :7/1 : 2 x 40 : Ceramah. bekerja sama. majalah. Karena kelahiran adalah karya Allah yang tidak dapat direkayasa oleh kehebatan manusia walaupun dengan rekayasa genetika tetapi nafas kehidupan manusia tetap Allah yang memberikannya : Disiplin. Menceritakan Karya Allah melalui keajaiban alam 2. Cermin Remaja . pencipta. refleksi diri. toleransi. Materi Esensial : Karya Allah melalui kelahiran artinya setiap manusia yang dilahirkan tidak dapat memilih bagaimana. teliti. Tanya Jawab.RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA (LESSON SCHEME OF WORKS) Mata Pelajaran Materi Pokok Kelas / Semester Pertemuan ke Metode Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Model Pembelajaran Interaktif Alat Pelajaran Sumber Belajar Indoor Sumber Belajar Outdoor : Pendidikan Agama Kristen : 7.. kasih sayang. memiliki rasa Kerbukaan. Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian 7. Games. Studi Kasus. Sosio drama : : Alkitab. Menceritakan karya Allah melalui kematian 6. Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya b. motivasi diri. Indikator Pencapaian : 1. Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit 5. Menceritakan karya Allah melalui kelahiran 4. jujur. Tuhan Maha. kapan dan siapa yang melahirkan dia. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Life Skill . Mampu mengendalikan Diri c. : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan : Siswa mampu menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus Berkarya : Diskusi. Penelahaan Alkitab. sosio drama. Menyebutkan contoh-contoh perbuatan peserta didik yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam 3. Diskusi Kelompok. PA.

Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin siswa . Tugas PA ini ialah mencari rencana dan cara Allah bekerja di dalam tokohtokoh Alkitab yang ada ini. “ Apakah mereka menyesal dilahirkan ke dunia ini ? “ Pernahkah kita bersyukur kepada Tuhan karena kita sudah dilahirkan ? “ Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : II. Menyetujui. Proses Pembelajaran Interaktif 1. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti.d. Guru memulai dgn meminta 2/3 siswa untuk menceritakan proses kelahirannya sendiri. yaitu apakah mereka menyesal dilahirkan ? Bagaimana perasaan mereka saat ini ? Siswa diminta menuliskan surat yang ditujukan kepada Tuhan sebagai bentuk ungkapan syukur karena sudah dilahirkan ke dalam dunia ini. Jika sudah selesai setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil observasi mereka. Rincian Proses : No. Setelah itu. 5’ III. Tanya jawab dilakukan dalam sessi ini. dilakukan tanya jawab kepada seluruh siswa dengan pertanyaan. Penutup Guru menutup pelajaran menyanyi dan memberikan kesimpulan serta catatan singkat. Tahapan waktu 5’ Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: 30 ’ Siswa masuk dalam kelompok besar dan melakukan PA secara berkelompok. Pertemuan ke-2 : Guru mengajak siswa membandingkan kelahiran tokoh-tokoh Alkitab itu 30 ’ dengan proses kelahiran mereka sendiri. Allah sudah bekerja sejak proses kelahiran mereka.MM jakarta.S. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PEITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA ====================================================================== .

majalah. bergantung pada Tuhan . Karya Allah sangat nyata atas diri Ayub karena ia orang yanga baik tetapi tertimpa bencana dan kutuk yang dahsyat. Karya Allah Melalui Kesembuhan dari Penyakit :7/1 : 4 x 40 : Ceramah. Proses Pembelajaran Interaktif Tahapan waktu . Life Skill d. Materi Esensial : karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit ialah bahwa penyakit bukan karena kutukan atau tanda kemarahan TUHAN. Menceritakan karya Allah melalui kelahiran 4. Cermin Remaja . mengagungkan Tuhan Maha Pencipta.Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran. seperti tokoh Ayub dalam Alkitab. Games. kasih sayang. teliti. Tanya Jawab. Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit 5. Namun. motivasi diri. toleransi. melainkan Allah memiliki rencaan yang indah atas penyakit yang diderita seseorang.: Pendidikan Agama Kristen : 8. PA. Rincian Proses : No. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Menyebutkan contoh-contoh perbuatan peserta didik yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam 3. percaya /beriman penuh. memiliki rasa keterbukaan. Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab. Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya b. Diskusi Kelompok. sosio drama. Studi Kasus. refleksi diri. studi kasus. Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian 7. jujur. mampu mengendalikan Diri Mata Pelajaran Materi Pokok Kelas / Semester Pertemuan ke Metode c. Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus Berkarya Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi. Allah akhirnya memulihkan dan memberkati Ayub kembali dengan berlimpa kali ganda : Disiplin. Penelahaan Alkitab. berserah diri . Menceritakan Karya Allah melalui keajaiban alam 2. Indikator Pencapaian : 1. bekerja sama. Menceritakan karya Allah melalui kematian 6.

Yesus menyembuhkan dengan berbagai cara Pertemuan ke-4 : Guru menita siswa mengumpulkan artikel tentang kesembuhandari penyakit dan membahas artikel itu di kelas . 5’ Menyetujui. Di manapun dan kapanpun Tuhan Yesus dapat menyembuhkan 2.S. Pertemuan ke-3 : Guru memberikan penjelasan tentang kesembuhan dari penyakit berdasarkan teks Yohanes 9:1-41 dan cerita Ayub. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA . Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin siswa . Hasil Pa kembali dibacakan oleh perwakilan kelompok dan dibahas dalam kelas.MM Jakarta. Penutup Guru menutup pelajaran menyanyi dan memberikan kesimpulan serta catatan singkat. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : 5’ II. Bahwa : 1. Yesus dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit 3. Karangan itu diharapkan dapat dibacakan di depan kelas oleh setiap anak.1. 30 ’ 40 ’ 20 ’ 20 ’ 40 ’ III. Pertemuan ke-2 : Guru membagi siswa secara berkelompok untuk PA dan observasi ayat Alkitab tentang karya Allah atas penyakit. Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: Guru meminta siswa untuk membuat karangan singkat mengenai pengalaman mereka masing-masing pada waktu sakit. Setelah itu menerangkan prinsip pelayanan Yesus terhadap orang yang sakit.

jujur.===================================================================== Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Kristen Materi Pokok : 9. memiliki rasa Kerbukaan. Kematian bagi iman Kristen bukan sesuatu yang menakutkan tetapi kegembiran karena perjumpaan dengan Kristus. Diskusi Kelompok. Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit 5. motivasi diri. refleksi diri. Sosio drama Alat Pelajaran : Sumber Belajar Indoor : Alkitab. bekerja sama. Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya b. Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian 7. Tanya Jawab.Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II Sumber Belajar Outdoor : Artikel di koran. toleransi. seperti tokoh-tokoh Alkitab yang tercatat di buku cetak agama yang mau mati demi mengabarkan injil Kristus : Disiplin. Standar Kompetensi : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan Kompetensi Dasar : Siswa mampu menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus Berkarya Model Pembelajaran Interaktif : Diskusi. Indikator Pencapaian : 1. sosio drama. Proses Pembelajaran Interaktif Tahapan waktu .. PA. Menyebutkan contoh-contoh perbuatan peserta didik yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam 3. Studi Kasus. kasih sayang. pencipta. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. studi kasus. Karya Allah Melalui Kematian Kelas / Semester :7/1 Pertemuan ke : 4 x 40 Metode : Ceramah. teliti. Menceritakan karya Allah melalui kematian 6. Games. Tuhan Maha. Life Skill d. majalah. Rincian Proses : No. mengagungkan . Cermin Remaja . Materi Esensial : karya Allah melalui kematian artinya kematian merupakan bagian dari kehidupan dan setiap orang akan menghadapi kematian. Menceritakan karya Allah melalui kelahiran 4. Penelahaan Alkitab. Mampu mengendalikan Diri c. Menceritakan Karya Allah melalui keajaiban alam 2.

Perasaan seperti apa saja yang muncul. 2. Pertemuan ke-3 Siswa diminta membaca dan menganalisa sikap tokoh-tokoh Alkitab saat mereka menghadapi kematian. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. Guru menjelaskan bahwa bagi murid Kristus kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan. Setelah itu siswa diminta melajutkan dengan mengisi kegiatan 5 dan 6 di buku cetak. Bagaimana perasaan seseorang yang ditinggalkan ? dan apa yang diingat ketika seseorang meninggal ? Lalu. Menyetujui. Guru menceritakan kisah Heriyanto dan meminta siswa menjawab pertanyaan seputar persoalan itu. siswa diinta untuk membaca satu bagian Alkitab dan merespon teks tersebut. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th SMP PELITA KASIH JAKARTA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN RENCANA PROSES PEMBELAJARAN SISWA . N2K : 1. Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin siswa . 35 ’ 40 ’ 40 ’ 35 ’ III. Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : 5’ II.1. Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: Guru memulai dengan melakukan tanja jawab kepada siswa perihal kematian. Mengandalkan Tuhan dalam setiap perkara. Pertemuan ke-2 : Guru menjelaskan uraian materi pelajaran soal kematian dan beberapa karya Allah dalam kematian.S.MM Jakarta. Penutup 5’ Guru menutup pelajaran menyanyi dan memberikan kesimpulan serta catatan singkat. Dapat menerima hidup dan mati sebagai anugerah Tuhan. Pertemuan ke-4.

Menceritakan karya Allah melalui kematian 6. : Siswa mampu mendeskripsikan dan menyadari manusia sebagai mahkota ciptaan Allah yang memiliki keterbatasan : Siswa mampu menceritakan tanda-tanda bahwa Allah terus Berkarya : Diskusi. Games. Rincian Proses : No. jujur. memiliki rasa Kerbukaan. Tanya Jawab. majalah. mengagungkan . Life Skill d. Tuhan Maha.Mata Pelajaran Materi Pokok Kelas / Semester Pertemuan ke Metode Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Model Pembelajaran Interaktif Alat Pelajaran Sumber Belajar Indoor Sumber Belajar Outdoor : Pendidikan Agama Kristen : 10. Menyebutkan contoh-contoh perbuatan peserta didik yang menghargai karya Allah dalam kaitannya dengan alam 3. Mampu mengendalikan Diri c. Cermin Remaja .Iman Kristen Ensiklopedi Alkitab jilid I & II : Artikel di koran. Indikator Pencapaian : 1. PA. Menceritakan karya Allah melalui kesembuhan dari penyakit 5. pengamatan terhadap tingkah laku manusia a. Penelahaan Alkitab. teliti. Menyebutkan sikap yang baik dalam menghadapi kematian 7. studi kasus. : Disiplin. Sosio drama : : Alkitab. Materi Esensial : Allah terus berkarya artinya manusia tidak perlu kuatir karena Allah tetap menjaga kita dan ini dibuktikan dengan kesehatan. Studi Kasus.. dapat bermain dan perkembangan Iptek . toleransi. motivasi diri. kasih sayang. Diskusi Kelompok. Menceritakan karya Allah melalui kelahiran 4. Menceritakan Karya Allah melalui keajaiban alam 2. sosio drama. refleksi diri. Proses Pembelajaran Interaktif Tahapan waktu . pencipta. Allah Terus Berkarya :7/1 : 2 x 40 : Ceramah. Menunjukkan tanda bahwa Allah terus berkarya dalam kehidupannya b. kehidupan yang layak. bekerja sama.

“ Motivasi : Pengetahuan Prasyarat : Rambu-rambu Belajar : 5’ II. 35 ’ III. Jakarta. Contohnya .1. pekerjaan. Kepala SMP Pelita Kasih Dra Maria Harijanti. Penutup 5’ Guru menutup pelajaran menyanyi dan memberikan kesimpulan serta catatan singkat. Kegiatan Inti Pertemuan ke-1: 35 ’ Guru memulai dengan tanja jawab dan pelajaran diawali dengan aktivitas siswa untuk mengerjakan kegiatan 1 dan 2 yang ada di dalam buku cetak. juli 2009 Guru Mata Pelajaran Yerusa Maria S Th Menyetujui.S. kesempatan untuk belajar. bermain dan Iptek. Pendahuluan : Guru mengawali dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin siswa . Pertemuan ke-2 : Guru menjelaskan uraian meteri pelajaran bahwa Allah terus berkarya dalam hidup kita melalui berbagai hal yang kita alami dan rasakan. Setelah itu siswa diminta mengerjakan kembali kegiatan 4 dan 5. Allah memberikan kesehatan.MM SMP PELITA KASIH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran: .

Kelas / Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasr Indikator Alokasi Waktu: No : : : : KEGIATAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful