P. 1
Soal Ipa Kelas 5 Sd Kurikulum Kbk

Soal Ipa Kelas 5 Sd Kurikulum Kbk

|Views: 498|Likes:
Published by Miki Momo

More info:

Published by: Miki Momo on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2012

pdf

text

original

SOAL IPA KELAS 5 SD KURIKULUM KBK SEMESTER : I ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN I. ALAT PERNAPASAN 1.

Alat pernapasan manusia adalah ………………….. 2. Paru-paru terletak di dalam ……………………dan diatas …………………… 3. Paru-paru ada dua yaitu paru-paru ……………….dan ………….. 4. Paru-paru kanan terdiri dari ……………….gelambir. yaitu gelambir …........................ 5. Paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut ………………………. 6. Cabang tenggorok disebut …………………….. . Cabang bronkus disebut ………………. 7. Pada ujung bronkiolus terdapat gelembung-gelembung yang disebut ………………….. 8. Pertukaran oksigen dengan karbondioksida terjadi di ……………………… 9. Pernapasan ada 2 cara yaitu pernapasan …………………..dan pernapasan ………………. 10. Burung bernapas dengan …………………. 11. Burung mempunyai alat untuk menyimpan udara yang digunakan pada waktu terbang yang disebut ………………… 12. Reptil adalah jenis hewan ……………………. Contoh reptil adalah …………………………………………….. 13. Reptil bernapas dengan ………………. 14. Amfibi adalah hewan yang hidupnya di ………………….. 15. Contoh hewan amfibi adalah ……………………………………………………….. 16. Berudu bernafas dengan …………….. sedangkan katak dewasa bernafas dengan ………… 17. Katak selalu suka hidup di tempat yang lembab karena…………………………. 18. Ikan bernapas dengan ……………………. 19. Gelembung renang yang terdapat di dalam tubuh ikan berguna untuk ……………………… 20. Serangga bernapas dengan …………………… 21. Lubang –lubang halus tempat keluar masuknya udara pada trakea disebut …………….. 22. Contoh hewan serangga (insecta) adalah …………………………………………………… 23. Cacing bernapas dengan ……………………………. 24. Mamalia (hewan menyusui) bernapas dengan …………………… 25. Ciri hewan mamalia adalah……................................................. 26. Contoh hewan mamalia adalah……………………………………………… 27. Contoh mamalia yang hidup di air adalah ……………………….. 28. Kegunaan lubang hidung pada ikan lumba-lumba dan ikan paus adalah ………………….. 29. Gangguan pada alat pernapasan manusia misalnya…………………..

Pencernaan makanan secara mekanis berlangsung di ……………………………….berlangsung di ………. 21. 12. Ada 3 macam gigi menurut fungsinya yaitu : a…………………………….. 9.30. …………………….... …………………. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh …………………………………………………… 31. 6.. II. Lapisan gigi yang paling luar disebut …………………………. Bagian depan ujung lidah untuk mengecap rasa ……………….. Pencernaan makanan secara kimia dilakukan oleh ……………. 4.. Lidah berguna untuk membantu mengatur …………………………pada waktu mengunyah. 33. 7.. Gerak memijit dan mendorong atau gerak meremas-remas yang dilakukan oleh kerongkongan disebut gerak ……………………………..... ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA......... 2... …………………. Getah lambung berguna untuk …………………………………dan ……………………….dan bagian atas di ………………………… 17.. .. 16. Letak kelenjar ludah ada 2 tempat yaitu bagian bawah di …………………. ………………… f.. 32.. Tugas alat pencernaan makanan pada tubuh kita ada 3 macam yaitu ………………………………………………………………………………………. 10....... ……………………. Enzim amilase berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat …………………. …………………… d…………………. e.. Bagian pinggir untuk mengecap rasa ……………………. Tiga macam enzim yang dihasilkan oleh getah lambung adalah …………………………...... g....dan ………………………. Susunan alat pencernaan makanan pada tubuh manusia adalah : a. 18. 3..Makanan di mulut dihancurkan oleh ……………………. Kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim ………………………atau disebut juga enzim ……………… 15..b………………………………c…………………………… 8... 19.... c... Bagian belakang (pangkal) untuk mengecap rasa …………………… 14.. 20. Lidah disebut juga sebagai alat indera ………………………. Racun yang terkandung pada asap rokok disebut ……………………. Lambung disebut juga …………………………... 11. Penyakit yang dapat menyerang saluran pernapasan manusia adalah…………………. Lambung terletak di rongga perut sebelah ……………………….dan ……………. 1. 5. b. Pencernaan makanan pada tubuh kita ada 2 macam yaitu pencernaan secara…………………….. Proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus disebut …………………. Asap kendaraan bermotor mengandung gas beracun yang disebut . 13.

25. Zat lemak berguna untuk ………………………………………. 39. 47.. Enzim renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi ……………………… 24.berguna mengubah zat tepung menjadi zat …………….. Usus besar di bagi 3 bagian yaitu usus besar …………………. Penyerapan sari-sari makanan oleh tubuh terjadi pada …………………………….berguna untuk mengubah protein menjadi …………………. Vitamin A berguna untuk …………………………Vitamin B berguna untuk…………………… 42. Panjang usus dua belas jari adalah ……………………………. Zat karbohidrat berguna untuk ……………………………….menjadi …………………. 26. 43. Zat protein berguna untuk ……………………………………… 38. 23. Zat kapur (kalsium) berguna untuk ……………………………………. Enzim pepsin berguna untuk mengubah ……………………. Permulaan usus besar adalah usus …………………… 33.usus besar …………….. 36. Zat yodium berguna untuk ………………………………… . 3 enzim yang terkandung dalam getah pankreas adalah : a) Enzim …………………. Zat makanan yang diperlukan oleh tubuh kita ada 6 yaitu ………………………………… …………………………………………………………………………………………………….. 28. Makanan di usus dua belas jari dicerna oleh getah …………………dan getah …………… 27. Zat fosfor berguna untuk ……………………………… 49. 29... 37. Asam klorida berguna untuk …………………………. melainkan hanya terjadi ………………… 35.Vitamin E berguna untuk ………………… 44. Vitamin D berguna untuk …………………………. 30. Zat vitamin berguna untuk …………………………………………… 40. Vitamin K berguna untuk ……………………………………. Vitamin C berguna untuk ………………………… Vitamin C berguna untuk ………………….. 32. Zat mineral berguna untuk ………………………………………………… 41.. Di bagian usus buntu terdapat tambahan usus yang disebut ………………… 34.. Yang mengangkut sari –sari makanan ke seluruh tubuh adalah …………………… 31. b) Enzim …………………. …………………………………………………………………………………………………… 46. Zat besi berguna untuk …………………………………… 48.22. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah …………………………………………………. Getah empedu dihasilkan oleh………………………….. c) Enzim ……………………berguna untuk mengubah lemak menjadi ………………. Getah empedu berguna untuk mencerna ………………………. Di bagian usus besar makanan tidak dicerna lagi. 45.dan usus besar …………………….

TUMBUHAN HIJAU 60. 64. Hasil fotosintesis disimpan sebagai ………………(Makanan cadangan) 67.. wortel) 68. Leukemia adalah penyakit darah karena…………………………(kelebihan sel darah putih) 59. Pembuluh nadi disebut juga pembuluh ……………………………… 52. Penyakit hipertensi adalah penyakit ………………………………………. 53. Pembuluh balik disebut juga pembuluh …………………………. Hasil proses fotosintesis adalah ………………………dan ……………………………….... Tumbuhan yang menyimpan makanan di dalam umbi contohnya……(ketela pohon.contohnya……………………… 73. Jantung dibagi menjadi 4 bagian yaitu …………………………………………………………… 57. Tumbuhan yang menyimpan makanan di dalam biji contohnya…………………………………… 71. Anemia adalah penyakit kekurangan darah karena kekurangan . 63. Manusia dan hewan hidupnya tergantung kepada ………………………………. pembuluh darah dibagi menjadi 2 macam yaitupembuluh ……………………………………. Butir-butir hijau daun disebut juga ……………………………. Hewan pemakan tumbuhan disebut juga…………………….. kentang. kacang tanah. 65. Peredaran darah manusia disebut juga peredaran darah tertutup karena. Contoh tumbuhan yang tidak berfotosintesis adalah …………………………disebut juga tumbuhan ……………………………………. Tumbuhan yang menyimpan makanan di dalam batang contohnya………………………………. Fotosintesis adalah proses ………………………………………………………………………. Bahan untuk membuat makanan pada tumbuhan berhijau daun adalah ………… dan…………. kacang hijau).. 51. 69. bawang. 72. 62. 61.. Peredaran darah besar adalah ………………………………………………………... ALAT PEREDARAN DARAH MANUSIA 50..………………(sel darah merah) 58. Hewan pemakan hewan lain disebut juga …………………… . ……………………………(beredar dalam pembuluh darah) 54. Tumbuhan yang menyimpan makanan di dalam buah contohnya……(kedelai.. Warna hijau pada daun disebabkan karena mengandung zat ………………….. Berdasarkan aliran darah.dan pembuluh …………………………………. 70. 55.. 66.. IV.III.. Peredaran darah kecil adalah ……………………………………………………………………… 56..

Lebah mempunyai mulut ……………(penjilat) untuk menjilat nektar. Cumi-cumi melindungi diri dengan cara…………………………..contohnya………………………… 74. Nyamuk mempunyai mulut ………(pengisap)untuk mengisap makanan berupa darah manusia. 96. Hewan disebut sebagai konsumen artinya sebagai ………………………… 79. Obat penyakit malaria adalah ……………………. jagung dan gandum merupakan sumber ………………………… 85. Ular melindungi diri dengan cara…………………………. Siput melindungi diri dengan cara……………………… 105.. 76. Lubang kecil yang terdapat di batang yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara ialah …………………… 81. 90. Kain katun terbuat dari serat ……………………. kambing. Walang sangit melindungi diri dengan cara…………………………. Kalajengking. Cecak melindungi diri dengan cara………………………… 107. 103. Rantai makanan yang saling berhubungan disebut ………………………………. Penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan disebut juga …………………. 89. 80. 77. 97.. anjing. Beras. V. 93. Hewan pemakan segalanya disebut ………………………… contohnya…………………………. Bunglon melindungi diri dengan cara……………………. Pohon jati melindungi diri dengan cara……………………………………………………. Bagian tubuh tumbuhan yang bertugas untuk menyerap air dari dalam tanah adalah ……………. 83. Energi yang membantu proses fotosintesis adalah …………………… 82. 75.. Kupu-kupu mempunyai alat pengisap nektar yang disebut …………(probosis) 92. Makanan kupu-kupu adalah…………(nektar) 91. Peristiwa makan dan dimakan yang terjadi pada makhluk hidup disebut ………………………….. Contoh tumbuhan yang tunasnya digunakan sebagai sayur adalah ……………… 84. 94. Makanan yang berasal dari kedelai mengandung banyak ……………………… 87. Sapi. 100. kerbau dan kijang melindungi diri dengan ……………………… 101. PENYESUAIAN MKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN 88. 106. Unta mampu bertahan hidup di gurun pasir karena menyimpan air di …………………. kelabang dan lebah melindungi diri dengan cara…………………… 102.. Harimau. 104. dan singa melindungi diri dengan ……………………. Hewan dan tumbuhan menyesuaikan diri agar tetap ……………………. Gula pasir dibuat dari ……………………… 86. Walang daun melindungi diri dengan cara………………………. 98. Paruh dan cakar burung berbeda-beda sesuai dengan …………………… 95.. 78. . 99. Tumbuhan disebut sebagai produsen artinya sebagai ………………………. Musang dan kumbang mnelindungi diri dengan cara ………………………….

VI. Panda berasal dari daratan……………(Cina) 130. 114. Bunga bangkai raksasa hidup di hatan-hutan…………(Sumatera) 132. Buah durian melindungi diri dengan ………………………………. PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP 115. Gorila berasal dari …………………(Afrika) 131. Burung surga adalah sebutan lain untuk …………(burung cendrawasih) 128. Semua tempat pelestarian hewan dan tumbuhan berada di bawah pengelolaan ………… 127. cendrawasih. Hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan …………… 116. Kumpulan rambut yang menyatu dan mengeras pada badak disebut…………… (cula) 129. Cagar alam yang secara khusus untuk melindungi hewan liar di dalamnya disebut ………… 126. Orangutan hidup di daerah …………(hutan Sumatera dan Kalimantan) 125. Pulau komodo terletak di wilayah ……………(Nusa Tenggara Timur) 123. Contoh hewan pemakan serangga adalah………………………. bunga raflesia.. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan untuk …………(menjaga keseimbangan alam) 119. Badak bercula satu hidup di daerah …………(Ujung Kulon. dan cendana) 118. Contoh hewan langka yang dilindungi di Indonesia adalah…(badak bercula satu.. Hewan atau tumbuhan pemakan serangga disebut juga……………………. Burung cendrawasih hidup di daerah …………(Irian Jaya) (Papua) 121. Contoh tumbuhan langka yang dilindungi di Indonesia adalah ……(bunga bangkai raksasa. Makanan panda adalah ……………(daun bambu) 124. Batang sawo melindungi diri dengan cara…………………. Kantong semar melindungi diri dengan cara……………………………………. . Bunga mawar melindungi diri dengan ……………………………… 110. 111. 109. dan komodo) 117. Sisa-sisa bagian tubuh makhluk yang telah membatu disebut…………(fosil) 120. 113. Ujung barat Jawa Barat) 122.. Kaktus dapat bertahan hidup di gurun pasir karena……………………… 112.108.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->