P. 1
Implementasi Csr Ppt

Implementasi Csr Ppt

|Views: 130|Likes:
Published by adinda_khoirunnisa

More info:

Published by: adinda_khoirunnisa on May 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

IMPLEMENTASI CSR PT PETROKIMIA GRESIK

Oleh : Adinda khoirunisa Rety Putri Kurniawan Gresilia Putri Maharani Septian Puguh W (098 574 ) (098 574 258) (098 574 260) (098 574 264)

PENDAHULUAN PT PETROKIMIA GRESIK merupakan perusahaan milik negara dan produsen pupuk terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk. Keberadaan PT Petrokimia Gresik adalah untuk mendukung program Pemerintah meningkatkan produksi pertanian nasional. .

Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964. Perubahan status perusahaan : 1 Perusahaan Umum (Perum) PP No. Propinsi Jawa Timur. yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya. 28/1997 PT Petrokimia Gresik menempati lahan seluas 450 hektar berlokasi di Kabupaten Gresik. . 35/1974 jo PP No.SEJARAH PT PETROKIMIA GRESIK PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia. dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Juli 1972. 14/1975 3 Anggota Holding PT Pusri PP No. 55/1971 2 Persero PP No. yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.

yaitu : ᴥ Program Bina Lingkungan ᴥ Kemitraan .PROGRAM CSR PT PETROKIMIA GRESIK PT Petrokimia Gresik membagi dimensi kegiatan CSR pada dua bidang.

PROGRAM CSR PT PETROKIMIA GRESIK Program Bina Lingkungan Macam bantuan Program Bina Lingkungan meliputi :  Bantuan Pendidikan dan Pelatihan  Bantuan Korban Bencana Alam  Bantuan Kesehatan Masyarakat  Bantuan Sarana dan Prasarana Umum  Bantuan Sarana Ibadah  Bantuan Pelestarian Alam .

Bantuan pendidikan bagi anak yatim Bantuan ini diberikan kepada seluruh anak yatim. c. Petrokimia Gresik dalam rangka pemberian pendikan dan pelatihan yaitu : a. khususnya yang berasal dari keluarga kurang mampu disekitar wilayah PT. Bantuan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Petrokimia Gresik. Petrokimia Gresik membangun sebuah perpustakaan desa bagi masyarakat yang ada disekitarnya. Petrokimia Gresik.IMPLEMENTASI CSR PT PETROKIMIA GRESIK 1. Pendidikan dan Pelatihan Beberapa program yang dilakukan PT. Bantuan sarana dan prasarana pendidikan PT. dua dan tiga pada tingkatan sekolah dasar (SD). d. Beasiswa Beasiswa diberikan pada siswa yang berprestasi yang menduduki peringkat satu. Petrokimia Gresik juga memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada sekolah-sekolah yang ada disekitarnya. Perpustakaan desa PT. Petrokimia Gresik. Seluruh buku-buku dan fasilitas perpustakaan tersebut dibiayai oleh PT. . b. Beasiswa diberikan kepada siswa yang berprestasi disekitar wilayah PT.

Pelatihan Pelatihan-pelatihan tersebut terdiri dari beberapa bidang. Sasaran pelatihan tersabut adalah pelajar putus sekolah yang belum mendapat pekerjaan yang berada di wilayah Gresik dan sekitarnya. antara lain bidang operator industri. 2. khitanan massal. yaitu : a. bidaang listrik dan instrumen. antara lain : Pembuatan gedung sekolah pasca tsunami di Propinsi Aceh Bantuan untuk korban gempa bumi di Sumatera Barat Bantuan untuk korban gempa bumi di Tasikmalaya dan Jawa Barat Bantuan untuk korban gempa bumi di DI Yogyakarta 3. bidang perbengkelan dan bidang pemasaran. fogging nyamuk demam berdarah. Petrokimia Gresik dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat disekitarnya dilakukan dalam tiga bentuk. pengobatan umum gratis b.e. Peningkatan Kesehatan CSR yang diberikan oleh PT. . bidang mekanik. Bantuan Korban Bencana Alam Turut peduli pada korban bencana alam yang menimpa masyarakat yang berada di wilayah Indonesia. dan c.

dan c. program kesiap siagaan darurat. Pengembangan sarana dan prasarana CSR PT. yaitu: a. b. . Bantuan untuk kegiatan keagamaan 6. pos kamling. Bantuan Pelestarian Alam Program CSR PT. misalnya : Bantuan perbaikan dan atau pembuatan ruang sekolah Bantuan pembuatan dan atau perbaikan ruang perpustakaan sekolah Bantuan pengeboran air untuk irigasi pertanian yang berfungsi sebagai cadangan air di saat musim kemarau Bantuan pavingisasi jalan kampung. program kebersihan. bantuan tempat sampah. Petrokimia Gresik bidang lingkungan disebut sebagai enviroment protection. 5. perbaikan gapura desa. dll . program penghijauan. Environment Protection terdiri dari tiga program utama. Petrokimia Gresik dalam bidang pengembangan sarana dan prasarana umum merupakan wujud CSR dalam bidang fisik. Batuan Sarana Ibadah Bantuan perbaikan tempat ibadah.4.

Pola Satuan Kerja Pola Kerjasama dengan Lembaga Keuangan / Perbankan . Kemitraan dengan Usaha Kecil b. Pola –pola Pembinaan     Pola Pembinaan Langsung Pola kerjasama antara BUMN Pembina dengan BUMN Pembina lainnya.PROGRAM CSR PT PETROKIMIA GRESIK Kemitraan Program kemitraan meliputi : a.

Pertanian. Perdagangan. Perkebunan. dan Sektor Jasa. Perikanan. Sektor-sektor yang dibina meliputi : Industri. d.PROGRAM CSR PT PETROKIMIA GRESIK c. Program Bina Lingkungan Obyek bantuan Bina Lingkungan sebagai wujud partisipasi perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat ini meliputi : Bantuan Bencana Alam Bantuan Pendidikan dan Latihan Bantuan Peningkatan Kesehatan Bantuan Pengembangan Prasarana dan Sarana Umum Bantuan Sarana Ibadah . setiap tahun berpedoman pada penugasan dari Pemerintah yang dituangkan dalam ketetapan Menteri BUMN. Wilayah Sektor Binaan Wilayah binaan dan alokasi dana untuk melaksanakan pembinaan. Peternakan.

. Program-program tersebut dirasa belum tepat sasaran.HAMBATAN DAN SOLUSI HAMBATAN : Permasalahan yang dapat menjadi hambatan pencapaian sasaran CSR PT. Petrokimia Gresik memang telah memberikan pelatihan kepada masyarakat. ⱴ Pada kegiatan kemitraan. ⱴ PT. sehingga petani mencari sumber lain. seringkali para petani binaan mengeluhkan lambatnya pasokan peralatan pertanian dari pemasok. Petrokimia Gresik seperti yang ditargetkan perusahaan adalah : ⱴ Pada program penghijauan adakalanya bibit-bibit tanaman yang disumbangkan tidak seluruhnya dapat tumbuh dengan baik oleh kondisi cuaca yang tidak menentu. tapi ini belum bisa dimanfaatkan masyarakat secara keseluruhan.

. ⱴ PT. ⱴ Menyelenggarakan program sesuai kebutuhan masyarakat dan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat yang ingin merintis usaha.HAMBATAN DAN SOLUSI SOLUSI : Adapun solusi yang akan dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik untuk menindaklanjuti hambatan-hambatan tersebut adalah: ⱴ Perencanaan kegiatan program penghijauan dilakukan dengan melihat kondisi dan cuaca. Petrokimia Gresik menjalin kerjasama yang baik dengan para stakeholder kegiatan CSR-nya agar kegiatan dapat bersinergi satu sama lain.

Thank You .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->