P. 1
Konstitusi Dan Rule of Law

Konstitusi Dan Rule of Law

|Views: 537|Likes:
Published by nurul_hanani31

More info:

Published by: nurul_hanani31 on May 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2014

pdf

text

original

NEGARA DAN KONSTITUSI

Latar belakang perlunya negara Adalah untuk melindungi individu, wilayah dan masyarakat yang lemah dari individu atau kekuasaan yang otoriter.

PENDAPAT BEBERAPA AHLI TATA NEGARA
• Menurut Sokrates,Aristoteles dan plato negara ada sejak 400 tahun sebelum masei. • Menurut Thomas Van Aquino negara terbentuk karena dua hal yaitu manusia sebagai makluk sosial (animal sosial) dan manusia sebagai makluk politik (animal politicum) • Menurut Thomas Hobbes negara sangat penting yaitu sebagai tempat berlindung bagi individu,kelompok,dan masyarakat yang lemah dari tindakan individu,kelompok,dan masyarakat maupun penguasa yang kuat(otriter),karena menurutnya,manusia dengan manusia lainnya memilki sifat seperti serigala (homo homini lupus)

PENGERTIAN DAN DIFINISI NEGARA
• Negara barasal dari bahasa Inggris Staate, Saat Belanda, dan Etat Perancis. State,staat dan etat berasal dari bahasa latin Status atau Statum yang berarti keadaan yg tegak dan tetap atau sesuatu yg memiliki sifat-sifat yang tegak dan tetap . • Kata status atau statum lazim diartikan sbg stading atau station( kedudukan )

UNSUR-UNSUR NEGARA
PENDUDUK WILAYAH

PEMERINTAH

PENGERTIAN NEGARA MENURUT BEBERAPA AHLI
• M enurut John Locke (1632-1704) dan Rouseau(1712-1778) dalam buku ilmu negara (1993)adalah suatu badan atau organisasi hasil dari pada perjanjian masyarakat . • Menurut Max weber dalam buku demokrasi dan HAM dan masyarakat madani (2000)adlah suatu masyarakat yg mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah. • Menurut Roger F. Soltau dalam buku demokrasi, Ham dan masyarakat madani (2000) adalah alat (agensy)atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan – persoalan bersama atas nama masyarakat. • Menurut Mac Iver dalam buku demokrasi,HAM dan masyarakat madani (2000) adalah suatu negara harus memenuhi tiga unsur pokok yaitu pemerintahan,komunitas atau rakyat Dan wilayah.

KLASIFIKASI NEGARA MENURUT JUMLAH ORANG YG BERKUASA
BENTUK POSITIF
• 1. Monarki adalah bentuk pemerintahan yg dipimpin oleh satu orang raja untuk kepentingan rakyat. • Aristokrasi adalah pemerintahan yg dipimpin oleh beberapa orang untuk kepentingan rakyat. • Demokrasi adalah pemerintahan yg dipimpin oleh banyak orang untuk kepentingan rakyat.

BENTUK NEGATIF • Tirani adalah pemerintahan yg dipimpin oleh satu orang untuk kepentingan satu orang /penguasa • Oligarki adalah pemerintahan yg dipimpin oleh beberapa orang untuk kepenting kelompok. • Mobokrasi adalah banyak orang untuk kepengan penguasa aja.

KLASIFIKASI NEGARA DITINJAU DARI SISI KONSEP DAN TEORI MODERN
A. Neagara Kesatuan adalah negara yg merdeka dan berdaulat dg satu pemerintah pusat yg berkuasa dan mengatur seluruh wilayah. Negara kjeasatuan terbagi atas:  Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi  Negara dengan sistem desentralisasi. B. Negara serikat (Federasi) adalah bentuk negara yg merupakan gabungan dari beberapa negara bagian dari negara serikat.

ASAS PENYELENGGARAAN NEGARA
• A. MENURUT EKONOMI (agraris,industri,berkembang, dll) • B. MENURUT POLITIK (demokrasi,otoriter,totaliter,satu partai,multi partai dsb) • C. MENURUT SITEM PEMERINTAHAN (presidentil,parlementer,junta militer dsb) • D. IDEOLOGI BANGSA (leberil,sosialis,komunis,fasisagama dll)

SIFAT ORGANISASI NEGARA
1
• SIFAT MEMAKSA • SETIAP NEG DPT MEMAKSAKAN KEHENDAK KEKUASAAN

2

• SIFAT MONOPOLI • SETIAP NEG MENGUASAIHAL-HAL TERTENTUDEMI TUJUAN NEG TANPA ADA SAINGAN
• SIFAT TOTALITAS • SEMUA HAL TANPA KECUALI MENCAKUP KEWENANGAN NEG ,MISALNYA SEMUA ORANG HRS MEMBAYAR PAJAK.

3

FUNGSI NEGARA
1. FUNGSI PERTAHANAN DAN KEAMANAN 2. FUNGSI PENGATURAN DAN KETERTIBAN 3. FUNGSI KESEJAHTERAAN DAN KEMAKMURAN 4. FUNGSI KEADILAN MENURUT HAK DAN KEWAJIBAN

ELEMEN KEKUATAN NEGARA
SUMBERDAYA MANUSIA TERITORIAL NEGARA SUBERDAYA ALAM KAPASITAS PERTANIAN DAN INDUSTRI KEKUATAN MILITER DAN MOBILITAS KEKUASAAN YANG ABTRAK/KEKUASAAN TAK BERUJUD

HUBUNGAN NEGARA DAN WARGA NEGARA
• NEGARA WJIB MELINDUNGI SEMUA RAKYATNYA TANPA KECUALI. PRESIDEN AMIRIKA SERIKAT JOHN F. KENNEDY MENGATKAN “ JANGAN TANYAKAN APA YG BISA NEGARA BERIKAN KEPADAMU, TETAPI TANYAKAN APA YG BISA KAU BERIKAN KEPADA NEGARA.”

SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA
1. 2. 3. a. BADAN LEGISLATIF BADAN EKSEKUTIF BADAN YUDIKATIF Makamah Agung : berfungsi memberikan pertimbangan kepada presiden tentang pemberian grasi,amnesti,abolisi,rehabilitasi yg merupakan hak prerogatif presidendlm bidang hukum

• b.Makamah Konstitusi( MK) berfungsi melakukan uji uu terhadap UUD 1945,menyelesaikan konflik antarlembanga negara dan melakukan pembubaran paratai politik bila melakukan pelanggaran UUD 1945 c.Komisi Yudisial(KY) :berwenang merekrut dan menyeleksi calon hakim agung

KONSTITUSI DAN RULE OF LAW

PENGERTIAN DAN DIFINISI KONSTITUSI
• Pengertian konstitusi adalah peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur pemerintahan. • Pada tahun 1998 saat presiden Soeharto turun dari jabatannya dan mengangkat BJ. Habibie menjadi presiden mengucapkan sumpah presiden dihadapan ketua MA yang disaksikan oleh ketua MPR dan DPR, hal ini tidak diatur UUD 1945.

PENGERTIAN KOSTITUSI
• Istilah konstitusi berasal dari bahasa Perancis constituer yang berarti membentuk .Pemakaian istilah konstitusi dimaksudkan ialah pembentukan suatu negara atau menyusun dan menyatakan aturan suatu negara.sedang istilah uu berasal dari bahasa Belanda gronwet. Wet diterjemahkan dalam bahsa indonesia berarti UUD dan gron berarti tanah atau dasar.

Dalam Ilmu politik Constittution merupakan yang lebih luas , yaitu keseluruhan dari peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana sesuatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyrakat.

DIFINISI KONSTITUSI(UUD)
Persamaan dan perbedaan konstitusi dengan UUD menurut para ahli:
1. L.J Van Apeldo berpendapat konstitusi memuat aturan tertulis dan tidak tertulis,sedangakn UUD merupakan bagian tertulis dari konstitusi. 2. Sri sumantri menyamakan arti keduanya sesuai dengan pratek ketatanegaraan di sebagaian besar negara-negara di dunia termasuk Indonesia. 3. E.C.S wade mengartikan UUD adalah naskah yg memberikan rangkadan tugas pokok dari badan-badan suatau negara dan menentukan pokokpokok kerja badan tersebut. 4. Herman Heller membagi konstitusi menjadi tiga : a. Konstitusi mencerminkan kehidupan politik di dalam masyarakatsebagai suatu kenyataan(mengandung arti politik dan sosiologis)

b.

Konstitusi adalah suatu kesatuan kaidah yg hidup dalam masyarakat(mengandung arti hukum atau yuridis) c. Konstitusi adalah kesepakatan yang ditulis dalam suatu naskah sebagai undang-undang yang tertinggiyang berlaku dalam suatu negara. 5. C.F Strong memberikan perngertian pengertian konstitusi suatu kumpulan asas-asas yang menyelanggarakan kekuasaan(arti luas)hak-hak dari pemerintah dan hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah (hak asasi manusia) Dengan memeperhatikan beberapa pendapat diatas maka konstitusi: 1.Suatu kumpulan kaidah yang memberikan pembatasan kekuasaan kepada para penguasa . 2.Suatu dokumen tentang pembagian tugas dan petugasnya sekaligus dari suatu sistem politik 3. Suatu gambaran dari suatu lembaga-lembaga negara. 4. Suatu gambaran yang menyangkut masalah hak asasi manusia.

HAKEKAT DAN FUNGSI KONSTITUSI
1. Hakekat isi Konstitusi
Pada hakekatnya konstitusi (UUD)berisi tiga hak pokok: a. Adanya jaminan hak-hak asasi manusi dan warga negaranya b. Ditetapkan susunan ketatanegaraan suatu negara yang bersifat fundamental c. Adanya pembagian dan pemabatasan tugas ketatanegaraaanyang juga bersfat fundamental

MENURUT BUDIARJO (1996) UUD MEMUAT KETENTUAN SBB:
A.Organisasi Negara berisi: 1.Penbagian kekuasaan negara antara legilsatif,eksekutif dan yudikatif 2. Pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat/federal dengan pemerintah daerah/neg bagian 3. Prosedur penyelesaian masalah hukum oleh salah satu badan pemerintah dan sebagainya 4. Bangunan hukum dan semua organisasi-organisasi yang ada dalam negara 5. Bentuk negara,bentuk pemerintahan sistem pemerintahan negara tersebut. B. Hak dan kewajiban warga negara, hak dan kewajiban negara dan hubungan keduanya. C. Prosedur mengubah UUD

FUNGSI KONSTITUSI (UUD)
Konstitusi merupakan “tali” pengikat antara setiap warga negara dengan lembaga negara dalam kehidupan bernegara. Secara umum fungsi konstitusi sbb: 1. Tata aturan dalam pendirian lembaga-lembaga yang permanen(suprastuktur dan inprastruktur). 2. Tata aturan dalam hubungan antara negara dengan warga negaraserta dengan negara lain. 3. Sumber hukum dasar yang tertinggi.

SECARA KHUSUS FUNGSI KONSTITUSI BAGI NEGARA DEMOKRASI DAN KOMUNIS
NEGARA DEMOKRASI
1. Membatasi kekuasan pemerintahsedemikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak absolut Sebagai cara yang efektif sebagai pembagian kekuasaan Sebagai perwujutan hukum yg tertinggi (supremasi hukum) yang harus ditaati oleh masyrakat maupun penguasa

NEGARA KOMUNIS
1. Sbg cermin kemenangankemenanganyg telah dicapai dlm perjuangan kearah masyarakat komunis. Sbg pencatatan formal (legal) dari perjuangan yg telah dicapi. Sbg dasar hukum untuk perubahan msyarakat yg dicitacitakan dan dapat diubah setiap kali ada pencapaian kemajuan dalam masyarakat komunis.

2. 3.

2. 3.

DINAMIKA PELAKSANAAN KONSTITUSI
1. UUD 1945: berlaku 18 agustus 1945 sampai 27 Desember 1949. 2. Konstitusi RIS berlaku 27 Desember 1949 sampai 17 agustus 1950 3. UUDS berlaku 15 Agustus 1950 sampai 5 Juli 1959 4. UUD 1945 berlaku 5 Juli 1959 sampai 1966 5. UUD 1945 pada thun 1966 sampai 1999 6. UUD 1945 Amandemen 1999,dari tahun 1999 sampai sekarang.

Pada masa Orla dan Orba
Pada masa Orla: 1. Presiden merangkap penguasa Eksekutif dan legislatif 2. Mengeluarkan uu dlm bentuk Penetapan Presiden tanpa persetujuan DPR 3. MPRS mengangkat presiden seumur hidup 4. Hak budget presiden tidak berjalan krn pemerintah tidak mengajukan ruu APBN 5. Pimpinanan tinggi negara dan tertinggi negara diangkat menjadi menteri-menteri

Orba : 1. Membentuk lembaga-lembaga yg tersebut dalam UUD 1945yg ditetapakan dengan undang-undang 2. Menyelenggarakan mekanisme kepemimpinan lima tahunan. 3. Menggunakan sistem pemerintahan presidensial

YANG PERLU DIPERHATIKAN PERUBAHAN UUD 1945
1.
2. 3. 4. 5. 6.

Perubahan ideologi sosialis demokrat menjadi leberal yg berintikan demokrasi dan kebebasan kebebsan individu serta pasar bebas. Penyelenggraan otonomi daerah pada tingkat I dan II Pelaksanaan pemilu langsung presiden dan wk presiden Pelaksanaan kebeasan per yang bertanggung jawab Perubahan uu politik yang berintikan pemilu langsung dan sistem muli partai Pelaksanaan amandemen konstitusi (UUD 1945) yang berintikan perubahan struktur ketatanegaraanIndonesiayang ditandai dg ditetakannya konstitusi (UUD 1945)sebagi lembaga tertinggi negara.

PRODUK PERATURAN YANG DIHASILKAN
1. 2. 3. 4. 5. UUD 1945 Undang – Undang Perpu (peraturan pengganti undang-undang) PP (peraturan pemerintah) Perda ( peraturan daerah )

RULE OF LAW
Pengertia Rule of Law : adalah kekuasaan undang-undang yang terorganisir. Latar belakang rule of law: adalah untuk membatasi kekuasaan absolut negara. Fungsi rule of law : Untuk jaminan formal rasa keadilan masyarakat

DINAMIKA PELAKSANAAN RULE OF LAW
1. KEPOLISIAN 2. KEJAKSAAN 3. KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI 4. BADAN PERADILAN ; a. Makamah Agung/MA b. Makamah Konstitusi/ MK c. Pengadilan Negeri d.Pengadilan tinggi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->