P. 1
fisiologi hormon

fisiologi hormon

|Views: 45|Likes:
Published by Andika Nurdiansyah

More info:

Published by: Andika Nurdiansyah on May 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

Nama NIM

: Aida Fitriani : 1005907

FISIOLOGI HORMON
Kebanyakan sel mampu memproduksi satu atau lebih molekul, yang bertindak sebagai molekul sinyal ke sel lain, mengubah pertumbuhan mereka, fungsi, atau metabolisme. Hormon yang diproduksi oleh sel klasik dalam kelenjar endokrin yang disebutkan sejauh ini dalam artikel ini adalah produk seluler, khusus untuk melayani sebagai regulator pada tingkat organisme secara keseluruhan. Namun mereka juga dapat menimbulkan efek mereka hanya dalam jaringan di mana mereka diproduksi dan awalnya dirilis. Tingkat biosintesis hormon dan sekresi sering diatur oleh mekanisme umpan balik kontrol homeostatik negatif. Mekanisme tersebut tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi metabolisme dan ekskresi hormon. Jadi, konsentrasi hormon yang lebih tinggi saja tidak dapat memicu mekanisme umpan balik negatif. Umpan balik negatif harus dipicu oleh kelebihan produksi dari sebuah "efek" dari hormon. Sekresi hormon dapat dirangsang dan dihambat oleh:

   

Lainnya hormon (''atau''stimulating''-releasing''-hormon) Konsentrasi plasma ion atau nutrisi, serta mengikat globulin Neuron dan aktivitas mental Perubahan lingkungan, misalnya, cahaya atau suhu

Satu kelompok khusus dari hormon adalah hormon tropik yang merangsang produksi hormon kelenjar endokrin lainnya. Sebagai contoh, thyroid-stimulating hormone (TSH) menyebabkan pertumbuhan dan peningkatan aktivitas kelenjar endokrin lain, tiroid, yang meningkatkan output dari hormon tiroid. Sebuah kelas baru-baru ini diidentifikasi hormon adalah bahwa dari "hormon kelaparan" - ghrelin, orexin dan PYY 3-36 - dan "hormon kenyang" - misalnya, leptin, obestatin, nesfatin-1. Dalam rangka untuk melepaskan hormon-hormon aktif cepat ke sirkulasi, hormon sel biosintesis dapat menghasilkan dan menyimpan hormon biologis aktif dalam bentuk pra-atau prohormones. Ini kemudian dapat dengan cepat dikonversi ke dalam bentuk hormon aktif mereka dalam menanggapi stimulus tertentu.

Hormone tiroid Kelenjar tiroid ialah organ endokrin yang terletak di leher manusia. Fungsinya ialah mengeluarkan hormon tiroid. Antara hormon yang terpenting ialah Thyroxine (T4) dan Triiodothyronine (T3). Hormonhormon ini mengawal metabolisma (pengeluaran tenaga) manusia.

SISTEM HORMON MANUSIA
Sehabis berolahraga, tenggorokan kita akan terasa kering dan kehausan. Ini terjadi karena tubuh banyak mengeluarkan keringat, sehingga air dalam tubuh juga banyak yang keluar. Keadaan demikian membuattubuh segera mengeluarkan zat yang menghentikan pengeluaran cairan

Disebut demikian karena hormon yang disekresikan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah dan tanpa melewati saluran khusus. Simak dan pahami uraian berikut. 1. sementara pada orang dewasa telah hilang atau tinggal sisanya saja. Organ yang berperan dalam sekresi hormon dinamakan kelenjar endokrin. kelenjar hipofi sis terdiri atas tiga bagian. Bagian tengahnya hanya dimiliki oleh bayi. dan kelenjar pencernaan. dan lain sebagainya. namun keberadaan hormon dalam tubuh sangatlah penting. yakni kelenjar hipofisis. Ini dapat diketahui dari fungsinya yang berperan antara lain dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. hormone insulin disekresikan pankreas saat ada rangsangan gula darah yang tinggi. pada orang dewasa. Apabila kita minum air. proses reproduksi. Walaupun jumlah yang diperlukan sedikit. tiroid. dan bagian belakang (posterior). Bagian depan kelenjar hiposifis ini menghasilkan banyak hormon. hormon adrenalin disekresikan medula adrenal oleh stimulasi saraf simpatik. segera hormon yang dikeluarkan tubuh tersebut akan berhenti. Misalnya saja. berpengaruh juga terhadap berbagai macam organ Di dalam tubuh. kelebihan hormone somatotrof . ukurannya lebih kurang sebesar kacang ercis. bagian tengah (intermediet). ovarium. Kelenjar Hipofi sis (Pituitari) Kelenjar hipofi sis terletak pada dasar otak dan di bawah kendali hipotalamus. Zat yang dimaksud dinamakan hormon. Akibatnya. Apabila terlalu berlebihan atau justru kekurangan dapat memberikandampak yang tidak baik bagi tubuh. Hormon akan dikeluarkan oleh kelenjar endokrin bila ada rangsangan (stimulus).tersebut. sebab hormone yang dihasilkan dapat memengaruhi fungsi endokrin yang lain. Di pihak lain. metabolisme zat. kelenjar hipofi sis hanya tersusundua bagian saja yakni bagian depan dan bagian belakang. Sebagai contoh. Kelenjar Hipofisis Anterior Kelenjar hipofisis anterior berkembang dari lipatan langit-langit mulut yang tubuh ke arah otak. yaitu bagian depan (lobus anterior). a. Kelenjar ini seringkali disebut pula sebagai master of gland. pankreas. testis. Berdasarkan strukturnya. paratiroid. dan lain-lain. Lipatan tersebut akhirnya kehilangan persambung an dengan saluran pencernaan. bagian tubuh tertentu yang sesuai akan meresponnya. berbagai hormon yang disekresikan kelenjar hipofi sis anterior ini hanya digunakan dengan jumlah tertentu saja. Di dalam tubuh manusia ada beberapa jenis kelenjar endokrin. Hormon merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh suatu bagian dalam tubuh. adrenal. Asal kata hormon dari bahasa Yunani yakni hormaen yang berarti menggerakkan. Berikut dibahas dua bagian kelenjar hipofi sis tersebut. Di dalam tubuh. Hormon tersebut akan diangkut oleh darah menuju kelenjar yang sesuai. terdapat pula kelenjar eksokrin yang mengedarkan hasil sekresinya melalui saluran khusus. Selain itu. Oleh karena itu. timus.

ke arah lipatan mulut yang membentuk bagian anterior hipofisis. Selain penyakit-penyakit tersebut. Kelenjar Hipofi sis Posterior Kelenjar hipofi sis posterior merupakan hasil dari perluasan otak.(hormon pertumbuhan) dapat menyebabkan pertumbuhan raksasa (gigantisme). Sementara itu. akibatnya adalah pertumbuhan terhambat atau kekerdilan (kretinisme). bentuk badan menjadi besar. jari-jari tangan. pretesin. kulit kasar. dan oksitosin. Kretenisme ditandai dengan fi sik dan mental penderita yang tumbuh tidak normal. kondisi hipotiroid dapat menyebabkan miksedema. Hormon yang disekresikan kelenjar ini disebut parathormon (PTH). kedua hormon tersebut berfungsi menaikkan tekanan darah dengan mengecilkan arteriol. hormon tersebut juga memengaruhi pertumbuhan. seperti tulang muka. Hormon yang dihasilkan kelenjar ini ada tiga. berat badan bertambah. mulut menganga. adalah laju metabolisme rendah. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus yakni sebelah kanan dan kiri laring. bila sekresi hormon pertumbuhan kurang. Gejala penyakit ini. tepatnya pada laring. Bagi tubuh. Selanjutnya. b. Hormon terpenting yang disekresikan kelenjar tiroid adalah tiroksin. oksitosin berperan dalam membantu proses kelahiran dengan kontraksi uterus. napas cepat dan tidak teratur. Kelenjar Paratiroid (Anak Gondok) Kelenjar paratiroid terdiri atas empat struktur kecil yang terdapat pada permukaan kelenjar tiroid. bila kelebihan tersebut terjadi pada waktu dewasa dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seimbang (akromegali). seseorang juga dapat mengalami pembengkakan kelenjar tiroid karena kekurangan makanan yang mengandung yodium. Tepatnya berasal dari perkembangan tonjolan hipotalamus ke arah bawah. Sebaliknya. Vasopresin dan pretesin berfungsi mengurangi jumlah air yang hilang dari ginjal saat keluar sebagai urine. apabila seseorang sebelum dewasa kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). . 2. Pada orang dewasa. Selain itu. Hormon parathormon berperan dalam pengaturan pemakaian ion kalsium (Ca2+) dan fosfat (PO43+) pada jaringan. 3. dan rambutmudah rontok. Beratnya sekitar 25 g dan kaya akan darah. yakni vasopresin (antidiuretic hormone = ADH). dan diferensiasi jaringan tubuh. Oksitosin juga membantu sekresi susu dari payudara ibu. Hormon tiroksin terbentuk dari asam amino yang mengandung yodium. Beberapa penyakit manusia ada yang disebabkan oleh kelenjar tiroid. perkembangan. hormon ini berpengaruh dalam proses metabolisme sel. dan mata melebar. Kelenjar Tiroid (Kelenjar Gondok) Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak pada leher. dengan tanda-tanda meningkatnya detak jantung sehingga muncul gugup. dan kaki yang membesar. tubuhnya dapat mengalami kretinisme (kerdil). Selain itu. Kondisi kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) dapat menimbulkan gejala hipermetabolisme (morbus basedowi). Sementara. Penyakit pembengkakan demikian dinamakan gondok.

Selain itu. sel-sel kelenjar ini sangat kaya akan pembuluh darah. kadar gula darah menjadi turun. Sementara itu. Kalaupun mengalaminya. Masing-masing struktur kelenjar ini memiliki dua bagian.Manusia jarang mengalami hipoparathormon (kondisi kekurangan hormon parathormon). seseorang dapat kejang otot atau tetani. 6. Hormon kortin dapat memudahkan perubahan protein menjadi karbohidrat. Hormon insulin berperan saat proses pengubahan gula darah (glukosa) menjadi gula otot (glikogen) di dalam hati. bagian korteks (bagian luar) adre nal mengeluarkan hormon kortin yang tersusun atas kortison dan deoksikortison. Sehingga. kadar ion Ca2+ yang berlebihan dalam darah dapat masuk ke air seni dan mengendap bersama ion fosfat. Kekurangan hormon insulin pada seseorang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus atau penyakit ken . Gejala yang timbul pada penderita penyakit ini antara lain tekanan darah rendah. Kelenjar Timus Kelenjar timus merupakan kelenjar hasil penimbunan hormon somatotrof atau hormon pertumbuhan. peningkatan retensi kalium dalam cairan tubuh dan sel. Pulau Langerhans merupakan sekelompok kecil yang tersebar di seluruh pankreas. dan berbentuk abnormal. gangguan pencernaan. oleh hormon tersebut. Sekresi yang dihasilkan dari kelenjar Langerhans yakni hormone insulin. kulit kecoklatan. Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal) Kelenjar adrenal (glandula adrenal) pada manusia berbentuk sepasang struktur kecil yang terletak di ujung anterior ginjal dan kaya akan darah. Bagian korteks kelenjar adrenal menghasilkan hormon adrenalin (epinefrin) yang berpengaruh dalam penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Frederick Banting pada tahun 1922. sebuah hormon berbentuk protein yang ditemukan oleh Dr. hormon adrenalin bersama hormon insulin memengaruhi proses pengaturan kadar gula dalam darah. Hormon ini juga berperan mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa (gula darah). kemudian juga mengatur metabolisme garam dan air. Kelenjar Pankreas Kelenjar prankeas dinamakan juga kelenjar Langerhans atau pulau Langerhans. Selain itu. Penderitanya dapat diobati dengan pemberian hormon kortin melalui mulut atau intramuskular. kelemahan otot. Sel-sel pulau Langerhans tak terkait dengan saluran pembawa getah pankreas yang menuju duodenum. dan nafsu makan hilang. Pada orang dewasa. Sedangkan hiperparathormon (kondisi kelebihan hormon parathormon) dapat menimbulkan berba gai gejala seperti tulang menjadi rapuh. yakni bagian luar (korteks) dan bagian dalam (medula). lemah. Namun. Endapan ini dapat membentuk batu ginjal sehingga menyumbat saluran air seni. Penyakit manusia yang disebabkan oleh kurangnya sekresi hormon ini adalah penyakit Addison. kelenjar ini tidak digunakan kembali. 4. 5.

Misalnya saja kelenjar pada lambung dan usus. yaitu hormone yang berperan dalam sekresi getah lambung. Ma sing-masing fungsi hormon ini adalah merangsang sekresi getah pankreas dan getah empedu. Bagi wanita. Estrogen dihasilkan oleh folikel de Graff dan dirangsang oleh hormon FSH. hormon estrogen dan progesteron disekresikan oleh ovarium. Meskipun fungsi utamanya adalah memproduksi sel-sel kelamin. kelenjar mensekresikan hormon gastrin. Hormon testosteron sangat berpengaruh terhadap proses spermatogenesis (proses pembentukan sperma) dan pertumbuhan sekunder pada laki-laki. penghasilan hormon mulai merosot. Kelenjar kelamin laki-laki terdapat pada testis. Hormon estrogen berfungsi saat pembentukan kelamin sekunder wanita. Di dalam testis terdapat sel Leydig yang menghasilkan hormone testosteron atau androgen. ketiak. Gejala penyakit kencing manis ditandai dengan tingginya glukosa dalam darah yang tinggi. Malangnya setelah manusia mencecah umur 25 tahun. Pada lambung. Kelenjar Kelamin Kelenjar kelamin disebut pula dengan gonad. janggut. Hormon guklagon hormon yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa. pinggul menjadi lebar. Selain hormon insulin.cing manis. 8. Fungsi Hormon Utama Dalam Sistem Endoktrin Hormon membantu dan memastikan tumbesaran manusia yang lebih sempurna dengan mengawal dan memastikan fundsi dan koordinasi setiap organ. bahu dan dada bertambah bidang. seperti bahu mulai berisi. kelenjar Langerhans juga memproduksi hormon guklagon. hormon enstrogen juga membantu dalam pembentukan lapisan endometrium. Pertumbuhan sekunder pada anak laki-laki ditandai dengan suara menjadi besar. Human Growth Hormone (HGH) . cambang. Hormon mengawal proses metabolisma dan membolehkan pencapaian kesihatan yang lebih baik. Sementara itu. dan sekitar kemaluan. Hormon-hormon utama dalam sistem endoktrin : 1. Hormon ini dihasilkan oleh korpus luteum dan dirangsang oleh LH. tumbuhnya payudara. menghambat produksi hormon FSH. dan memperlan-car produksi laktogen (susu). Kelenjar Pencernaan Kelenjar pencernaan merupakan kelenjar yang terdapat pada sa luran pencernaan. dan tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu misalnya kumis. hormon progesteron berfungsi menjaga penebalan endometrium. 7. justru sebaliknya glikogen dan lemak yang diubah menjadi glukosa. namun kelenjar kelamin juga memproduksi hormon. Sementara hormone sekretin dan hormon kolsistokinin disekresikan oleh kelenjar pada usus. Glukosa yang ada dalam tubuh penderita tidak diubah menjadi glikogen dan lemak. sementara kelenjar kelamin perempuan berada pada ovarium. dan rambut mulai tumbuh di ketiak dan kemaluan. Di samping itu.

Ahli sains jarang memberi perhatian kepada kepentingan rembesan ini pada zaman lepas. Hormon Kalenjar Tiroid . 3. 7. 5. Rembesan maksima HTM berlaku pada peringkat baligh dan berkurangan sebanyak 14% bagi setiap 10 tahun selepas itu. Berikut merupakan penjelasan bagi peranan HTM dalam badan kita:      Tumbesaran manusia khususnya pada peringkt kanak2. Melakukan proses rejunavasi. Walaupun begitu. 3. menebalkan tisu kulit. 6. melatonin adalah penting untuk : Memperbaiki kualiti tidur pada waktu malam  Melegakan tekanan yang di sebabkan oleh perbezaan masa. Tumbesaran tulang sehingga umur 25 tahun Mengekalkan kesihatan badan dan penghasilan tisu.2. Melatonin Thyroid gland hormone Insulin DHEA Oestrogen Corpus luteum hormone Testis hormone 1. tulang yang kuat dan otot yang sempurna Meningkatkan keupayaan seksual dan daya ketahanan semula jadi. Penemuan sains telah menunjukkan badan kita memerlukan hormon ini dalam seumur hidup kita. Human Growth Hormone (HGH) / Hormon Tumbesaran Manusia (HTM) HTM dirembes oleh kelenjar pituitari sejak kita di lahirkan. 8. 2. contohnya keletihan dan kebolehan mengenali arahtuju (direction)  Mengoksidasikan radikal bebas yang boleh merosakkan sel-sel badan dan kesan-kesan sampingan metabolism. 4. Orang tua yang tidak dapat tidur dengan nyenyak biasanya disebabkan oleh kekurangan rembesan bahan melatonin. Melatonin Melatonin dirembes oleh kalenjar pineal dan mempunyai fungsi seperti pil tidur.

kulit dan rambut yang kurang bermaya dan kemungkinan juga jangkitan penyakit jantung. sejenis sel yang terdapat dalam organ pancreas. Ia merupakan hormone yang dikenali ramai kerana kekurangan hormone ini boleh mengakibatkan kelembapan otak. Menjamin metabolisma sel. metabolisma glukosa biasanya dikawal oleh insulin. kegemukkan. Fungsi insulin:    Membantu pembakaran dan penyerapan glukosa oleh sel badan Mengimbangkan paras glukosa didalam darah dan mencegah kencing manis. Oestrogen Oestrogen merupakan hormone yang penting bagi wanita dan ia dirembes didalam ovari. Fungsi oestrogen:- . tisu dan organ. Fungsi DHEA:     Meningkatkan daya ketahanan dan mencegah jangkitan bacteria. 4. Menjaga kestabilan dan keseimbangan tekanan darah dan paras hormon. Kekurangan insulin boleh menyebabkan kandungan gula yang tinggi didalam darah. Mengekalkan fungsi hati dan organ-organ lain. oestrogen di rembes pada testis tetapi rembesannya adalah sedikit. DHEA DHEA dirembes oleh kalenjar renal dan merupakan sejenis hormone steroid yang kaya didalam tubuh manusia. (Contoh: hormone seksual) Pencegahan kencing manis pada orang dewasa. Membantu sel menyimpan tenaga dalam bentuk glukosa didalam hati Membantu proses penyimpanan glukosa berlebihan dalam bentuk lemak didalam hati. Rembesan insulin berkaitrapat dengan paras glukosa di dalam darah. Pencegahan barah 6. Fungsi utamanya:   Membantu tumbesaran normal dan fungsi otak pada peringkat bayi. Di dalam tubuh kita.Hormon kalenjar tiroid dirembes oleh kalenjar tiroid pada bahagian hadapan leher. Ia terlibat dalam penghasilan hormone seksual iaiutu oestrogen dan hormone testis. Insulin Insulin dirembes oleh “islets-of-langerhans”. Ini menyebabkan ketidakseimbangan glukosa dan akhirnya mengakibatkan penyakit kencing manis. Membantu tumbesaran normal organ dan tisu kanak-kanak. 5. Bagi kaum lelaki pula.

Hormon pertumbuhan digunakan dalam pengobatan untuk mengobati anak-anak pertumbuhan gangguan dan defisiensi hormon pertumbuhan dewasa. hormone ini membantu tumbesaran uterus Membantu tumbesaran tisu payu dara Mencegah penyakit barah rahim pada peringkat menopos. tunggal-rantai polipeptida yang disintesis. Semasa wanita mencapai umur subur. janggut dan organ kelakian. daya pemahaman dan penglihatan serta naluri ruang. Somatotropin merujuk pada hormon pertumbuhan 1 yang diproduksi secara alami dalam hewan. Hormon Corpus Luteum Hormon Corpus Luteum ialah satu lagi hormone penting bagi kaum wanita. Hormon Testis Hormon testis ialah hormone seksual terpenting untuk lelaki. kulit dan organ seks Merangsang tumbesaran rambut. Fungsi hormone testis:    Mengawal keinginan berserks (lelaki dan wanita) Merangsang tumbesaran otot. Lelaki yang berumur antara 40 – 47 mengalami kekurangan hormone ini sebanyak 1% setiap tahun. dan adalah disingkat "HGH" pada manusia. reproduksi sel dan regenerasi pada manusia dan hewan lainnya. biasanya mula berlaku diantara umur 45 – 50) Menjamin pertumbuhan tisu yang sihat termasuk kecekangan dan kelembapan 7. disimpan. sedangkan istilah somatropin merujuk pada hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh DNA rekombinan teknologi. . Merangsang pertumbuhan. Fungsinya termasuk:    Membantu tumbesaran dan penebalan membrane uterus semasa berlakunya kitaran haid. Dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini agak menyerupai fenomena menopos putus haid pada wanita. 8.   Mengawal fungsi otak Mencegah masalah menopos (putus haid yang melebihi 12 bulan. Hormone pertumbuhan Hormon pertumbuhan (GH) adalah hormon berbasis protein peptida. Hormon pertumbuhan adalah asam 191 amino. terapi penggantian hormon pertumbuhan telah menjadi populer di pertempuran melawan penuaan dan obesitas. Semasa penghamilan. dan dikeluarkan oleh sel somatotroph dalam sayap lateral kelenjar pituitari anterior. hormone ini membantu uterus menyediakan keadaan yang sesuai untuk mengandung. tulang. Menambah baik fungsi otak dan penglihatan.

tetapi telah diusulkan bertepatan dengan 22 kDa glycosilated varian kDa 23 diidentifikasi dalam kelenjar pituitari. keseimbangan ini dipengaruhi oleh banyak fisiologis Analyzer. meningkatkan kulit nada dan tekstur. arginin dan propranolol oleh menghambat somatostatin rilis  Puasa . GHBP). Urin tradisional analisis tidak bisa mendeteksi doping dengan HGH. Dalam perannya sebagai agen anabolik. Tes darah yang dilakukan oleh WADA di Olimpiade 2004 di Athena terutama ditargetkan HGH. HGH telah digunakan oleh pesaing dalam olahraga sejak tahun 1970-an. sehingga larangan itu tidak dapat dilaksanakan sampai awal 2000-an ketika tes darah yang bisa membedakan antara alam dan buatan hGH mulai dikembangkan. yang merupakan bagian terpotong reseptor hormon pertumbuhan. Sementara baru-baru ini varian tambahan ~ 23-24 kDa juga telah dilaporkan di post-exercise Serikat pada proporsi yang lebih tinggi. Saat ini. meskipun keseimbangan ini merangsang dan menghambat peptida menentukan GH rilis. Nerve (misalnya. Varian ini belum diidentifikasi. meningkatkan tingkat energi. hGH masih dianggap sebagai hormon yang sangat kompleks. dan telah dilarang oleh IOC dan NCAA. Peraturan Peptida dirilis oleh inti neurosecretory hipotalamus (melepaskan hormon pertumbuhan hormon /'' somatocrinin'' dan menghambat pertumbuhan hormon hormon /'' somatostatin'') ke dalam darah vena portal hypophyseal sekitar hipofisis yang kontroler utama GH sekresi oleh somatotropes. asam lemak bebas) '' Analyzer. Namun. latihan. peningkatan fungsi seksual. Selain itu. varian ini beredar sebagian terikat pada suatu protein (protein mengikat hormon pertumbuhan. peningkatan otot massa. Nerve '' dari HGH sekresi meliputi:  peptida hormon o Melepaskan hormon pertumbuhan hormon (GHRH) melalui mengikat untuk melepaskan hormon pertumbuhan hormon reseptor (GHRHR) o Ghrelin melalui mengikat hormon pertumbuhan secretagogue reseptor (GHSR) o hormon seks  peningkatan androgen sekresi pada masa pubertas (pada laki-laki dari testis dan betina dari korteks adrenal)  estrogen  clonidine dan L-DOPA oleh merangsang GHRH rilis  hipoglikemia. peningkatan kepadatan tulang. nutrisi.Efek yang dilaporkan pada pasien GH-kekurangan (tetapi tidak pada orang sehat) termasuk lemak tubuh penurunan. dan asam labil subunit (ALS). dan banyak dari fungsinya masih belum diketahui. dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. tidur) dan inhibitor GH sekresi (misalnya.

 latihan kuat '' Inhibitor '' GH sekresi meliputi:    somatostatin dari inti periventricular beredar konsentrasi GH dan IGF-1 (negatif umpan balik pada pituitari dan hipotalamus) dihidrotestosteron Selain untuk kontrol oleh endogen dan stimulus proses. jenis kelamin. Terbesar dan paling dapat diprediksi puncak GH ini terjadi sekitar satu jam setelah onset tidur. Jika tidak ada variasi yang luas antara hari dan individu. . lonjakan sekresi terjadi interval waktu 3-5 jam. Hampir lima puluh persen HGH sekresi terjadi selama tahap ketiga dan keempat REM tidur. dan hormon lainnya. stres. Antara puncak. latihan. Sekresi pola HGH disintesis dan dikeluarkan dari kelenjar pituitari anterior cara pulsatile sepanjang hari. biasanya kurang dari 5 ng/mL sepanjang hari dan malam. diet. beberapa senyawa asing (xenobiotics seperti obat-obatan dan endokrin pengganggu) diketahui untuk mempengaruhi GH sekresi dan fungsi. Sejumlah faktor diketahui mempengaruhi HGH sekresi. seperti umur. basal GH tingkat rendah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->