P. 1
Sistem Perekonomian Islam

Sistem Perekonomian Islam

|Views: 106|Likes:
Published by ully92

More info:

Published by: ully92 on May 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2012

pdf

text

original

I.

SISTEM EKONOMI A. Pengertian Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. B. Jenis-jenis 1. Sistem Kapitalis dan Liberalis 2. Sistem Ekonomi Komunis dan Sosialis 3. Sistem Ekonomi Campuran 4. Ekonomi Islam SEJARAH PERKEMBANGAN EKONOMI ISLAM Periode Pertama/Fondasi (Masa awal Islam – 450 H / 1058 M) Pada periode ini banyak sarjana muslim yang pernah hidup bersama para sahabat Rosulullah dan para tabi’in sehingga dapat memperoleh referensi ajaran Islam yang akurat. Periode Kedua (450 – 850 H / 1058 – 1446 M) Pemikiran ekonomi pada masa ini banyak dilatarbelakangi oleh menjamurnya korupsi dan dekadensi moral, serta melebarnya kesenjangan antara golongan miskin dan kaya. Periode Ketiga (850 – 1350 H / 1446 – 1932 M) Dalam periode ketiga ini kejayaan pemikiran, dan juga dalam bidang lainnya, dari umat Islam sebenarnya telah mengalami penurunan. Periode Kontemporer (1930 –sekarang) Era 1930-an merupakan masa kebangkitan kembali intelektualitas di dunia Islam. Kemerdekaan negara-negara muslim dari kolonialisme Barat turut mendorong semangat para sarjana muslim dalam mengembangkan pemikirannya.

II.

III.

SISTEM EKONOMI ISLAM Sistem Ekonomi Islam: Berbasiskan Sektor Riil Dalam pandangan Islam, uang bukan komoditas (barang dagangan), melainkan alat pembayaran. Sistem Ekonomi Islam: Menjamin Kesejahteraan Umat Manusia Dalam sistem ekonomi Islam, kesejahteraan diukur berdasarkan prinsip terpenuhinya kebutuhan setiap individu masyarakat, bukan atas dasar penawaran dan permintaan, pertumbuhan ekonomi, cadangan devisa, nilai mata uang ataupun indeks harga-harga di pasar non-riil.

SISTEM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA Di Indonesia ekonomi Islam mulai dikenal sejak berdirinya Bank Muamalat Indonesia pada tahun 1991.8% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia). Pengaturan atas kepemilikan. Pada dasarnya. IV. tapi sudah menjalar ke bisnis asuransi. . SISTEM EKONOMI GLOBAL MASA KINI Dari macam-macam Sistem Ekonomi yang sudah disebutkan di atas. Penghapusan sistem perbankan ribawi. 2. yang menyediakan produk-produk berdasarkan pada mekanisme kerjasama serta akat-akat muamalah lainnya yang pro-rakyat.Prinsip dasar di dalam mencapai tujuan terpenuhinya kebutuhan setiap individu masyarakat: 1. koperasi bahkan ke pasar modal. V. pada masa kini perekonomian global lebih mengarah ke Sistem ekonomi Kapitalis karena telah mengarah pada ciri-ciri kapitalis. 4.. Ekonomi Islam memiliki posisi yang cukup penting dalam mendukung reformasi ekonomi Indonesia melalui : 1. Konsep distribusi dalam ekonomi Islam sangat memperhatikan kebutuhan ekonomi rakyat. bisnis multilevel marketing. Potensi Sektor lembaga keuangan syari’ah. 2. Penerapan hukum syariah bukan hanya terbatas pada bank-bank saja. sudah menjadi kewajiban bagi Umat Islam Indonesia untuk menerapkan ekonomi syariah sebagai bukti ketaatan dan ketundukan masyarakat pada Allah SWT dan Rasulnya. mayoritas penduduk Indonesia yakni (Muslim yang jumlahnya 88. sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. 3. Pengharaman sistem perdagangan di pasar non-riil. Penetapan sistem mata uang emas dan perak. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->