KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG B. RUMUSAN MASALAH C. BATASAN MASALAH D. TUJUAN PENELITIAN E.

MANFAAT BAB II PERANCANGAN SISTEM A. CONTEX DIAGRAM (CD) B. DFD C. PROSES SPESIFICATION (SP) D. ER-D E. KAMUS DATA F. DATA OBJECT DESCRIPTION (DOD) BAB III IMPLEMENTASI SISTEM A. KEBUTUHAN HARDWARE / SOFTWARE B. PENJELASAN BAHASA PEMROGRAMAN C. STRUKTUR PRGORAM D. ANTAR MUKA BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI .

diantaranya adalah : 1. Sehingga dibuatlah sebuah program yang terkomputerisasi untuk memperbaharui metode penyimpanan tersebut agar bisa berkembang menjadi lebih besar. C. Alasan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic karena mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming/OOP) dalam pengembangan aplikasi desktop dan Microsoft Access karena software database ini paling mudah digunakan dari beberapa software database yang tersedia saat ini walaupun Microsoft Access bukanlah software yang tercanggih. karena terlalu banyak lembaran yang disimpan mengakibatkan kesulitan dalam pencarian data. Untuk itu diperlukan sistem informasi yang lebih efektif. sehingga memungkinkan tingginya tingkat kesalahan dan lambatnya pengolahan data. Aktifitas pengarsipan data masih dilakukan secara manual. Dan lagi pencarian data siswa melalui lembaran-lembaran kertas akan menyita waktu yang cukup banyak. akibatnya informasi yang dihasilkan tidak akurat dan dapat memperlambat proses pengambilan keputusan. Selain itu hal ini bisa menyebabkan hilangnya atau rusaknya sebagian atau seluruh data. Dengan demkian diperlukan sistem pengolahan data agar dapat memberikan data yang cepat dan akurat. instansi sekolah sibuk mengurusi penerimaan siswa/siswi baru. Mengingat data yang diproses memiliki volume dan variasi yang banyak. sehingga memakan waktu cukup lama. penulis mengidentifikasi hal yang berhubungan dengan masalah pengolahan data penerimaan siswa baru yang ditimbulkan oleh sistem manual. Pengolahan database dengan proses manual akan menimbulkan keterlambatan informasi yang dibutuhkan. 2. Untuk membuat program pengolahan data tersebut. B.0 dan Microsoft Access 2003”. Namun dalam Pencatatannya masih dilakukan secara manual yang disimpan dalam lembaran-lembaran kertas (Hard Documentation). Tingginya tingkat kesalahan yang disebabkan oleh kecerobohan/kelalaian pada saat penginputan data akibat Human Error. LATAR BELAKANG Diawal tahun ajaran baru. BATASAN MASALAH . Data disimpan dalam bentuk lembaran-lembaran.BAB I PENDAHULUAN A. Berdasarkan uraian di atas. Penyimpanan data dalam bentuk lembaran menyebabkan waktu untuk pengaksesan data menjadi tidak efektif. 3. maka penulis mengambil judul laporan tugas akhir “Program Data Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Visual Basic 6. RUMUSAN MASALAH Berdasarkan uraian di atas. Metode ini dirasakan kurang efektif dalam penyimpanan data siswa/siswi disekoah tersebut. digunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan Microsoft Access. 4.

E. Meningkatkan dan mendorong kinerja karyawan dalam proses pengolahan data inventory dengan mengimplementasikan bahasa pemprograman berorientasi objek. TUJUAN PENELITIAN Maksud dari penulisan tugas besar ini adalah untuk membuat sebuah program aplikasi data penerimaan siswa baru. . pengupdate an dan penghapusan data. dan menghapus. update. Adapun tujuan dari pembuatan program aplikasi ini adalah sebagai berikut : • Mempermudah dalam proses penambahan. Menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dan dikembangkan di dalam kehidupan masyarakat. Menjadi terlatih dan terarah dalam penyusunan karya ilmiah yang di dapat dari hasil pengamatan 2. MANFAAT Manfaat dari Pembuatan program adalah sebagai berikut : 1. 3. • Mempercepat dan mempermudah dalam pencarian data.Pada penulisan tugas besar ini penulis membatasi masalah program aplikasi yang akan dikerjakan yaitu menambah. • Memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan data barang dan data transaksi. refresh data siswa baru dari sekolah yang ditempati D. mencari.

Induk Calon Siswa Registrasi Sekolah kota Alamat PekOrtu Nama angsuran Nama Kelas B. ER-D Model Entity – Relationship berisi komponen – komponen himpunan entitas dan himpunan relasi yan gmasing – masing dilengkapi dengan atribut – atribut yang merepresentasikan seluruh fakjta dari dunia nyata. Induk Jurusan No. guna} = {no_induk. tgl_bayar. ortu Nama TTL No. KAMUS DATA Pendeklarasian atribut-atribut pada Diagram E-R dapat dipisahkan dan dinyatakan dalam msebuah kamus data. jml_bayar. dengan menggaris bawahi atribut tersebut.m ini diperbolehkan jika sebuah sistem yang ruang lingkupnya lebar dan kompleks. angsuran} = {tgl_bayar.us data berisi atribut yang diapit kurung kurawal dan atrribut yang berfungsi sebagai key juga dibedakan dengan atribut yang bukan key. jurusan. jml_bayar. TTL. pek_ortu. kelas} = {no_induk. dapat digambarkan dengan lebih sistematis dengan menggunakan Entity Relationship Diagram (ER-D). guna} Calon Siswa . alamat. kota} = {no_induk.BAB II PERANCANGAN SISTEM A. ortu. Berikut Diagram E-R dari Kamus Data : Ca lon Siswa Registrasi Angsuran Pendapatan Sekolah Kamus Data : Calon Siswa Angsuran Sekolah Registrasi Pendapatan = {nama. nama. nama.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai normalisasi ada beberapa konsep yang harus diketahui terlebih dahulu: • Field/Atribut kunci (key) Key adalah satu atau gabungan dari beberapa atriobut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik. Tabel Siswa : Nomor_Induk 101 102 Nama Udin Tarso Kelas Inf-1 Akt-1 Tanggal Lahir 7/7/93 1/1/92 Ortu Ani Umi Pek_Ortu Petani PNS Alamat Nagrak Bojong Kota Ciamis Ciamis Jur Informatika Akuntansi Sekolah_Asal SMP Nagrak SMP Bojong Primary Key = Nomor_Induk Tabel Angsuran: Nomor_Induk 101 102 Tgl_bayar 3/3/07 9/3/07 Jml_Bayar 400000 250000 Guna SPP Uang Bangunan Primary Key = Tgl_Bayar Foreign Key = Nomor_Induk • Ketergantungan Fungsional (Funcional Depedency) BAB III IMPLEMENTASI SISTEM D. NORMALISASI Normalisasi merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel – tabel yang menunjukkan entity dan relasinya atau lebih di fokuskan pada tinjauan komprehensip terhadap setiap kelompok dan (tabel) secara individual. Berikut penjelasannya : 1. Pemilihan primary key dari sejumlah candidadte key tersebut didasari oleh : • Dapat mengidentifikasi secara unik suatu kejadian dan dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity (bersifat unik). STRUKTUR PRGORAM G. Pada program ini kami memakai Primary Key dan Foreign Key. Primary key Pada sebuah tabel dimungkinkan adanya lebih dari satu candidate key. • Lebih sering (lebih natural) untuk dijadikan sebagai acuan • Tidak boleh “null” (tidak ada datanya) • Harus bisa menjamin setiap nilai primary key pada sebuah tabel. Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut. ANTAR MUKA . KEBUTUHAN HARDWARE / SOFTWARE E.C. 2. Foreign Key Foreign Key (kunci tamu) adalah satu atribut yang melengkapi satu relationship yang menunjukkan ke induknya. PENJELASAN BAHASA PEMROGRAMAN F. salah satu dari casndidate key (jika memang lebih dari satu) dapat dijadikan sebagai primary key. harus dimiliki pula oleh tabel lainnya. maka yang paling cocok digunakan sebagai primary key pada tabel siswa adalah “ Nomor_induk”. Kunci tamu ditempatkan pada entity anak dan sama dengan kunci utama (primary key) induk relasinya.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful