P. 1
Perubahan Psikologi Pada Masa Remaja

Perubahan Psikologi Pada Masa Remaja

|Views: 313|Likes:
Published by Anggie Nurmalasari

More info:

Published by: Anggie Nurmalasari on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2014

pdf

text

original

KELOMPOK IV

dkk (2000) memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun.  Tugas Perkembangan Masa Remaja Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan. Statemen ini sudah dikemukakan jauh pada masa lalu yaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja yaitu Stanley Hall  Menurut Hurlock (1981) remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun. . Monks. Menurut Stanley Hall (dalam Santrock. Bahkan ada yang dikenal juga dengan istilah remaja yang diperpanjang. tetapi berakhirnya masa remaja sangat bervariasi. dan remaja yang diperpendek.Indikator Learning 1. Berdasarkan batasan-batasan yang diberikan para ahli. 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun. bisa dilihat bahwa mulainya masa remaja relatif sama.

.!! 1...Lanjuuttt. moralitas dan falsafah hidup . Tugas perkembangan remaja Tugas perkembangan remaja menurut Havighurst dalam Gunarsa (1991) antara lain :  memperluas hubungan antara pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan kawan sebaya. baik laki-laki maupun perempuan  memperoleh peranan sosial  menerima kebutuhannya dan menggunakannya dengan efektif  memperoleh kebebasan emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya  mencapai kepastian akan kebebasan dan kemampuan berdiri sendiri  memilih dan mempersiapkan lapangan pekerjaan  mempersiapkan diri dalam pembentukan keluarga  membentuk sistem nilai...

Seinberg. 1990).Perkembangan Psikososial  Terdapat tiga perkembangan penting dari autonomy.mampu untuk mengambil keputusan secara mandiri. .Membentuk “tanda personalnya” dari nilai dan moral (Donvan and Andelson. . .mengurangi ikatan emosional dengan orang tua. yaitu: . 1966.

 Perubahan nilai.  Kebanyakan remaja bersikap ambivalen dalam menghadapi perubahan yang terjadi.  Perubahan dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain. Ciri-Ciri Masa Remaja Peningkatan emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal dengan sebagai masa storm & stress. dimana apa yang mereka anggap penting pada masa kanak-kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa.2.  Perubahan yang cepat secara fisik yang juga disertai kematangan seksual.  .

Remaja Awal  Ketidakstabilan keadaan perasaan dan emosi  Status remaja awal yang membingungkan  Banyak masalah yang dihadapi remaja . PSIKIS REMAJA 1.

 Stabilitas mulai timbul dan meningkat  Citra diri dan sikap pandang yang lebih realistis  Menghadapi masalahnya secara lebih matang  Perasaan menjadi lebih tenang . Remaja Akhir  Pada masa ini terjadi proses penyempurnaan pertumbuhan fisik dan perkembagngan psikis.2.

Adanya sikap menentang dan menantang orang tua.      . Ketidakstabilan emosi.3. yaitu: Kecanggungan dalam pergaulan dan kekakuan dalam gerakan. Adanya perasaan kosong akibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup. Pertentangan di dalam dirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan orang tua. FAKTOR-FAKTOR PERKEMBANGAN REMAJA Gunarsa (1989) merangkum beberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan pada diri remaja.

 Mempunyai banyak fantasi.. Kegelisahan karena banyak hal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.  Senang bereksperimentasi. khayalan.  Kecenderungan membentuk kelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok..  . dan bualan.Lanjuuuutaannn.  Senang bereksplorasi.

TERIMAaa Kassiieeehhhhh…. ^^ .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->