UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA

Jl. Pemuda No. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517

1. Latar Belakang Universitas 19 November merupakan satu-satunya Universitas yang berada di Kabupaten Kolaka sejak beralih status dari STKIP menjadi Universitas, Kampus ini begitu diminati oleh para pelajar menengah atas untuk melanjutkan studinya di Daerah sendiri. Merupakan suatu kebanggan yang tak terhingga ketika melihat USN hari ini tumbuh dan berkembang sebagai universitas yang memiliki mahasiswa unggul dalam bidangnya masing-masing. Sejak Tahun 2005 hingga kini USN memasuki Tahun ke tujuh dalam prosesnya mencetak para sarjana-sarjana yang kreatif dan intelek, namun hal itu tentunya memiliki kendala-kendala teknis yang tak terelakkan. Melihat kondisi sosial masyarakat Kabupaten Kolaka yang sebagian besar penghidupannya dari hasil perkebunan, pertanian dan perikanan membuat pemuda-pemudi harapan bangsa ini harus bekerja ekstra dalam memenuhi kewajiban sebagai Mahasiswa sehingga tak sedikit dari Mahasiswa bekerja sambil kuliah demi tercapainya cita-cita hidup. Ternyata menyandang predikat sebagai Mahasiswa sungguh sangat berat bagi Masyarakat Pemuda Kabupaten Kolaka. Tapi inilah realitas yang tak terbantahkan, kampus, kost dan kerja adalah tiga kata yang memenuhi keseharian aktivitas Mahasiswa. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa dan daerah ini hendaknya pemerintah menaruh kepedulian atas Mahasiswa yang bergerak, berbuat dan bekerja demi menyongsong fajar intelektual di Bumi mekongga ini.

Untuk menjawab tuntutan itu maka kampus dengan fungsinya sebagai lokomotif pencetak kaum terdidik dan terpelajar senatiasa berupaya untuk melahirkan kader-kader umat dan bangsa yang memiliki kualitas pemimpinan yang mampu mengantarkan kehidupan masyarakat. Sebab dipundak ibu petiwilah mahasiswa menggantungkan nasibnya sebagai penerus yang akan membawa negeri ini ke arah yang mereka tuju. Identifikasi Masalah Kampus adalah rumah bagi para penuntut ilmu dijenjang yang lebih tinggi dalam bahasa latin biasa disebut sebagai almamater yaitu “ibu” yang dari rahimnya kita dilahirkan.UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl. Pemuda No. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 2. itu tergantung dari proses yang ia lalui. bangsa. Salah satu tugas pemerintah daerah sebagai pemegang kekuasaan penuh dalam menjunjung tinggi cita-cita bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah mengawal gerakan Mahasiswa menuju perubahan Intelektual dari lahan kebodohan dengan cara memberikan simbangsih moril dan materil untuk mencapai cita-cita bangsa. Dengan demikian akan tercipta iklim heroetik kaum pemikir muda yang berlandaskan ilmu dan iman dalam proses pengejewantahan akan perubahan yang senantiasa menjadi cita-cita ideal mereka. mahasiswa akan berwatak seperti apa. Dalam upaya pembentukan karakter ini mahasiswa hendaknya ditopang dengan suasana yang berbasis ideoligi keilmuan agar tidak terkontaminasi oleh budaya-budaya hedonis yang menggiring pada pandangan dunia yang materialistik. agama dan negaranya menjadi masyarakat yang adil dan makmur dalam naungan ridho ilahi. .

2. Pembangunan yang bertata nilai juga berarti jalur untuk dapat tercapainya suatu tata pemerintahan yang baik. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 3. apalagi mengarah pada sejumlah bentuk eksploitasi yang tidak bertanggung jawab. maka tidak saja pembangunan yang bertata nilai akan semakin meningkatkan kondusifitas interaksi antara pemerintah dan masyarakatnya akan tetapi juga semakin mempercepat proses pembentukan suatu masyarakat madani yang lebih demokratis. atau good governance. Perlu adanya suatu orientasi yang sedemikian sehingga esensi fisik tersebut berlanjut dalam suatu internalisasi untuk menuju pada pembangunan tata nilai kemanusiaan atau sebaliknya pembangunan yang berorientasi pada tatanan fisik tersebut dijiwai oleh semangat peningkatan tata nilai sosio kemasyarakatan dan budaya.UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl. . Pemuda No. Pembangunan yang bertata nilai merupakan esensi dari suatu pemahaman pembangunan yang sepenuhnya berorientasi pada manusia sebagai subyek pembangunan atau lazim dikenal dengan human oriented development. Pemecahan Masalah Pada prinsipnya memang membangun sebuah karakter mahasiswa tidaklah cukup hanya dalam esensi fisik belaka. maka dapat diharapkan akan terjadi interaksi positif antara pemerintah dan masyarakatnya untuk secara arif mengelola sumber daya alam maupun juga tentunya penataan sumber daya manusianya yang sedemikian sehingga tidak bernuansa eksploitasi. Dengan cara ini. Tanpa adanya orientasi hal yang demikian. Setidaknya ada 2 (dua) argumen penting menyangkut pembangunan manusia yang bertata nilai yakni: 1. Karena hanya melalui orientasi pembangunan yang semacam ini sajalah. maka pembangunan hanya akan mencakup tataran fisik dan tanpa disertai adanya pembangunan budaya dan keilmuan serta peningkatan standar nilai kehidupan manusianya.

339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 4. lebih lanjut. Sebaliknya.UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl. namun terkadang kalau sudah berbicara mengenai hal ini banyak kalangan masyarakat yang menganggapnya sebagai hal yang terlalu normatif. Permasalahan utama tentunya adalah mendorong agar pengembangan sumber daya manusia ini sanggup menghantarkan suatu bangsa mencapai tingkat kemandirian yang berkesinambungan. tetap sumber daya manusia adalah potensi bangsa yang paling strategis yang harus dimobilisir dan dikembangkan. pembinaan karakter yang menuju pada mentalitas daya saing sendiri menuntut adanya sejumlah prasyarat pokok yang harus dijadikan acuan dalam setiap proses. era globalisasi menuntut adanya parameter daya saing sebagai satu satunya hal yang penting untuk menjamin suatu kemandirian. Dampak Yang Diharapkan Meskipun sumber daya manusia merupakan suatu hal yang sangat krusial. Pemuda No. Beberapa di antaranya malah menganggap bahwa pada jaman pemerintahan sebelumnya pernah ada masa dimana hampir setiap pejabat negara menekankan tentang pentingnya SDM namun pada akhirnya refleksi kemajuan yang dicapai juga tidak sebesar sebagaimana yang diharapkan. Dan sebagaimana telah disinggung pada paragraf sebelumnya. tingkat kedewasaan suatu Universitas ditentukan dari persepsinya terhadap sumber daya manusia yang dimilikinya. . Tataran tertinggi adalah ketika Universitas yang bersangkutan telah sanggup menganggap bahwa sumber daya manusia adalah aset dan bahkan aset yang paling menentukan dari kelangsungan hidup sebuah masyarakat ilmiah tersebut. tataran terendah adalah ketika Universitas masih menganggap bahwa sumber daya manusia tidak lebih dari komponen bahan baku yang menjadi obyek untuk dieksploitasi begitu saja. atau yang lazim dikenal dengan rantai nilai. Terlepas dari semua hal tersebut.

Billahi taufiq wal hidayah. negara dan cita-cita masyarakat madani. masyarakat dan kaum intelektual muda. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama yang akan dipikul oleh semua pihak yang bertanggung jawab untuk menciptakan masyarakat madani yang adil.UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl. makmur dan dirodhoi Allah Swt. wallahu fii sabilil haq . hendaknya mahasiswa yang notabene sebagai agent of change dan control social senantiasa mendukung kinerja pemerintah daerah dalam upaya mengembangakan daerah dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki. pembangunan Intelektualitas Mahasiswa dan pertumbuhan karakter budaya Mahasiswa serta masa depan bangsa maka hal tersebut menjadi wacana sosial yang patut untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan agar memperhatikan gerak laju perubahan Mahasiswa. Pemuda No. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 5. Begitupun sebaliknya. Akhirnya dengan memohon rahmat dan ridho Allah swt kami mengharapkan agar segala bentuk beban moril dan materil dapat bersama-sama kita tangani demi menggapai masa depan bangsa. Tujuan pengajuan Permohonan Bantuan Berangkat dari kerangka pembahasan diatas yang telah mengupas persoalan-persoalan terkait kemahasiswaan. Dan dengan demikian akan tercipta hubungan yang harmonis demi suatu tujuan dalam membangun karakter bangsa. Selaku akademisi kami yakin bahwa persoalan tersebut akan terpecahkan dengan adanya kerjasama antara instansi pemerintah sebagai pemegang penuh kebijakan untuk bisa membantu dan mendukung segala aspek kreatifitas mahasiswa sebagai tulang pungung bangsa.

- Terbilang Dua Ratus Lima puluh Ribu Rupiah Dua Ratus Lima puluh Ribu Rupiah Total Rp. Deskripsi Iuran perpustakaan Praktikum SPP BPP Jumlah Rp. 1. Perincian Kebutuhan Dana No.Satu Juta Rupiah Rp. 250. 250. 250. Pemuda No.750.000.000.000.Rp.000. 4. 2.Dua Ratus Lima puluh Ribu Rupiah Rp. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 6. 1.-/semester . 3.000..1.000.UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl.

Pemuda No. 339 Telp (0405) 21132 Fax (0405) 24028 Kolaka 93517 .UNIVERSITAS 19 NOVEMBER KOLAKA Jl.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful