KASUS Di suatu daerah di Sumatra Barat pada kelompok umur 0 - 4 tahun jumlah laki - laki 72.

690 orang dan jumlah perempuan 71.576 orang. Angka kejadian diare di wilayah tersebut mencakup 30% dari jumlah keseluruhan. Program posyandu di wilayah tersebut kurang berjalan lancar. Angka kejadian diare yang tinggi diakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang program hidup bersih sehat (PHBS).
1. Apa peran perawat dalam mengatasi masalah tersebut....

a. Conselor b. Change agent c. Care giver d. Educator e. Benar semua 2. Di bawah ini strategi pembinaan yang kurang sesuai di wilayah tersebut untuk mengatasi masalah diatas adalah.. a. Bekerjasama dengan tokoh masyarakat dalam mengubah paradigma masyarakat tentang PHBS b. Menganalisis SWOT sebelum melakukan pembinaan wilayah c. Meningkatkan kualitas tenaga kesehatan dalam menangani masalah diare d. Bekerjasama dengan pemerintah dalam menanggulangi masalah diare e. Mengadakan penelitian di wilayah tersebut 3. Bagaimana peran pemerintah dalam mengatasi masalah diatas,kecuali... a. Mengaktifkan kembali posyandu di daerah tersebut b. Memberikan dana untuk program pembangunan jamban c. Mengadakan promosi kesehatan tentang jamban sehat d. Memberikan dana kepada masyarakat untuk membangun jembatan sungai e. Mengadakan program perbaikan sanitasi lingkungan

4. Pada sepuluh hari yang akan datang Desa Suka Milih akan melakukan agenda pemilihan kepala desa. Sehubungan dengan diadakannya pemilihan kepala desa tersebut maka akan dilakukan PEMILU yang diikuti semua warga desa Suka Milih. Agar semua warga bisa

Pengidap penyakit menular Jawaban E Soal Kasus Mahasiswa Komunitas II PSIK Universitas Jember tengah melakukan PBL di Kelurahan Tegalgede. Anak 2. Semua salah 5. diketahui bahwa masayarakat sekitar . Penyandang cacat d.menyalurkan suaranya maka kolompok rentan apakah yang harus mendapat perhatian khusus dari panitia penyelenggara dalam acara pemilu tersebut? a. Jawaban A 6. Hampir semua warga desa sudah diungsikan ke desa sebelah. 1. Perempuan adalah salah satu anggota dari kelompok rentan sebab perempuan adalah makhluk yang lemah dan perlu untuk dilindungi. pejabat c. maka didapatkan data bahwa masyarakat di daearh tersebut kebanyakan lebih percaya kepada dukun daripada perugas kesehatan. dari hasil pengkajian yang diperoleh. Semua benar e. Kelompok rentan yang perlu mendapat penanganan cepat dari petugas kesehatan adalah…. Penyandang cacat 4. dalam penegakan haknya. Perempuan hamil 3. Selain itu dari pengkajian mengenai kesehatan lingkungan yang ada. Desa Gampang Loro sudah dua hari mendapatkan musibah penyebaran penyakit menular saluran pencernaan. Anak b..

Melakukan MMD dengan bantuan para tokoh masayarakat dan tokoh agama di daerah tersebut d. Sebagai media mencari teman e. Kelompok tuan tanah e. Dalam upaya memberikan informasi pada masyarakat mengenai bahaya penggunaan pestisida berlebih. maka mahasiswa dapat melakukannya dengan membangun jejaring yang bermitra dengan ? a.. Kepala desa 3. maka mahasiswa menyarankan pada Puskesmas setempat untuk membangun komunitas di facebook. 1. a.. Memberikan akses mengenai pelayanan kesehatan remaja secara online d. Melakukan promkes dengan didampingi dosen pembimbing b. Kelompok tani d.. Membuka pelayanan kesehatan gratis e... Sebagai sarana menampung aspirasi remaja ..masih sering membuang sampah di sungai dan juga memakai pestisida berlebih dalam pertanian. salah satu hal yang dapat dilakukan adalah . Membentuk posko kesehatan bersama di desa tersebut c. Sebagai ajang unjuk kebolehan petugas kesehatan terhadap penguasaan IT c.. Memberikan sarana layanan konsultasi gratis b. Tokoh masyarakat c. Melakukan pengobatan gratis 2.. Pada proses pembelajaran komunitas II... Remaja di lingkungan tegalgede sudah cukup familiar dengan adanya facebook. Tokoh agama b. melihat kesempatan ini. Tujuan membuat komunitas facebook tersebut adalah ? a.. mahasiswa dapat melakukan pembangunan jejaring masyarakat guna meningkatkan kepercayaan masyarakat pada petugas kesehatan... Di daerah tersebut juga tidak terdapat fasilitas kesehatan bagi masyarakat.

12 siswa mengalami diare (6 orang kelas I. Strategi yang dapat dilakukan perawat komunitas di sekolah yaitu …. Menyarankan untuk MCK di sungai e. pembinaan lingkungan sekolah sehat 3. Mengajarkan pembangunan WC sederhana d. program imunisasi 2. jawaban a&b benar . menetapkan pola kendaraan yang aman d. Mengajarkan pada pengurus karang taruna dalam membuat proposal guna mencari sponsor dalam rangka pembangunan MCK c. Sebagai seorang perawat sekolah. dari kepolisisan juga melaporkan bahwa terdapat 3 orang siswa menkonsumsi minuman keras dan narkoba. melakukan kolaborasi dengan aparat pemerintahan setempat b. dan juga ketidakmampuan ekonomi yang mayoritas dialami warga. tidak memilik sarana MCK yang memadai. melibatkan orang tua dalam pemberian informasi nutrisi sehat untuk anak 4. pertemuan singkat dengan orang tua siswa dalam pemberian informasi tentang kesepakatan sejumlah peraturan atas tingkah laku remaja c. maka kita sebagai mahasiswa PBL dapat membantu masyarakat dengan cara ? a. Sebagian besar orang tua atau wali dari siswa SMA Mawar Kecamatan Berduri bekerja dan jadwal kerjanya sangat padat. Bekerjasama dengan puskesmas dalam pengadaan MCK KASUS 1. a. Dilaporkan pada tahun 2011 terdapat 5 siswa (3 orang siswa kelas III dan 2 orang siswa kelas V) SD Rambutan 3 Kecamatan Buah Berbiji menderita demam berdarah. Dilaporkan banyak siswanya yang merokok. Membangun sarana MCK bagi masyarakat b. kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya… 1.4. jawaban a&c benar e. 4 orang kelas III dan 2 orang kelas 5) dari jumlah total 186 siswa. penyuluhan gizi seimbang 2. Masyarakat di lingkungan tersebut .

salah satu komponen yang dapat . dan sanitasi SD Sukamaju masih sangat buruk. namun hasil wawancara peserta didik (98%) mengatakan tidak mencuci tangan sebelum makan makanan jajanan. Hasil observasi kondisi lingkungan sekolah. Dari hasil screening didapatkan bahwa sebanyak 91 siswa (32. Ners B dari Puskesmas Tanjungsari melakukan pembinaan pada SDN Jaya Sari. Dari hasil screening didapatkan bahwa 64. halaman sekolah masih belum di paving. 1. Dari hasil yang diperoleh dari angket 74. Setelah di observasi SD Sukamaju tidak memiliki kantin.30% peserta didik meggosok gigi 2x sehari yaitu pada saat mandi. Di sekolah tersebut memiliki UKS namun UKS tersebut tidak berjalan dengan baik terbukti dengan adanya 27% siwa SD Sukamaju sering mengalami diare. tersedianya sarana dan prasana yang memadai d.08% peserta didik mengalami gigi caries. sehingga siswa membeli jajan di luar sekolah. Dari kasus di atas yang menjadi penyebab perilaku buruk di SDN Jaya Sari. kantin sekolah terletak di depan WC. Karyawan SD d. Menurut anda siapa saja yang dapat dijadikan sebagai Petugas UKS? a. kurangnya pengetahuan sehingga mempengaruhi perilaku dan sikap siswa b. Alumni SD 2. Guru SD c. WC kotor. 90. kurangnya pelayanan kesehatan e. kecuali…… a. kebiasaan atau perilaku dirumah dan lingkungan sekitar SD Sukamaju mempunyai 240 siswa. Orang tua siswa e.3.04%) berusia 10-13 tahun. dan berbau. Dengan adanya kasus diare yang mencapai angka 27% tentunya pelaksanaan UKS diharapkan berjalan dengan baik. petugas UKS yang aktif hanya siswa dan guru yang mejadi pengurus UKS . kurangnya dukungan dan partisipasi dari sekolah akan pentingnya kesadaran pada kesehatan c. Siswa b.85% peserta didik mencuci tangan sebelum makan.

Isolasi para penderita diare e.menyukseskan pelaksanaan UKS adalah dengan menurut anda apa saja Kriteria untuk Kantin Sehat? a. Pendidikan kesehatan tentang kuman penyebab diare d. Penyuluhan tentang jajanan dan makanan yang bersih dan bergizi b. Bersih dan menu bergizi b. Pemberian obat oralit kepada penderita c. Kerjasama dengan puskesmas untuk penanganan lebih lanjut . Apa yang harus dilakukan perawat terkait dengan angka diare yang mencapai 27% di SD Sukamaju? a. Menu makanan banyak pilihan d. Berbasis koperasi sekolah pengadaan Kantin Sehat. Ruangannya luas c. 3. Tempat nyaman dan sejuk e.