P. 1
Ketahanan Nasional Dalam Perspektif Keamanan

Ketahanan Nasional Dalam Perspektif Keamanan

|Views: 100|Likes:
Published by nicoadityawijaya

More info:

Published by: nicoadityawijaya on May 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

KETAHANAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF KEAMANAN

Disusun oleh: Kelompok 2
1. Faisatur Rukhania (4112311003/2011) 2. Nafiul Anam (4112311013/2011) 3. Dewi Ratnasari W. (4112311029/2011) 4. Dania Istiqomah (4112311031/2011) 5. (4112311017/2011) 6. Nico Aditya Wijaya (4311411001/2011)

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KOTA SEMARANG
2011

1

...................... 4 Tujuan .... PENUTUP Kesimpulan ..........8 Aspek Alamiah dalam Ketahanan Nasional..10 BAB III..................................................................................9 Aspek Sosial dalam Ketahanan Nasional................................................ 14 DAFTAR PUSTAKA .......................... ISI Pengertian Ketahanan Nasional dalam Perspektif Keamanan 5 Asas-Asas Ketahanan Nasional ............... 3 Rumusan Masalah ......... PENDAHULUAN Latar Belakang .............................................................. 4 BAB II............................................................................................DAFTAR ISI BAB I....................................................................................................................................................................... 7 Landasan Ketahanan Nasional....... 15 2 ................. 6 Sifat-Sifat Ketahanan Nasional ..........

Oleh karena itu upaya dan cara 3 . adalah gangguan keamanan dalam negeri dan ancaman terhadap kemerdekaan. Berhasilnya pembangunan nasional akan meningkatkan ketahanan nasional dan selanjutnya ketahanan nasional yang tangguh akan lebih mendorong lagi pembangunan nasional. ataupun dipercayakan kepada kekuatan-kekuatan lain di dunia. tetapi terlebih lagi mencintai kemerdekaan dan kedaulatannya.BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Pembangunan pertahanan dalam perspektif keamanan nasional merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Hal-hal yang langsung dapat mengganggu jalannya pembangunan nasional. Upaya pertahanan dan keamanan nasional haruslah menjamin tercegahnya atau teratasinya hal-hal yang langsung atau tidak langsung dapat mengganggu jalannya pembangunan nasional. memungkinkan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui usaha pembangunan. sedangkan halhal yang bersifat tidak langsung adalah keamanan dunia umumnya dan keamanan di kawasan Asia Tenggara khususnya. Pembangunan pertahanan dan keamanan nasional didasarkan pada pandangan hidup bangsa Indonesia yang mencintai perdamaian. Hanya dalam suasana kehidupan dunia yang damai dan dalam suasana negara yang merdeka dan berdaulat itu. kedaulatan dan integritas RI. Bangsa Indonesia menyadari bahwa kelangsungan hidup Bangsa dan Negara ditentukan oleh keberhasilan pembangunan nasionalnya. merupakan hal yang tidak dapat begitu saja diserahkan kepada nasib. Ancaman dan gangguan oleh lawan dari dalam dan luar negeri.

Apa pengertian ketahanan nasional dalam perspektif keamanan? Apa saja asas-asa ketahanan nasional Indonesia? Bagaimana sifat ketahanan nasional Indonesia? TUJUAN 1. RUMUSAN MASALAH 1. 4 . Menjelaskan ketahanan nasional dalam perspektif keamanan.penyelenggaraan pertahanan dan keamanan nasional ditentukan dalam kebijaksanaan Hankamnas. Menjelaskan sifat-sifat ketahanan nasional Indonesia. 3. Menjelaskan asas-asas ketahanan nasional Indonesia. 3. 2. 2.

5 . Ketahanan Nasional sebagai kondisi Perspektif ini melihat ketahanan nasional sebagai suatu penggambaran atas keadaan yang seharusnya dipenuhi. kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional. Ketahanan Nasional sebagai doktrin Ketahanan Nasional merupakan salah satu konsepsi khas Indonesia yangberupa ajaran konseptual tentang pengaturan dalam penyelenggaraan bernegara. Ketahanan Nasional sebagai sebuah pendekatan. hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar. 2. Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman. identitas. 3. sebagai berikut : 1. Sebagai suatu pendekatan. Dapat disimpulkan. secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas. tantangan. Pengertian Ketahanan Nasional Terdapat tiga perspektif atau sudut pandang terhadap konsepketahanan nasional.BAB II ISI A. Ketahanan Nasional menggambarkan pendekatan yang integral. metode atau cara dalam menjalankan suatu kegiatan khususnya pembangunan negara. Integral dalam artian pendekatan yang mencerminkan antara segala aspek/isi. baik pada saat membangun pemecahan masalah kehidupan.

UUD 1945. Untuk itu diperlukan sikap mawas ke dalam maupun keluar. sesitem kehidupan nasional tidak akan dapat berlangsung. dan Wawasan Nusantara. Dalam kehidupan nasional. Di samping itu. kesejahteraan dan keamanan merupakan asa dalam sistem kehidupan nasional. Dengan demikian. Dalam proses interaksi tersebut dapat timbul berbagai dampak baik yang bersifat positif maupun negatif. Kesejahteraan maupun keamanan harus selalu ada. menyeluruh dan terpadu (komprehensif intergral). 2. berbangsa dan bernegara. Tanpa kesejateraaan dan keamanan. Ketahanan Nasional mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh. serasi dan selaras pada seluruh aspek kehidupan bermasyarakat. Asas Mawas ke dalam dan Mawas ke luar Sistem kehidupan naasional merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. a) Mawas ke dalam 6 . 3. berdampingan pada kondisi apapun. Asas Kesejahteraan dan Keamanan Kesejahteraan dan kemakmuran dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar dan esensial. tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional yang dicapai merupakan tolak ukur Ketahanan Nasional. yang terdiri dari : 1. sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan linkungan sekelilingnya. Asas Komprehensif Integral atau Menyeluruh Terpadu Sistem kehidupan nasional mencakup segenap aspek kehidupan bangsa dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang. Asas-asas Ketahanan Nasional Asas Ketahanan Indonesia adalah taat laku berdasarkan nilai-nilai Pancasila.B. Kesejahteraan dan keamanan merupakan nilai intrinsik yang ada pada sistem kehidupan nasuional itu sendiri.

4. Perbedaan tersebut harus dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan agar tidak berkembangkan menjadi konflik yang bersifat saling menghancurkan. yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah. tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat. sifat. integritas dan kepribadian bangsa. dengan tumpuan pada identitas. b) Mawas ke luar Mawas ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan berperan serta mengatasi dampak lingkungan stategis luar negeri dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional.Mawas ke dalam bertujuan menumbuhkan hakikat. 2. kearifan kebersamaan. yaitu: 1. gotong royong. Dinamis 7 . Kemandirian (idenpendency) ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dalam perkembangan global (interdependent). dan kondisi kehidupan nasional itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemadirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh. kesamaan. Mandiri Ketahanan Nasional percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta pada keuletan dan ketangguhan. C. berbangsa dan bernegara. Sifat Ketahanan Nasional Indonosia Ketahanan Nasioanal memiliki sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas – asasnya. Asas Kekeluargaan Asas kekeluargaan mengandung keadilan.

Ketahanan Nasional tidaklah tetap. Hal ini sesuai dengan hakikat bahwa segala sesuatu di dunia ini senantiasa berubah dan perubahan itu senantiasa berubah pula. moral dan kepribadian bangsa. Dengan landasan tersebut maka tujuan serta pengembangan pemikiran tentang ketahanan nasional tidak dapat menyimpang dari cita – cita untuk mewujudkan kehidupan masyarakat. bangsa dan negaran yang mencerminkan nilai pancasila. tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata. 4. Semakin tinggi tingkat Ketahanan Nasional Indonesia semakin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia. Negara serta lingkungan strategisnya. Konsultasi dan Kerjasama Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonistis. Landasan Idiil Landasan idiil ketahanan nasional adalah Pancasila sebagai dasar falsafah dan ideologi negara. kerjasama serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan. 8 . tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif. Landasan Ketahanan Nasional 1. D. Ia dapat meningkat atau menurun. tergantung pada situasi dan kondisi bangsa. 3. Karena itu. Wibawa Keberhasioan pembinaan Ketahanan Nasional Indonesia secara lanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan keseimbangan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa. upaya peningkatan Ketahanan Nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

Sebagai landasan visional wawasan nusantara memberikan pedoman dalam pembinaan ketahanan Nasional. 3. Persebaran kekayaan alam di dunia tidaklah merata. sering muncul ketergantungan suatu negara terhadap negara lain akan kebutuhan 9 . Kekayaan alam dilihat dari sifatnya dapat dibedakan menjadi kekayaan alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. dan di udara yang berada di wilayahkekuasaan negara. Geopolitik adalah kebijakan politik suatu negara yang memperhitungkan posisi geografis. 2. Aspek Alamiah dalam Ketahanan Nasional 1. Landasan Visional Landasan visional ketahanan nasional adalah wawasan nusantara. Kondisi geografis tersebut kemudian melahirkan geopolitik dan geostrategi. tumbuhan dan bahan tambang. di laut. F. Letak Geografis Negara Letak geografis negara memberikan petunjuk mengenai tempatnya di atas muka bumi dikaitkan dengan hal – hal lain yang ada di muka bumi. Landasan Konstitusional Landasan konstitusional ketahanan nasional adalah UUD 1945.2. khususnya mengenai cara pandang yang benar tentang diri bangsa Indonesia dengan segala kondisinya. Kekayaan Alam Kekayaan alam suatu negara adalah sumber dan potensi alam yang terdapat di muka bumi. Oleh karena itu. Dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi hewan. dengan landasan konstitusional tersebut berarti bahwa ketentuan atau kaidah yang menjadi pedoman dalam mengembangkan pemikiran serta dalam mewujudkan ketahanan harus didasarkan pada UUD 1945. sedangkan geostrategis merupakan pelaksanaan dari geopolitik.

politik berkenaan dengan masalah bagaimana kebijakan itu disusun dan bagaimana kebijakan itu 10 . Aspek Ideologi Ideologi merupakan kesatuan gagasan dasar mengenai manusia dan kehidupannya termasuk di dalamnya adalah kehidupan bernegara. 2. Aspek Sosial dalam Ketahanan Nasional 1. Dengan kata lain ideologi adalah kesatuan gagasan dasar mengenai wujud masyarakat yang di cita – citakan serta prinsip – prinsip untuk mewujudkan masyarakat tersebut. Dengan demikian. Aspek Politik Politik diartikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuatan serta pelaksanaan suatu kebijakan. Keadaan dan Kemampuan Penduduk Penduduk adalah semua orang yang bertempat tinggal di wilayah tertentu. oleh karena itu dibutuhkan proteksi yang tepat akan emanfaatan sumber daya alam. Ideologi berperan sebagai prinsip pengarah dalam membangun visi bersama mengenai masa depan masyarakat serta pendukungnya serta memberikan daya gerak pada masyarakat yang bersangkutan untuk beraktivitas menuju tercapainya masyarakat yang dicita – citakan. Lebih sedikit pasti akan ada campur tangan pihak asing.kekayaan alam. 3. G. Namun kualitas dari penduduk harus tetap baik agar penopang negara menjadi berkualitas dan ketahanan akan tetap utuh. Jumlah penduduk yang besar sering dikatakan sebagai modal dasar pembangunan nasional. Penduduk merupakan suatu unsur yang sangat menentukandalam kehidupan dan perkembangan suatu negara. Dengan demikian penduduk Indonesia adalah semua orang yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia.

Apabila kebijakan itu sesuai dengan aspirasi masyarakat maka dukungan kepada pemerintah semakin kuat.DUKUNGAN PROSES OUTPUT KEBIJAKAN yang OTORITATIF UMPAN BALIK (FEETBACK) LINGKUNGAN Input dalam sebuah sistem politik adalah aspirasi dan dukungan masyarakat. Sistem perekonomian Indonesia diatur dalam 11 . 3. dimana kebijakan pemerintah akan dinilai oleh masyarakat. Kehidupan politik tak bisa dilepaskan oleh lingkungan baik nasional maupun internasional. Untuk itu diperlukan pertimbangan tertentu agar menjamin terlaksananya usaha dan pencapaian cita – cita. Fungsi input adalah menjalankan infrastruktur politik sehingga menghasilkan output beruba kebijakan yang mencakup kepentingan rakyat. Dalam pengertian semacam itu kehidupan politik dapat dipahami sebagai mekanisme input – proses – output. yang secara keseluruhan digambarkan sebagai berikut : LINGKUNGAN INPUT . Aspek Ekonomi Ekonomi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.ASPIRASI .dilaksanakan. Aspirasi menjadi bahan penyusunan kebijakan. Selanjutnya akan terjadi mekanisme umpan balik.

kurs mata uang lokal terhadap asing dan tingkat bunga. 4. Ketahanan di bidang sosial budaya dapat digambarkan sebagai kondisi dimana masyarakat Indonesia yang diwarnai berbagai keanekaragaman dan menggambarkan adanya pelapisan dalam berbagai aspeknya dapat terwujud integrasi sosial yang mantap. Ketahanan sistem ekonomi dari luar sistem nasional dikatakan memiliki ketahanan apabila mampu menangani gejala guncangan global sehingga tidak mempengaruhi perekonomian negara. karena Pancasilamerupakan wujud kesepakatan nilai yang bersifat fundamental. Indikator stabilitas ekonomi adalah tingkat inflansi. Sistem perekonomian sebagai usaha bersama setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam menjalankan roda perekonomian untuk mewujudkan kesehjateraan rakyat. 12 . Dalam aspek kebudayaan sistem nilai budaya masyarakat Indonesia mampu menanggapi masalah dan pengaruh erubahan dengan cara mempertahankan budaya asli yang diaanggap baik dan kesediaan untuk menerima pengaruh luar yang baik demi kemajuan bangsa. Aspek Sosial Budaya Aspek sosial budaya sering ditulis secara bersama – sama. Dimensi yang kedua adalah tingkat integrasi ekonomi yang menyangkut keterkaitan antar sektor dan daerah. Ketahanan di bidang ekonomi berkaitan dengan banyak dimensi.pasal 33 UUD 1945. Sosial lebih kepada penekanan terhadap individu sedangkan budaya lebih kepada nilai nilai yang ada pada masyarakat. Aktualisasi Pancasila memiliki peranan yang sangat pentingdalam mewujudkan integrasi masyarakat.

Ketahanan dalam bidang hankam dapat digambarkan sebagai kesiapsiagaan bela negara yang berisi kemampuan dan ketangguhan melalui penyelenggaraan sishankamrata untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta kesinambungan pertumbuhan nasional berdasarkan UUD 1945. mengerahkan dan menggerakkan seluruh potensi nasional termasuk seluruh kekuatan rakyat. Pertahanan dan ketahanan dilaksanakan dengan menyusun. 13 . Aspek Pertahanan dan Keamanan Pertahanan dan keamanan merupakan daya upaya seluruh rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan mengamankan negara demi kelangsungan hidup bangsa dan bernegara.5. Ketahanan dan keamanan nasional sangat dipengaruhi oleh partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mempertahankan dan mengamankan negara selain Tentara Republik Indonesia sebai baris terdepan Ketahanan dan Keamanan Negara Kesatua Republik Indonesia.

BAB III PENUTUP Kesimpulan: Dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional. keuletan. hal itu akan memperkuat bangsa Indonesia dalam mempertahankan negaranya. serta kemampuan bangsa Indonesia untuk mampu menghadapi berbagai ancaman yang dapat membahayakan kelangsungan hidup suatu bangsa. Ketahanan nasional adalah cara paling ampuh. diperlukan ketangguhan. sehingga ketahanan nasional kita sangat kuat. UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai landasan visional. Dengan adanya asas – asas yang menjadi taat laku. 14 . karena mencakup banyak landasan seperti Pancasila sebagai landasan ideal.

Sunarto.r_gc. dkk.co.osb&fp=59a29da35e1e7c4d& biw=1366&bih=591 Drs..blogspot.id/search?hl=id&output=search&sclient=psyab&q=ketahanan+nasional+berdasar+keamanan&btnG=#hl=id&sugexp=frgbld&g s_nf=1&pq=ketahanan%20nasional%20berdasar%20keamanan&cp=43&gs_id=jk &xhr=t&q=ketahanan+nasional+berdasarkan+persepektif++keamanan&pf=p&scli ent=psyab&oq=ketahanan+nasional+berdasarkan+persepektif++keamanan&aq=f&aqi=&a ql=&gs_l=&pbx=1&bav=on. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.or. M.google.2.cf.DAFTAR PUSTAKA http://ekookdamezs.r_pw.com/2011/05/makalah-ketahanan-nasionalindonesia.r_qf.html http://www. Semarang:UNNES 15 . 2010.Si..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->