Algoritma Pemrograman

Tujuan Mahasiswa memahami struktur penulisan bahasa pemrograman web-based (PHP) dan mampu membuat aplikasi komputer berbasis database (Mysql)

Prosentase Penilaian
Ujian mid semester Ujian semester Tugas kelompok Absen 35% 35% 20% 10%

Tugas Kelompok : - Minimal 3 orang, maksimal 6 orang - Membuat program aplikasi web-based - Tugas dikumpulkan saat UAS - Tugas dikumpul dalam media CD
Materi Kuliah dapat di download di : http://diktat.intersat.co.id

referensi     http://www.ilmukomputer.com Book : PHP for dummies PHP & MySql untuk Pemula (andy offset) Membuat Aplikasi Database Karyawan (andy offset) .

Kenapa Belajar Pemrograman Komputer ? .

mass product (kuantitas) atau customized product (kualitas) Lifetime services Prospek masa depan yang akan terus berkembang Value Added Knowledge .      Kebutuhan perangkat lunak di berbagai sendi kehidupan Modal murah (otak & PC/Laptop) dan tidak mudah ditiru Segmen luas.

.

First Major Language . Putri Lord Byron) merupakan orang yang membuat instruksi tersebut dan menjadi programmer pertama di dunia Rangkaian instruksi tersebut disebut sebagai bahasa pemrograman Dalam kurun waktu 50 tahun.Second Major Language (yang digunakan saat ini) Bahasa pemrograman modern diawali dengan FORTRAN (FORmula TRANslating system) yang dikembangkan oleh IBM . bahasa pemrograman terbagi atas 2 stage : .Tahun 1823 Charles Babbage menciptakan sebuah mesin yg berbeda yang membutuhkan serangkain instruksi/perintah untuk menjalankan sebuah tugas tertentu Ada King (Countess of Lovelace.

.

Apa Itu Algoritma?  Definisi Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah  Kamus Besar Bahasa Indonesia: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah   Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah .

Penulisan Algoritma  Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia. namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrograman  Menggunakan flow chart (diagram alir)   Menggunakan pseudo-code  . Bahasa Inggris. dan bahasa manusia lainnya)  Tapi sering membingungkan (ambiguous) Bagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjang Sudah lebih dekat ke bahasa pemrograman.

Contoh  Requirement Buat sebuah algoritma untuk memilih bilangan terbesar dari 3 buah bilangan  Nantinya ini bisa digeneralisir menjadi n buah bilangan  .

Algoritma Dalam Bahasa Natural       Ambil bilangan pertama dan set maks sama dengan bilangan pertama Ambil bilangan kedua dan bandingkan dengan maks Apa bila bilangan kedua lebih besar dari maks. set maks sama dengan bilangan ketiga Variabel maks berisi bilangan terbesar. set maks sama dengan bilangan kedua Ambil bilangan ketiga dan bandingan dengan maks Apabila bilangan ketiga lebih besar dari maks. Tayangkan hasilnya .

Algoritma dengan Flowchart Mulai Maks = bilangan pertama Maks < bilangan kedua Ya Maks = bilangan kedua Tidak Maks < bilangan ketiga Ya Maks = bilangan ketiga Tidak Selesai .

Algoritma dengan pseudo-code    Maks=n if (maks < x then Maks=x) if (maks < y then Maks=y) .

yang biasanya bergantung kepada input Effectiveness  Setiap algoritma diharapkan miliki sifat efektif . tidak boleh membingungkan (ambiguous) Input  Sebuah algoritma memiliki nol atau lebih input yang diberikan kepada algoritma sebelum dijalankan Output  Sebuah algoritma memiliki satu atau lebih output.Aspek Penting dari Algoritma      Finiteness  Algoritma harus berhenti after a finite number of steps Definiteness  Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat.

Software engineering tools and methods . dan berkembang luas yang dapat diterjemahkan oleh sistem komputer untuk menjalankan sebuah tugas yang berguna.Pemrograman Komputer Bentuk keahlian menulis instruksi yang sangat berguna. The Software Engineering Body Of Knowledge (SWEBOK) : .Software quality . dapat dikelola. Program komputer dapat di bentuk dalam satu dari sekian banyak bahasa.Software engineering management . mulai dari bahasa tingkat tinggi hingga tingkatan paling rendah.Software testing .Software engineering process .Software maintenance .Software configuration management .Software design .Software requirements .Software construction .

sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah. Dalam model klien/server. tapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. sementara komponen server disebut sebagai back-end .  Perkembangan teknologi jaringan menuntut aplikasi sederhana dengan kemampuan multi-jaringan yang dapat diakses dengan cepat dan powerfull Aplikasi Client-Server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak: pihak klien dan pihak server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end.

Komponen server akan menerima request dari klien. . dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server.Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server. dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna.

excel. dsj) Pemrograman Web-based Aplikasi yang di-install di sebuah PC dan dapat digunakan oleh PC lain dalam satu jaringan atau lebih yang saling terhubung. word.Tipe Pemrograman   Pemrograman Desktop Pada umumnya program/aplikasi yang dibuat untuk digunakan di sebuah PC saja dan tidak bisa digunakan secara bersama-sama dengan PC lain disebut aplikasi desktop-based (misalnya : notepad. Untuk menjalankan aplikasi tersebut umumnya membutuhkan web-browser .

Aplikasi Web-based         (+) Support semua Operating System (OS) (+) Open Source (+) Bisa di-enkripsi untuk keamanan/privasi (+) Dikembangkan oleh banyak pihak (+) Support jaringan secara otomatis (+) Mendukung sistem database (-) Instalasi tidak mudah untuk org awam (-) Tidak bisa berdiri sendiri.membutuhkan webserver & web browser .

Dreamweaver (not free) .org/en/xampp.net) free.Requirement     PC / Server Computer Web & PHP-server (http://www.apachefriends.html) free.sourceforge. Database-server (xampp) Program Editor (http://notepadplus.

dan lebih cepat. PHP 4. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source. Dalam versi ini. . Zend merilis PHP 5.  Pada pertengahan tahun 1999.  Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja  PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4. dirilis PHP/FI 2. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.  Pada November 1997.0.0.0.  Pada tahun 1997. lebih baik. Kemudian pada Juni 1998. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted). inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar.0. kependekan dari Hypertext Preprocessing'/Form Interpreter.  Pada Juni 2004. perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.PHP  PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih.

. Unix.milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. Macintosh. IIS. Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system. PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana .mana dari mulai apache. Lighttpd. Dalam sisi pemahamanan. karena banyaknya milis . hingga Xitami dengan configurasi yang relatif mudah. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux. Dalam sisi pengembangan lebih mudah.Kelebihan PHP      Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.

echo($now . "). echo "<b>Halo Dunia</b>" . } ?> . while ($i < $jumlah) { $temp = $prev. ". $jumlah = 8. $prev = 0. $now = $now + $temp. $prev = $now.Contoh Sederhana Menampilkan pesan : <?php echo "<b>Hello World</b>" . ?> Menampilkan deret fibonaci : <?php $now = 1. $i++.

Homework    Download & Install XAMPP di PC Pelajari petunjuk singkatnya Download & Install PHP Editor .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful