P. 1
Ciri-ciri Teknologi Tradisional

Ciri-ciri Teknologi Tradisional

|Views: 523|Likes:
Published by Huzaima Mas'ud

More info:

Published by: Huzaima Mas'ud on May 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2013

pdf

text

original

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR ( ciri-ciri teknologi tradisional

)

HUZAIMA MAS’UD 1129040124 PTIK 02

PTIK (Pend.Teknik Informatika & Komputer)

FAK.TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2011-2012

biasanya teknologi satu ini juga banyak diminati oleh banyak orang oleh karena banyak menyerap tenaga kerja.ciri teknologi tradisional berikut : 1. Contohnya: pembuatan ukiran dari jepara. 2. Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja) Jawab:  Teknologi tradisional berikut ini biasa digunakan di daerah-daerah untuk meminimalisir pengangguran. dimana dalam teknologi ini banyak menggunakan tenaga kerja. Jelaskan dan berikan contoh dari masing . Jika dalam pengerjaannya masih menggunakan tenaga luar. Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan 1. kopi. Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja) 2. Menggunakan keterampilan setempat 3. Menggunakan keterampilan setempat Jawab:  Teknologi berikut ini untuk menciptakan suatu karya atau menciptakan suatu hasil yang diinginkan. seperti pengolahan teh. teknologi ini hanya menggunakan tangan-tangan masyarakat setempat maka teknologi itu dapat terwujud. pembuatan batik Cirebon. mungkin hasil yang didapat tidak akan sama dengan hasil yang dihasilkan dengan keterampilan setempat karena dengan keterampilan setempat akan mempunyai ciri khas tersendiri. batik yogya dan keterampilan yang lainnya. Contohnya: banyaknya pabrik-pabrik pengolahan hasil bumi yang dibuka di daerah daerah.masing dari ciri . . Menggunakan bahan setempat 5. Menggunakan alat setempat 4.tebu dll.

Dengan memanfaatkan bahan setempat. 4. pada hakikatnya. misalnya kain tenun dari daerah solo berbeda dengan kain tenun yogya dan yang pasti tidak menggunkan mesin. meski bahan tersebut dibutuhkan. yang memanfaatkan bahan setempat. dimana tiap daerah mempunyai ciri yang khas dari kain tenun yang mereka buat karena mereka menggunakan peralatan setempat.3. Menggunakan bahan setempat Jawab:  Dengan memanfaatkan bahan dari daerah itu maka akan tercipta suatu kerajinan yang mempunyai ciri khas tersendiri karena bahan dari suatu daerah dengan daerah yang lain itu berbeda. disini teknologi tradisional hanya menggunakan bahan – bahan yang bersifat tradisional dan tidak diambil dari luar. Contohnya: pembuatan kain dari daerah-daerah tertentu. juga akan meringankan beban harga bahan yang digunakan. Contohnya: pembuatan kerajinan tali tambang yang terbuat dari sabut kelapa. dibanding dengan menggunakan bahan dari luar yang membutuhkan tambahan biaya. . Menggunakan alat setempat Jawab:  Teknologi yang digunakan untuk membuat suatu keterampilan dengan memanfaatkan perlatan yang ada pada suatu daerah tertentu. karena dalam pembuatannya menggunakan perlatan setempat dan yang pasti peralatan dari satu daerah dengan daerah yang lainnya itu berbeda sehingga akan timbul ciri khas tersebut. sehingga pada saat suatu kerajinan tercipta maka akan mempunyai ciri yang khas.

Contohnya: .5. Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan Jawab:  Teknologi yang tercipta karena adanya suatu kebiasaan-kebiasaan atau pengamatan. Oleh kerana itu terciptalah teknologi ini. Dengan kata lain suatu kerajinan yang tercipta berdasarkan ciri ini biasanya karena suatu kegiatan yang terus dilakukan secara turun temurun.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->