P. 1
UH Elastisitas

UH Elastisitas

|Views: 176|Likes:
Published by navite

More info:

Published by: navite on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2012

pdf

text

original

Ulangan Harian Fisika Kelas 11 Elastisitas 1.

Seutas kawat yang memiliki diameter 3,5 mm dan panjang 4,0 m digantung vertikal dan ujung bebasnya diberi beban 46,2 kg. Jika kawat tersebut memanjang 3,2 mm, tentukan: a. Tegangan pada kawat b. Regangan kawat c. Modulus elastisitas bahan kawat (π= ) 2. Modulus Young kawat P besarnya 4 kali modulus Young kawat Q dan memiliki panjang yang sama. Ketika ujung P dan ujung Q diberi beban yang beratnya sama, ternyata pertambahan panjang kedua kawat sama. Hitung dQ:dP. 3. Dua kawat A dan B masing-masing panjangnya 50 cm dan 80 cm, memiliki diameter yang sama, ditarik dengan gaya yang sama besar. Jika konstanta kawat A dan B masing-masing sebesar 200 N/m dan 300 N/m, tentukan ΔLB: ΔLA. 4. Sebuah pegas memiliki tetapan 8 N/m. Berapakah massa benda yang digantungkan pada pegas supaya periodenya 2 sekon? (ambil π2=10) 5. Dua pegas identik yang disusun paralel bertambah panjang 5 cm saat beban 1 kg digantungkan pada ujung susunan tersebut. Jika 2 buah pegas lain yang identik diseri dengan kedua pegas terdahulu, maka akan mengalami pertambahan panjang 2 kali semula, hitunglah besar massa yang harus dikurangi atau ditambahkan. 6. Dua pegas yang sama panjangnya dan sejenis disusun paralel. Susunan pegas tersebut akan bertambah panjang sebesar bila diberi beban massa 𝑀. Kemudian kedua pegas itu disusun seri, dan pertambahan panjang sebesar 𝑏 bila diberi beban bermassa 𝑚. Jika ternyata =𝑏, hitung perbandingan 𝑀:𝑚!

7. Sebuah pegas digantung tanpa beban memiliki panjang 25 cm. Saat diberi sebuah wadah panjangnya menjadi 27,1 cm. Ketika wadah tersebut diberi beban 6 kg, maka panjang pegas menjadi 30,1 cm. Hitunglah massa wadah. 8. Susunan pegas (1) dan (2) diberi beban yang sama M. Tentukan nilai T2:T1.

susunan (1)

susunan (2)

9. Dua buah pegas disusun paralel digantungi beban bermassa 50 gram. Saat digetarkan dapat terjadi getaran dengan frekuensi 64 Hz. Hitung frekuensi getarannya jika kedua pegas disusun seri dan beban diganti dengan benda bermassa 200 gram. 10. Sebuah pegas digantung pada langit-langit sebuah lift. Pada ujung bawah pegas diberi beban 50 gram. Bila lift diam, pegas bertambah panjang 10 cm. Tentukan pertambahan panjang pegas ketika lift sedang bergerak ke bawah dengan percepatan 4 m/s2. Bonus: Seutas kabel baja yang memiliki penampang 6x10-4 m2 digunakan sebagai penahan suatu lift yang beratnya 2,4 x 10-4 N. Jika tegangan pada kabel tidak boleh melebihi 20 persen dari batas elastisitas kabel 3,2 N/m2, tentukan percepatan ke atas maksimum yang diperbolehkan. (30 point)
“Recipe for success: Study while others are sleeping; work while others are loafing; prepare while others are playing; and dream while others are wishing.” William A. Ward

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->