PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
ENERGI KEBUTUHAN UTAMA MANUSIA  BBM – akan habis KELANGKAAN Dewasa ini mulai terjadi KRISIS ENERGI (BBM)

MASALAH PEMERINTAH
 MENAMBAH BIAYA SUBSIDI  BERPENGARUH PEREKONOMIAN

ADALAH PEMANFAATAN ENERGI ALTERNATIF, SALAH SATUNYA BBN

SOLUSI

Mengapa perlu diproduksi bahan bakar minyak nabati ? 4. Apakah masyarakat mengetahui tentang bahan bakar yang dapat diperbaharui khususnya minyak nabati ? 3.RUMUSAN MASALAH 1. Apakah masyarakat mengetahui bahwa bahan bakar minyak akan segera habis ? 2. Bagaimana prinsip pembuatan minyak nabati ? .

Apakah bahan bakar minyak nabati dapat mengatasi krisis energi ? .5. Bagaimana pengembangan bahan bakar minyak nabati di Indonesia ? 7. Bagaimana aplikasi minyak nabati sebagai bahan bakar ? 6.

Obyek penelitian ini adalah mayarakat Abepura .PEMBATASAN MASALAH 1. Subyek penelitian adalah bahan bakar minyak nabati khususnya biodisel dan bioetanol 2.

. 3. Mengetahui alasan diproduksi bahan bakar minyak nabati. Mengetahui sejauh mana masyarakat mengenal bahan bakar minyak dan minyak nabati.TUJUAN PENELITIAN 1. Mengetahui prinsip pembuatan bahan bakar minyak nabati khususnya biodiesel dan bioetanol. 2.

mengetahui pengembangan bahan bakar minyak nabati di Indonesia. mengetahui aplikasi minyak nabati sebagai bahan bakar.4. 6. . 5. mengetahui apakah bahan bakar minyak nabati dapat mengatasi krisis energi.

. menambah pengetahuan dan ketrampilan menulis bagi penulis. memberi informasi kepada masyarakat mengenai bahan bakar minyak dan bahan bakar minyak nabati. 2. Memberikan informasi kepada masyarakat terutama kalangan industri mengenai salah satu solusi alternatif dalam mengatasi krisis energi. 3.MANFAAT PENELITIAN 1.

dan sumber yang ada lebih cepat habis. atau kehijauan yang mudah terbakar.KAJIAN PUSTAKA 1. adalah cairan kental. senyawaan hidrogen dan karbon. . dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak). Komposisi Minyak Bumi Minyak bumi terdiri dari hidrokarbon. A. coklat gelap. BAHAN BAKAR FOSIL KHUSUSNYA BBM Bahan bakar fosil adalah sumberdaya tak terbarukan karena perlu jutaan tahun untuk terbentuk. dijuluki juga sebagai emas hitam. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak Bumi. Minyak bumi (bahasa Inggris: petroleum.

7% sementara peningkatan produksi hanya mencapai 0. Pada tahun 2011 pertumbuhan permintaan minyak bumi dunia akan mencapai 1. .9%. namun cadangannya terus berkurang. Kelangkaan BBM Proporsi minyak bumi sebagai sumber utama energi mencapai 40% dari total permintaan energi dunia. Keadaan ini menyebabkan negara-negara termasuk Indonesia rentan terhadap risiko terjadinya krisis energi dunia.B.

BIOFUEL Bahan bakar hayati atau biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan. . cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri. komersial.2. domestik atau pertanian.

Biodiesel dan bioetanol dipilih karena kebutuhan energi transportasi Indonesia didominasi oleh minyak solar dan premium . Optimalisasi Potensi Indonesia Sebagai Raja Bahan Bakar Nabati Potensi Indonesia sebagai Raja BBN Dunia diprioritaskan pada pengembangan biodiesel (pengganti solar) dan bioetanol (pengganti bensin).3.

.METODOLOGI PENELITIAN Jenis Penelitian Metode: Survai & Kepustakaan Tempat: Abepura Waktu: 15-23 April 2012 Teknik Analisis Data Angket Pustaka  Populasi: Seluruh masyarakat Abepura  Sampel: Random Sampling Teknik Pengumpulan Data Angket: diberikan kepada sampel penelitian yaitu masyarakat Abepura Kepustakaan: buku sumber. internet.

Apakah masyarakat mengetahui bahan bakar minyak dapat habis ? Angket yang disebar sebanyak 100 angket. Apakah masyarakat mengetahui sumber energi yang dapat diperbaharui khususnya minyak nabati? Energi Terbarukan  Mengetahui: 28 orang (28%)  Tidak : 72 orang (72%) BBN Biodiesel Bioetanol Biogas Rata-rata M 17 14 13 14.4% .6% T 83 86 87 85.  Mengetahui: 40 orang (40%)  Tidak Mengetahui: 60 orang (60%) dari hasil penelitian dapat dianalisis bahwa sebagian masyarakat tidak mengetahui BBM akan habis meskipun 92% masyarakat menggunakan BBM sebagai bahan bakar rumah tangga dan transportasi. 2.HASIL DAN PEMBAHASAN 1.

3. Perlunya diproduksi bahan bakar minyak nabati 1) Indonesia mempunyai potensi alam 2) Penganekaragamkan penggunaan energi untuk ketahanan energi 3) Ramah lingkungan dan tidak beracun 4) Salah satu alternatif dalam mengatasi kelangkaan BBM dan ketergantungan BBM .

destilasi untuk memisahkan alkohol dengan air. 2) Prinsip pembuatan bioetanol (Tatang Sulistio. . dehidrasi yaitu penghilangan air bioetanol setelah dilakukan destilasi dan denaturasi yaitu pemurnian etanol hingga 98% sehingga dapat dicampur dengan bensin.2010) fermentasi adalah proses peragian dengan bahan baku gula. 2007) reaksi esterifikasi yaitu minyak tumbuhan yang direaksikan dengan alkohol berlebih dan transesterifikasi yaitu minyak hasil esterifikasi diberi katalis basa.4. Prinsip-prinsip pembuatan minyak nabati khususnya biodiesel dan bioetanol 1) Prinsip pembuatan biodiesel (Menurut Hambali.

sehingga ramah lingkungan 6. . Jenis BBN yang akan dikembangkan yaitu biodiesel. Sholekhudin. bioetanol. Dapat menghasilkan bilangan oktan yang lebih tinggi setara dengan pertamax. Pengembangan bahan bakar minyak nabati di indonesia Dari konsumsi 6.20% tahun 2005 diharapkan tahun 2025 meningkat menjadi 17% BBN dan panas bumi 5%. Aplikasi minyak nabati sebagai bahan bakar 1) Aplikasi Biodisel (Menurut Chairil Anwar dkk. 2008) Penggunaan bioetanol 10% dengan 90% bensin. namun penggunaan biodiesel baru diperbolehkan 10% 2) Aplikasi Bioetanol (Menurut M.5. dan biooil. 2010) 30% biodiesel dengan 70% minyak solar kualitasnya setara solar 48.

15% 6% . Apakah bahan bakar minyak nabati dapat mengatasi krisis energi Menurut DTE 88 pada tahun 2008 sampai 2025 Penggunaan Transportasi Industri Pembangkit Listrik Biodiesel 1% .5% .20% Bioetanol 5% .20% 2.20% 0.1% .15% - .7.

SIMPULAN 1) Masyarakat sebanyak 60% tidak mengetahui bahan bakar minyak akan habis 2) Masyarakat sebanyak 72% tidak mengetahui sumber energi yang dapat diperbaharui khususnya minyak nabati 3) Perlunya diproduksi bahan bakar minyak nabati 1) Indonesia mempunyai potensi alam 2) Penganekaragamkan penggunaan energi untuk ketahanan energi 3) Ramah lingkungan dan tidak beracun 4) Salah satu alternatif dalam mengatasi kelangkaan BBM dan ketergantungan BBM .KESIMPULAN DAN SARAN 1.

destilasi. Aplikasi minyak nabati sebagai bahan bakar 1) Aplikasi Biodisel saat ini yang diijinkan mencampurkan 10% dalam minyak solar 2) Aplikasi Bioetanol saat ini yang diijinkan mencampurkan 10% dalam bensin .4. dehidrasi dan denaturasi 5. Prinsip-prinsip pembuatan minyak nabati khususnya biodiesel dan bioetanol 1) Prinsip pembuatan biodiesel Biodiesel dibuat melalui reaksi esterifikasi dan transesterifikasi 2) Prinsip pembuatan bioetanol Bioetanol dibuat melalui proses fermentasi.

Pengembangan bahan bakar minyak nabati di indonesia ? Dari konsumsi 6.6. Bahan bakar minyak nabati dapat mengurangi krisis energi .20% tahun 2005 diharapkan tahun 2025 meningkat menjadi 17% BBN dan panas bumi 5%. 7. Jenis BBN yang akan dikembangkan yaitu biodiesel. dan biooil. bioetanol.

Meningkatkan produksi bahan bakar minyak nabati untuk mengatasi krisis energi 4. Sosialisasi Aplikasi bahan bakar minyak nabati 3.Tidak meresahkan 2.SARAN 1 Sosialisasi oleh pemerintah . Perlu penelitian mengenai bahan bakar minyak nabati oleh kalangan akademisi dan para ahli penelitian. .BBM akan habis > Subsidi dicabut .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful