P. 1
Arti, Fungsi, Dan Ragam Bahasa

Arti, Fungsi, Dan Ragam Bahasa

|Views: 497|Likes:

More info:

Published by: Shanks De Azyean De'favan on May 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/05/2013

pdf

text

original

Arti, Fungsi, dan Ragam Bahasa

Oleh Kelompok 1

Sistem tersebut mencakup unsur-unsur berikut: 1. Sistem lambang dibangun berdasarkan kaidah yang bersifat universal . Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem. khas. Sistem lambang bersifat unik. Lambang-lambang tersebut bersifat arbiter (kesepakatan) digunakan secara berulang dan tetap 4. Sistem lambang tersebut bersifat konvensional yang ditentukan oleh masyarakat pemakainya berdasarkan kesepakatan 3. Sistem lambang yang bermakna dan dapat dipahami oleh masyarakat pemakainya 2. dan tidak sama dengan lambang bahasa lain 6.Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. tetapi produktif 5. yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Sistem lambang tersebut bersifat terbatas.

Fungsi bahasa: • Bahasa sebagai sarana komunikasi. Fungsi tersebut digunakan dalam berbagai lingkungan. Berfungsi untuk mengendalikan komunikasi agar orang yang terlibat dalam komunikasi dapat saling memahami. dan kepentingan yang beraneka ragam. • Bahasa sebagai sarana integrasi dan adaptasi. • Bahasa sebagai sarana kontrol sosial. tingkatan. . yaitu bahasa. Dalam membangun karakter seseorang harus dapat memahami dan mengidentifikasi kondisi dirinya terlebih dahulu. • Bahasa sebagai sarana memahami diri. Kemampuan berintegritas dan beradaptasi ini dibangun melalui aturan verbal (dan nonverbal dalam bentuk simbolsimbol).

Sdgkan tingkat ekspresi yg kompleks dpt berupa pernyataan kemampuan mengerjakan pekerjaan2 yg sulit dan rumit misalnya membuat laporan dan roposal • Bahasa sebagai sarana memahami orang lain. kecewa dll. Keberhasilan seseorang menggunakan kecerdasannya ditentukan oleh kemampuan memanfaatkan situasi lingkungannya. Dengan pemahaman terhadap seseorang. sedih. Dari yang paling sederhana saja misalnya mengekspresikan rasa lapar.• Bahasa sebagai sarana ekspresi diri. pemakai bahasa dapat mengenali berbagai hal mencakup kondisi pribadinya • Bahasa sebagai sarana mengamati lingkungan sekitar. . Baik lingkungan sosial maupun lingkungan alamnya.

Orang yang tekun dan mendalami bidang studinya secara serius dimungkinkan memiliki kecerdasanganda. pengetahuan. pengalaman. Kecerdasan adalah kemampuan memanfaatkan potensi. • Bahasa mengembangkan kecerdasan ganda. Bahasa membangun kecerdasan. dan situasi sehingga menghasilkan kreativitas baru yang menguntungkan dirinya maupun masyarakat. Selain kecerdasan berbahasa. • . Kemampuan berpikir logis memungkinkan seseorang dapat berpikir induktif. atau kronologis sehingga dapat menyusun suatau konsep atau pemikiran. seseorang dimungkinkan memiliki beberapa kecerdasan sekaligus. deduktif. sebab-akibat.• Bahasa sebagai sarana berpikir logis.

tetapi berakumulasi dengan pengalaman barunya Bahasa sarana menciptakan kreativitas baru. Bahasa mengembangkan profesi.• • Bahasa membangun karakter. Dengan kecerdasan bahasanya. Bahasa sebagai sarana berekspresi dan komunikasi erkembang menjadi sarana berpikir logis yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi. Bakat alam dan bakat intelektual dapat berkembang secara sinergis untuk menghasilkan kreativitas baru • • . Proses pengembangan profesi diawali dengan pembelajaran dilanjutkan dengan pengembangan diri (kecerdasan) yang tidak diperoleh selama proses belajar. orang dapat mengidentifikasi kemampuan diri dan potensi diri. Kecerdasan bahasa memungkinkan seseorang dapat mengembangkan karaktenya lebih baik.

Ragam Bahasa  Ragam Bahasa Berdasarkan Media 1. Ragam bahasa baru (modern)  Ragam 1. Ragam  Bahasa Berdasarkan Pesan Komunikasi bahasa ilmiah (ragam bahasa baku) bahasa sastra bahasa pidato . Ragam lama 2. Ragam 2. Ragam bahasa tulis Ragam Bahasa Berdasarkan Waktu 1. Ragam 3. Ragam bahasa lisan 2.

4. Ragam Bahasa Berita 5. Ragam Bahasa Berdasarkan Tingkat Keformalan .

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->