P. 1
Biologi

Biologi

|Views: 153|Likes:
Published by Bila Archie

More info:

Published by: Bila Archie on May 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2012

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN BIJI KACANG MERAH

DISUSUN OLEH:

NAMA KELAS

: HANNA INSANI VEDY : XII IPA 3

A. Judul Praktikum

: Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Merah

Teori Singkat - Pertumbuhan Bertambahnya ukuran seperti panjang. lebih teratur dan lebih kompleks) . Makanan tersebut sebagai sumber energi dan sumber materi untuk mensintesis berbagai komponen sel. : D. H. volume dan massa. Bersifat kuantitatif Irreversibel (tidak dapat kembali ke keadaan semula). 21 Juli 2011 C. 1. P.B. Fe .Bersifat kualitatif Reversibel (dapat kembali ke keadaan semula) Tidak dapat diukur. Unsur Makro ( diperlukan tumbuhan dalam jumlah banyak ) Misalnya : C. - Perkembangan Suatu proses menuju kedewasaan (menuju suatu keadaan yang lebih tinggi. Unsur mineral ini berperan dalam penyusunan molekul organic. lebar. Hari/ Tanggal Praktikum: Kamis. Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dibedakan atas faktor luar dan faktor dalam. Nutrisi atau nutrient terdiri dari unsur-unsur yang diperlukan sebagai sumber energi dan materi bagi tumbuhan. O. Dapat diukur dengan menggunakan alat: auksanometer. terdiri dari : 1. N . Nutrisi (makanan) Umumnya tumbuhan memerlukan makanan dari lingkungan yang berupa unsureunsur mineral. Terdapat pada jaringan maristem dan reproduksinya secara mitosis. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang merah. Faktor Luar a. Ca. S. K. Mg. Terdapat pada alat reprodukso dan reproduksinya secara meosis.

Cahaya Cahaya sangat diperlukan tumbuhan hijau untuk berfhotosintesis. Cu. kekurangan air dapat menghambataktifitas metabolisme. dan Cl b. Jika lingkungan dibawah 0 0C atau diatas 40 0C tumbuhan tidak akan tumbuh. c. Unsur Mikro ( diperlukan tumbuhan dalam jumlah sedikit ) Misalnya: Zn. d. 3. f. Suhu Optimum untuk pertumbuhan adalah 10 0C – 38 0 C.2. Kelembapan Kondisi lembab menyebabkan banyak air yang diserap dan lebih sedikit yang diuapkan. Oksigen Oksigen berfungsi dalam reaksi metabolisme tumbuhan karena oksigen penting dalam respirasi yang menghasilkan energi. B. Faktor Dalam . Jika kekurangan oksigen. Mn. 2. Air Air termasuk senyawa utam yang dibutuhkan tumbuhan. Suhu Tumbuhan memerlukan sushu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik yang disebut suhu optimum. e. Kondisi ini mendukung aktifitas pemanjangan sel sehingga sel-sel lebih cepat mencapai ukuran maksimum dan tumbuhan bertambah besar. Jika kelembapan udara rendah akan memacu pertumbuhan tumbuhan. Tanpa air tumbuhan tidak bisa tumbuh. Namun cahaya juga merupakan factor penghambat pertumbuhan meninggi karena cahaya dapat menguraikan auksin. Al. Unsur Tambahan ( dibutuhkan tanaman tertentu ) Misalnya: Si. Mo. respirasi terganggu dan energi berkurang sehingga pertumbuhan terganggu.

konsentrasi lebih banyak pada daerah yang tidak terkena cahaya matahari.Terjadi diantara sel yang dilakukan oleh hormon a. Membuat tanaman berbunga sebelum waktunya 3. Dalam perkembangan embrio dan kecambah. terutama reaksi sintesis protein dan sintesis enzim. Merangsang pembentukan bunga dan buah 3. Gen – gen yang terbawa oleh setiap kromosom dari suatu generasi akan menentukan sifat generasi berikutnya. Hormon Disebut zat tumbuh atau fitohormon. Hormon adalah regulator pertumbuhan yang sangat esensial yang dibuat pada bagian tumbuhan. hormon ini merangsang lapisan aleuron untuk mensintesis enzim amylase. b. Jenis-jenis hormon yang berpengaruh pada pertumbuhan adalah : 1. Auksin Auksin merupkan senyawa asetat dengan gugus indol. Fungsi auksin adalah sebagai berikut : 1. Giberelin giberelin adalah suatu zat yang mempunyai pengaruh terhadap pemanjangan dan pembelahan sel. Fungsi giberelin adalah : 1. Menyebabkan tanaman tumbuh raksasa 2. Merangsang aktifitas cambium . Mempercepat terjadinya diferensiasi di daerah meristem sehingga mempergiat cambium 2. Gen Berfungsi mengawasi reaksi kimia didalam sel. batang dan daun. sedangkan respon pertumbuhan terjadi dibagian tumbuhan lainnya. misalnya di akar. Mengembangkan sel-sel hingga sel bertambah panjang 2.

Funsi sitokinin adalah: 1. Gas Etilin Fungsi etilin adalah sebagai berikut : 1. Menyebabkan batang tumbuh menjadi tebal dan memacu pembungaan 5. Mempercepat pemasakan buah 2. Asam Absisat Fungsi asam absisat adalah sebagai berikut : 1. Sitokinin Sitokoinin banyak ditemukan pada jaringan yang aktif membelah. Bahan & Alat : . Asam Traumalin Fungsi Asam traumalin adalah untuk penyembuhan luka. Kalin Kalin mempengaruhi pembentukan organ tumbuhan. Membantu tumbuhan untuk bertahan pada kondisi lingkungan yang buruk dengan menunda pertumbuhan (dormansi) 6. Menghambat pertumbuhan tumbuhan. sehingga berlawanan dengan fungsi auksin dan giberelin 2. Merangsang pertumbuhan sel dan pelebaran daun 3. Menghasilkan buah tanpa penyerbukan 3. Merangsang pembelahan sel dengan cepat 2. 7. Merangsang pertumbuhan kearah samping pada pucuk 4.10 biji kacang merah Tanah Air Mistar .4.

- 2 buah Gelas plastik : .6% 24 18 25 7.Siapkan 2 buah gelas plastik .6%) di bandingkan dengan tempat terang (38.Setelah tanaman tumbuh.Pisahkan tanaman tersebut di tempat yang berbeda.21 38.30 15.Tanamkan masing-masing 5 biji kacang merah ke dalam ke dalam gelas plastik yang sudah berisi tanah .Rawat tanaman dengan menyiramnya 2 hari sekali .75 24.Siram tanaman tersebut dengan air secukupnya .7 91.5 30 19 146.45 61. Kesimpulan : Bahwa cahaya sangat peranan penting terhadap pertumbuhan tumbuhan Dan hormon auksin sangat bepran penting dalam mempercepat pertumbuhan .5 10.4% NO 1 Tempat Gelap 2 Terang - Deskripsi Daun berwarna lebih muda Akar lebih sedikit ( Pembentukan akar tidak sempurna) Bentuk daun kriting Kotiledon berwarna lebih muda dari terang Daun berwarna lebih tua Akar lebih banyak (Pembentukan akar sempurna) Bentuk daun normal Kotiledon berwana lebih tua Pembahasan : Berdasarkan data diatas bahwa tumbuhan yang tidak terkena cahaya lebih cepat (61.Setelah 7 hari masa pertumbuhan dilakukan pengukuran dengan mistar Cara Kerja NO 1 2 Kondisi Cahaya Gelap Terang Rata-rata pertumbuhan pada hari ke-7 1 2 3 4 5 6 Ԑ ∑ % 36. yang satu ditanam dalam keadaan terkena cahaya sedangkan tanaman yang satunya ditanam dalam keadaan tanpa cahaya .75 15 35. tetap lakukan penyiraman pada tanaman sampai 7 hari .Isilah ke dua gelas pelastik tersebut dengan tanah .6 3 23.4%) hal ini disebabkan oleh Cahaya dan hormon auksin dimana hormon auksin mempercepat pertumbuhan dan memacu perpanjangan sel.Lakukan pengamatan setelah 7 hari penanaman .

Tim Penulis Gita. Istamar Syamsuri. CV. LKS Aspirasi. Siti Laila. CV. Modul Biologi Untuk SMA atau MA. Serta terdapat perbedaan dari warna daun. Gita Biologi Untuk SMA . Drs. Pabelan 7. Biologi Untuk SMA Kelas XII 3B. Bagod Sudjadi. Daftar Pustaka : 1. PT.dan memacu perpanjangan sel. Dkk. Pustaka Manggala LAMPIRAN : Pertumbuhan biji kacang merah pada hari ke -7 . Drs. Dra. Erlangga Jakarta 2004 2. Biologi Sains dalam Kehidupan 3A 4. LKS Gita. Bagod Sudjadi. LKS Hayati. Biologi Sains dalam Kehidupan 3B 5. Hayati 6. Henny Riandari. Terdapat perbedaan ukuran terhadap tanaman yang diletakan di tempat yang terkena cahaya matahari dan yang gelap. akar serta bentuk daun. Dkk. Istamar Syamsuri. Hapsoro. Erlangga Jakarta 2004 3. Biologi Untuk SMA Kelas XII 3A. Drs. Siti Laila. Aspirasi Biologi Untuk SMA/MA.

Pertumbuhan pada tempat gelap .Perbandingan dari tumbuhan yang terkena cahaya matahari dan tidak .Pertumbuhan pada tempat terang ..

Perbandingan bentuk batang .TERANG .Perbandingan bentuk akar GELAP TERANG GELAP .

Perbandingan daun GELAP TERANG .GELAP TERANG .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->