P. 1
ZALIM

ZALIM

|Views: 2,406|Likes:
Published by megareksa

More info:

Published by: megareksa on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

Kata Pengantar

Puji dan syukur saya ucapakan kepada kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena berkat karunianya saya dapat menyelesaikan makalah Agama Islam ini yang mengangkat topik “ Perbuatan Tercela Zalim.” Didalam makalah ini saya mencantumkan pengertian dari zalim, macam-macam atau bentuk-bentuk zalim, contoh-contoh dari perbuatan zalim, kategori perbuatan zalim, akibat dan cara menghindari dari perbuatan zalim, jauhi perbuatan zalim, hatihati terhadap perbuatan zalim, takabur dan zalim dibenci allah, bentuk perbuatan zalim. Semoga makalah yang saya tulis ini dapat berguna bagi pembaca. Amin

Pekanbaru, 5 Mei 2012

Penulis
1

DAFTAR ISI

Kata Pengantar.............................................................. 1 ZALIM ............................................................................ 3 Zalim dalam Al-Qur'an dan Hadits ................................ 4 Macam-macam zalim .................................................... 6 Akibat Perbuatan Zalim............................................... 15 Cara menghindari Zalim .............................................. 16 Jauhi Perbuatan Zalim ................................................ 16 Hati-hati terhadap perbuatan zalim ........................... 18 Takabur dan Zalim Dibenci Allah................................. 24 Bentuk Perbuatan Zalim ............................................. 27 DAFTAR PUSTAKA ....................................................... 30

2

ZALIM
Zalim (Arab: ‫ ,ظ لم‬Dholim) adalah meletakkan sesuatu/ perkara bukan pada tempatnya. Orang yang berbuat zalim disebut zalimin. Lawan kata zalim adalah adil. Etimologi Kata zalim berasal dari bahasa Arab, dengan huruf “dho la ma” (‫ ) م ل ظ‬yang bermaksud gelap. Di dalam al-Qur’an menggunakan kata zhulm selain itu juga digunakan kata baghy, yang artinya juga sama dengan zalim yaitu melanggar haq orang lain. Namun demikian pengertian zalim lebih luas maknanya ketimbang baghyu, tergantung kalimat yang disandarkannya. Kezaliman itu memiliki berbagai bentuk di antaranya adalah syirik. Kalimat zalim bisa juga digunakan untuk melambangkan sifat kejam, bengis, tidak berperikemanusiaan, suka melihat orang dalam penderitaan dan kesengsaraan, melakukan kemungkaran, penganiayaan, kemusnahan harta benda, ketidak adilan dan banyak lagi pengertian yang dapat diambil dari sifat zalim tersebut, yang mana pada dasarnya sifat ini merupakan sifat yang keji dan hina, dan sangat bertentangan dengan akhlak dan fitrah manusia, yang seharusnya menggunakan akal untuk melakukan kebaikan. Ancaman bagi orang yang zalim dan tidak Menurut syariat Islam, orang yang tidak berbuat zalim bisa saja terkena siksaan, keyakinan ini berdasarkan dalam salah satu ayat. Allah berfirman: “ "Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orangorang yang zalim saja di antara kamu dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya." (Al-Anfaal 8:25).

Ayat tersebut berisi peringatan untuk berhati-hati (hadzr) akan azab yang tidak hanya menimpa yang zalim saja, tetapi menimpa secara umum baik yang zalim maupun yang tidak zalim. Karena itu secara syar’i, wajib hukumnya bagi orang yang melihat kezaliman/kemunkaran dan mempunyai kesanggupan, untuk menghilangkan kemunkaran itu.

3

Yang dimaksud dengan orang-orang yang zalim pada ayat ini adalah orang-orang yang setelah diberikan kepadanya keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan dengan cara yang paling baik. di antaranya dalam beberapa surah sebagai berikut: Al Baqarah 165 dan Huud 101. karena menuruti hawa nafsu dan merugikan orang lain. "Di antara bentuk kezaliman seseorang terhadap saudaranya adalah apabila ia menyebutkan keburukan yang ia ketahui dari saudaranya dan menyembunyikan kebaikan-kebaikannya. lalu orang-orang yang beriman mengatakan kepada mereka dengan secara cemooh agar mereka tetap ditempat semula dengan menikmati kelezatankelezatan hidup sebagaimana biasa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapkan kepada mereka. maka janganlah kalian saling berlaku zalim.Zalim dalam Al-Qur'an dan Hadits  Al-Qur'an Didalam Al-Qur'an zalim memiliki beberapa makna. Al Kahfi 35. Al Maa-idah 47. Al-Anbiyaa' 13. sesungguhya aku telah mengharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku telah menetapkan haramnya (kezaliman itu) di antara kalian. Al 'Ankabuut 46. Muhammad pernah mengatakan bahwa. "Takutlah kalian akan kezhaliman karena kezhaliman adalah kegelapan pada hari Kiamat" [3] 4 . Orang yang zalim itu di waktu merasakan azab Allah melarikan diri. orang-orang yang menyembah selain Allah. mereka tetap membantah dan membangkang dan tetap menyatakan permusuhan.  Hadits Dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Sirin."[1] Dari kisah Abu Dzar Al-Ghifari dari Rasulullah sebagaimana ia mendapat wahyu dari Allah bahwa Allah berfirman: "Wahai hambaku. zalim pada ayat ini sebuah sifat keangkuhan dan perbuatan kekafirannya."[2] Dalam hadits lain Muhammad bersabda.

yaitu syirik. Kezaliman yang dapat diampunkan Allah. perbuatan seseorang hamba terhadap dirinya sendiri di dalam hubungan dia terhadap Allah.Kategori Kezaliman dibagi menjadi 2 kategori. 5 . menzalimi diri sendiri (dosa dan maksiat) dan orang lain (menyia-siakan atau tidak menunaikan hak orang lain yang wajib ditunaikan). Kezaliman itu ada tiga macamnya di antaranya adalah: Kezaliman yang tidak diampunkan Allah. ^ Hadits diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bin Abdullah. karena pasti dituntut pada Hari Akhir oleh mereka yang dizalimi.24 dalam buku Arba'in An Nawawi. ^ Hadits riwayat Imam Muslim No. perbuatan hamba-hamba-Nya di antara sesama mereka. zalim diambil selain dari bahasa arab juga di ambil dari bahasa suku MAYA Jal Ala Eimi yang artinya Berbuat Kesalahan Dengan Segaja. Kezaliman yang tidak dibiarkan oleh Allah. Referensi ^ Hadits shahih riwayat Ibnu Sirin.

1. membangun. Jadi. Berjuang. Tulisan ini akan membahas mengenai 7 peringkat zalim yang dilakukan oleh manusia. tidak peduli dengan Tuhan. Apa arti zalim dengan Tuhan? Tidak kenal Tuhan atau syirik dengan Tuhan. mengurus. berbudaya. hidup ini tidak dihubungkan dengan Tuhan. tidak takut dengan Tuhan. Artinya. kita telah melakukan penzaliman yang paling tinggi. tetapi merekalah yang menzalimi diri mereka sendiri. Padahal. berekonomi. Zalim dengan Allah Zalim dengan Tuhan meripakan penzaliman peringkat tertinggi. mesti ada hubungan dengan Tuhan. Setiap hari kita zalim dengan Tuhan tetapi hal ini jarang terpikir oleh kita. maka zalim itu berperingkat-peringkat. tidak cinta dengan Tuhan. Hidup kita sehari-hari tidak peduli Tuhan.” (Ar Rum: 9) Ketika berbicara mengenai zalim. dalam Al Quran Allah berfirman: “iqra bismi rabbika” Bacalah atas nama Tuhanmu. 6 . Kalau tidak. tak ada yang lebih tinggi. ketika hendak melakukan apa saja buatlah atas nama Tuhan. segala sesuatu yang kita lakukan mesti dikaitkan dengan Tuhan. dll mesti atas nama Tuhan. mendidik.Macam-macam zalim “Tuhan (Allah) tidak menzalimi mereka itu (maksudnya manusia).

Kerangka tersebut tidak sengaja ditemukan oleh beberapa pekerja tambang yang hendak menggali tanah untuk keperluan ekplorasi gas dan minyak. harta qarun dan baru-baru ini di kawasan Timur tengah ditemukan tengkorak kaum A’ad yaitu kaum nabi Hud as yang pernah ditenggelamkan oleh Allah dengan air bah. 7 . setelah beberapa lama mereka menggali tanah ternya alat menggali mereka membentur suatu benda yang cukup keras dan setelah diperdalam penggaliannya ternyata didapatkan sebuah kerangka manusia yang berukuran besar. setelah beberapa jam kemudian para wartawan mulai berdatangan namun pihak pemerintah setempat melarangnya untuk mengambil gambar tersebut. namun sebuah helikopter tidak sengaja telah memotret gambar tersebut dari atas dan tersebar di internet hingga sampailah di weblog ini. Mudah-mudahan kita semua pandai mengambil pelajaran dari sejarah yang telah berlalu. Setelah di teliti oleh beberapa arkeolog setempat maka dapat disimpulkan bahwa kerangka manusia tersebut adalah manusia yang hidup dijaman nabi Hud as.Masyaallah……… sungguh Allah telah mengabadikan jasad orang-orang / kaum terdahulu yang berlaku zalim terhadap Allah dengan mengawetkan jasad-jasad mereka seperti mumi fir’aun.

mulut tangan. Ada pula yang mendapat banyak hingga menjadi milyader. Zalim dengan Fisik Pemberian Tuhan Melihat dengan mata mesti atas nama Tuhan. sedekah. telinga. Artinya.Contoh gambar zalim kepada allah yaitu: Berbuat syirik kufur dan syirik yang dapat membuat seseorang murtad dari Islam. bertindak. Kalau berlaku kita melakukan penzaliman peringkat ke-2. kaki mesti atas nama Tuhan. tindakan fisik kita selaras dengan kehendak Tuhan. Semua gerak gerik kita jangan bertentangan dengan kehendak Tuhan. Harta yang Tuhan bagi kepada kita janganlah digunakan sedikitpun selain karena Tuhan. gunakan tangan. berbicara. Mendengar. . Sebab yang kita miliki itu milik Tuhan. 3. mesti ikut cara Tunan. Jangan sampai mata. kaki mendurhakai Tuhan. Harta itu tidak boleh kita gunakan sesuka hati. Kalau tidak kita buat penzaliman yang ke-3. 8 . baik disebut zakat. Zalim dengan Harta Karunia Tuhan Harta milik Tuhan. Mesti selaras dengan kehendak Tuhan. miskinlah dia. Tuhan bagi pada kita. 2. Ada yang dapat sedikit.

mencuri. Tetapi. memfitnah. yang ke-4 ini yang sering dibicarakan orang.4. menghina. mempermalukan dimuka umum. “Tidak sepatutnya dia memukul saya” “Mengapa dia menebarkan fitnah mengenai saya” Zalim jenis ini setiap hari dihebohkan. Zalim peringkat tertinggi sepi-sepi saja. perkataan zalim sudah dipersempit maknanya. Contoh gambar zalim kepada manusia lain yaitu: Memukul Mencuri 9 . Sehingga. Zalim kepada manusia lain Zalim kepada manusia lain seperti: memukul. Jenis yang kedua juga tidak pernah diperbincangkan. mengata. Zalim yang ada hubungannya dengan manusia lain ini yang dibesarkan setiap hari. menjatuhkan. yang ke-3 juga kurang diperkatakan oleh orang.

Di zaman ini orang banyak yang menyalahgunakan ilmu ( bahkan ILMU ISLAM ! ) bukan untuk Tuhan tapi untuk duit. dll. Yang terlihat adalah jabatan yang besar-besar. nama. itulah zalim. Itulah zalim. tentu saja hal ini tidak pernah masuk surat kabar. Jabatan-jabatan ini kalau tidak diemban selaras dengan kehendak Tuhan maka dia dikatakan zalim. Menteri. Namun. Gubernur zalim. kemegahan. Kalau jabatan-jabatan yang dibawah. Soal ilmu ini. Zalim dengan ilmu. Orang yang menggunakan ilmu untuk kepentingan diri tidak terfikir kalau dirinya zalim. ada yang dapat banyak ilmu ada pula yang dapat sedikit. Kasubdit. Kalau tidak selaras dengan kehendak Tuhan. Baik yang dapat banyak ilmu ataupun yang dapat sedikit ilmu. saat ini orang yang megah dan sombong dengan ilmu tidak dikatakan zalim lagi. Gubernur. Aneh sekali. kalau ilmu tersebut digunakan bukan untuk Tuhan alias untuk epentingan diri. “hebat. orang ini memiliki ilmu”. Bahkan orang menganggap dia memiliki wibawa. Bahkan. durhaka dengan Tuhan dan hendak masuk neraka dikatakan memiliki wibawa? 10 . jarang disebut orang mengenai kezalimannya. Zalim dengan jabatan ini juga selalu dibesar-besarkan orang. Nampak Presiden zalim. Jabatan ada bermacam-macam. Zalim dengan Jabatan Yang diemban. itulah zalim. 6.5. Sekecil apapun jabatan. Irjen. Mungkin dia Presiden. Kabag. Dirjen. Sombong dengan ilmu. dan jabatan. mesti selaras dengan kehendak Tuhan.

Hari ini. Sebab tu ada ayat Qur’an yang maknanya. itulah zalim. Sepatutnya ruh atau perasaan kita adalah untuk Tuhan.” (Al Baqarah : 195) Ayat ini ditujukan ditujukan kepada orang yang tidak mendermakan harta mereka. susah karena miskin. Perasaan susah kita itu karena kita tidak bisa menolong orang. Kalau orang 11 . kapan bisa kaya” “Istriku kok tidak menyayayangiku ya?” Perasaan sepatut diberi pada Tuhan. “Jangan engkau campakkan diri engkau dalam kebinasaan. TV juga tidak pernah menyebutkannya. orang hanya membesarkan yang no 4. zalim peringkat teratas itu ada dalam diri kita. Hari ini apa yang orang rasa: “aduh sakit. susah karena istri yang kurang menyayangi. tidak takut Allah. Tapi zalim yang paling top adalah orang yang tidak kenal Allah. Zalim ini luas sekali maknanya. Zalim dengan ruh/perasaan. Orang yang tidak bersedekah artinya mencampak diri dalam Neraka. Itu namanya menggunakan perasaan seperti kehendak Tuhan. sedih karena sakit. Sepatutnya perasaan sedih kita itu sedih dengan dosa-dosa kiat. Tapi perasaan sudah disalahgunakan. kapan ya sehatnya?” “sedihnya hidup miskin dan melarat.7. Surat kabar. tidak ada orang yang menyebut-nyebut mengenai zalim jenis ini. Kalau kita bahas. Orang yang tidak berkorban harta dianggap zalim. Ini juga zalim. sekali sekala kita buat juga kezaliman yang paling besar ini. radio. Sayang. Kalau tidak selalu. tidak cinta Allah.

ia tidak akan bergaduh. Zalim kepada diri sendiri zalim kepada diri sendiri mengandung arti melakukan perbuatan dosa.  Tidak menyukai semangat orang lain dan berusaha menahannya. Menyadari kekurangan adalah awal yang baik – bagian dari instrospeksi untuk mengubah kekurangan menjadi kelebihan. baik kecil ataupun besar.paham zalim pada Tuhan begitu luas. perbuatan merintangi jalan beraura negatif dan akan kembali kepada diri sendiri sebagai gelombang negatif juga. Ingatlah. Orang yang menghambat orang lain sebenarnya sedang menganiaya diri sendiri. karena kita sendiri zalim pada Tuhan. Tetapi mengekspos nasib malang dan kekurangan tak ubahnya pengemis di lampu merah yang mengekspos cacat untuk kepentingan diri sendiri. Namun. yang nampak yang ke-4. Contoh gambar zalim terhadap diri sendiri yaitu: Berjudi 12 . dia tidak nampak kezaliman orang padanya itu. Ciri-ciri orang yang melakukan zalim terhadap dirinya sendiri :  Sering bicara tentang nasibnya yang malang dan tidak beruntung. Walaupun orang zalim pada dia. 8. baik dengan sengaja ataupun tidak. Kezaliman jenis ini akhirnya yang dibesar-besarkan. karana yang besar tidak nampak nampak.

dan perbuatan lainnya secara tidak manusiawi. Contoh gambar zalim kepada binatang yaitu: memanah atau menembak binatang 13 . 9. keji. misalnya menjadikan binatang sebagai sasaran latihan memanah atau menembak. menelantarkan binatang peliharaan dan menyembelih hewan dengan senjata tumpul. menyakiti.Memakai narkoba Dampak negatif dari perbuatan zalim terhadap diri sendiri : • Merasa tidak nyaman dengan keberuntungan orang lain (ujungnya adalah iri hati dan merendahkan kemampuan orang lain) • Selalu menganggap orang lain lebih beruntung • Selalu melihat sisi buruk dari sebuah situasi atau keadaan (dan berujung pada mencari pembenaran terhadap kesalahan dan kegagalan). Zalim kepada binatang Zalim kepada binatang mengandung arti memperlakukan binatang dengan seenaknya.

pembakaran hutan dan lain sebagainya. Zalim kepada lingkungan Zalim kepada lingkungan mengandung pengertian melakukan perbuatan yang dapat merusak alam. udara dan lingkungan. penebangan liar. Contoh gambar zalim kepada alam yaitu: pembakaran hutan 14 .menelantarkan binatang peliharaan 10. seperti pencemaran air.

Penebangan liar Pencemaran air Pencemaran udara Akibat Perbuatan Zalim i. misalnya dipenjarakan. misalnya kehilangan harta benda. Bagi orang yang dianiaya :  Orang yang dianiaya akan mengalami kerugian dan bencana sesuai dengan jenis penganiayaan terhadap dirinya. apabilaperbuatannya diketahui oleh alat negara lalu ditangkap dan diadili.  Para pelaku aniaya itu. maka di alam akhiratnya ia akan dicampakan ke dalam api neraka ii. jika tidak bertobat dengan tobat sesungguhsungguhnya. 15 . Bagi penganiaya :  Tidak akan disenangi bahkan akan dibenci masyarakat  Hidupnya tidak akan tenang. karena dibayangi rasa takut  Mencemarkan nama baik dirinya dan keluarga  Orang yang berbuat aniaya seperti merampok dan membunuh. maka tentu ia akan dijatuhi hukuman.

menderita sakit fisik dan mental bahkan sampai kehilangan jiwa  Bila penganiaayaan itu terjadi dimana-mana maka masyarakat tidak akan memperoleh kedamaian dan ketentraman. Jauhi Perbuatan Zalim Bagaimana ikhtiar kita membuat hati tidak berbuat zalim? Jawaban sementara : Ikhitiar menjauhi perbuatan zalim itu ialah dengan menanam dan menumbuhkan kesadaran bahwa zalim itu perbuatan Jahiliyah harus dijauhi dan segera berbuat yang terpuji menyenangkan semua orang dengan niat yang suci tanpa pamrih Lillahi Ta’ala penuh taqwa dan amal soleh. jiwa negatif ialah yang jelek. karena Allah swt telah melarang kita berbuat aniaya. hak binatang. Semua pikiran yang bergelombang dengan kecintaan. Dengan kata lain maka yang disebut jiwa positif itu ialah semua yang baik. Jiwa itu bergetar terus menerus. yaitu jiwa positif dan jiwa negatif. sebaliknya amal soleh itu termasuk perbuatan yang positif. Wajah dari jiwa yang positif akan memancarkan sinar yang menarik orang menjadi 16 . Cara menghindari Zalim Dalam upaya menghindari perbuatan aniaya ini hendaknya kita memperhatikan hak-hak diri sendiri. alam. karena mereka dibayangi rasa takut terhadap perbuatan-perbuatan jahat orang zalim  Jika dalam suatu masyarakat atau negerijumlah orang-orang yang zalimnya mayoritas dan mereka tidak bertobat maka tidak mustahil Allah SWT akan menurunkan adzab-Nya. atau berbuat kerusakan di muka bumi ini. dan sebagainya. Selain itu pula kita hendaknya takut kepada dosa. kesehatan dan keberuntungan serta keberhasilan itulah jiwa yang positif. Jiwa yang positif ialah jiwa yang membangun pikiran yang membawa segala kesuksesan. Watak perbuatan zalim itu menurut ilmu jiwa termasuk perbuatan yang negativ. buruk dan jahat.  Semangat dan gairah kerja masyarakat akan menurun. Dr Paryana dari AMY (Akademi Metafisika Yogya) dalam tulisannya Aplied psychology menyatakan bahwa jiwa itu ada dua macam. kegembiraan. hak orang lain. getaran jiwa yang positif menghasilkan pikiran-pikiran yang positif sedangkan getaran jiwa yang negatif menghasilkan pikiran yang negatif. kebahagiaan.

meresahkan. aman sentosa. Maka benar yang mutlak yang tidak dapat dikalahkan itu ialah ilmu Allah. yang menyebabkan kemelaratan. dunia akhirat maka Allah memberi wahyu petunjuk hidup supaya diikuti dan ditaatinya. menyakiti orang lain. hidup sejahtera serba kecukupan segala kebutuhan hidupnya secara universal. Sehingga diri dan seluruh masyarakat menjadi senang dari apa yang positif apa yang baik itu. Dan disebabkan karena manusia itu bersifat tidak sempurna hasil pikiran manusia yang indrawi. selamat dari kesengsaraan.senang dan gembira. kemunduran semua ini adalah pikiran yang negatif. merugikan orang banyak. dengki. Dan ini akan menumbuhkan perasaan orang lain menjadi antipati. sejahtera bahagia dunia akhirat. Semua pikiran yang jahat. Bertugas supaya membimbing umat manusia untuk mengikuti petunjuk Allah Ta’ala ke arah hidup yang selamat. hidup yang lebih baik lagi. damai bahagia untuk seluruh umat manusia. sebaliknya yang disebut buruk itu ialah sesuatu yang membawa akibat yang tidak enak dan menyengsarakan manusia. menyedihkan. ilmiah dan filosfis itu sangat tergantung oleh sifat manusia yang spekulatip kalau bejo ya untung jika salah ya celaka dan akal manusia itu juga bersifat hipotetis artinya bahwa selama belum ada bukti baru ya benar. 17 . Jiwa yang negatif itu menampakkan pandangan yang tidak menarik. di mana saja dan kapanpun juga. Jadi definisi BAIK itu ialah sesuatu yang menyenangkan diri dan menyenangkan semua orang di manapun juga dalam semua jaman. kebencian. Sebaliknya jiwa yang negatif bergerak untuk merusak dan melawan kesuksesan dan kebajikan. menimbulkan pertengkaran dan perkelaian. kekelemahan. menimbulkan gerakan untuk menentang. hidup yang selamat. tetapi jika ada bukti baru maka kebenaran tadi salah dan kalah dengan yang baru ini. untuk kita orang Islam ialah Al-Quran. Memang Allah Ta’ala berkehendak agar supaya manusia dapat hidup dan hidup terus. makin lama makin baik. Kaum rasionalis Islam Mu’tazilah dam juga Muhammad ‘Abduh berpendapat bahwa yang disebut baik itu ialah sesuatu yang membawa manusia kepada kelezatan dan kebahagiaan. maka dari itu Allah mengirim nabi dan rasul utusan-Nya sedangkan nabi terakhir–rasul penghabisan ialah Nabi Muhammad Saw. jauh dari penderitaan. mengakibatkan kegagalan. tidak senang. melawan pikiran-pikiran yang negatif itu. irihati dan kezaliman itu menyusahkan orang banyak. kekal abadi.

pikiran tidak tenang. @Kitab Lisanul ‘Arab (15h401) mengartikan Taqwa itu laku perbuatan mencegah diri dari penyebab derita sakit yang menyerang. pulang sampai di rumah mengamuk sepatu naik ke meja. kanker. Takut terjerumus masuk jalan ke neraka caranya ialah melakukan ketaatan dan melakukan amal soleh serta taqarrub kepada Allah. Menurut pengertian syara’ taqwa itu menjaga diri dari perbuatan dosa. sakit. Usaha agar supaya kondisi kita dapat hidup dengan aman damai sejatera bahagia untuk diri dan orang lain secara menyeluruh semua orang ialah bertakwa kepada Allah. susah. menjauhi perbuatan dosa kepada manusia dan dosa kepada Allah. memecah kaca. jelas semua yang diridhoi Allah itu akan membawa bahagia seluruh umat manusia. siapa yang di rumah disiksa maka tinggal tunggu kiamat dalam rumah itu. sedangkan dosa ialah sesuatu yang tidak diridhoi Allah. menjauhi perasaan iri. almari dirobohkan. Dengan kata lain takwa itu berbuat baik dan benar meninggalkan yang buruk dan salah. tumbuh-tumbuhan bahkan semua makhluk. sedangkan dosa itu akan membawa diri masuk neraka. menjaga diri dari penyebab kehancuran dan bencana. Taqwa itu melakukan amal soleh. darah tinggi. 18 .Kita renungkan dampak akibat perbuatan yang disebabkan perbuatan zalim misanya saja jika seseorang memulai sesuatu urusan dengan marah-marah. ditengah jalan muring-muring di tempat kerja pikiran tidak dapat berkonsentrasi. kerjanya jelek sekali. amar ma’ruf nahi munkar. Taqwa menurut bahasa ialah usaha mencegah semua yang salah dan negatip sekaligus berjuang menegakkan apa yang benar dan yang positif. Asas landasan ini namanya takwa kepada Allah Swt. Jadi Taqwa itu ialah menjadikan diri terjaga dari apa yang dikawatirkan dari apa yang ditakutkan akan mendatangkan derita. TBC. Sehingga Taqwa itu ialah melakukan perbuatan yang diridhoi Allah. semua anggota isi rumah menjadi sedih. hewan. memukul apa yang ada di mukanya. Ditambahkan lagi bahwa taqwa ialah menjauhi perbuatan dosa. maka Taqwa sering diartikan takut maksudnya ialah takut berbuat salah takut terjerumus kedalam derita sakit. (syamsul muin). dengki dan menjauhi laku perbuatan zalim serta laku perbuatan yang negatif sekaligus menggalakkan semangat tumbuhnya perasan kasih sayang maupun amal soleh.

Al Zaljalah : 7-8 “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarahpun. (lihat hadits No. kita harus segera minta maaf. apalagi sampai berbuat zalim. tentang perbuatan zalim yang 19 . dan lain sebagainya. dusta (bohong). sombong. Allah SWT telah mengingatkan dalam Al Qur’an bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan mendapat balasan dari-Nya. maka tunggu saja. sebaiknya benar-benar menjaga perkataan dan sikap kita agar tidak menyinggung dan menyakiti persaan orang lain. Diantara perbuatan-perbuatan zalim yang mengotori hati yaitu. mensia-siakan atau tidak menunaikan hak orang lain yang wajib ditunaikan. Dalam pergaulan dan interaksi kita dengan orang lain. keadilan dari Allah. pasti akan mendatangi orang yang telah menzaliminya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar dzarahpun. niscaya dia akan melihat (balasan)nya juga“. ujub (bangga diri dengan merendahkan orang lain). Zalim secara istilah mengandung pengertian “berbuat aniaya/celaka terhadap diri sendiri atau orang lain dengan cara-cara bathil yang keluar dari jalur syariat Agama Islam”.HATI-HATI TERHADAP PERBUATAN ZALIM Kezaliman terbagi dua. Kalau kita tidak sengaja melakukan kesalahan kepada orang lain saja. Menzalimi diri sendiri ada dua bentuk yaitu syirik dan perbuatan dosa atau maksiat. Menzalimi orang lain adalah menyakiti perasaan orang lain/ aniaya. mengadukan kezaliman yang menimpanya dan memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah. terlebih lagi bila kita dengan sengaja melakukannya. Yang lebih berbahaya lagi. dengki (tidak suka terhadap kebahagian orang lain). fitnah(menuduh tanpa bukti yang kuat). dan menzalimi orang lain. adu domba (bermuka dua). Serta dalam doanya. sebagaimana firman-Nya dalam QS. 4 di bawah. entah itu didunia ini atau diakhirat kelak. serta berdoa memohon kepada Allah. ghibah (membicarakan keburukan orang lain). apabila kita menyakiti seseorang dan orang tersebut tidak ikhlas. niscaya dia akan melihat (balasan)nya. yaitu menzalimi diri sendiri. ia menyatakan bahwa ia tidak ikhlas atas perbuatan zalim yang dilakukan seseorang.

maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka.” (QS. Maka apakah kamu telah memperoleh dengan sebenarnya apa (azab) yang Tuhan kamu menjanjikannya (kepadamu)?” Mereka (penduduk neraka) menjawab: “Betul. perhatikan firman-Nya berikut ini :“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh. ketika mereka berbuat kezaliman……. 40) Berikut beberapa ayat-ayat Al Quran tentang larangan dan akibat dari perbuatan zalim “Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka) . Dan perhatikan juga firman-Nya yang lain: “Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa.” (QS Al Qashash [28]:59) Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu. dan tidak pernah Kami membinasakan kota-kota. (QS Ali Imran [3] : 57).” Kemudian seorang penyeru (malaikat) mengumumkan di antara kedua golongan itu: “Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang zalim” (QS : Al A’raaf *7 + : 44) “Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota. maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim.” (QS. (QS. Al A’raaf [7]: 41) “Dan penghuni-penghuni surga berseru kepada Penghuni-penghuni neraka (dengan mengatakan): “Sesungguhnya kami dengan sebenarnya telah memperoleh apa yang Tuhan kami menjanjikannya kepada kami. Asy Syuura [42] . Yunus *10+:13) 20 . kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman. sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim”. dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim”. yaitu kezaliman yang dilakukan seorang terhadap orang lain). Allah SWT tidak suka terhadap perbuatan zalim.tidak dibiarkan oleh Allah SWT.

Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak. mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mangangkat kepalanya.“Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu yang sedikit. Wahai hamba21 . sesungguhnya Aku mengharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku mengharamkannya pula atas kalian. sebagaimana tertulis dalam firman-Nya di Surah Ibrahim ayat 42-45 : “Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira. dan telah nyata bagimu bagaimana Kami telah berbuat terhadap mereka dan telah Kami berikan kepadamu beberapa perumpamaan. niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasulrasul. Allah SWT melarang perbuatan zalim. kalian semua tersesat. sedang mata mereka tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong. Zalim merupakan perbuatan yang di larang oleh Allah SWT dan termasuk dari salah satu dosa-dosa besar. An Naml *27+:52) 6.”. Berikut beberapa hadits Rasulullah SAW tentang larangan berbuat zalim : Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra dari Nabi SAW bersabda meriwayatkan firman Allah ‘azza wa jalla. Manusia yang berbuat zalim akan mendapatkan balasan di dunia dan siksa yang pedih di akhirat kelak. maka berkatalah orang-orang yang zalim: “Ya Tuhan kami. Mereka itu mendapat azab yang pedih“.” (Kepada mereka dikatakan): “Bukankah kamu telah bersumpah dahulu (di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa? dan kamu telah berdiam di tempat-tempat kediaman orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri. maka janganlah kalian saling menzalimi. Sesungguhnya pada yang demikian itu pelajaran bagi kaum yang mengetahui. Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) datang azab kepada mereka. maka mintalah hidayah itu kepada-Ku. niscaya kuberikan hidayah itu kepadamu. Wahai hamba-hambaKu.bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. “Wahai hamba-hambaku. kecuali orang yang Aku beri hidayah. berfirman. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surah Asy-Syura : 42 “Sesungguhnya dosa besar itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak.” (QS.

semuanya bertakwa dengan ketakwaan orang yang paling takwa di antara kalian. niscaya Aku berikan makanan itu kepadamu. Maka barang siapa mendapatkan kebaikan. Nabi SAW bersabda: “Tahukah kamu siapa yang bangkrut itu?“. dan barang siapa mendapatkan selain itu. maka bagaimana cara menolongnya apabila ia menganiaya?” .hambaKu.” (HR.a. hal itu sedikit pun tidak mengurangi kekayaan yang Aku miliki. berdiri di atas satu dataran lalu meminta apa pun kepada-Ku. sesungguhnya kalian tidak dapat mendatangkan kemanfaatan bagiKu sehingga tidak sedikit pun kalian bermanfaat bagi-Ku. orang yang bangkrut menurut kami ialah orang yang tidak punya kesenangan dan uang“ (kemudian) 22 . maka mintalah pakaian kepada-Ku. maka mintalah makan kepada-Ku. Wahai hambahambaKu. sesungguhnya kalian lapar. Wahai hamba-hambaKu. mereka (sahabat) berkata: “Ya Rasulullah. Muslim) Dari Anas r. maka mintalah ampun kepada-Ku. Wahai hamba-hambaKu. kemudian Aku membalasnya kepada kalian. kecuali orang-orang yang aku beri makan. Wahai hambahambaKu. andaikan kalian semua dari yang awal sampai yang terakhir. baik dari bangsa manusia maupun bangsa jin. hendaklah ia tidak mencela kecuali dirinya sendirinya. baik dari bangsa manusia maupun jin. lalu aku penuhi semua permintaan mereka. Bukhari) Dari Abi Hurairah r. Beliau menjawab: “Engkau cegah dia dari (perbuatan) penganiayaan. sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah. maka yang demikian itulah berarti menolongnya” (HR. sesungguhnya kalian adalah orang-orang tidak berpakaian. kecuali orang-orang yang telah Kuberi pakaian. Wahai hamba-hambaKu. hanya seperti berkurangnya air samudra ketika dimasuki sebatang jarum jahit (kemudian diangkat). andaikan kalian semua dari yang awal sampai yang terakhir. hendaklah ia memuji Allah.a berkata: Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah kamu menolong saudaramu yang menganiaya dan yang teraniaya“. sesungguhnya kalian semua tidak akan dapat mendatangkan bahaya bagi-Ku sehingga tidak sedikit pun kalian dapat membahayakan-Ku. Wahai hamba-hambaKu. niscaya Aku ampuni kalian semua. niscaya Aku berikan pakaian itu kepadamu. sesungguhnya kalian senantiasa berbuat dosa di malam dan siang hari sedangkan Aku akan mengampuni semua dosa. Wahai hamba-hambaKu. (benar) aku akan menolong apabila ia dianiaya. semua itu perbuatan kalian yang Aku hitungkan untuk kalian. hal itu tidak menambah sedikit pun dalam Kerajaan-Ku.

maka akan diambil menurut penganiayaannya. berkata: “Nabi SAW bersabda: “Siapa yang merasa pernah berbuat aniaya kepada saudaranya. KARENA PASTI DITUNTUT KELAK OLEH MEREKA YANG DIZALIMI. Bukhori. maka kebaikan-kebaikan orang (yang menzalimi) itu diambil untuk diberikan kepada orang-orang yang terzalimi. Maka tatkala kebaikan orang (yang menzalimi) itu habis. Sedang (ia) pun datang (dengan membawa dosa) karena memakimaki orang. zakat. puasa dan haji. firman Allah SWT: “Sesunggahnya syirik itu kezaliman yang amat besar!”. marilah kita selalu menjaga diri kita.” (HR. dan kezaliman yang tidak dibiarkan oleh Allah. Adapun kezaliman yang tidak diampunkan Allah adalah syirik. baik berupa kehormatan badan atau harta atau lain-lainnya. sebelum datang suatu hari yang tiada harta dan dinar atau dirham. hendaknya segera meminta halal (maaf) nya sekarang juga. adapun kezaliman yang dapat diampunkan Allah adalah kezaliman seseorang hamba terhadap dirinya sendiri di dalam hubungan dia terhadap Allah. Muslim) Rasulullah SAW bersabda. alBazaar & ath-Thayaalisy) Apabila kita berbuat salah terhadap orang lain.Rasulullah menjawab: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku ialah orang yang datang (pada hari kiamat) membawa pahala sholat. memukul orang. kita harus segera minta maaf. “Kezaliman itu ada 3 macam: Kezaliman yang tidak diampunkan Allah. maka diambilkan kajahatan-kejahatan dari mereka (yang terzalimi) untuk di berikan kepadanya (yang menzalimi). dan jika tidak mempunyai hasanat (kebaikan). dan mengambil harta benda orang (hak–hak orang). jika ia punya amal shalih.Tuhannya.a. DAN KEZALIMAN YANG TIDAK DIBIARKAN ALLAH ADALAH KEZALIMAN HAMBA-HAMBA-NYA DI ANTARA SESAMA MEREKA.” (HR. Muslim) Setelah kita mengetahui bahayanya perbuatan zalim yang dapat membuat kita menjadi seorang hamba yang bangkrut di akhirat kelak. agar tidak berbuat zalim terhadap sesama. maka diambilkan dari kejahatan orang yang dianiaya untuk ditanggungkan kepadanya. Kezaliman yang dapat diampunkan Allah. kemudian ia (yang menzalimi) dilemparkankedalam neraka (HR. selagi kita masih hidup dan untuk memperingan siksa di akhirat nanti. sedang hutang (kezalimannya) belum terbayarkan. 23 . Abu Hurairah r.

Di akhir hayatnya tidak mendapat kemulyaan dan penghormatan yang layak. Takabur dalam bahasa sederhana berarti merasa besar atau membesarkan diri sendiri. terusir. paling saleh. merasa palimng hebat.Takabur dan Zalim Dibenci Allah Oleh H. dan Haman dibinasakan karena sombong (Al Ankabut:39). Gara-gara diri "merasa" tercipta dari bahan yang menurutnya paling bagus yaitu api. "Sombong itu pakaian-Ku. Dari perasaan inilah sumbernya takabur alias sombong. Firaun. Para raja sejak zaman Parsia. antara lain takabur (sombong) dan zalim (aniaya).R." Kata Allah dalam salah satu hadis qudsi. dan terlaknat sebab sombong (Al Araf: 13 dan 18 dan QS Shaad . Qorun. merasa paling pintar. Mbah dari segala mbah makhluk yang paling takabur adalah Iblis. dia Kau ciptakan dari tanah" (QS Shaad:76). ada beberapa perbuatan manusia yang dibenci Allah." Aku lebih baik daripada dia (adam). Orang sombong diancam neraka. makhluk apa pun dan manusia macam apa pun. berakhir dalam keadaan hina. Menurut istilah psikologi. gejala ini disebut ego neurosis atau neurosa ego yang artinya ganguan ego atau kekacauan ego. sumber malapetaka dan bencana bagi umat manusia. Sepanjang sejarah terciptanya langit dan bumi. Kata orang tua kita. Romawi hingga zaman modern. Setan terhina. secara definitif yaitu i`jabul mar`i binafsihi ujub atau terpesona kepada diri sendiri.77). merasa paling saleh. merasa paling berkuasa. Jika manusia dihinggapi perasaan "merasa paling" yaitu merasa paling bisa. atau sifat jemawa adalah sifat-sifat Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna. jika takabur. mestinya kita harus "bisa merasa"."Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebesar biji sawi (atom) dari kesombongan" (H. Perasaan semacam inilah. celakalah kita semua. 24 . ia merasa paling hebat. bukan "merasa bisa". Kenapa Iblis pongah seperti itu? Alasannya sepele. merasa paling kaya. MUHTAR GANDAATMAJA SELAIN menyekutukan Allah. Iblis juga "merasa" diri paling baik. Almutakabir. Allah sangat benci kepada siapa saja yang takabur. mereka yang jemawa dan merasa hebat. Muslim). Rasulullah saw bersabda. Iblis berkata. Takabur atau sombong. aku Kau ciptakan dari api. pasti akan bertabrakan dengan keakbaran atau keagungan Allah.

dinar. :"Keduanya berkata (berdoa). niscaya pastilah kami termasuk orang-orang merugi. dan memukul ini."Orang yang bangkrut adalah orang yang tidak mempunyai dirham. dan apabila yang mencuri itu orang lemah. Yang termasuk dalam pengertian ini adalah memfitnah.R. tentunya akan kami potong juga tangannya. "Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kamu karena mereka. mencaci maki." Rasulullah saw bersabda. Adam a. Turmudzi). Bila yang benar kemudian dibela dan dibenarkan. merampas hak-hak. sekiranya Fatimah putri Muhammad mencuri. Ada yang menafsirkan bahwa zalim itu lawan dari adil. tetapi tidak bisa tegas menolak semua keinginan istri tercinta. Rasulullah saw menggelari orang semacam ini dengan istilah muflis. kalau ada yang salah kemudian dibela dan dibenarkan. ini adil karena memang seharusnya. yang memiliki arti pandai menempatkan sesuatu pada tempatnya.Perbuatan lain yang dibenci Allah adalah Zalim yang artinya aniaya atau lalim. menghinakan." Orang bangkrut dari umatku adalah orang yang nanti pada hari kiamat datang dengan membawa (pahala) salat. Zalim kebalikannya yakni tidak bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya. Apabila amal kebaikannya telah habis padahal penganiayannya itu belum terbayar semuanya. ini adalah kezaliman. orang yang bangkrut atau pailit. menyakiti perasaan. Rasulullah saw bersabda. maka Allah menurunkan kebinasaan. Tapi. zakat. dan lain-lain. kami telah zalim (menganiaya) diri kami sendiri. menyebutkan zalim artinya melanggar larangan Allah. karena bukan pada tempatnya. AlA`raf: 23). mengadu domba." (H. Bila terjadi hal seperti ini. menuduh itu. dan harta benda. antara lain surat Al-Araf 23. serta membawa tindakannya memcacimaki ini. dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami. mereka menjalankan hukuman atasnya. Rasulullah saw bersabda. pembunuh. yang akhirnya dia dilemparkan ke neraka. misalnya.Mutafaq Alaih) Alquran menerangkan arti zalim dengan banyak makna.S." (Q. bila yang mencuri itu orang bangsawan. puasa. tidak diambil tindakan apaapa. Akhirnya keduanya 25 . menumpahkan darah itu. mungkin kuat menahan diri tidak melakukan pelanggaran.R. mengintimidasi. Lantas kebaikannya diambil untuk membayar orang yang dianiaya itu. Ya Tuhan kami." (H. Demi Allah.s. maka dosa-dosa orang yang dianiaya itu diambil dan dibebankan kepadanya. "Tahukan kamu orang yang bangkrut itu?" Para sahabat menjawab. makan harta ini.

Bukitnya tidak kuat menahan derasnya air. Inilah dosa besar. Terjadi pada 1 . kami siap menghancurkan mereka. Cerita Saba yang indah dan Saba yang hancur. Kata Nabi Muhammad saw. diungkapkan sejak ayat 15-19. zalim artinya orang yang mementingkan kenikmatan belaka. 26 . Inilah kezaliman yang dikutuk Tuhan selama-lamanya. Lantunan doa itu terus mereka sampaikan kepada Allah. Tapi pada hari ini Allah mengampuni mereka." tanya setansetan anak buahnya. Tapi. Ia berdosa besar. Saba dalam sejarah." (Durrotun Nasihin) Negeri Saba diabadikan Allah menjadi nama surat dalam Alquran. bukankah kita pun sering tidak bisa tegas menolak permintaan istri walaupun itu melanggar hukum? Menurut surat Hud: 116. " Tidak apa-apa. kita kaya sendirian. Pada Ayat 15. adalah kezaliman (Q. orang sengsara karena perbuatan sepele kita.11 SM. Akibatnya. Hutan digunduli. Orang jadi sengsara.Al-Baqarah: 231). Ketua Forum Silaturahmi KBIH Kota Bandung. Setiap Idulfitri iblis bersedih. rumah terendam. aliran air selokan tertutup. Salah satu sumber malapetaka adalah sikap hedonistik. syahwat. apa saja perbuatan yang menjadi penyebab orang lain atau lingkungan madarat.terusir ke dunia. Orang semacam ini hanya memikirkan kebahagiaan dirinya sendiri. Mendapat hukuman Allah. Allah menghancurkan mereka sehancur-hancurnya (ayat 19). Tapi. yaitu surat Saba. Ketua Majelis Taklim dan Ketua KBIH Al-Hijaz. Wallahualam. kemudian hujan datang. minuman yang memabukkan. Iblis menjawab. Gambaran buat kita semua. ratusan tahun mereka berpisah. supaya Allah murka kembali kepada mereka. Inilah dosa besar. secara geografis terletak disebelah selatan Jazirah Arab. Akhirnya di Jabal Rahmah (Padang Arafah) mereka dipertemukan Allah. roda perekonomian terganggu. siapakah yang membuat tuan marah. air meluap. Allah menggambarkan negeri Saba yang indah dan makmur serta ada dalam ampunan Allah.S. maka tugasmu adalah supaya menggoda kembali mereka dengan kelezatan. ia panggil anak buahnya. dan kelezatan material belaka. Tanah erosi. "Hai paduka. "Tak ada dosa kecil. Dalam pengertian yang lebih luas. bagi orang yang menganggap dosa itu kecil". mementingkan kenikmatan. Penulis. kayunya ditebang sembarangan. karena mereka berpaling Allah menghancurkannya dengan banjir besar (ayat 16). Membuang sampah sembarangan. tidak peduli penderitaan orang lain. aliran sungai jadi mempet. Karena mereka zalim. Jadilah banjir besar.

akan kita bahas lagi beberapa bentuk perbuatan zalim yang penting untuk kita ketahui agar kita tidak memiliki dan melakukannya. Mengambil milik orang lain tanpa alas an yang bias dibenarkan merupakan sesuatu yang sangat tidak dibenarkan di dalam Islam. jangankan banyak. Selain yang sudah kita bahas pada tulisan terdahulu. sehebat apapun ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah berhasil dicapai. bahkan rumah dan sebagainya. Dalam kehidupan ini kita dasapi saat dimana Allah swt menunjukkan kekuasaannya dengan berbagai kejadian seperti badai. cuaca yang sangat dingin atau panas hingga gempa bumi dan tsunami yang kesemua itu membuat manusia tidak berdaya.Bentuk Perbuatan Zalim Tidak ada manusia yang suka bila dizalimi. Bukhari dan Muslim). karenanya hak memiliki itu harus kita hormati dengan tidak mengambilnya. Kayu yang berasal dari pohon dibuat menjadi kursi. 1. Namun semua itu sebenarnya bukan mencipta (khalaqa) dalam arti membuat sesuatu dari tidak ada sama sekali menjadi ada. Rasulullah saw bersabda: ْ ِ َ ِ ِ َ ْ ِ ِّ ِ َ‫مه ظَلَم قِيذ شبْش مهَ األَسْ ض طُُقًَُ مه سبْع أَِسضيه‬ ِ ٍ ِ َْ َ ْ َ Artinya: Barangsiapa yang berbuat zalim (mengambil hak orang lain) dengan ukuran sejengkal tanah. maka akan dikalungkan (di lehernya) dari tujuh lapis tanah (HR. 27 . besi dan sejenisnya yang sudah ada berhasil dibuat menjadi mobil hingga pesawat terbang bahkan robot yang banyak membantu manusia. sedikitpun tidak dibolehkan karena hal ini merupakan bagian dari kezaliman yang akan dibalas oleh Allah swt dengan balasan yang menyakitkan. Mengambil Milik Orang Lain Setiap orang punya hak untuk memiliki sesuatu. namun dari bahan-bahan yang sudah ada. Karena itu. ini merupakan kezaliman yang sering tidak disadari oleh manusia karena merupakan suatu kesombongan yang sangat tidak pantas dimiliki oleh manusia yang sebenarnya amat lemah. lemari. ketika manusia sudah bisa mengembangkan sesuatu menjadi sesuatu yang lain. namun semua itu tidak akan pernah bisa membuat manusia mencipta seperti yang telah dicipta oleh Allah swt. tembaga. namun sifat lupa dan dikuasai oleh hawa nafsu membuat manusia justeru melakukan kezaliman. dalam satu hadits Rasulullah saw bersabda: ْ َ ُ ْ َ َ ْ َّ ِ ُ ْ ْ َ َ ً‫َمه أَظلَم ممه رٌَب يَخلُق كخَلقِّ فَلْيَخلُقُُْ ا رسةً فَ ْليَخلُقُُْ ا بَعُُْ ضت‬ ْ ْ َّ َ َ Artinya: Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengaku bisa menciptakan seperti ciptaanKu (kalau bisa) cobalah ia membuat sebutir biji jagung atau buatlah seekor nyamuk (HR. janganlah ia merasa sudah bisa mencipta seperti Allah swt mencipta. baik disadari maupun tidak. padahal itu hanyalah sebagian kecil bahkan amat kecil dari kekuasaan Allah swt yang sangat besar. Bukhari dan Muslim). Ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian berkembangan bahkan semakin canggih membuat manusia sudah bisa membuat sesuatu yang baru dari sebelumnya tidak ada. 2. tapi hal itu hanyalah membuat atau menjadikan (ja’ala). Mengaku Bisa Mencipta Seperti Ciptaan Allah Manusia memang memiliki kreativitas yang tinggi sehingga ia bisa membuat sesuatu dari apa yang ada. meja.

utang merupakan sesuatu yang harus segera dibayar. dengan lahan yang luas itu ia bisa mendirikan bangunan yang besar dan luas untuk dijadikan sebagai tempat tinggal serta lahan usaha. Menunda Bayar Utang Dalam hidup ini. hal ini karena utang yang tidak dibayar akan menggerogoti nilai kebaikan seseorang yang dikakukannya di dunia. Baihaki) Bagi seorang muslim. sesungguhnya berutang itu suatu kesedihan pada malam hari dan kerendahan diri (kehinaan) pada siang hari (HR. Keinginan seperti itu merupakan sesuatu yang wajar sehingga seseorang diperbolehkan mencapainya dengan cara-cara yang benar. maka saya yang akan mengurusnya. sedapat mungkin utang itu tidak dilakukan. maka ia bisa menjadi manusia yang terbaik. tapi dicapai dengan cara mengambil atau merampas lahan orang lain meskipun hanya sejengkal atau dua jengkal tanah dengan cara mengubah batasbatasnya agar tanah orang lain menjadi miliknya. Sebagai manusia. sedangkan ia berniat akan membayarnya. maka iapun meminjam uang untuk bisa memenuhi kebutuhannya. ini merupakan sesuatu yang dilaknat oleh Allah swt sebagaimana sabda Rasulullah saw: ‫لَعَهَ هللاُ مه غيَّش مىَبس ْاألَسْ ض‬ َ َ َ َ ْ َ ِ Artinya: Allah melaknat orang yang mengubah tanda-tanda batas tanah (HR. apalagi dalam kehidupan di akhirat nanti. salah satunya adalah transaksi jual beli.Salah satu yang seringkali menjadi sengketa diantara sesama manusia adalah mengubah batas-batas tanah. Bila seorang muslim memiliki perhatian yang besar dalam urusan membayar utang. Rasulullah saw bersabda: . apalagi kalau tidak mampu membayarnya. barangsiapa yang mati meninggalkan utang. Rasulullah saw bersabda: ‫خيش الىَّبس خيشٌُم قَضبء‬ ُ َْ ً َ ْ ُ َْ ِ Artinya: Sebaik-baik orang adalah yang paling baik dalam membayar utang (HR. kecuali memang sangat darurat. Namun apabila manusia yang berutang tidak mau memperhatikan atau tidak mau membayarnya. Muslim dan Nasa'i) 3. inilah yang kemudian disebut dengan utang. Namun dalam proses jual beli tidak selalu dilakukan secara tunai atau seseorang tidak punya uang padahal ia sangat membutuhkannya. sangat tidak dibenarkan bila seseorang ingin mendapatkan atau memiliki lahan yang luas. Namun. Ibnu Majah). Setiap orang tentu ingin memiliki tanah atau lahan yang luas. ia tidak boleh menyepelekannya meskipun nilainya kecil. maka hal itu akan membawa keburukan bagi dirinya. manusia seringkali melakukan hubungan muamalah dengan sesamanya. Rasulullah saw bersabda: َ َ َ ِ ْ ٌّ ‫ِايَّبكم َالذيه فَبِوًَُّ ٌَم بِبللَّيل َمزلَّتٌ بِبلىٍََّبِس‬ ِ ْ َّ َ ْ ُ ِ Artinya: Berhati-hatilah dalam berutang. kecuali bila ia memang tidak mempunyai kemampuan untuk membayarnya. karena itu seorang muslim harus hati-hati dalam masalah utang. Ahmad. apalagi sebagai muslim yang memiliki harga diri.‫اَلذيْهُ ديىَبن فَمه مبثَ ٌَُُيَىُِْ قَضبءيُ فَأَوَب َلِيًُُّ َمه مبثَ َالَيَىُِْ قَضبءيُ فَزالِك الَّزِْ يُؤخزمه حسىَبتًِ لَيْس يَُْ مئِز ديىَبس َالَدسْ ٌَم‬ ٌ ِ َ ٌ ِْ ٍ َ َ ِ َ َ ْ ُِ َ ْ ِ َ َ َ َ َ َ َ َ ْ َ َ َ ْ َ ِ ْ َ َّ ِ ْ َ ِ ْ َ َ Artinya: Utang itu ada dua macam. sedangkan ia 28 . dan barangsiapa yang mati.

tidak berniat akan membayarnya. Tirmidzi. Semua ini harus kita mulai diri kita sehingga jangan sampai kita melakukan hal-hal yang termasuk ke dalam bentuk kezaliman. karena di waktu itu tidak ada emas dan perak (HR. karena yang lebih bagus adalah membayar utang sebelum jatuh tempo. keluarga. Oleh karena itu bila kita punya utang harus segera membayarnya dan bila uangnya sudah ada tapi kita tidak segera membayarnya. Nasa’i dan Ibnu Majah). maka hendaklah ia menerima pengalihan itu (HR. Abu Daud. maka pembayarannya akan diambil dari kebaikannya. maupun masyarakat dan bangsa. Akhirnya menjadi tugas kita semua untuk menegakkan keadilan dan menghancurkan kezaliman dalam berbagai bentuknya dalam kehidupan ini. Bukhari. Ahmad Yani 29 . Dan apabila salah seorang dari kalian dialihkan (pembayaran utangnya) kepada orang kaya. Thabrani). maka hal itu tergolong kezaliman yang tidak disadari atau tidak dipahami oleh manusia. H. Rasulullah saw bersabda: ْ ْ ٍ ْ َ َ ْ ُ ُ َ َ ْ َ َ ٌ ِّ َ ْ ُ ْ َ ‫مطل الغىِي ظُ ْلم َإِرا أُتبِع أَحذكم علَّ ملِيء فَ ْليَتبَع‬ Artinya: Penundaan pembayaran utang oleh orang yang mampu adalah kezhaliman. Muslim. Oleh Drs. baik dalam kehidupan pribadi.

com Abu Farras Mujahid jakarta 2009 1100 Hadits Terpilih .com/ Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X penerbit erlangga http://www.com/ http://ahmadfauzani.DAFTAR PUSTAKA http://renungansufi.Gema Insani Press 30 .wordpress. Muhammad Faiz Almath .Dr.wordpress.asysyariah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->