P. 1
Macam Macam Angle Pengambilan Gambar

Macam Macam Angle Pengambilan Gambar

|Views: 5,081|Likes:
Published by faisalfateew

More info:

Published by: faisalfateew on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

Macam Macam Angle Pengambilan Gambar

1. Bird eye . Istilah ini dipakai ketika kita mengamnbil gambar dari sudut super tinggi dan jarak jauh. biasanya dipakai ketika ingin mendapatkan efek keramaian (keramaian di pasar misalnya) atau luas (gurun). untuk mendapatkan gambar seperti ini kita perlu berada di tempat yang tinggi (puncak gunung, bukit) atau bila dalam vidio biasa mekakai helicopter atau jimmy jeep. efek ini disebut bird eye karna gambar yang di dapat seperti penglihatan burung ketika terbang diangkasa. ini contoh bird eye ...

2.High Angle Istilah ini dipakai ketika kita mengambil gambar dari sudut tinggi. Letak kamera lebih tinggi dari pada objek sehingga kamera menunduk kebawah. Angle ini menimbulkan efek kecil atau luas.(bila pada model, maka wajh akan tampak lebar dan kaki kecil) ini contoh high angle ...

3. Low Angle Istilah ini dipakai ketika kita mengamnbil gambar dari sudut rendah. Letak kamera berada dibawah objek (point of interest). Efek yang ditimbulkan dari sudut pandang ini adalah kesan besar atau raksasa. ini contoh Low Angle ...

4.Frog eye Istilah ini dipakai ketika kita mengamnbil gambar dari super super rendah dan jarak dekat ini contoh frog eye ...

5. Normal Angle Sudut standart , seperti melihat objek secara langsung dengan mata kita . ini contoh normal angle ...

macam-macam angle pengambilan gambar berdasarkan ketinggian kamera
Ada berbagai macam sudut pandang berdasarkan posisi kamera terhadap subjek. Angel adalah sudut pengambilan gambar. Istilah angel ini berlaku baik dalam pengambilan gambar foto maupun video. Penentuan angel secara tepat akan menghasilkan shot yang baik. Angel dapat mempengaruhi emosi dan psikologi penonton, karena shot yang dihasilkan bisa bersifat objektif dan subjektif. Ada lima macam jenis angel berdasarkan ketinggian kamera dari objek, yaitu : Normal Angel Normal Angel atau Eye Level adalah sudut standar atau normal. Pada sudut ini, kamera diletakkan sejajar dengan objek. Efek yang ditimbulkan dari sudut pandang ini adalah pandangan normal atau seperti kita melihat langsung ke objek dengan mata kita.

Contoh Normal Angel (Photo by Intan) High Angel High Angel adalah mengambil gambar dari sudut tinggi. Letak kamera lebih tinggi dari pada objek, sehingga kamera menunduk kebawah. Efek yang ditimbulkan adalah kesan kecil atau luas. Contoh High Angel (Photo by Iva) Low Angel Low Angel adalah mengambil gambar dari sudut rendah. Letak kamera berada di bawah objek. Efek yang ditimbulkan adalah kesan besar atau raksasa. Bird Eye Bird Eye adalah mengambil gambar dari super tinggi dan jarak jauh. Frog Eye Frog Eye adalah mengambil gambar sudut yang super rendah dan jarak yang dekat.

ANGLE
Angle adalah Sudut pengambilan gambar Istilah angle diterapkan dalam foto dan video , Angle terbagi 5 , yaitu :

Normal Angle

Pada sudut ini , kamera diarahkan sejajar dengan objek , sehingga hasil / efek yang didapat adalah gambar yang terlihat normal (seperti pengelihatan mata biasa)

High Angle

Pada sudut ini , kamera diarahkan dari atas objek , sehingga hasil / efek yang didapat adalah gambar yang terlihat seperti tersorot dari atas dan jika full seluruh badan yang diambil , maka wajah akan terlihat lebih besar dari kaki.

Low Angle
Pada sudut ini , kamera diarahkan dari bawah objek , sehingga hasil / efek yang didapat adalah objek terkesan besar (raksasa) , biasanya digunakan untuk mengambil gambar objek yang tinggi.

Bird Angle
Istilah ini dipakai saat kita mengambil gambar dari sudut super tinggi dan jarak jauh. biasanya dipakai ketika ingin mendapatkan efek keramaian atau luas . Karena itu angle ini disebut Bird Angle , karena hasil gambarnya akan terlihat seperti gambar yang dilihat oleh mata burung .

Frog Angle
Istilah ini dipakai ketika kita mengamnbil gambar dari super super rendah dan jarak dekat. biasanya dipakai ketika ingin mengesankan megah atau besar.

a.Extreem Close-up [ECU].
Pengambilan gambarnya fokus pada 1 objek , shoot ditangkap dengan jarak super dekat dengan objek. Fungsinya untuk kedetilan suatu objek.

FRAME SIZE

b.Big Cloe-up[BCU].
Pengambilan gambarnya mulai dari kepala sampai dagu objek. Fungsi untuk menonjolkan ekpresi yang di keluarkan oleh objek.

c.Close-up[CU].
Pengambilan gambarnya mulai dari ujung kepala sampai leher.

Fungsinya untuk memberi gambaran jelas tetang objek.

d.Medium Close-up[MCU].
Pengambilan gambarnya dari ujung kepala sampai dada. Fungsinya untuk mempertegas profil seseorang sehingga penonton jelas.

e.Medium Shoot[MS].
Pengambilan gambarnya dari kepala sampai pinggang. Fungsinya memperlihatkan sosok objek secara jelas.

f.Long Shoot [LS]
Pengambilan gambarnya antara objek dengan background 50:50 (sama rata) fungsinya untuk menujukan objek dengan backgroundnya.

g.Extreem Long Shoot [ELS].
Pengambilan gambarnya melebihi long Shoot,background jauh lebih ditonjolkan dibanding objek. Untuk menunjukkan objek tersebut bagian dari lingkungannya.

Macam Angle , Shot , Gerakan Kamera

ANGLE

adalah Sudut pengambilan Gambar/Sudut Pandang pengambilan

Gambar. Macam-macam Angle : 1. Normal Angle / Eye Level : pengambilan di sudut yang normal ,, sejajar dengan mata kita. 2. High Angle : Pengambilan gambar pada sudut yang tinggi. 3. Low Angle : Pengambilan Gambar pada sudut yang Rendah. 4. Bird Angle : Pengambilan gambar pada sudut yang sangat tinggi dan jauhh. 5. Frog Angle : Pengambilan gambar pada Sudut yang super rendah dan dekat.

SHOT adalah bidang Pandangan pada saat pengambilan gambar.
1. ELS ( Extreme Long Shot) Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang sangat luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan. 2. LS (Long Shot)

Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS, 3. MLS (Medium Long Shot) Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada long shot, obyek manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai di atas kepala 4. MS (Medium Shot) Di sini obyek menjadi lebih besar dan dominan, obyek manusia ditampakkan dari atas pinggang sampai di atas kepala. Latar belakang masih nampak sebanding dengan obyek utama 5. MCU (Medium Close Up) Shot amat dekat, obyek diperlihatkan dari bagian dada sampai atas kepala. MCU ini yang paling sering dipergunakan dalam televisi 6. CU (Close UP) Shot dekat, obyek menjadi titik perhatian utama di dalam shot ini, latar belakang nampak sedikit sekali. Untuk obyek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai di atas kepala 7. BCU ( Big Close Up) Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Obyek mengisi seluruh layar dan jelas sekali detilnya 8. ECU ( Extreme Close Up) Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Obyek mengisi seluruh layar dan lebih jelas sangat detilnya.

GERAKAN KAMERA

1. Pan, Panning adalah gerakan kamera secara horizontal (mendatar) dari kiri ke kanan atau sebaliknya

Pan right (kamera bergerak memutar ke kanan) Pan left (kamera bergerak memutar ke kiri)
2. Tilt, Tilting adalah gerakan kamera secara vertical,mendongak dari bawah ke atas atau sebaliknya

Tilt up : mendongak ke atas Tilt down : mendongak ke bawah
3.

Dolly, Track adalah gerakan di atas tripot atau dolly mendekati atau menjauhi subyek

Dolly in : mendekati subyek Dolly out : menjauhi subyek
4. Pedestal adalah gerakan kamera di atas pedestal yang bisa dinaik turunkan. Sekarang ini banyak digunakan Porta-Jip Traveller.

Pedestal up : kamera dinaikan Pedestal down : kamera diturunkan
5. Crab adalah gerakan kamera secara lateral atau menyamping, berjalan sejajar dengan subyek yang sedang berjalan.

Crab left (bergerak ke kiri) Crab right ( bergerak ke kanan)
6.

Arc adalah gerakan kamera memutar mengitari obyek dari kiri ke kanan atau sebaliknya

7. Zoom adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optic, dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya

Zoom in : mendekatkan obyek dari long shot ke close up Zoom out : menjauhkan obyek dari close up ke long shot

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->