P. 1
K.9.Masalah Dualisme Pemb.ppt

K.9.Masalah Dualisme Pemb.ppt

|Views: 359|Likes:
Published by shareev

More info:

Published by: shareev on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2014

pdf

text

original

Masalah Dualisme Pembangunan

1. Konsep Dualisme

2. Dualisme Sosial
3. Dualisme Ekologis 4. Dualisme Teknologi 5. Dualisme Keuangan 6. Dualisme Regional 7. Pengaruh Dualisme Pada Pembangunan

Dualisme Finansial e. Dualisme Teknologi d. Dualisme Sosial b. perbedaan antara berbagai golongan masyarakat yang semakin meningkat Dualisme dapat dibedakan: a. Dualisme Regional 2 . Konsep Dualisme Dualisme: Menunjukkan adanya perbedaan antara bangsa kaya dan miskin. Dualisme Ekologis c.1.

Unsur pokok konsep dualisme: a. Kenyataan hidup perbedaan bersifat kronis dan bukan transisional c. Dua keadaan yang berbeda : Superior dan inferior b. Derajat superioritas atau inferioritas terus meningkat d. Keterkaitan antar unsur berpengaruh kecil .

Dualisme Sosial (J. Boeke. Ekonom Belanda) Suatu pertentangan sistem sosial yang diimpor dengan sistem sosial pribumi yang memiliki corak berbeda .2.H.

3. Dualisme Ekologis CLIFFORD GEERTZ (1963): Perbedaan dalam sistim ekologis. Menggambarkan polapola sosial ekonomi menyatu dalam keseimbangan internal .

Dualisme Teknologi BENJAMIN HIGGINS (1956) : Suatu keadaan dimana dalam suatu bidang kegiatan ekonomi tertentu digunakan teknik produksi & organisasi produksi yg sangat berbeda coraknya .4.

5. rentenir) . Dualisme Finansial HLA MYINT (1967): dimana ada pasar modal/uang yang sangat berbeda. bursa efek) dan tidak terorganisir (tuan tanah. ada yg terorganisir (melalui bank.

.6. Dualisme Regional Dibicarakan Para Ahli (1960) : Yaitu adanya ketidakseimbangan pembangunan di berbagai daerah dalam suatu wilayah negara.

Dualisme antara pusat negara.Dualisme Regional dibedakan dua jenis: a. pusat industri dan perdagangan dengan daerah-daerah lain dalam negara tersebut Dengan adanya dualisme mengakibatkan ketidakmampuan sehingga sumber daya yang ada di negara yang sedang berkembang tidak digunakan secara efesien: Kurva Kemungkinan Produksi (PRODUCTION POSSIBILITIES CURVE) 9 . Dualisme antara daerah perkotaan dan pedesaan b.

terutama dualisme sosial dan teknologi. menimbulkan keadaan-keadaan yang menyebabkan mekanisme pasar tidak berfungsi secara semestinya  Ketidak sempurnaan pasar mengakibatkan sumber-sumber daya yang tersedia tidak digunakan secara efisien  Penggunaan teknologi yang terlalu tinggi di sektor modern menimbulkan kesulitan bagi suatu negara untuk mempercepat perkembangan kesempatan kerja di sektor modern . Pengaruh Dualisme Pada Pembangunan  Berbagai macam dualisme yang terdapat di negara-negara sedang berkembang.7.

Sebagian besar kegiatan-kegiatan dalam suatu negara sedang berkembang yang relatif miskin masih dilaksanakan dengan:  Menggunakan teknik yang sangat sederhana Menyebabkan produktivitas berbagai kegiatan produktif sangat rendah  Cara berfikir yang masih tradisional Menyebabkan usaha-usaha untuk mengadakan perubahan atau pembaharuan sangat terbatas .

Taraf pendidikan sebagian besar masyarakatnya masih sangat rendah b. Cara-cara hidup dan berpikir masyarakatnya masih sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai agama. dan pandanganpandangan hidup yang bersifat menyerahkan diri kepada kekuasan alam dan Tuhan c. adat-istiadat yang telah dipraktekkan secara turun-menurun.Sifat-sifat masyarakat tradisional: a. Sisa-sisa feodalisme masih sangat dirasakan dalam hubungan sosial diantara berbagai golongan masyarakat Ciri-ciri kehidupan masyarakat tradisional diatas menimbulkan ketidaksempurnaan didalam pasar .

Ketidaksempurnaan pasar juga ditimbulkan:  Kekurangan pengetahuan masyarakat mengenai keadaan pasar  Sikap masyarakat .

antara sektor modern dan sektor tradisional terdapat perbedaan upah yang cukup tinggi yang diakibatkan oleh perbedaan tingkat produktivitas yang besar antar kedua sektor tersebu . Dalam pasar yang sempurna. Oleh karenanya produksi batas sesuatu faktor produksi akan sama besarnya di berbagai sektor dan seterusnya mengakibatkan tingkat upah akan sama besarnya disemua sektor  Hal ini tidak terdapat di banyak negara miskin. faktor-faktor produksi mempunyai mobilitas yang tinggi dan dapat saling menggantikan saling satu sama lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->