P. 1
SETRIKA LISTRIK

SETRIKA LISTRIK

|Views: 693|Likes:
Published by Tedi Fauzy Wijaya

More info:

Published by: Tedi Fauzy Wijaya on May 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/28/2013

pdf

text

original

SETRIKA LISTRIK

Mekanik mesin setrika terdiri atas tiga komponen: bimetal, heater pemanas, dan lempengan plat besi pemanas. 1.HEATER

Gambar heater Heater pemanas berfungsi sebagai penimbul panas. Heater pemanas terdiri atas lilitan kawat tembaga yang dililitkan pada elektroda pemanas dengan perantara aluminium foil yang dimasukkan ke dalam pipa aluminium. Semakin banyak lilitan berarti energi listrik yang dibutuhkan semakin besar pula. Hasilnya adalah akan menghasilkan ring panas yang lebih tinggi 2.BIMETAL

Bimetal berfungsi sebagai pengatur suhu Bimetal atau baja karbon tinggi adalah dua buah plat besi yang sensitif terhadap panas. Bimetal akan memuai sesuai dengan panas yang diterimanya. Dari pemuaian itu dimanfaatkan sebagai saklar yang memutus sumber listrik dengan heater. Baja karbon tinggi dipakai di mesin setrika karena pemuaiannya sangat konstan dan fleksibel (mudah kembali ke bentuk semula setelah pemuaian).

namun harganya lebih mahal. licin. Pada dasarnya.3. dan cukup ringan namun bahan ini tidak mempunyai daya hantar panas yang cukup bagus.PLAT LOGAM Lempengan plat besi berfungsi sebagai penghantar panas dari heater ke kain Ada beberapa jenis bahan lempengan besi. sangat tidak mudah berkarat. kabel penghubung. setrika listrik terdiri dari 4 bagian utama. yaitu elemen pemanas. Elemen pemanas berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas (kalor). cukup licin. Baja karbon tinggi mempunyai sifat penghantar panas yang bagus. Gagang setrika berfungsi untuk menjalankan setrika dan terbuat dari bahan isolator yang tahan panas. gagang atau pegangan. dan lempeng logam (besi atau baja) dengan permukaan datar. Stainless steel mempunyai sifat tidak mudah berkarat. .

Untuk menguatkan atau menyambung bagian-bagian pada setrika .Kabel penghubung berfungsi untuk menghubungkan elemen pemanas dengansumber listrik Lempeng logam berfungsi untuk meneruskan energi panas dari elemen ke pakaian atau kain yang akan disetrika. Untuk mengatur suhu pada bimetal.

Pemasangan elemen pemanas dirancang untuk memungkinkan terjadinya transfer kalor ke lempeng logam.Untuk melindungi plat logam yang berisikan bimetal dan heater. 4. Beberapa saat setelah setrika listrik dihubungkan ke sumber listrik. lempeng logam di bagian bawah setrika akan ikut memanas dan pada akhirnya dapat digunakan untuk menyetrika. Ketika kabel penghubung setrika dihubungkan ke sumber listrik akan segera mengalir melalui elemen. Desain atau bentuk konfigurasi lilitan kawat pada elemen yang membentuk koil akan membuat energi listrik terdisipasi cukup besar di dalam lilitan tersebut sehingga akan timbul energi panas atau kalor yang ukurannya juga cukup besar.CARA KERJA Arus listrik Elemen pemanas Heater (diatur bimetal) Lempeng Logam siap dipakai . Sebagai isolator pemisah antara pegangan dan plat logam Elemen pemanas pada setrika listrik biasanya berupa koil atau lilitan kawat yang dililitkan pada selembar bahan tahan panas (biasanya asbes).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->