KELOMPOK 4 KEWARGANEGARAAN (WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK

INDONESIA)

OLEH
AKRAM RAMLI NUR RAHMAD ARDI SISWANTO NANDJA

TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA UMI 2011/2012

.2 Wawasan Nasional…………………………………………………….1 DAFTAR ISI…………………………… BAB I PENDAHULUAN……………………………………… 1. 2. 2.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR…………………………………………………………….3 Hakekat Wawasn Nusantara…………………………………………… 2. BAB II PEMBAHASAN…………………………………… 2.4 Latar Belakang & Proses Terbentuknya wwasan Nusantara Setiap Bangsa……………………………………… 2..1 Kesimpulan…………………………………………… DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………. .2 Rumusan Masalah……………………………………………………..1 Latar belakang………………………………………………………… 1... BAB III PENUTUP………………………………………… 3.1 Pengertian wawasan Nusantara………………………………………. Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara………………….5 Kedudukan.

.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt. terutama kepada : • Dosen pembimbing KEWARGANEGARAAN • Rekan-rekan mahasiswa khususnya kelas B Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik bentuk. sehingga penulis dapat menyeleseaikan makalah yang sederhana ini dengan judul “ Wawasan Nusantara” Dalam melaksanakan dan menyusun makalah ini penulis banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. oleh karenanya dengan hati yang tulus penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya. atas rahmat dan karuniaNya. oleh karena keterbatasan kemampuan dan waktu serta keterbatasan literature yang diperoleh penulis Penulis dengan senang hati menerima saran dan kritikan yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini dan diharapkan dapat memberi manfaat bagi pembaca terutama bagi penulis sendiri. isi dan penyusunannya. .

Sebagai negara kepulauan dengan masyarakatnya yang berbhineka. Dalam hal ini bangsa Indonesia memerlukan prinsip – prinsip dasar sebagai pedoman agar tidak terombang – ambing dalam memperjuangkan kepentingan nasional untuk mencapai cita – cita serta tujuan nasionalnya. negara Indonesia memiliki unsur – unsur kekuatan sekaligus kelemahan. Wasantara ialah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan pancasila . satu negara dan satu tanah air. Sementara kelemahannya terletak pada wujud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa. Dalam kehidupannya. Latar Belakang. Karena hanya dengan upanya inilah bangsa dan negara Indonesia tetap eksis dan dapat melanjutkan perjuangan menuju mayarakat yang adil. bangsa Indonesia tidak terlepas dari pengaruh interaksi dan interelasi dengan lingkungan sekitarnya (regional atau internasional). makmur dan sentosa. Kekuatannya terletak pada posisi dan keadaan geografi yang strategis dan kaya akan sumber daya alam (SDA).BAB 1 PENDAHULUAN 1. Salah satu pedoman bangsa Indonesia wawasan nasional yang berpijak pada wujud wilayah nusantara sehingga disebut WAWASAN NUSANTARA. Indonesia wawasan nasionalnya adalah wawasan nusantara yang disingkat wasantara.

dalam "koridor" wasantara. . dan tata laku. Kelengkapan dan m terselenggaranya m mengekspresikan diri keutuhan pelaksanaan wasantara akan terwujud dala ketahanan nasional Indonesia yang senantiasa harus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman.2 Rumusan Masalah. Unsur – unsur dari wawasan nusantara. Dari wadah dan isi wasantara itu. tampak adanya bidang-bidang usaha untuk mencapai Jelaslah disini bahwa wasantara adalah pengejawantahan falsafah Pancasila dan UUD 1945 dala m wadah negara Republik Indonesia. 1. isi. I. Hakikat dari wawasan nusantara. 3.dan Undang-Undang Dsar 1945tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang sarwa nusantara dan penekanannya dala sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkungannya yang sarwa nusantara itu. Pengertian dari wawasan nusantara. Latar belakang filosofis dari wawasan nusantara. 2. 4. Unsur-unsur dasar wasantara itu ialah: wadah (contour atau organisasi). Ketahanan nasional itu akan dapat meningkat jika ada pembangunan yang meningkat.

dan aspek kesejarahan. atau cara melihat. latar belakang pemikiran aspek kewilayahan. cara meninjau. Sedangkan Nusantara berasal dari kata „nusa‟ yang berarti pulau – pulau. latar belakang falsafah pancasila. Berdasarkan teori-teori tentang wawasan. aspek sosial budaya.BAB II PEMBAHASAN 2. Wawasan berasal dari kata „wawas‟ yang berarti pandangan. terbetuklah satu wawasan nasional indonesia yang disebut wawasan nusantara. meninjau atau melihat. tinjauan atau penglihatan inderawi. pengertian yang sampai ini berkembang sebagai berikut:  Pengertian wawasan nusantara berdasarkan ketetapan majelis permusyawarahan rakyat tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN adalah sebagai berikut :”wawasan nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan .1 Pengertian wawasan nusantara. dan „antara‟ yang berarti diapit di antara dua hal (dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta dua samudera yakni samudera Pasifik dan samudera Hindia). Sehingga wawasan dapat berarti cara pandang. Akar kata ini membentuk kata „mawas‟ yang berarti memandang. Istilah wawasan nusantara terdiri dari dua buah kata yakni wawasan dan nusantara.

2. menurut kelompok kerja wawasan nusantara. Dr.2 Wawasan Nasional Sebelum membahas Wawasan Nusantara. kita sebaiknya terlebih dahulu mengerti dan memahami wawasan nasional suatu secara universal.”Secara umum wawasan nasional berarti cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu sesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita – cita nasionalnya. dan bernegara untuk mencapai tujuannasional.”. yang diusulkan menjadi ketetapan majelis permusyawaratan rakyat dan dibuat di Lemhanas Tahun 1999 adalah sebagai berikut: “cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang berseragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat. berbangsa. Suatu bangsa meyakini bahwa kebenaran yang hakiki atau kebenaran yang mutlak adalah kebenaran yang datang dari Tuhan.berbangsa.  Pengertian wawasan nusantara.dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat.”  Pengertian wawasan nusantara menurut prof.dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Manusia memiliki kelebihan dari makhluk yang lain melalui akal pikiran dan budi . pencipta alam semesta. Wanusman(Ketua Program S-2 PKN–UI)“wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

aspirasi serta cita-cita dan kondisi sosial masyarakat. Wawasan ini dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup.Kehidupan suatu bangsa dan negara senantiasa dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis.Dalam kehidupan bernegara. Namun. wawasan itu harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang ditimbulkan oleh lingkungan strategis dan dala mengejar kejayaannya. Lingkungan sekitarnya . satu bangsa perlu m memperhatikan tiga faktor utama: 1. Dalam mewujudkan aspirasi dan perjuangan. Pengaruh itu timbul dari hubungan timbal balik antara filosofi bangsa. keutuhan wilayah serta jati diri bangsa. Pemerintah dan rakyat memerlukan suatu konsepsi berupa wawasan nasional untuk menyelenggarakan kehidupannya. Bumi atau ruang dimana bangsa itu hidup 2. sehingga manusia yang satu dan yang lain tidak memiliki tingkat kemampuan yang sama.nuraninya. Karena itu. dan semangat manusiany aatau rakyatnya 3. kemampuannya dalam menggunakan akal pikiran dan budi nurani tersebut terbatas. keadaan alam. budaya. wilayah serta pengalaman sejarahnya. tradisi. Suatu bangsa yang telah bernegara. Jiwa. ideologi.keanekaragaman berbangsa dan tersebut memerlukan perekat agar bangsa yang bersangkutan dapat bersatu memelihara keutuhannegaranya. dalam menyelenggarakan kehidupannya tidak terlepas dari pengaruh lingkungannya. tekad.

. sosial budaya dan pertahanan keamanan.Konsep geopolitik dan geostrategi secara konseptual. 2. dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara indonesia. bersikap.4Latar belakang dan proses terbentuknya wawasan nusantara setiap bangsa 1. Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim. Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkan kekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan dan integritas wilayah dari berbagai ancaman.Demikian juga produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi.2. maka diperlukan strategi besar (grand strategy) mariti m sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harus dipertahankan adalah laut. politik. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga bangsa dan aparatur negar harus berpikir. golongan dan orang perorang. ekonomi. geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. seperti kepentingan daerah.tanpa menghilangkan kepentingan lainnya. dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.3 Hakekat Wawasan Nusantara Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara.

geopolitik mempelajari fenomena politik dari aspek geografi.Wawasan Nusantara sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia telah ditegaskan dalam GBHN dengan Tap.Ratzel adalah sebagai berikut: 1) Dalam hal-hal tertentu pertumbuhan negara dapat dianalogikan dengan pertumbuhan organisme yang memerlukan ruang lingkup.IV tahun 1973. berkembang.  Pandangan ajaran Frederich Ratzel.Geopolitik memaparkan dasar pertimbangan dalam menentukan alternatif kebijakan nasional untuk mewujudkan tujuan tertentu. tumbuh.menyusut dan mati. mempertahankan hidup. Pokok-Pokok ajaran F.Wawasan nusantara sebagai geopolitik IndonesiaNusantara (archipelagic) dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut. melalui proses lahir. Makin luas potensi ruang tersebut. konsep ruang) . 2) Negara identik dengan suatu ruang yang ditempati oleh kelompok politik dalam arti kekuatan. MPR No. makin besar kemungkinan kelompok politik itu tumbuh (teori ruang. Penetapan ini merupakan tahapan akhir perkembangan konsepsi negara kepulauan yang telah diperjuangkan sejak Dekrarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957 A. Pengertian Geopolitik.

politik. suatu organisme hidup. Hanya bangsa yang unggul saja yang dapat bertahan hidup. Apabila wilayah/ruang hidup tidak mendukung. Negara merupakan sistem politik yang mencakup geopolitik. Kjellen melanjutkan ajaran Ratzel tentang teori organisme.  Pandangan Ajaran Rudolf Kjellen Kjellen berpendapat bahwa negara adalah organisme yang harus memiliki intelektual. perdagangan.3) Suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak terlepas dari hukum alam. yang memiliki intelektual. Hal ini melegitimasikan huku m ekspansi yaitu perkembangan atau dinamika budaya dala bentuk gagasan kegiatan (ekonomi. perindustrian/produksi) harus diimbangi oleh pemekaran wilayah. dan sosiopolitik. semakin besar kebutuhan akan sumber akan sumber daya alam. Negara dimungkinkan untuk memperoleh ruang yang cukup luas agar kemampuan dan kekuatan rakyatnya dapat berkembang secara bebas. Esensi ajaran Kjellen adalahsebagaiberikut: 1) Negara merupakan satuan biologis. . ekonomi. batas-batas suatu negara pada hakikatnya bersifat sementara. bangsa tersebut akan mencari pemenuhan kebutuhan akan kekayaan alam diluar wilayahnya (ekspansi). kratopolitik . 4) Semakin tinggi budaya suatu bangsa. Kjellen menegaskan bahwa negara adalah suatu organisme yang dianggap sebagai “prinsip dasar”.

demokrasi politik .2) Negara merupakan suatu siste m politik/pemerintahan yang meliputi bidang-bidang : geopolitik . Ajaran wawasan nasional bangsa Indonesia menyatakan bahwa : Ideologi digunakan sebagai landasan idiil dalam menentukan politik nasional. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia dapat menjamin kepentingan bangsa dan negaranya ditengah-tengah perkembangan dunia. Ia harus mampu berswasembada serta memanfaatkan kemajuan kebudayaan dan teknologi untuk meningkatkan kekuatan nasionalnya: ke dalam. akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang cinta damai. bangsa Indonesia berpijak pada paham kebangsaan (nasionalisme) yang membentuk . untuk memperoleh batas-batas negara yang lebih baik.sosial politik. Geopolitik Bangsa Indonesia. Bangsa yang berfalsafah dan berideologi Pancasila menganut faham perang dan damai : ” Bangsa Indonesia cinta damai. Dalam hubungan internasional. Bangsa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan.dan krato politik(politik_memerintah). dihadapkan pada kondisi dan konstelasi geografis Indonesia dengan segala aspek kehidupan nasionalnya. karena penjajahan tidak sesuai denga peri kemanusiaan dan peri keadilan. 3) Negara tidak harus bergantung pada sumber pembekalan luar. Pandangan geopolitik bangsa Indonesia yang didasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan yang luhur dengan jelas dan tegas tertuang di dala Pembukaan UUD 1945. Wawasan nasional bangsa Indonesia tidak mengembangkan ajaran mengenai kekuasaan dan adu domba. untuk mencapai persatuan dan kesatuan yang harmonis dan ke luar. tetapi lebih cinta kemerdekaan. karena hal tersebut mengandung benih-benih persengketaan dan ekspansionisme.ekonomi politik .

Wawasan nusantara sebagai visinasional.suatu wawasan kebangsaan dengan menolak pandangan chauvisme. Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional atau sebagai kebijaksanaan nasional. berkedudukan sebagai landasan operasional.Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam upaya mencapai serta mewujudkan cita. ikut mewujudkan 2.Wawasan nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari stratifikasinya sebagai berikut: I. Pancasila sebagai falsafah. III. II. Semua ini dala rangka perdamaian dan ketertiban dunia yang abadi. Undang-Undang dasar 1945 sebagai landasan konstitusi negara. .FungsidanTujuanWawasanNusantara 1.5Kedudukan. Bangsa Indonesia selalu terbuka untuk menjalin kerjasama antar bangsa yang saling menolong dan saling menguntungkan.berkedudukan sebagai landasan konstitusional. IV. ideologi bangsa dan dasar negara berkedudukan sebagai landasan idiil.Kedudukan a.berkedudukan sebagai landasan visional. b.cita dan tujuan nasional.

kelompok. serta rambu-rambu dalam menentukan segala jenis kebijaksanaan. atau daerah.berbangsa dan bernegara. kelompok. kerja sama dan sikap saling menghormati.Fungsi Wawsan nusantara berfungsi sebagai pedoman.Tujuan Wawasan nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mementingkan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu. suku bangsa. motivasi. keputusan. Hal tersebut bukan berarti menghilangkan kepentingan-kepentingan individu.2. 3. golongan. suku bangsa. dorongan.atau daerah. tindakan dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat. .

1 Kesimpulan. .670 pulau memerlukan pengawasan yang cukup ketat. Wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah wilayah perairan mempunyai banyak celah kelemahan yang dapat dimanfaatkan oleh negara lain yang pada akhirnya dapat meruntuhkan bahkan dapat menyebabkan disintegrasi bangsa Indonesia. Oleh karena itu diperlukan suatu konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dimana pengawasan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pihak TNI/Polri saja tetapi semua lapisan masyarakat Indonesia.Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasannusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses.BAB III PENUTUP 3. Dengan adannya wawasan nusantara kita dapat mempererat rasa persatuan di antara penduduk Indonesia yang saling berbhineka tungga ika. Indonesia yang memiliki kurang lebih 13. Bila hanya mengandalkan TNI/Polri saja yang persenjataannya kurang lengkap mungkin bangsa Indonesia sudah tercabik – cabik oleh bangsa lain.

Drs.H “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN”. Paradigma. Jakarta: 2002.2002 .org/wiki/wawasan_nusantara HAMDHAN MANSYUR. Yoyakarta. M.DAFTAR PUSTAKA http://id. KAELAN. PT Gramedia Pustaka Utama. Drs.S.H. dkk “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Untuk Perguruan Tinggi”.wilipedia.