BAB I PENDAHULUAN Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia.

Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan. Dua tim yang masingmasing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan ("mencetak gol"). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan. Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai "wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai Peraturan Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya" (Peraturan 5), dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukanSetiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan).Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya. Pemain lainnya dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka ketika bola masih dalam permainan, namun boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan lemparan dalam dilakukan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan.Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) dapat digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan umum digantikannya seorang pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah

70 atmosfir ataw sama dengan 9. Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Bola yang di gunakan pada permainan bola terbuat dari kulit. Jika kedudukan sama imbang. Dalam pertandingan standar. kecuali jika disetujui oleh wasit. atau 7.32 x 2.8 meter. Umumnya terdapat masa istirahat 15 menit di antara kedua babak tersebut.4 meter dan lebar 54. selama permainan berlangsung bola tidak boleh diganti. .44 meter. Dengan panjang 91. pemain yang telah diganti tidak boleh kembali bermain dalam pertandingan tersebut.Lama permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit. Pada kedua sisi pendek. maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit.50 lb/inci persegi. terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki. lingkaran bola tidak boleh dari 71 cm dan tidak boleh lebih dari 163 gram dan tidak boleh lebih dari 396 gram.00 sampa dengan 10.60 sampai dengan 0.Sebuah pertandingan dewasa yang standar terdiri dari dua babak yang masing-masing sepanjang 45 menit. hingga didapat pemenang. namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.pertandingan. Tekanan udara harus sama dengan 0. ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit).

Strain ringan ditandai dengan kontraksi otot terhambat karena nyeri dan teraba pada bagian otot yang mengaku. Strain adalah kondisi yang sering ditemukan pada cedera olahraga. 2. hingga lutut merupakan bagian-bagian yang paling sering terjadi di sepak bola. Strain total didiagnosa sebagai otot tidak bisa berkontraksi dan terbentuk benjolan. atau ligament yang robek dan tidak memerlukan pengobatan. Second Degree Strain/Sprain (Strain/Sprain derajat 2) Cedera yang terjadi adalah robeknya sebagian besar serabut otot/tendo serta ligament. Keseleo adalah jenis cedera yang paling sering dialami oleh para pemain sepak bola. kaki bagian bawah. Setelah 24 jam. diperlukan pemanasan yang cukup dan stretching yang tepat bisa mencegah terjadinya cedera tersebut. dapat sampai setengah jumlah serabut otot yang robek. terutama bagian pergelangan dan medial collateral ligament (semacam pengikat sendi tulang). pada bagian memar terjadi perubahan warna. ada tanda-tanda perdarahan pada otot yang sobek.BAB III CIDERA-CIDERA PADA OLAHRAGA A. Untuk menghindari keseleo. dimana cedera yang terjadi hanya mengenai beberapa serabut otot/tendo. disertai sdikit pembengkakan dan sedikit rasa nyeri. Straing adalah menyangkut cedera otot atau tendon. Strain dapat dibagi menjadi 3 tingkat yaitu: Cedera tersebut dapat dibagi menjadi tiga tingkatan. First degree Strain (strain/sprain derajat 1) Yaitu cedera yang paling ringan. yaitu : 1. Keseleo yang dialami mulai dari bagian pergelangan kaki. Pada cidera strain rasa sakit adalah nyeri yang menusuk pada saat terjadi cedera. dan otot mengalami kekejangan. Dengan istirahat saja dapat sembuh dengan sendirinya. Strain Strain adalah kerusakan pada jaringan otot karena trauma langsung (impact) atau tidak langsung (overloading).Cidera strain membuat daerah sekitar cedera memar dan membengkak. . terlebih jika otot berkontraksi.

Si penderita disuruh mengetulkan sendi sikunya. sesuai dengan tempat yang dikatakan nyeri oleh si penderita bila kita lakukan metode tahanan. maka tempat inilah yang mengalami cedera.Strain/sprain tingkat satu (first degree) . kita harus memberi pertolongan metode RICE. Secara obyektif kita juga dapat memeriksa yaitu dengan cara palpasi (meraba) bagian yang dicurigai. disamping itu kita harus memberikan istirahat yang lebih sempurna. karena akan sembuh sendiri. Kram Gastrok Kaki kramp adalah kondisi nyeri pada otot kaki yang terjadi tiba-tiba atau tanpa disadari (involuntarily) saat kaki bergerak/berkontraksi. Contoh : menguji otot bisep brachii yang robek. tidak perlu pertolongan/pengobatan.Strain/sprain tingkat dua (second degree) . spalk maupun gips. lengan bawah penderita kita pegang/ditahan. Kramp pada kaki biasanya terjadi pada kondisi dimana kaki dipaksa untuk melakukan latihan yang berat tanpa melakukan pemanasan (warmingup exercise) sebelumnya. kita tetap melakukan metode RICE. Pertolongan pertama pada cedera strain dan sprain : . dapat berkisar dari derajat II sanpai III. Biasanya istirahat selama 3 sampai 6 minggu. maka penderita akan merasa nyeri pada tempat dimana ototnya robek. pada waktu otot sudah terkontraksi lebih kurang separuhnya. Third Degreee Strain/Sprain (Strain/Sprain derajat 3) Kadang disebut Complete Rupture (robek total). Cara menguji otot/tendo atau ligament yang cedera :Untuk Strain memakai metode tahanan dan palpasi (perabaan). Bila kita tekan pada suatu tempat si penderita mengatakan nyeri/sakit. B.Strain/sprain tingkat tiga (third degree) .3. maka si penderita akan merasa nyeri ditempat yang cedera. Biasanya tempat yang ditekan terasa nyeri. lalu dikirim ke rumah sakit untuk dijahit/disambung kembali. Bila pada perabaan terasa cekungan yang dalam.Yang dimaksud dengan metode tahanan ialah yang menahan kontraksi satu/sekelompok otot. . Kondisi yang sering memunculkan timbulnya kramp pada kaki ini adalah . . yaitu cedera yang terjadi dimana serabut otot/tendo ataupun ligament sudah putus (robek total) atau hampir putus. berarti ada robekan otot yang besar. lebih dari setengah jumlah serabut otot yang robek. cedera pada tingkat ini cukup diberikan istirahat saja. yaitu dengan cara menahan bagian yang dekat dengan sersio otot-otot tersebut.sesuai dengan urutannya.Bila pada waktu kontraksi otot kita tahan. yaitu denagn tindakan imobilisasi (suatu tindakan yang diberikan agar nagian yang cedera tidak dapat digerakan) dengan cara balut tekan.

Terjadinyaketeganganotot. Kalau hal ini terjadi maka kedepannya nyeri akan terasa sampai batasan waktu tertentu.?? 1. Penyebab : Meskipun penyebab kramp belum diketahui secara jelas tapi ada beberapa rujukan kenapakrampbisaterjadi. Tahan penguluran tersebut sampai waktu yang diperlukan . Otot kaki yang sering terkena kramp adalah otot betis. Pada kondisi tertentu kramp dapat menyebabkan kerusakan pada otot.. misalkan saja sepak bola. Atau di program fisioterapi anda akan mendapatkan perlakuan terapi yang sama dengan strain muscle. Apa Yang Dapat Atlet Lakukan. Sport massage disarankan untuk mengembalikan otot pada kondisi aslinya atau saat sebelum terjadinya cidera. b. Jika anda mengalami nyeri kramp saat bertanding maka lakukanlah penguluran. Dan anda akan membutuhkan program rehabilitasi yang lengkap. khususnya pada kondisi panas).Rendahnyatingkatankarbohidrattubuh.Rendahnyaasupanpotasiumatausodium(garam).Diantaranyaadalah : a.Dehidrasi ( tubuh kekurangan cairan.olahraga yang melibatkan komponen lari didalamnya. termasuk didalamnya adalah otot gastrocnemius dan otot soleus. c. Terkadang terjadi kerobekan otot selama penegangan otot yang kuat saat otot berkontraksi.. d.

Konsultasikan pada dokter atau fisioterapi karena mereka lebih paham dengan kondisi seperti ini. Berikanlah stretching atau penguluran pada otot tersebut. Dan berikanlah saran untuk melakukan penguluran dan penguatan untuk mencegah agar kramp tidak terulang lagi kedepannya. b. FOOTBALLERS' ANKLE Footballers' ankle terjadi ketika anda mendapatkan adanya tonjolan tulang yang terletak pada bagian depan ankle dimana tempat tersebut merupakan tempat melekatnya kapsul sendi. Kalau terjadi cidera pada ototnya maka aplikasikanla es atau cold pack selama 5-1menit untuk mencegah pembengkakan. Gunakan tehnik sport massage untuk membantu meningkatkan vaskularisasi darah. Gentle massage akan membantu mengurangi gejala kramp karena adanya peningkatan vaskularisasi darah. 3. Tonjolan tulang ini adalah akibat dari cidera dimana ankle selalu terulur berlebihan (over . C. PeranFisioterapi : a. c.2.

Adanya nyeri tekan pada bagian depan sendi ankle. Untuk itu bagi pemain sepak bola yang merasa nyeri pada daerah depan sendi pergelangan kakinya. disarankan untuk melakukan x-ray untuk memastikan diagnosis yang ada.stretched) atau tertekuk berlebihan (over bent). tidak ada jalan lain selain melakukan operasi untuk mengankat tulang tersebut. c. b. Gejala Pada Footballer's Ankle a. Adanya tonjolan tulang pada bagian depan sendi ankle Apa Yang Bisa Dilakukan Atlet? 1. Endapan pada tonjolan tulang tersebut dapat menyebabkan peradangan (inflammation) pada kapsul sendi dan tendon. Jika tulang terlau besar tumbuhnya. d. . Timbul nyeri bila menekuk pergelangan kaki kebawah atau keatas (dorsi/plantar fleksi). Pusat nyeri terjadi pada bagian depan sendi ankle ketika menendang bola.

Menyarankan X-ray untuk menegakkan diagnosis f. 4. Home instruksi dan edukasi . Pengaplikasian sport massage. 3. Peran Fisioterapi a. Menggunakan ankle support. d. Meminta saran pada dokter atau fisioterapi.Mengajarkan latihan-latihan aktif atau mobilisasi sendi. e. penguluran atau latihan penguatan otot.Memberikan modalitas TENS untukmengurangi nyeri.2. Memberikan modalitas ultrasound. mendesign latihan penguluran pada otototot sendi ankle dan memberikan latihan penguatan b. c. Jika tonjolan tulang kecil atau nyeri yang ditimbulkannyapun ringan maka anda bisa mengunjungi klinik atau departemen fisioterapi untuk melakukan program rehabilitasi seperti mobilisasi sendi.

Strength ( kekuatan ) adalah kemampuan otot tibuh untuk melakukan kontraksi guna membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan.lateral fleksi kanan dan kiri.BAB IV LATIHAN KEBUGARAN Latihan Kebugaran jasmani adalah digunakan untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran jasmani. melompat dan menendang. pergelangan kaki dipegang oleh teman dan angkat badan keatas sehingga posisi dada n perut tidak menyentuh lantai. Latihan Kelenturan adalah untuk melakukan gerak dalam ruang gerak secara maximal tanpa adanya hambatan yang berarti Latihan-latihanya antara lain :  Melatih otot-otot leher : fleksi-ekstensi. Berlari lebih cepat. rotasi kanan. rotasi kanan. kelenturan dan keseimbangan.bentuk2 latihan berupa kekutan. . 1.lateral fleksi kanan dan kiri. 2.  Latihan otot perut ( Untuk kekuatan otot perut ) ( Posisi telungkup kemudian berjalan dengan telapak tangan dan satu oran memegang mengangkat kakinya dilakukan kurang lebih - Sit-Up  Latihan otot punggung ( Back Up ) : posisi telungkup. Sebagai penggerak setiap aktifitas fisik b.kiri di lakukan 2x8 hitungan. kedua tangan dan jari-jari diletakkan dibelakang kepala.  Melatih batang tubuh : Tangan dipinggang dan gerakan pada lumbal fleksi-ekstensi.kiri di lakukan 2x8 hitungan. Manfaat : a.Pelindung dari cidera c. Jenis-jenis latihan :  Latihan untuk otot lengan Push Up Pull Up ( Posisi menggantung dan angkatt tubuh) Berjalan telungkup dengan tangan 10 meter.

Selain itu. Tanpa kelentukan yang baik seseorang tidak dapat bergerak dengan lincah. 3. . Sendi Pinggul : yaitu atlit membungkuk dan tangan mententuh lantai. d) Dalam latihan ini yang diperhatikan ialah kemampuan mengubah arah dengan cepat pada waktu bergerak.dll ADAPUN BENTUK-BENTUK LATIHAN KEBUGARAN JASMANI 1.Latihan Mengubah geraktubuh arah lurus(shuttlerun) 1)Tujuannya : melatih mengubah gerak tubuh arah lurus. lari belak-belok (zigzag).  Latihan Keseimbangan seperti sikap kapal terbang: Posisi tegak perlahan-lahan kai satu di ankat dan tangan diangkat pertahankan selama 8x hitungan dang anti kaki yang satu. si pelari harus secepatnya berusaha megubah arah untuk berlari menuju titik larinya. faktor keseimbangan sangat berpengaruh terhadap kemampuan kelincahan seseorang. a.  Latihan sendi lutut : berdiri tegak. Bentuk-bentuk latihan kelincahan antara lain : lari bolak balik (shuttle – run).Latihan Peningkatan Kelincahan Kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan. b) Setiap kali sampai pada suatu titik sebagai batas.  Kayang ini dilakukan untuk kelenturan pada otot pumggumg. 2) Cara melakukannya adalah sebagai berikut : a)Lari bolak-balik dilakukan dengan secepat mungkin sebanyak 6 – 8 kali (jarak 4 – 5 meter). Kelincahan berkaitan dengan tingkat kelentukan. Dan dilakukan secara bergantian.  Posisi sama di atas tetapi lutut langsung ditekuk pertahankan selama 8x hitungan dan ganti kaki yang satu. Latihan Keseimbangan untuk mempertahankan tubuh dari satu tekanan atau beban dari badan dalam keadaan diam atau dalam keadaan bergerak . dan jumlah ulangan tidak terlampau banyak sehingga menyebabkan kelelahan bagi si pelari.dan jongkok–berdiri(squat thrust). letakkan kai satu didepan dan kaki yang satu kebelakang kemudian bawa tubuh kedepan di lakukan 2x8 hitungan. c) Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik tidak boleh terlalu jauh.

b. Latihan mengubah posisi tubuh / jongkok-berdiri (squat-thrust) a) Tujuannya : melatih mengubah posisi tubuh (jongkok dan berdiri tegak). 2) Cara melakukannya adalah sebagai berikut : a) Latihan bolak-balik dengan cepat sebanyak 2-3 kali antara beberapa titik (misalnya 4 -5 titik). kemudian kembali ke tempat semula e) Latihan ini dilakukan berulang-ulang dengan gerakan yang sama. c. . b) Jarak setiap titik sekitar dua meter. Latihan lari belak-belok (zig-zag) 1) Tujuannya : melatih mengubah gerak tubuh arah berkelok-kelok. b) Pandangan ke arah depan. d) Dengan serentak kedua kaki ditarik ke depan. c) Lemparkan kedua kaki belakang sampai lurus dengan sikap badan telungkup dalam keadaan terangkat.

perhatikan aba-aba peluit. lari mundur secepat-cepatnya. c) Bunyi peluit kedua.c. b) Bunyi peluit pertama. lari kesamping kiri secepat-cepatnya. kedua lengan di samping badan dengan sikap bengkok. d) Bunyi peluit ketiga. . Latihan Kelincahan bereaksi 1) Tujuannya : melatih kelincahan dalam melakukan suatu reaksi gerakan. 2) Cara melakukannya adalah sebagai berikut : a) Berdiri dengan sikap ancang-ancang. e) Bunyi peluit keempat. lari kedepan dengan secepat-cepatnya. lari ke samping kanan secepat-cepatnya f) Latihan ini dilakukan terus – menerus secara berangkai tanpa berhenti dahulu.

hip abd. fleksi shoulder. dorso fleksi ankle.BAB II ANALISIS GERAK Gerakan-gerakan yang ada pada sepak bola. dorso fleksi sankle. fleksi elbow. fleksi hip. elbow fleksi. elbow fleksi. fleksi knee. ekstensi shoulder. lumbal fleksi. dorso fleksi ankle. Dribling dengan menggunakan kaki luar Analisis gerak : Planter fleksi ankle. 4. ekstensi knee. fleksi knee. fleksi hip. fleksi elbow. Kontrol (menahan) Analisis gerak : . ekstensi hip. hip endo. ekstensi shoulder. 2. ekstensi knee. ekstensi knee. elbow fleksi. Dribling dengan menggunakan kaki kura-kura Analisis gerak : Plantar fleksi ankle. fleksi shoulder. ekstensi shoulder. 3. fleksi hip. antara lain : 1. Dribling dengan menggunakan kaki dalam Analisis gerak : Fleksi shoulder. fleksi elbow. ekstensi hip.

lumbal ekstensi. Talking Analisis gerak : Ankle dorso fleksi. ekstensi knee. elbow fleksi. fleksi shoulder. ekstensi hip. fleksi hip. elbow fleksi. hip add. Passhing Analisis gerak : Fleksi shoulder. fleksi hip. fleksi elbow. Elevasi. ekstensi knee. 8. knee fleksi. dorso fleksi ankle. elbow fleksi. . Heeding Analisis gerak : Terjadi gerakan kompleks pada cervikal. fleksi hip. hip fleksi. dorso fleksi ankle. hip fleksi. knee fleksi. tergantung datangnya arah bola. ekstensi shoulder. 7. ankle plantar fleksi. Menembak Analisis gerak : Plantar fleksi ankle. fleksi knee. fleksi shoulder. ekstensi knee. 5. shoulder fleksi. depresi shoulder. ekstensi shoulder. cervikal fleksi. ekstensi shoulder. elbow fleksi. 6. fleksi elbow. fleksi elbow. elbow fleksi. hip ekso.Fleksi shoulder. dorso fleksi ankle.

7.Tugas fisioterpi olahraga FISIOTERAPI PADA SEPAK BOLA OLEH Kelompok 1 Hasrah Heriadi Haerani : po.13241081014 .7.13241081016 : po.7.13241081018 : po.

7.7.1324108100 : po.1324108101 : po.Fatima aini zahra : po.1324108001 KEMENTRIAN POLITEKHNIK KESEHATAN MAKASSAR JURUSAN FISIOTERAPI 2010 .7.7.1324108101 Ashabul Kahfi Ismail Adriana B : po.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful