Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3

BAB I PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Sebagai tindak lanjut dari program praktikum perpetaan bagi kelas XII (3) Jurusan Geologi Pertambangan SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Maka diadakan praktikum Global Positioning System (GPS) yaitu “tracking” di wilayah SMK N 2 Depok pada hari Senin, 31 Oktober 2011 untuk praktek awal penggunaan GPS di lapangan. 1.2.Maksud dan Tujuan Tracking dengan menggunakan GPS di wilayah SMK N 2 Depok dimaksudkan agar siswa mampu menggunakan alat GPS untuk tracking, mengukur luas, mengukur jarak dan membuat waypoint serta memahami cara kerja GPS sebagai bekal untuk dunia kerja kelak. Adapun tujuan praktikum perpetaan “tracking” dengan menggunakan GPS ini yaitu : 1. Siswa terampil dalam menggunakan GPS 2. Siswa terampil dalam membuat laporan penggunaan GPS menggunakan softwaresoftware pendukung 3. Siswa dapat membuat waypoint, mengukur jarak, mengukur luas dan tracking dengan GPS tersebut 4. Siswa mampu memahami cara kerja GPS dan menerapkan penggunaannya di lapangan dengan baik dan benar. 1.3. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Daerah praktek pemetaan adalah di lingkungan kampus SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta dari ujung utara sampai ujung selatan. Dan praktikum GPS ini dilaksanakan pada hari Senin, 31 Oktober 2011 selama 6 jam pelajaran (6 x 45 menit) yang dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB dengan praktek di lapangan, dan dilanjutkan dengan pengolahan data (data processing) dengan computer. 1.4. Alat dan Bahan  Global Positioning System ( GPS ) Garmin 60 CSx  Software MapSource  Alat tulis (buku catatan dan pensil)

Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 1

4. Keuntungan Menggunakan GPS 1. Terdapat beberapa kesalahan komponen sistem yang akan mempengaruhi ketelitian hasil posisi yang diperoleh. Dapat melakukan pemetaan pada daerah yang luas. Dapat melakukan pemetaan dengan cepat sehingga sangat efektif dan efisien. Sinyal-sinyal ini selanjutnya diterima oleh receiver oleh di/dekat permukaan bumi dan digunakan untuk menentukan informasi posisi. Pengertian GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM) GPS atau Global Positioning System adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yan dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat.3. secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung waktu dan cuaca. Tergantung pada sumber listrik. Selain itu satelit GPS juga dilengkapi dengan peralatan untuk mengontrol attitude satelit. maupun waktu. 3. 5. 2. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 2 .1. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga dimensi serta informasi mengenai waktu.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 BAB II GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM) 2. Satelit GPS dapat dianalogikan sebagai stasiun radio angkasa yang dilengkapi dengan antenna-antena untuk mengirim dan menerima sinyal-sinyal gelombang. segmen satelit dan segmen pengguna. Memudahkan kita dalam bernavigasi di tempat yang terisolasi. Tergantung pada satelit. 6. 2. 2. bagi banyak orang secara simultan. Memiliki akurasi penghitungan yang tinggi. apabila sinyal yang ada kurang GPS bekerja kurang maksimal. Dapat melakukan pencarian suatu tempat dengan cepat. Dapat beroperasi di malam hari. Kesalahan ini dapat dieliminir salah satunya dengan menggunakan teknik differensing data. kecepatan. Secara umum ada tiga segmen dalam sistem GPS yaitu segmen sistem kontrol. 2.2. 3. Kerugian Menggunakan GPS 1.

Untuk mengatur kontras. misal : Tracking. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 3 .Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. Penyetelan GPS 1. Tekan tombol Power. Find. jika menambah tekan Rocker atas dan rocker bawah untuk mengurangi. Pasang dua baterai sebagai sumber daya 2. GPS siap dioperasikan sesuai kebutuhan. Route. Tombol Power/Backlight 4. Untuk pengaturannya dapat menggunakan tombol Rocker. tunggu hingga menampilkan lokasi satelit 3.4. tekan tombol Power GPS dan akan muncul icon gambar kontras pada layar GPS.

5.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. 8. non aktifkan Track Log menjadi Off. 6. 3.5. 2. 4. 7. Tekan tombol “Menu” dua kali untuk membuka menu utama Pilih ikon track tekan tombol “Enter” Tekan tombol “Clear” untuk menghapus data track sebelumnya Untuk memulai aktifkan track log “On” Tekan tombol “Save” lalu klik “Yes” Tekan tombol “Map” secara otomatis GPS merekam pergerakan kita Untuk membuat waypoint tekan tombol “Mark” dan beri nama waypoint lalu tekan “Save” Untuk mengakhiri tracking. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 4 . Tracking dan Waypoint 1.

4. Jarak akan ditampilkan di pojok kanan atas dari halaman peta. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 5 . lalu bukalah halaman informasi dari waypoint yang dipilih. 7. Sorot “Measure Distance” lalu tekan “Enter”. Tempatkan tanda panah ke suatu titik dan geser ke titik lainnya yang ingin diukur jaraknya.6. Tekan “Enter” pada “<Select Next Point>” untuk membuka Menu Find. 2. 4. Sorot tombol “Use” lalu tekan “Enter” untuk menambahkannya dalam rute. Pilih ikon Routes tekan tombol “Enter” kemudian muncul lembar rute. Tekan “Quit” untuk membatalkan. 6.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. 2. 3. Gunakan tombol rocker untuk membuat rute baru dengan memilih “New” lalu tekan “Enter”. Jarak 1. sementara label REF menunjukkan titik akhir pengukuran jarak. Tekan tombol “Menu” dua kali untuk membuka menu utama 2. 5. Lakukan langkah tersebut untuk menambah titik dalam rute. Kemudian di screen akan muncul titik dimana lokasi kita dengan REF. 3. Tanda pin menunjukkan titik awal. Gunakan Menu Find untuk memilih sebuah rute waypoint dari salah satu grup Menu Find. lalu tekan “Enter”. 5.7. Route 1. Tekan “Menu” untuk membuka halaman menu pilihan.

2. 2. Altimeter 1.9.8.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. Munculah halaman waypoint. Gunakan tombol rocker dan tekan “Enter”. Tekan tombol “Find” untuk membuka menu find. Sorot ikon “Waypoint” lalu tekan “Enter” untuk membuka halaman waypoint. Gunakan tombol “Rocker” untuk memilih “Elevation Over Distance Plot” untuk melihat ketinggian dan tekanan baik berdasarkan waktu maupun jarak. 3. 4. Bukalah halaman Altimeter lalu tekan “Menu”. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 6 . 2. Munculah menu pilihannya. 3. Find 1. Lalu tekan “Enter”.

Sorot nama track yang akan dihitung luas areanya. Muncul hasil perhitungan. Luas 1.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. Compass Informasi penggunaan kompas pada GPS terdapat pada halaman kompas. Tekan dan tahan tombol “Page” untuk menghidupkan maupun mematikan kompas elektronik. 4. lalu tekan “Enter” untuk memulai perhitungan.10. Ketika akan melakukan pengukuran harus meyakinkan terlebih dahulu kalau Compass sudah On. Halaman akan mengarah pada peta yang akan dilakuakan perhitungan luas area dan muncul ikon boxstar. lalu tekan “Save”.11. pilih “Area Calculation”. 2. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 7 . kemudian tekan “Enter”. Muncul dialog menu. 2. 2. 3. 5. 1. Dan “Stop” untuk menghentikan perhitungan. 6. Jika ingin mendapatkan pembacaan dengan akurasi yang baik maka kompas harus dikalibrasi terlebih dahulu. Arahkan GPS ke halaman track. Tekan tombol key power menu pada GPS.

12. 3. Gunakan tombol “Rocker” untuk memilih fitur menu pilihan yang diinginkan. Map 1. Tekan tombol “Page” untuk memunculkan halaman peta. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 8 . Tekan tombol “Menu” untuk memunculkan halaman menu peta.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2. 2.

Input Data Mengolah data GPS pada komputer yang pertama kita lakukan yaitu membuka aplikasi Map Source pada computer  Pasang perangkat / kabel data GPs pada socket USB computer dan socket kabel data pada GPS.  Pilih menu . (jika belum ada.interface (pilih USB mass storage)  Tunggu respon dari PC anda  Buka software mapsource pada PC anda.13. install software ke PC anda) dengan klik Start > All Program > Gamin > MapSource  Setelah masuk program MapSource klik receive from device > klik find device > tunggu beberapa saat > receive.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 2.  Data siap diolah dalam software mapsource.setup . Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 9 .

Hasil Tracking 3.1. Waypoint Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 10 .2.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 BAB III HASIL PRAKTIKUM 3.

3. Route Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 11 .Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 3.

b. Itu semua karena kami siswa Geologi Pertambangan Stembayo tidak ingin tertinggal dengan STM jurusan Geologi Pertambangan lain. f) Perlu adanya tambahan pelajaran mengenai program-program komputer dsb. Kesimpulan Dari kegiatan praktikum tracking menggunakan GPS Garmin 60 CSx dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1.3. agar terlaksana lebih baik lagi ada beberapa masukan untuk kegiatan praktikum tersebut yaitu : a) Saat penjelasan teori diharapkan siswa-siswi memperhatikan dengan baik supaya saat praktikum tidak kebingungan. dan berkesinambungan dengan pelajaran blok lainnya. c) Saat praktukum berlangsung diharapkan siswa-siswi mengikuti kegiatan tersebut dengan serius tidak banyak bergurau karena praktikum ini sangat penting untuk menghadapi dunia kerja kelak.1. Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 12 . agar siswa tidak bingung dalam menentukan arah dan tujuan pembelajaran khususnya dalam jurusan Geologi Pertambangan.Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 BAB IV PENUTUP 4. 2. Saran Secara keseluruhan pelaksanaan praktikum tersebut sudah berjalan lancar dan sesuai target. Namun. Praktikum ditujukan untuk mengaplikasikan materi yang sudah dipelajari sebelumnya sehingga dapat praktikan lebih mudah mengingat materi tersebut.2. Memberikan gambaran akan pentingnya penguasaan pengoperasian GPS utamanya ketika menghadapi dunia kerja. Kurangnya penjelasan pembimbing dalam penyusunan dan pengumpulan laporan. runtut. mengingat kemajuan teknologi sudah sangat pesat. Efisiensi waktu yang kurang baik menyebabkan kurang optimalnya pembelajaran perpetaan yang cenderung terlalu lama. Pengalaman menggunakan GPS di lapangan sangat memberikan kontribusi yang lebih bagi keterampilan praktikan. 4. d) Guru pengampu perpetaan diharap ikut berpartisipasi dalam praktek lapangan agar praktikum terarah. Kurangnya guru pembimbing yang mengawasi siswa praktikum. 4. e) Guru pengampu praktikum perpetaan diharap memberikan ilmunya secara total. Kritik a. c. b) Instruksi dari pembimbing diperjelas supaya saat mulai praktikum di lapangan siswa-siswi tidak terlalu banyak bertanya. 3.

Laporan Praktikum GPS Garmin 60 CSx Kelompok 3 DAFTAR PUSTAKA http://google.com Praktikum GPS Garmin 60CSx Wilayah SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta 13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful