P. 1
metode eksperimen

metode eksperimen

|Views: 76|Likes:
Published by aaaaaaaaaahgtjhhr

More info:

Published by: aaaaaaaaaahgtjhhr on May 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

a.

Pengertia Metode Eksperimen Metode Eksperimen adalah Metode atau cara di mana guru dan murit bersama-sama me ngerjakan sesuatu latihan atau percobaan untuk mengetahui pengaruh atau akibat d ari sesuatu aksi. Sedangkan menurut Ramayulis, dalam bukunya Metodologi pendidikan agama Islam mende finisikan bahwa Metode Eksperimen ialah suatu metode mengajar yang di lakukan mu rid untuk melakuka percobaan-percobaan pada mata pelajaran tertentu. Sedangkan menurut Zakiyah Daradjat tidak memberikan pengertian jelas, ia hanya m engatakan bahwa Metode Eksperimen adalah metode percobaan yang biasanya di lakuk a dalam mata pelajaran tertentu.

b. Metode Eksperimen dalam pendidikan Agama Islam Hal yang menarik tentang metode ini dalam pendidikan agama Islam ialah bahwa met ode ini ada kolerasinya dengan pendidikan agama Islam terutama bidang studi fiqi h. Kongkritnya adalah Ketika ingin membuktikan apakah segenangan air termasuk air s uci atau air najis atau air yang suci tidak mensucikan, maka hal ini harus di bu ktikan secara langsung dan di adakan penelitian secara ilmiah, maka metode Ekspe riman dapat membuktikannya dengan tepat. d. Langkah-langkah metode eksperimen Menerangkan Metode Eksperimen Membicarakan terlebih dahulu permasalahan yang seknifikasi untuk di angk at Sebelum guru menetapkan alat yang di perlukan langkah-langkah apa saja y ang harus di catatdan variebel-variebel apa yang harus di kontrol Setelah eksperimen di lakukan guru harus mengumpulkan laporan, memproses kegiatan, dan mengadakan tes untuk menguji pemahaman murit e. Kelebihan dan kekurangan Metode Eksperimen ialah: 1. Kelebihannya Menambah keaktifan untuk berbuat dan memecahkan sendiri sebuah permasalahan Dapat melaksanakan metode ilmiah dengan baik 2. Segi kekurangannya Tidak semua mata pelajaran dapat menggunakan metode ini Murid yang kurang mempunyai daya intelektual yang kuat kurang baik hasilnya. Sebaiknya Metode Eksperimen ini di terapkan bagi pelajaran-pelajaran yang belum di ajarka atau di terangkan oleh metode lain sehingga Metode Eksperimen ini tera sa benar fungsinya bagi siswa. Hal-hal yang Perlu di perhatikan dalam melakukan Metode Eksperimen adalah sebaga i berikut;

Untuk memberikan latihan keterampilan tertetu pada siswa. pembentukan sikap serta kecakapan praktis Usahakan agar semua anak dapat mengikuti demonstrasi dan eksperimen Berilah pengertian sejelas-jelasmya landasan teori dari apa yang hendak di demonstrasikan maupun di eksperimenkan E. Perhatian siswa akan dapat terpusat sepenuhnya pada anak yang di Demonstrasik an atau di Eksperienkan b. Untuk memudahkan penjelasan yang di berikan agar siswa langsung mengetahui da n dapat terampil dan melakukannya. D. Menghindarkan kesalahan siswa dalam mengambil kesimpulan karena mereka mengam ati secara langsung jalannya proses demonstrasi yang di adakan atau eksperimen. 3. Hal-hal yang menjadi teka-teki siswa dapat terjawab melalui eksperimen d. KESIMPULAN Penutup Metode demonstrasi adalah salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakuka n sesuatu dengan jalan mendemonstrasikan terlebih dulu kepada siswa .Persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang di butuhkan Usahakan siswa terlibat langsung sewaktu mengadakan eksperimen Sebelum di laksanakan eksperimen siswa terlebih dahulu di berikan penjelasan dan petunjuk-petunjuk seperlunya Lakukan pengelompokan atau masing-masing individu melakukan percobaan yang t elah di rencanakan bila hasilnya belum memuaskan dapat di ulangi lagi untuk memb uktikn kebenaranya Setiap kelompok atau individu dapat melaporkan hasil percobaanya secara tert ulis. Memberikan pengalaman praktis yang dapat membentuk ingatan yang kuat dan kete rampilan dalam berbuat c. 2. METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN Metode Demonstrasi Dan Eksperimen ini cocok digunakan apabila: 1. Keuggulan Metode Demonstrasi dan Eksperiaen ini adalah: a. Kelemahan Metode Demonstrasi dan Eksperimen adalah: Persiapa dan pelaksanaannya memakan waktu lama Metode ini tidak efektif apabila tidak di tunjang dengan peralatan yang leng kap sesuai dengan kebutuhan Sukar di laksanakan bila siswa belum matang kemampuan untuk melaksanakannya Saranya Untuk Metode Demonstrasi dan Eksperimen Lakukan Metode Demonstrasi dan Eksperimen dalam hal-hal yang bersifat pr aktis dan urgent dalam masarakat Arahkan pendemonstrasian dan eksperimen agar murid-murid mendapatkan pen gertian yang jelas. Untuk membantu siswa dalam memahami sesuatu proses secara cermat dan teliti.

Bandung. 2005. v Sadali. Zakiah. Drs. . Winarno. dkk. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar meto de ini dapat berjalan dengan efektif dan efesien. M. Dr. PT. Bumi Aksar . Namun yang perlu di perhatikan oleh guru tentang Metode Demonstrasi dan Eksperim en ialah karna kedua metode ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Prof. 1987. Jemmars. PT. M. A. Usman Basyiruddin. Ahmadi Abu. DAFTAR PUSTAKA v Dradjat. Armico.Metode ini dapat menghilangkan varbalisme sehingga siswa akan semakin memahami m ateri pelajaran. dkk. Bandung. Jakartan. Arief Armai. Pengantar Ilmu Dan Metode Pendidikan Islam. v Surakhman. Metode Pembelajaran Agama Islam. Intermasa . Bulan Bintang . Jakarta. v Drs. v Drs. Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan. Jakarta. PT. v Dr. Jakarta. Metode Pengajaran Nasional. 1995. Metode Eksperimen adalah suatu metode di mana murid melakukan pekerjaan akademis dalam mata pelajaran tertentu dengan menyaksikan peragaan-peragaan tersebut. 19 80. 1 986. Ciputar Prees. Prof. 2002. Metode Khusus Pendidikan Agama (MKPA). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. MA. CV.Pd. Dr.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->