P. 1
Presentation Agama

Presentation Agama

|Views: 449|Likes:
Published by ayulovekpop

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: ayulovekpop on May 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/31/2014

pdf

text

original

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 

Agama Hindu 1. Latar Belakang

 

Dalam kesehariannya, Umat Hindu (khususnya Umat Hindu di Bali) juga tidak pernah terlepas dari yadnya, dimana yadnya juga berkaitan dengan adanya ritual karena ritual merupakan suatu budaya selalu bersumber pada ajaran agama. Selain ritual, Umat Hindu juga tidak pernah lepas dari yang namanya seni, baik itu seni tari, seni suara, seni sastra, seni rupa dan arsitektur, dan seni musik karena hal itu merupakan bagian dari ajaran agama. Sehingga sering masyarakat non hindu mengatakan bahwa agama Hindu adalah agama budaya. Padahal jelas sekali agama berbeda dengan budaya. Dimana agama Hindu bersumber dari Wahyu Tuhan sedangkan kebudayaan adalah esensi kehidupan manusia. Dimana budaya merupakan hasil daya cipta, rasa, dan karsa manusia yang diperoleh melalui proses belajar namun tetap bersumber pada ajaran agama. Sehingga ajaran agama merupakan jiwa dari budaya Hindu, dengan kata lain kebudayaan Hindu merupakan ekspresi dari ajaran Hindu.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu 2. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka ada beberapa pokok permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : • Apakah pengertian Agama dan Kebudayaan ? • Bagaimana hubungan Budaya dan Agama Hindu ? • Bagaimana Peran Budaya sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran Agama Hindu ? • Apa bukti bahwa budaya Hindu merupakan ekspresi dari ajaran Hindu ? • Bagaimanakah cara kita untuk mempertahankan budaya dan Agama Hindu ?

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
3. PENGERTIAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN

• Budaya
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Kebudayaan adalah esensi kehidupan bangsa. Mengenal kebudayaan bangsa berarti mengenal aspirasinya dalam segala aspek kehidupnya. Oleh karena itu masalah kebudayaan menjadi sangat menarik, terutama dalam era globalisasi yang telah memasuki seluruh penjuru dunia dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan komunikasi.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
• Agama  

Agama (bahasa Inggris: Religion, yang berasal dari bahasa  latin religare, yang berarti "menambatkan"), adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia. Dictionary of Philosophy and Religion (Kamus Filosofi dan Agama) mendefinisikan Agama sebagai berikut: ... sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah, dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu • Agama Hindu Agama Hindu adalah agama yang bersumber pada kitab suci Veda yang merupakan himpunan wahyu Tuhan Yang Maha Esa. Dari kitab suci Vedalah mengalir semua ajaran Agama Hindu baik yang menyangkut ajaran Sradhà (keyakinan/kepercayaan), Tata-susila (etika) dan Àcàra (ritual dan lain-lain).

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
4. HUBUNGAN BUDAYA DAN AGAMA HINDU

Antara Agama Hindu dan budaya Bali adalah ibarat tenunan benang pada kain endek Bali, yang sudah saling jalin-menjalin dengan warna dan coraknya yang khas. Bagi pengamat sepintas, sulit pula membedakan antara Agama Hindu dan budaya Bali, oleh karena itu sering terjadi identifikasi bahwa Agama Hindu sama dengan kebudayaan Bali. Kerancuan ini perlu dijelaskan, bahwa kedudukan Agama Hindu dalam hubungannya dengan budaya Bali adalah merupakan jiwa dan nafas hidup dari budaya dan kebudayaan. Dalam agama Hindu, antara agama dan adat-budaya terjalin hubungan yang selaras/erat antara satu dengan yang lainnya dan saling mempengaruhi.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu Sedangkan budaya agama adalah suatu penghayatan terhadap keberadaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam bentuk kegiatan budaya. Sejak munculnya agama Hindu, usaha memvisualisasikan ajaran agama Hindu kepada umat manusia telah berlangsung dengan baik. Para rohaniawan Hindu, para pandita, orang-orang suci mengapresiasikan ajaran yang terdapat dalam kitab suci Weda kedalam berbagai bentuk simbol budaya. Usaha ini telah terlaksana dari zaman ke zaman. Ajaran yang sangat luhur ini diwujudkan dan disesuaikan dengan desa, kala, dan patra pada waktu itu.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu Upacara agama pada hakikatnya tidak semata-mata berdimensi agama saja, tetapi juga berdimensi sosial, seni budaya, ekonomi, manajemen dan yang lainnya. Melalui upacara agama, dapat dibina kerukunan antar sesama manusia, keluarga, banjar yang satu dengan banjar yang lain. Upacara agama juga melatih umat untuk bisa berorganisasi dan merupakan latihan-latihan manajemen dalam mengatur jalannya upacara. Lewat upacara agama ditumbuhkan juga pembinaan etika dan astetika. Upacara agama merupakan motivator yang sangat potensial untuk melestarikan atau menumbuhkembangkan seni budaya, baik yang sakral maupun yang profan.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu Hasil karya seni budaya Hindu yang sering kita saksikan atau kita ketahui adalah : •Seni Tari •Seni Suara •Seni Sastra •Seni Rupa •Seni Musik

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
5. PERAN BUDAYA SEBAGAI EKSPRESI PENGAMALAN       AJARAN AGAMA HINDU
  

Sesungguhnya antara budaya dan agama terdapat segi-segi persamaannya tetapi lebih banyak segi-segi perbedaannya. Segi persamaannya dapat dilihat dalam hal bahwa kedua norma tersebut sama-sama mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat agar tercipta suasana ketentraman dan kedamaian. Tetapi disamping adanya segi persamaan, terdapat juga segi-segi perbedaan. Segi perbedaan itu akan tampak jika dilihat dari segi berlakunya, dimana perwujudan adat-budaya tergantung pada tempat, waktu, serta keadaan (desa, kala, dan patra), sedangkan agama bersifat universal.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu Dalam agama Hindu, antara agama dan adatbudaya terjalin hubungan yang selaras/erat antara satu dengan yang lainnya dan saling mempengaruhi. Karenanya tidak jarang dalam pelaksanaan agama disesuaikan dengan keadaan setempat. Penyesuaian ini dapat dibenarkan dan dapat memperkuat budaya setempat, sehingga menjadikan kesesuaian “adat-agama” ataupun ’budaya-agama’, artinya penyelenggaraan agama yang disesuaikan dengan budaya setempat.

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
6. BUKTI BUDAYA HINDU EKSPRESI PENGAMALAN      AJARAN AGAMA HINDU

Kebudayaan Hindu yang bernafaskan agama tertanam sangat kuat dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat di Bali. Setiap bagian dari kebudayaan Hindu merupakan ekspresi dari ajaran Agama Hindu. Dan untuk lebih jelasnya kalau bagian dari kebudayaan Hindu merupakan ekspresi dari ajaran Hindu dapat di aplikasikan dalam berbagai contoh : Berbusana ke pura, Bangunan,Tari-tarian, Karya  Seni,Cerita,  Seni  Ogoh-  Ogoh  ,  Upacara  Agama  ( Ritual ) 

 Budaya Sebagai Ekspresi Pengamalan Ajaran 
Agama Hindu
7. CARA MEMPERTAHANKAN BUDAYA DAN AGAMA      HINDU

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dimilki dan ditanamkan dalam hati orang- orang Bali agar dapat mmempertahankan budaya dan agama hindu tersebut adalah sebagai berikut : •Bangga Sebagai Orang Bali  •Bangga Sebagai Orang Hindu •Melestarikan Kebudayaan Luhur Bali •Mengamalkan Ajaran agama •Menjaga  Etika  Kita  Sebagai  Orang  Hindu  dan  Warga Bali

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->