P. 1
1 an Islam Pada Masa Modern

1 an Islam Pada Masa Modern

|Views: 118|Likes:
Published by Hyang Wikrama

More info:

Published by: Hyang Wikrama on May 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2012

pdf

text

original

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

HOME

SK/KD

A. Sekilas tentang Dunia Islam pada Masa Modern B. Perkembangan Ajaran Islam pada Masa Modern C. Perkembangan Kebudayaan Islam Masa Modern

ِ ِ َّ ِ َ ْ َّ ِ ِ ْ ‫بِسم اللَّه الرحمن الرحيم‬
ASPEK TARIKH DAN KEBUDAYAAN ISLAM

STANDAR KOMPETENSI :
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) KOMPETENSI DASAR: 1. Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern 2. Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern

BACK

A. Sekilas tentang Dunia Islam pada Masa Modern
Masa pembaharuan (modern) Islam adalah masa yang dimulai dari tahun 1800 M sampai sekarang. Masa pembaharuan ditandai dengan adanya kesadaran umat Islam terhadap kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang. Ekspedisi Napoleon di Mesir sekaligus membuka kembali mata Islam akan kemunduran dan kelemahan umat Islam sehingga para raja dan pemuka Islam berusaha melakukan pembaharuan.

BACK

Usmani Muda
 Tujuan gerakan ini adalah untuk mengubah pemerintahan

Kerajaan Usmani menjadi pemerintahan konstitusional. Pada awalnya gerakan mereka adalah rahasia. Namun, pada tahun 1867 M gerakan mereka terbongkar oleh pemerintah yang tidak suka. Mereka lari ke Eropa dan memperkuat barisan. Salah seorang di antara pemimpin Usman muda adalah Ziya Pasya. Menurutnya Turki termasuk negara Eropa. Selain Ziya Pasya ada lagi tokoh yang menentukan gerakan pembaruan. Ia adalah Namik Kemal. Ia lahir tahun 1840 M. Menurut pendapatnya, Kerajaan Usmani mundur disebabkan oleh kedaan politik dan ekonomi yang tidak beres. Ide-ide Namik Kemal dijadikan pedoman bagi penyusun UndangUndang Dasar 1876 M kerajaan Usmani.

B. Perkembangan Ajaran Islam pada Masa Modern
Menjelang dan pada awal pembaharuan (1800 M) umat Islam diberbagai negara, telah menyimpang dari ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Pemyimpangan itu terdapat dalam hal:
 Ajaran Islam tentang ketauhidan telah bercampur

dengan kemusyrikan.  Adanya kelompok umat Islam, yang hanya mementingkan urusan akhirat dan mengabaikan urusan dunia.

BACK

TOKOH PEMBAHARU ISLAM TURKI
1. Muhammad Ali Pasha Muhammad Ali pasya Ia lahir di Kawalla Yunani pada tahun 1765 M dibesarkan d Turki. Muhammad Ali Pasha berhasil mengusir bangsa Prancis tahun 1801 M. Pada tahun 1805 dia di akui oleh pemerintahan Turki Usmani untuk menjadi pemimpin. Di antara ide-ide pembaruannya :
1) Mendirikan lembaga pendidikan • Sekolah Militer (1815 M). • Sekolah Teknik (1816 M). • Sekolah Kedokteran (1827 M). • Sekolah Apoteker (1829 M). • Sekolah Pertambangan (1834 M). • Sekolah Pertanian (1836 M). • Sekolah Penerjemahan (1836 M).

BACK

TOKOH PEMBAHARU ISLAM MESIR

2. Rifa’ah Badawi Rafi’ At-

Tahtawi atau At-Tahtawi (1801 M)
Pemikirannya beliau menyerukan agar umat Islam dalam hidup di dunia ini tidak hanya mementingkan urusan akhirat, tetapi juga harus mementingkan urusan dunia, agar umat Islam tidak dijajah oleh bangsa lain
BACK

lanjutan… TOKOH-TOKOH PEMBAHARU ISLAM
3.

Jamaluddin Al-Afghani (1038 M – 1897 M)
Di antara pembaharuan pemikiran beliau adalah :  Agar kejayaan dapat diraih kembali dan mampu menghadapi dunia modern, Umat Islam harus kembali kepada ajaran Islam yang murni dan harus memahami Islam dengan rasio dan kebebasan.  Kaum wanita agar meraih kemajuan dan bekerja sama dengan pria untuk mewujudkan masyarakat Islam yang dinamis dan maju.
BACK

lanjutan… Pemikiran pembaruan Jamaluddin Al Afhagani

Kepemimpinan otokrasi hendaknya diubah menjadi demokrasi. Menurut pendaptnya, Islam menghendaki pemerintahan republik yang didalamnya terdapat kebebasan mengemukakan pendapat dan kewajiban negara untuk tunduk kepada undang-undang Ajarannya tentang Pan-Islamisme yakni persatuan dan kerjasama seluruh umat Islam. Karena persatuan dan kerja sama seluruh umat Islam sangat penting dan di atas segala-galanya.

BACK

TOKOH-TOKOH PEMBAHARU ISLAM yang Lainnya
1. 2. 3. 4.

Muhammad Abduh di Mesir (1849 – 1905 M) Muhammad Rasyid Ridla (1865 – 1935 M) Muhammad Iqbal di Pakistan (1876 – 1938 M) Sayid Ahmad Khan di India ( 1817 – 1898 M)
1
2

BACK

C.Perkembangan Ilmu Pengetahuan pada Masa Modern
Pada masa pembaharuan, perkembangan ilmu pengetahuan mengalami kemajuan seperti di Turki, India, dan Mesir. Sultan Muhammad II dari kesultanan Turki Usmani, melakukan berbagai usaha agar umat Islam di negaranya dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Usaha-usaha tersebut antara lain:

Melakukan modernisasi dibidang pendidikan dan pengajaran, dengan memasukkan kurikulum pengetahuan umum kepada lembaga-lembaga Pendidikan Islam (Madrasah)
BACK

C.

Lanjutan…. Perkembangan

Ilmu Pengetahuan

pada Masa Modern

Mendirikan Lembaga Pendidikan “Mektebi Ma’arif”, untuk mencetak tenaga-tenaga ahli dibidang administrasi, juga membangun lembaga “Mektebi Ulummi Edebiyet,” untuk menyediakan tenagatenaga ahli dibidang penterjemah. Mendirikan perguruan-perguruan tinggi di bidang kedokteran, militer, dan teknologi.

BACK

C.Perkembangan Kebudayaan Islam Masa Modern
Arsitektur Arsitektur yang melayani sarana keagamaan, seperti masjid, makam, madrasah, dan ada pula yang berfungsi sebagai kepentingan sekuler, seperti istana, benteng, pasar, jalan-jalan raya, rel-rel kereta api, dan lain-lain. 2. Sastra Banyaklah lahir sastrawan muslim seperti “ - Muhammad Iqbal ( Pakistan) - Mustafa Lutfi Al-Manfaluti ( Mesir) - Dr. Muhammad Husain Haekal ( Mesir) - Jamil Sidqi Az Zahawi ( Irak) - Abdus Salam Al-Ujaili (Suriah)
1.
BACK

C. Lanjutan….

Perkembangan Kebudayaan Islam Masa Modern
3.

Kaligrafi Kaligrafi adalah seni tulisan indah yang murni dilahirkan oleh orang Islam. Biasanya untuk menulis ayat-ayat Al Qur’an Ada bermacam-macam gaya seni kaligrafi : - Diwani - Diwani Mulamma’ - Musalsil - Raihani - Sulus

BACK

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->