P. 1
Makalah b.indonesia (Kutipan)

Makalah b.indonesia (Kutipan)

|Views: 880|Likes:
Published by Gigih M. Prayogo

More info:

Published by: Gigih M. Prayogo on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

KUTIPAN

1. Definisi
Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

2. Tujuan
Dalam tulisan ilmiah, baik berupa artikel, karya tulis, skripsi, tesis, dan disertasi selalu terdapat kutipan. Kutipan adalah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menyelidiki suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, penulis cukup mengutip karya orang lain tersebut. Dengan demikian kutipan memiliki fungsi sebagai: a. landasan teori b. penguat pendapat penulis c. penjelasan suatu uraian d. bahan bukti untuk menunjang pendapat tersebut.

3. Fungsi
Kutipan memiliki fungsi tersendiri. Fungsi dari kutipan adalah sebagai berikut : a) Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi. b) Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat. c) Memudahkan penilaian penggunaan sumber data. d) Memudahkan pembedaan daftar pustaka dan ketergantungan tambahan. e) Mencegah pengulangan penulisan daftar pustaka. f) Meningkatkan estetika penulisan. g) Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.

dll. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. missal [ huruf miring dari pengutip ].Kalau ada hal yang dinilai salah/meragukan. .yang artinya kita sekedar mengutip sesuai dengan aslinya dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan itu.4. argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.garis bawah. agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara 1 ( Contoh kutipan Langsung 3# ) 4.kita beri tanda ( sic! ).[ ejaan disesuaikan dengan EYD ].Demikian juga kalau kita menyesuaikan ejaan. ( Contoh kutipan Langsung 1# ) Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3). agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf.dapat juga dengan sistem catatan langsung ( catatan perut ) seperti telah dicontohkan.tidak boleh ada perubahan.Penyebutan sumber dapat dengan sistem catatan kaki. ( Contoh kutipan Langsung 2# ) Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain.memberi huruf kapital.atau huruf miring.Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.harus digunakan huruf siku [ ….1 Kutipan langsung Kutipan Langsung ialah kutipan yang sama persis dengan teks aslinya. Contoh : Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Bila dalam kutipan terdapat huruf atau kata yang salah lalu dibetulkan oleh pengutip. Jenis Kutipan 4. ].2 Kutipan tidak langsung Dalam kutipan tidak langsung kita hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutip.kita perlu menjelaskan hal tersebut.. 1983: 3).

Selain sebagai penunjukan referensi. 2). catatan kaki dapat berfungsi untuk memberikan catatan penjelas yang diperlukan. dan halaman dapat dicantumkan semua. nama penerbit. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan dengan catatan tubuh. tahun terbit buku. serta halaman buku yang dikutip. (Contoh kutipan Tidak Langsung 3# ) 4. . tahun terbit. nama pengarang. 3). 1983:3). yaitu: 1). yang ditampilkan hanya nama pengarang.Contoh : Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis. judul buku. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 1#) Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf.3 Kutipan catatan kaki Dilakukan apabila penulis mencantumkan nomor indeks di akhir sebuah kutipan berupa superscript. Catatan kaki mampu menunjukkan sumber referensi dengan lebih lengkap. Hal ini tentu mempermudah penelusuran bagi pembaca. lalu di bagian bawah halaman tersebut (bagian kaki halaman) terdapat keterangan nomor indeks yang menjelaskan sumber kutipan tersebut. Catatan kaki mempunyai kelebihan dibandingkan dengan catatan tubuh. Catatan kaki dapat digunakan untuk merujuk bagian lain dari sebuah tulisan. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 2# ) Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis1). Dalam catatan kaki. Dalam cacatan tubuh.

sebagai pemproduksi ide serta mengatur produksi dan distribusi idenya pada masa tersebut. kemudian reference. Kalimat ”Individu-individu. kalimat ”Pertanyaannya kemudian.. 3) Catatan kaki ditulis dengan satu spasi.. 6) Judul buku dalam catatan kaki ditulis miring (italic).. mulai dari nomor satu. 4) Pilihan huruf dalam catatan kaki harus sama dengan pilihan huruf dalam naskah skripsi. begitu seterusnya. 8) Catatan kaki bisa berisi keterangan tambahan. asalkan proporsional. 7) Nama pengarang dalam catatan kaki ditulis lengkap dan tidak dibalik. cacatan kaki pertama di tiap awal bab menggunakan nomor satu. yaitu:  Times New Roman (size 10)  Arial (size 9)  Tahoma (size 9) 5) Baris pertama catatan kaki menjorok ke dalam sebanyak tujuh karakter.. 2) Nomor cacatan kaki ditulis secara urut pada tiap bab.. memegang peranan sekaligus pula sebagai pemikir-pemikir. hal tersebut adalah bukti diri bahwa mereka melakukan tersebut dalam jangkauannya kepada yang lainnya..bekerjanya kelas berkuasa” adalah naskah skripsi.. Contoh : Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana kelas berkuasa bekerja melalui ideologi untuk melanggengkan dominasi mereka? Barangkali penting dikutip di sini bagaimana Marx menjelaskan bekerjanya kelas berkuasa: “Individu-individu yang menyusun kelas yang berkuasa berkeinginan memiliki sesuatu/kesadaran dari yang lainnya.pada . Pertimbangan utama memberikan keterangan tambahan adalah: jika keterangan tersebut ditempatkan dalam naskah (menyatu dengan naskah) akan merusak alur tulisan atau naskah tersebut.. dipisahkan dengan naskah skripsi oleh sebuah garis. Artinya. Pemisahan ini akan otomatis dilakukan oleh program Microsoft Word dengan cara mengklik insert. hanya ukurannya lebih kecil.” 19 Dalam contoh di atas.Prinsip-prinsip dalam menuliskan catatan kaki: 1) Catatan kaki dicantumkan di bagian bawah halaman. Ketika mereka memegang peranan sebagai sebuah kelas dan menentukan keseluruhannya dalam sebuah kurun waktu. Tidak ada batasan seberapa panjang keterangan tambahan. kemudian footnote.

tidak berada dalam tanda kurung. b). . tahun terbit buku dan halaman yang dikutip. di titik inilah esensi hegemoni: hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis. Jika kutipan ini merupakan akhir kalimat. Nama penulis menyatu dalam naskah tulisan.masa tersebut” adalah kutipan. kumulatif. b). dan diterima oleh masyarakat (Lull. Catatan tubuh menyatu dengan naskah. yang berinteraksi. Prinsip-prinsip dalam menuliskan catatan tubuh: 1).4 Kutipan catatan tubuh Dilakukan ketika penulis mencantumkan sumber kutipan langsung setelah selesainya sebuah kutipan dengan menggunakan tanda kurung. Nama penulis adalah Arthur Asa Berger. Catatan kaki dalam contoh ini bisa dilengkapi dengan keterangan tambahan. Contoh: Di titik inilah esensi hegemoni: hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis. sementara tahun penerbitan dan halaman berada dalam tanda kurung. Catatan tubuh memuat nama belakang penulis. Contoh: a). 20 4. maka cukup ditulis Berger. hanya ditandai dengan kurung buka dan kurung tutup. 1995: 31-38). dan diterima oleh masyarakat. Model ini biasanya ditempatkan sebelum sebuah kutipan. kumulatif. 3). tanpa perlu berpindah ke bagian bawah halaman. Terdapat dua cara menuliskan catatan tubuh: a). Kelebihan catatan tubuh adalah kemudahan bagi pembaca dalam mengecek sumber sebuah kutipan yang langsung terdapat sebelum atau setelah kutipan tersebut. ditempatkan setelah selesainya sebuah kutipan. Nama penulis Jalaluddin Rakhmat. maka tanda titik ditempatkan setelah kurung tutup catatan tubuh. maka cukup ditulis Rakhmat. 2). Nama penulis. tahun terbit dan halaman berada dalam tanda kurung. Contoh: Menurut Lull (1995: 31-38). yang berinteraksi.

5 Kutipan langsung pada materi Kutipan langsung dimulai dengan materi kutipan hingga penghentian terdekat (dapat berupa koma.5 Kutipan dalam kutipan Dapat dilakukan dengan 2 cara : 1. titik koma. Bila kutipan asli memakai tanda kutip tunggal. 4. kepentingan. kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip tunggal. atau titik) disusul dengan sisipan penjelas siapa yang berbicara. media adalah subjek yang lengkap dengan pandangan. Contoh : Media bukanlah sarana netral yang menampilkan berbagai ideologi dan kelompok apa adanya. kutipan dalam kutipan dapat mempergunakan tanda kutip tunggal atau tanda kutip ganda 2.4. serta keberpihakan ideologisnya. Sebaliknya bila kutipan asli memakai tanda kutip ganda. Janet Woollacott dan David Barrat menegaskan “pandangan para teoritis Marxis bahwa ideologi yang dominanlah yang akan tampil dalam pemberitaan” . kata Tiger Woods. Bila kutipan asli tidak memakai tanda kutip. kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip ganda. Contoh : “Uang dan ketenaran memudahkan saya mengakses godaan”. ”Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas tindakan saya yang tidak bertanggung jawab dan hanya memikirkan diri sendiri”.

KUTIPAN Disusun oleh : Gigih Muslim Prayogo Muhammad Reza Diandra Ufia Arba Dzukron Teknik Sipil Perancangan jalan dan jembatan 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->