Kromatografi “resin penukar ion”

Click to edit Master subtitle style

5/17/12

Agung Setiawan Asri Ambarwati

Riezha Aulia Rian Rahman

Deti Nurhidayah Nurdiana

Khoirul Munawaroh Septiyan Pratama

5/17/12

KROMATOGRAFI Teknik untuk memisahkan campuran menjadi komponennya dengan bantuan perbedaan sifat fisik masingmasing komponen. 5/17/12 .

KROMATOGRAFI PERTUKARAN ION 5/17/12 .

5/17/12 Pertukaran ion adalah suatu proses kesetimbangan dan jarang berlangsung lengkap. stokiometrinya bersifat eksak .Pengertian Resin pertukaran ion merupakan bahan sintetik yang berasal dari aneka ragam bahan. alamiah maupun sintetik. organik maupun anorganik . namun tak peduli sejauh mana proses itu terjadi.

ester – ester dan resene – resene. plastis. secara kimiawi : campuran yang kompleks dari asam asam resinat. biasanya berbentuk padat dan amorf(tidak beraturan) secara fisis : resin ini biasanya keras. 5/17/12 .Apa yang dimaksud dengan resin? suatu campuran yang kompleks dari ekskret/ekstrak tumbuh-tumbuhan dan insekta. dan pada pemanasan menjadi lembek. resinotannol. transparan. alkoholresinat.

5/17/12 .

Macam-macam Resin Resin dengan gugusan sulfonat atau amina kuartener adalah terionisasi kuat. sedangkan gugusan ion yang terionisasi secara parsial seperti > COOH. dan NH2­ dikenal sebagai resin penukar yang lemah 5/17/12 . Resin-resin demikian disebut resin penukar kuat. tidak larut dan sangat reaktif. -OH.

5/17/12 .

Mekasnisme Penukaran Ion Pertukaran kisi kristal Lapisan rangkap Membran Donnan 5/17/12 .

Teknik Pertukaran Ion dan proses Larutan Proses pengeluaran yang pertukaran Larutan nya ion yang melalui nya adalah adalah Kapasitas kolom serapan keluar dari Mengembal desorpsi kolom penerobosa disebut ikan resin elusi atau Dan disebut influentn yang sudah Proses pereaksin effluent didefinisika terpakai ke pengeluar ya adalah Kapasitas n sbg bentuk an ion dari eluentpertukaran banyaknya semula kolom total adalah ion yang disebut dengan jumlah dapat regenerasi reagent gugusan diambil oleh yang yang dapat kolom pada 5/17/12 sesuai dipertukarka kondisi .

Resin penukar kation Adalah resin yang akan menukar atau mengambil kation dari larutan. MX kedalam buret yang telah berisi resin penukar kation. Apabila yang dialirkan larutan garam. maka akan terjadi suatu reaksi pertukaran : 5/17/12 .

Resin penukar anion yang akan menukar Adalah resin dan mengambil anion dari larutan. Apabila dialirkan suatu larutan dalam buret yang telah berisi resin penukar anion. maka akan terjadi suatu reaksi penukaran : MX (aq) + Res-H → H2O (aq) + Res-X 5/17/12 .

Jumlah NaCl yang dapat diubah menjadi HCl.Apabila larutan NaCl dialirkan melalui kolom resin penukar kation. Kesimpulannya adalah bahwa meskipun dimasukkan larutan NaCl. Apabila resin mencapai batas kapasitas penukaran. arah reaksi dapat dibalik (seperti diatas) yang disebut dengan proses 5/17/12 regenerasi. . larutan yang keluar adalah HCl. tergantung pada kapasitas resin dan jumlah resin yang terdapat dalam kolom. Dari reaksi tersebut terlihat bahwa jumlah ion Na+ diganti dengan jumlah ion H+ setara dengan jumlah Na+ tersebut. maka dapat terjadi peristiwa: NaCl + H-Res —–> Na-Res + HCl Reaksi kesetimbangan di atas menunjukkan bahwa H-Res menggambarkan resin dalam lingkar hidrogen.

Semua penukar ion yang bernilai dalam analisis. memilih beberapa kesamaan sifat : mereka hampir-hampir tak dapat larut dalam air dan pelarut organik mengandung ionion aktif dan ion-ion lawan yang akan bertukar secara terjadi perubahan-perubahan fisika yang berarti dalam bahan tersebut eversibel dengan ion-ion lain dalam larutan yang mengelilinginya tanpa penukaran ion bersifat kompleks dan sesungguhnya adalah polimerik. dan oleh anion-anion dalam penukar anion muatan-muatan pada ion-ion 5/17/12 . Polimer ini membawa suatu muatan listrik yang tepat dinetralkan berupa v Ion-ion aktif ini beruapa kation-kation dalam penukar kation.

Click to edit Master subtitle style Sifat-Sifat Resin Penukar Ion 5/17/12 .

Kapasitas Penukaran ion Sifat ini menggambarkan ukuran kuantitatif jumlah ion-ion yang dapat dipertukarkan dan dinyatakan dalam mek (milliekivalen) per gram resin kering dalam bentuk hydrogen atau kloridanya atau dinyatakan dalam 5/17/12 milliekivalen tiap milliliter resin .1.

Hal ini disebabkan karena penukar ion merupakan suatu proses stoikhiometrik dan dapat reversible. Selektivitas suatu sifat resin penukar ion yang menunjukan aktifitas pilihan atas ion tertentu .2. Selektivitas resin penukar ion akan menentukan dapat atau tidaknya suatu ion dipisahkan dalam suatu larutan apabila dalam larutan tersebat terdapat ion-ion bertanda muatan sama. demikian juga dapat atau tidaknya ion yang telah terikat tersebut dilepaskan 5/17/12 .

. Derajat Ikat Silang Sifat ini menunjukan konsentrasi jembatan yang ada di dalam polimer. 5/17/12 perilaku mekaran. Derajat ikat silang tidak hanya mempengaruhi kelarutan tetapi juga kapasitas pertukaran.3.

Porositas berbanding lansung derajat ikat silang.saluran kapiler. Jalinan resin penukar mengandung rongga-rongga. walaupun ukuran saluran-saluran kapilernya tidak seragam. tempat air terserap masuk. Bila tanpa pori. Porositas mempengaruhi kapasitas dan 5/17/12 keselektifan. Ukuran saluran-saluran ini biasanya tidak seragam.Porosita s Nilai porositas menunjukan ukuran pori-pori saluran.4. hanya .

Ketahanan terhadap pengaruh osmotik. juga terkait jenis monomernya. Kestabilan resin Kestabilan penukar ion ditentukan juga oleh mutu produk sejak dibuat. baik saat pembebanan maupun regenerasi. Akan tetapi lakuan panas penukar kation makropori agak mengubah struktur kisi ruang dan porositasnya. Kestabilan termal jenis makropori biasanya lebih baik daripada yang gel. 5/17/12 .5. Kestabilan fisik dan mekanik terutama menyangkut kekuatan dan ketahanan gesekan. walau derajat ikat silang serupa.

TERIMAKASIH  Click to edit Master subtitle style 5/17/12 .