BAB I PENDAHULUAN

I.

Latar Belakang
Dalam era pasar bebas kita dihadapkan pada persaingan pasar yang ketat, keadaan ini membuat perusahaan yang bergerak di bidang industri barang dan jasa maupun perdagangan menginginkan kelanjutan yang baik dari usaha yang telah dijalankan. Banyak hal yang mempengaruhi kelanjutan dan perkembangan usaha perusahaan. Salah satunya adalah pemasaran produk yang tepat untuk mencapai target penjualan yang diinginkan, faktor ini merupakan salah satu faktor yang paling penting. Untuk meraih pangsa pasar dan meningkatkan volume penjualan, perusahaan biasa menggunakan penjualan tunai, angsuran dan kredit. Sesuai dengan permasalahan yang dipaparkan diatas, maka penulis tertarik untuk membahas tentang “Analisa Sistem Penjualan Secara Kredit pada PT ABX”. Dengan penulisan laporan KKP ini diharapkan dapat tercapainya tujuan perusahaan.

1

3. Untuk memenuhi mata kuliah KKP ( Kuliah Kerja Praktek ) di semester empat pada Program Diploma Tiga ( DIII ) pada Akademi Manajemen Informasi dan Komputer Bina Sarana Informatika ( AMIK BSI ) Jurusan Manajemen Informatika. Penulis dapat membandingkan antara teori yang didapat selama perkuliahan dengan praktek di lapangan.1. Menambah daya nalar atau pola pikir mahasiswa. Sedangkan tujuan dari penulisan laporan KKP ini adalah : 1. Agar penulis dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja.1 Maksud dan Tujuan Adapun maksud dari penulisan laporan KKP ini adalah : 1. Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penjualan kredit bagi perusahaan. 2. 5. Mengetahui sistem dan prosedur penjualan pada PT ABX. Menambah pengetahhuan mahasiswa terhadap dunia kerja yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. 2 . 6. 4.

ABX.3 Metode Penelitian Untuk menghimpun data yang diperlukan selama pembuatan laporan KKP ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. dalam hal ini bagian marketing untuk menyakan hal-hal yang terkait dalam proses penjualan kredit pada PT.4 Ruang Lingkup Untuk lebih memusatkan permasalahan yang ada dan agar tidak menyimpang dari pokok permasalahan. 2. berkas-berkas. Metode Studi Pustaka Metode ini menggunakan buku-buku. Metode Wawancaraca Dengan cara berbicara langsung dengan personil-personil yang terlibat pada permasalahan yang di bahas. laporan yang berkaitan dengan judul yang diangkat sebagai referensi. maka penulis membuat batasan 3 . Sumber-sumber referensi tersebut diambil dari berbagai sumber. diantaranya adalah : 1.1. 1. baik dari luar maupun dari dalam perusahaan. Metode Pengamatan ( Observasi ) 3.

maksud dan tujuan. proses pengiriman barang. maka ruang lingkup pembahasan meliputi proses pemesanan. metode penelitian.5 Sistematika Penulisan Untuk dapat mengetahui secara ringkas permasalahan dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini maka digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri dan memahami isi Laporan Kuliah Kerja Praktek sebagai berikut : BAB 1 PENDAHULUAN Pada bab ini penulis menguraikan latar belakang secara umum. ABX. proses pencatatan. proses pembayaran sampai dengan pembuatan laporan penjualan yang ditujukan kepada Manajer Penjualan. ruang lingkup yang membatasi permasalahan dan sistematika penulisan yang merupakan gambaran dari keseluruhan bab.permasalahan yaitu mengenai Analisa Sistem Penjualan Secara Kredit pada PT. BAB 11 LANDASAN TEORI Bab ini menjelaskan tentang konsep dasar dari sistem yang dibahas dalam ruang lingkup dan memberikan penjelasan secara teoritis 4 . 1. Mengingat pembahasan dalam penjualan cukup luas dan agar laporan KKP ini dapat mencapai sasaran.

spesifikasi sistem berjalan yang terdiri dari bentuk dokumen masukan (input) dan keluaran (output). BAB 1V PENUTUP Pada bab ini penulis mengemukakan beberapa kesimpulan dan saransaran yang berkaitan dengan sistem berjalan pada penjualan secara kredit pada PT ABX. normalisasi dan kamus data yang digunakan dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek. BAB 111 ANALISA SISTEM BERJALAN Bab ini akan menjelaskan mengenai sejarah singkat berdirinya perusahaan. prosedur sistem berjalan. permasalahan dan alternatif pemecahan masalah. kamus data.tentang peralatan rancangan sistem yang meliputi Diagram Alir Data (DAD/DFD). 5 . struktur organisasi dan fungsinya. Diagram Alir Data (DAD).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful