SISTEM PERUSAHAAN

Di seluruh dunia , perusahaan perusahaan sekarang semakin terhubung baik secara internal maupun dengan perusahaan lain. Jika anda berbisnis , anda ingin menjadi lebih baik dengan cara bereaksi dengan cepat ketika melayani pesanan dalam jumlah besar atau ketika pengiriman dari pemasok terlambat , anda mungkin ingin mengetahui dampak dari kejadian kejadian ini terhadap setiap bagian bisnis dan bagaimana bisnis di kerjakan pada setiap bagian waktu , terutama jika anda menjalankan perusahaan yang besar . system perusahaan menyediakan suatu integrasi untuk membuatnya menjadi mungkin . APA ITU SISTEM PERUSAHAAN? Bayangkan anda harus menjalankan bisnis berdasarkan informasi dalam sepuluh bahkan seratus bisnis data dan system , yang tidak satupun di antaranya dapat berkomunikasi satu sama yang lainya . Bayangkan perusahaan anda mempunyai sepuluh lini produk besar yang berbeda , masing masing di buat di pabrik yang terpisah dan masing masing dengan bagian system pengendalin produksi , penggudangan dan distribusi yang terpisah dan tidak compatible . Pembuatan keputusan anda akan sering di dasarkan pada laporan di atas kertas yang di buat secara manual , bahkan sering kali terlambat , dan ini akan menyulitkan kita untuk benar benar memahami apa yang terjadi dalam bisnis dalam secara keseluruhan . Anda akan mempunyai pemahaman yang sangat buruk tentang profitabilitas perusahaan secara keseluruhan , Atau berapa biaya yang anda habiskan . Anda sekarang mempunyai gagasan yang baik tentang bagaimana perusahaan membutuhkan system perusahaan yang khusus untuk mengintegrasikan informasi . System perusahaan , yang juga di kenal sebagai system perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang di dasarkan pada modul peranti lunak yang terintegrasi dan basis data pusat yang sama . Basis data mengumpulkan data dari berbagai divisi dan departemen dalam perusahaan, dan dari sejumlah besar proses bisnis yang penting dalam manufaktur dan produksi , keuangan dan akuntansi, yang mendukung

PERANTI LUNAK PERUSAHAAN Peranti lunak perusahaan (enterprise software) di buat berdasarkan ribuan proses bisnis yang telah jelas mereflesikan praktik – praktik terbaik . Perusahaan yang mengimplementasikan peranti lunak ini akan harus memilih terlebih dahulu fungsi – fungsi system yang akan di gunakan dan kemudian memetakan proses – proses bisnis itu ke proses bisnis yang telah mendefinisikan sebelumnya dalam peranti lunak . informasi tersebut dengan tersedia bagi proses bisnis lainya . Manajemen dapat memperoleh informasi pada setiap bagian waktu tentang bagaimana bisnis tersebut beroprasi . Ketika perusahaan anda memperkerjakan dasar pengetahuan dari praktik terbaik yang di kumpulkan perusahaanperusahaan ini selama beberapa tahun menjabarkan beberapa proses bisnis besar yang didukung oleh peranti lunak perusahaan . memesan bahan dan komponen yang di butuhkan dari para pemasoknya . jika petugas penjualan memasukan pesanan velg ban . mengidentifikasi rute pengiriman yang terbaik . Jurnal umum dan level kas perusahaan secara otomatis di perbaharui dengan informasi pendapatan dan biaya dari pesanan . Jika perusahaan tidak cukup untuk memenuhi pesanan . Ketika informasi yang baru di masukan oleh satu proses . Praktik terbaik adalah solusi dan metode penyelesaian masalah yang paling berhasil dalam sebuah industry untuk mencapai tujuan bisnis secara konsisten dan efektif . . Sistem juga menghasilkan data keseluruhan perusahaan untuk analisis manajemen terhadap biaya dan profitabilitas produk . menjadwalkan oengiriman . Peramalan penjualan dan produksi di perbaharui dengan segera . dan menyimpan barang – barang yang yang di perlukan dari perusahaan .msistem menjadwalkan untuk membuat lebih banyak velg . Sebagai contoh .hamper seluruh aktifitas bisnis organisasi secara internal . Pengguna dapat memasuki system dan mengetahui status pesanan tersebut kapan saja ia menghendakinya . system memverifikasi batas kredit pelanggan . Praktik terbaik timbul dari dua sumber : perusahaan konsultai yang bekerja untuk berbagai perusahaan dalam sebuah industry dan peranti lunak perusahaan yang mengembangkan kemampuan industry bekerja dengan berbagai klien .

Terdapat versi piranti lunak perusahaan yang di rancang untuk usaha kecil dan versi yang di dapatkan melalui penyedia layanan di web . Jika peranti lunak perusaahaan tidak mendukung cara organisasi tersebut melaksanakan bisnisnya. Lawson software . system perusahaan telah menjadi lebih berorientasi secara eksternal dan mampu berkomunikasi dengan pelanggan . NILAI BISNIS SISTEM PERUSAHAAN Sistem perusahaan menyediakan nilai baik dengan meningkatkan efesiensi operasional dan menyediakan informasi perusahaan secara luas untuk membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik . membahayakan informasi dan integrasi proses yang menjadi keuntungan utama bagi system . Perusahaan akan menggunakan table konfigurasi yang di sediakan oleh peranti lunak tersebut untuk menyesuaikan aspek tertentu dalam system kepada penerapanya dalam bisnis . Sebagai contoh . unit geografinya dan jalur distribusinya. perusahaan harus mengubah cara kerjanya agar sesuai dengan prosesproses bisnis yang ada dalam piranti lunak . perusahaan dapat menulis ulang beberapa peranti lunak untuk mendukung cara kerja proses bisnisnya .ORACLE(dengan akuisisi dari people soft). Jika ingin mendapatkan keuntungan maksimum dari piranti lunak perusahaan . dan organisasi lainya. Namun peranti lunak perusahaan biasanya sangat kompleks dan perubahan secara ekstensif mungkin akan mengurangi kerja system .SSA global . Walaupun pada awalnya di rancang untuk mengotomatisasi proses bisnis internal kantor belakang (bagian adm) .Peranti lunak SAP menangani proses pembelian untuk suatu peralatan terbaru . perusahaan dapat menggunakan table ini untuk memilih apakah table ini melacak pendapatan melalui lini produknya . pemasok . Perusahaan besar dengan berbagai unit operasi pada lokasi yang berbeda telah menggunakan system perusahaan untuk mengerjakan pengerjaan standard . Vendor peranti lunak perusahaan yang besar antara lain adalah SAP. dan Microsoft .

membagi produksi menjadi beberapa tahapan . maka anda akan mempunyai ratusan bahkan ribuan . bagaimana kinerja unit organisasi tertentu . bagian produksi menjadi lebih terarah dalam memproduksi hanya barang barang yang telah di pesan pelanggan. dan meminimalkan waktu suatu komponen atau barang jadi masuk ke persediaan . Telah mengimplementasikan system perusahaan SAP untuk menstandarisasikan dan mengordinasikan proses – proses bisnis yang penting di 200 negara . membeli jumlah komponen atau bahan mentah yang benar benar tepat untuk memenuhi pesanan . Kurangnya standard an proses bisnis perusahaan secara luas dapat menyebabkan perusahaan tidak memiliki daya ungkit untuk membeli secara global untuk mendapatkan harga yang lebih rendah untuk bahan mentah dan untuk bereaksi secara capat terhadap perubahan pasar . atau menentukan produk mana yang mempunyai profitabilitas paling tinggi atau paling rendah . produksi . Karena system informasi tersebut mengintergasikan data pemesanan . 9. Angka – angka kinerja akan di maknai sebagai hal sama di seluruh perusahaan dapat membuat manajemen senior lebih mudah menemukan .2 SISTEM MANAJEMEN RANTAI PASOKAN Jika anda mengelola perusahaan kecil yang membuat sedikit produk atau menjual sedikit jasa . Peranti lunak perusahaan meliputi perangkan analis untuk menggunakan data yang di dapatkan oleh system untuk mengevaluasi kinerja organisasi secara keseluruhan . kemungkinan anda mempunyai pemasok dalam jumlah sedikit pula .dan data sehingga setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan cara yang sama di seluruh dunia . Coca – Cola contohnya. Data system perusahaan telah mempunyai definisi standar dan format yang umum yang di terima oleh seluruh organisasi . kapan saja . dan pengiriman . Tetapi jika anda mengelola perusahaan yang memproduksi produk yang lebih kompleks . Anda dapat mengkoodinasikan pesanan dan pengirimandari pemasok Anda menggunakan telepondan mesin faks . Sistem perusahaan membantu perusahaan cepat merespons permintaan pelanggan untuk informasi atau produk .

took eceran . . Thailand . Para pemasok yang di kontrak nike tidak membuat sepatu dari nol meraka mendapat komponen dari sepatu . pemasok bahan bahan kimia yang di gunakan untuk melelehkan karet agar dapat di bentuk . di ubah menjadi barang setengah jadi ( juga di anggap sebagai komponen atau bagian ) . dan aksesoris di seluruh dunia . perusahaan – perusahaan ini menciptakan barang jadi dari nike . Pemasok – pemasok ini nuga mempunyai pemasok untuk karet sintetis . brazil . pusat distribusi . RANTAI PASOKAN Rantai pasokan (supply chain) perusahaan adalah jaringan organisasi dan proses bisnis untuk mendapatkan bahan mentah. dan pemasok perangkat pembentuk. Pemasok tali sepatu mempunyai pemasok untuk benang . kaos kaki . Sistem manajemen rantai pasokan merupakan jawaban terhadap masalah – masalah komlpeksitas dan ukuran rantai pasokan ini . dan akhirnya menjadi barang jadi . dan menjual sepatu . Indonesia . lubang tali . yang dalamnya di tuangkan karet untuk di bentuk . Bahan baku . Informasi dan pembayaran mengalir melalui rantai pasokan ke dua arah . ketika bergerak melalui rantai pasokan . dan plastic untuk ujung tali . pabrik . Barang yang di kembalikan mengalir kea rah yang berlawanan dari pembeli kembali kepada penjual . mereka membuat bahan komponen – komponen tadi menjadi sepatu yang sudah jadi . sol lapisan atas dan sol dari pemasok lainya . lihat untuk rantai pasokan untuk sepatu nike . pewarna . dan pelanggan untuk menyediakan barang dan jasa dari sumber melalui konsumsi .pemasok . Nike merancang . tali sepatu . Sebagai contoh . dan Negara Negara lainya . pakaian olahraga . Rantai pasokan menghubungkan pemasok . dan pemasok anda masing masing mempunyai pemasok untuk mereka sendiri . Barang mula – mula berasal dari bahan mentah . Barang jadi di kirimkan kepada pusat distribusi dan dari pusat distribusi kepada pengecer dan pelanggan . Pemasok utamanya adalah perusahaan – perusahaan manufaktur yang di kontrak oleh pabriknya di cina . mengubah bahan mentah ini menjadi barang setengah jadi atau barang jadi . memasarkan . dan mendistribusikan barang jadi kepada pelanggan .

Pemasok bagi para pemasok ini merupakan pemasok tersier ( tingkat 3 ) Porsi hulu dari rantai pasokan ini meliputi pemasok perusahaan . masing – masing dengan pemasok mereka sendiri . seperti pemasok yang di kontrak nike untuk sepatunya juga mengatur proses rantai pasokan internalnya sendiri untuk mengubah bahan baku . dan distributor . dan tali sepatu merupakan pemasok sekunder(tingkat 2) . Perusahaan – perusahaan yang di kontrak nike merupakan pemasok utamanya . Perusahaan yang mengerjakan proses produksi . Figur tersebut hanya menggambarkan dua produsen yang di buat untuk sepatu dan hanya rantai pasokan hulu untuk sol sepatu . sol sepatu bag atas . pengecer . komponen . dan jasa yang di berikan oleh pemasoknya sendiri . dan pelanggan nike . nike juga mampunyai berbagai distributor dan ribuan took penjualan untuk sepatu sepatunya . Nike mempunyai ratusan produsen yang telah di kontraknya untuk menghasilkan sepatu . Rantai pasokan yang di ilustrasikan pada figure 9-2 telah di sederhanakan . INFORMASI DAN . nike . menjadi produk jadi atau setengah jadi untuk pelangganya dan untuk mengelola bahan baku dan persediaan . Gambar tersebut menggambarkan aliran informasi dan bahan baku di antara pemasok . kaos kaki dan pakaian jadi untuk olahraga . jadi porsi hilir dari rantai pasokanya juga besar dan kompleks . lubang tali .2 menyediakan ilustrasi yang di sederhanakan dari rantai pasokan nike untuk sepatu . pemasok untuk para pemasok dan proses membina hubungan dengan mereka . Porsi hulu dari rantai pemasokan nike pada kenyataanya terdiri atas ribuan entitas . Porsi hilir terdiri atas berbagai organisasi dan proses untuk mendistribusikan dan menyampaikan produk kepada pelanggan akhir . Pemasok barang seperti sol .Figur 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful