(6) Tinjauan Pustaka

TINJAUAN PUSTAKA

Karya Ilmiah

Hasil Penelitian yang Relevan C. Landasan Teori B. Hipotesis Kerja .BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kerangka Pikir D.

• Perbandingan antara berbagai teori. pendapat atau pandangan para ahli yang relevan dengan kegiatan atau objek yang diteliti. . Landasan Teori Pada bagian ini dikemukakan: • Penjelasan tentang beberapa teori. pandangan atau pendapat disertai dengan uraian mengenai kekuatan dan kelemahannya masing-masing. konsep pemikiran. konsep pemikiran.A. • Penetapan satu teori sebagai suatu pilihan untuk dijadikan landasan berpikir dalam penelitian.

Langkah-langkah dalam Menetapkan Landasan Teori 1. apabila teori sudah ditetapkan. maka masalah yang telah dirumuskan dapat dijawab dengan berpedoman pada teori tsb. . menetapkan teori-teori yang dapat ‘memayungi’ masalah yang telah dirumuskan itu. 2. 3. Penulis harus benar-benar memahami tentang masalah yang telah dirumuskan.

.Contoh: Salah satu masalah yang dirumuskan adalah: Bagaimana merancang strategi pemasaran yang baik dan sesuai untuk Koperasi X? Teori: Strategi pemasaran yang baik adalah strategi pemasaran yang dapat menyediakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan…(Boone dan Kurtz. 1986).

B. 3. 2. .aspek-aspek yang telah diteliti dalam penelitian terdahulu beserta temuan-temuannya yang penting. Hasil Penelitian yang Relevan Pada bagian ini dikemukakan: 1.penjelasan tentang hasil-hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. aspek-aspek lain yang belum diteliti dalam penelitian terdahulu dan perlu mandapat perhatian dalam penelitian yang akan dilakukan.

Kerangka Pikir Menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses penyelesaian penelitian. setelah menarasikan kerangka pikir penelitian. Pada umumnya.C. . selanjutnya disajikan dalam bentuk skema kerangka pikir.

tergantung pada hasil penelitian yang telah dilakukan. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang telah dirumuskan sebelumnya. dan akan diterima apabila fakta-fakta membenarkan.D. . Dugaan-dugaan ini mungkin benar. Hipotesis Kerja Hipotesis adalah dugaan atau jawaban atau simpulan yang sifatnya sementara. Akan ditolak bila salah. mungkin juga salah.

TERIMA KASIH .

Tugas di kelas Buatlah hipotesa dari masalah-masalah yang telah Anda rumuskan pada bagian pendahuluan! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful