Kearifan Lokal Masyarakat Tengger dalam Pengurangan Resiko Bencana Oleh to Click : edit Master subtitle style Rahmad

Bobsaid Bromo Gunung

5/19/12

5/19/12 .

Suku Osin dan Suku Samin . Trenggalek. Blitar Nganjuk .  2 sungai besar : Bengawan Solo melintas 5 kabupaten : (Ngawi. Malang. Jombang. Tuban. Blitar. Kelud.  Wilayah pantai selatan (rawan Tsunami) meliputi : 8  Dan 5 Suku Lokal di Jawa Timur meliputi . kab.KONDISI JAWA TIMUR Luas Jawa Timur 47. Banyuwangi). Bromo. Suku Tengger. Bojonegoro.157. Mojokerto. (Pacitan. Tulungagung. Jember. Suku Jawa. Sidoarjo dan Surabaya).Raung dan Pegunungan Kawah Ijen). 5/19/12 Suku Madura.Lumajang.Lamongan dan Gresik ) dan sungai Brantas melintas 12 kab/kota ( Malang.72 km2 Terdiri dari : Daratan 90 % dan kepulauan 10 % KONDISI :  6 gunung berapi aktif ( Semeru. Kediri.

dan juga mengurangi terjadinya bencana. dilakukan bersama oleh semua parapihak (stakeholder) dengan pemberdayaan masyarakat. ancaman. Tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan untuk mengelola dan mengurangi risiko. kerentanan dan kemampuan masyarakat. 5/19/12 .Paradigma Pengurangan Risiko  Difokuskan pada analisis risiko bencana.

maka lebih besar resikonya. R = Risiko R = 5/19/12 H (azard) = Bahaya = kemampuan HxV/C V (ulnerability) = kerentanan C (apacity) . bahaya. RISIKO DAN BAHAYA Konsep-konsep tentang kerentanan. Hubungan elemen-elemen ini juga dapat di ungkapkan sebagai suatu rumus sederhana Click to edit Master subtitle style yang menggambarkan konsep tersebut dimana lebih besar peristiwa potensial dari suatu bahaya dan lebih mudah rentan suatu populasi.HUBUNGAN ANTARA KERENTANAN. dan resiko berhubungan secara dinamis.

bersama: ada di antaranya yang sudah mengalami degradasi sehingga kurang menghormati HAM dan kurang demokratis. tradisional: bukan semata-mata  Aturan dan tata kepengurusan hidup 5/19/12  Kearifan . tempat leluhur dikuburkan & lokasi tanah suci yang harus dijaga. AMAN memperjuangkan pengakuan hak-hak kolektif masyarakat adat atas tanah dan sumberdaya alam. tetapi juga religi dan sosial-budaya.Apa yang membedakan masyarakat adat dengan masyarakat yang lain?  Tanah: bukan semata-mata alasan ekonomi. barang ekonomi). (tanah bukan hanya sekedar alat produksi. AMAN memperjuangkan hak untuk mengatur dan mengurus diri sendiri masyarakat adat dengan tetap memajukan penghormatan HAM dan demokratisasi internal.

 Sistem alokasi dan penegakan hukum adat untuk mengamankan sumberdaya milik bersama dan penggunaan berlebihan. baik oleh masyarakat 5/19/12 sendiri maupun oleh orang luar komunitas.  Bahwa suatu kawasan tertentu masih bersifat eksklusif sebagai hak penguasaan dan/atau kepemilikan bersama komunitas (communal property resource) yang dikenal sebagai wilayah adat sehingga mengikat semua warga untuk menjaga dan mengamankan dari pihak luar.  Sistem pengetahuan dan struktur pemerintahan adat (lembaga adat) memberikan kemampuan untuk memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam pemanfaatan sumberdaya alam. antara lain : alam dimana manusia merupakan bagian dari alam itu sendiri yang harus dijaga kesimbangannya. Masih hidup selaras dengan mentaati mekanisme Prinsip-prinsip kearifan Lokal. .

Praktek Pengurangan Resiko Bencana Gunung Bromo. 5/19/12 . Peningkatan Kapasitas kerentanan Masyarakat dalam pengurangan resiko bencana berbasis Kearifan Lokal.ala as rm Pe an Kearifal Lokal Tengger dalam h 1. 2.

5/19/12 .

Etnografi baru ini memusatkan usahanya untuk menemukan bagaimana berbagai masyarakat mengorganisasikan budaya mereka dalam pikiran mereka dan kemudian mengunakan budaya tersebut dalam kebidupan 5/19/12 . Tujuan penelitian etnografi adalah untuk mediskripsikan dan membangun struktur sosial dan budaya suatu masyarakat.ETNOGRAFI Penelitian etnografi bertitik tolak terhadap penelitian mengenai kebudayaan akan membatasi kebudayaan yang merujuk pada pengetahuan yang diperoleh dan digunakan orang untuk menginterpretasikan pengalaman dan melahirkan tingkah laku sosial.

campuran dari berbagai strategi-bahasa muncul pada setiap fase dalam proses penelitian” (James P 5/19/12 Spradley). Dalam melakukan . mengumpulkan kisah-kisah kehidupan. wawancara etnografis.ETNOGRAFI “Pendekatan apa pun yang digunakan etnografer – pengamatan terlibat.

No Informan Korelasi dengan Tema 1 2 3 Tokoh masyarakat (pemangku adat) Dukun Adat Kepala Desa mengetahui situasi sosial dan adat budaya setempat mengetahui aturan-aturan dan upacara kepala lembaga pemerintahan terkecil dibawah desa yang kearifan lokal tetapi juga ikut dalam arahan pemerintahan memegang 4 Masyarakat Desa Ngadirejo. 5/19/12 . meliputi : Anak-anak. manula. dewasa. pria atau wanita Objek yang terancam dan masih memegang kearifan lokal setempat.

TERIMA KASIH 5/19/12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful