BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara, secara hukum telah dimuat dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Peraturan Perundang-undangan lainnya, yaitu : 1) Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 27 ayat (3) “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara” 2) Undang-Undang No. 39 tentang HAM tahun 1999 dalam pasal 68 dinyatakan bahwa “Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan” 3) Undang-Undang RI Nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dalam pasal 2 “Hakikat pertahanan negara adalah segala upaya pertahanan bersifat semesta yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri”; pada pasal 9 ayat (1) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara”.

1

Tentang hak dan kewajiban bela negara perlu dikaji lebih mendalam dari sisi etika, khususnya etika politik. Mengapa demikian ? Karena alasan-alasan hukum saja tidak memadai untuk dijadikan dasar tentang hak dan kewajiban bela negara. Maknanya hukum yang dibuat harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral, karena menyangkut martabat manusia. Pertanyaan yang mendasar yang diajukan dalam tulisan ini ialah, atas dasar apa negara menetapkan hak dan kewajiban warga negara untuk melakukan bela negara ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam pembahasan ini dibatasi pada tiga konsep, yaitu : a) kesadaran ; b) bela negara ; c) hak dan kewajiban membela negara.

Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ATHG atau ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pada NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia) seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan kesatuan NKRI.

B. Identifikasi Masalah Makalah ini akan mengidentifikasi masalah sebagai berikut: 1) Konsep-konsep bela Negara 2) Kewajiban bela negara 3) Perwujudan bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

C. Batasan Masalah Agar pembahasan makalah ini tidak terlalu luas dan lebih terfokus kepada masalah yang kami bahas, maka kami membatasi masalah hanya pada ruang lingkup konsep bela Negara, kewajiban bela negara dan aplikasi perwujudan bela negara

2

D. deviasi standar. Metode Pembahasan Dalam membahas masalah-masalah tersebut kami menggunakan beberapa metode Statistik Deskriptif. modus. Metode Statistik Deskriptif Statistik deskriptif merupakan proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi sehingga mudah dipahami dan diinterpretasikan. penyusunan dan penyajian data penelitian dalam bentuk tabel frekuensi atau grafik dan selanjutnya dilakukan pengukuran nilai-nilai statistiknya seperti mean atau rerata aritmetik. Statistik deskripstif berfungsi mempelajari tata cara pengumpulan. pencatatan. 3 . median. Pada umumnya memberikan informasi mengenai karakteristik variabel penelitian utama dan data demografi responden.

maka pelaksanaannya dilakukan oleh Rakyat Terlatih (Ratih) yang terdiri dari berbagai unsur misalnya resimen mahasiswa. Bela negara secara fisik dilakukan untuk menghadapi ancaman dari luar. perlawanan rakyat. keamanan rakyat dan perlawanan rakyat. Bela negara secara fisik melibatkan warga negara sipil dalam upaya pertahanan negara dan merupakan hak dan kewajiban konstitusional setiap warga negara Republik Indonesia. pertahanan sipil. Tiga fungsi yang disebut pertama umumnya dilakukan pada masa damai atau pada saat terjadinya bencana alam atau darurat sipil. 3 tahun 2002dan sesuai dengan doktrin sistem pertahanan semesta. perlindungan masyarakat.BAB II ISI 1. seperti diatur dalam UU No. di mana unsur-unsur rakyat terlatih membantu pemerintah daerah dalam menangani keamanan dan ketertiban masyarakat. mitra babinsa. OKP yang telah mengikuti pendidikan dasar militer dan lainnya. a. Konsep Bela Negara Konsep bela negara pasal 30 UUD 1945 menyebutkan bahwa "tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara". Konsep bela negara dapat diuraikan yaitu secara fisik maupun non-fisik. Secara Fisik Bela negara secara fisik dapat didefinisikan dengan cara "memanggul bedil" menghadapi serangan atau agresi musuh. Namun. sementara fungsi perlawanan rakyat dilakukan dalam keadaan darurat perang di 4 . Rakyat Terlatih mempunyai empat fungsi yaitu ketertiban umum.

menanamkan kecintaan terhadap tanah air. gangguan. Secara Non-Fisik Sedangkan secara non-fisik. meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. c. b. d. Di masa transisi menuju masyarakat madani sesuai tuntutan reformasi saat ini. justru kesadaran bela negara ini perlu ditanamkan guna menangkal berbagai potensi ancaman. bela negara dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia dengan cara meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.hambatan dan tantangan baik dari luar maupun dari dalam seperti yang telah diuraikan di atas. sepanjang masa dan dalam segala situasi. bela negara tidak selalu harus berarti "memanggul bedil menghadapi musuh". termasuk menghayati arti demokrasi dengan menghargai perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak. melalui pengabdian yang tulus kepada masyarakat. b. berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara dengan berkarya nyata (bukan retorika). meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum atau undang-undang dan menjunjung tinggihak azasi manusia 5 . menanamkan kecintaan terhadap tanah air serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara. Keterlibatan warga negara sipil dalam bela negara secara non-fisik dapatdilakukan dengan berbagai bentuk. misalnya dengan cara: a.mana rakyat terlatih merupakan unsur bantuan tempur bagi pasukan reguler TNI dan terlibat langsung di medan perang.Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya.

Amandemen UUD '45 Pasal 30 dan pasal 27 ayat 3. Tap MPR No. tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI. Undang-Undang No. Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988. Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling) 2. gangguan. Tap MPR No. Undang-Undang No. 2. pembekalan mental spiritual di kalangan masyarakat agar dapat menangkal pengaruh-pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma kehidupan bangsa Indonesia dengan lebih bertaqwa kepada Allah swt melalui ibadah sesuai agama/kepercayaan masingmasing.VI Tahun 1973 tentang konsep Wawasan Nusantara dan Keamanan Nasional. 3. Beberapa dasar hukum dan peraturan tentang Wajib Bela Negara: 1." dan " Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Undang-Undang No." Jadi sudah pasti mau tidak mau sebagai warga negara Indonesia kita wajib ikut serta dalam membela negara dari segala macam ancaman. 6. Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri 3. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti: 1.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI. Kewajiban Bela Negara Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pada pasal 30 tertulis bahwa "Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. 7. Tap MPR No.e. 2.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI. Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. 5. 4.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat. Belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 6 .

Pengrusakan lingkungan. hambatan dan gangguan pada NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ) seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan kesatuan NKRI. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ATHG atau ancaman. udara dan luar angkasa. 7 . Mengikuti kegiatan ekstraklurikuler seperti Paskibra. laut. 5. Pelanggaran wilayah negara baik di darat. Kejahatan dan gangguan lintas negara. 4. Amerika Serikat menentukan apa saja yang dapat dikategorikan sebagai tindak "terorisme". 2.atau PKn 4. 3. Melestarikan budaya 6. Gerakan separatis pemisahan diri membuat negara baru. tantangan. PMR dan Pramuka. Penyematan label "terorisme" agaknya hanya khusus diberikan untuk tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Muslim. Beberapa jenis atau macam ancaman dan gangguan pertahanan dan keamanan negara : 1. 5. 6. Contoh terorisme internasional dan nasional antara lain sebagai berikut: 1. Terorisme Internasional dan Nasional. Aksi kekerasan yang berbau SARA. Terorisme Internasional WASHINGTON (Berita SuaraMedia) – Keengganan pemerintah Obama untuk menyebut peristiwa serangan pesawat di sebuah fasilitas pemerintahan Amerika Serikat di Texas pekan lalu sebagai tindakan terorisme menunjukkan adanya standar ganda Amerika Serikat.

Dalam sebuah catatan yang sengaja ditinggalkan setelah dirinya melakukan serangan bunuh diri. Stack kemudian menuliskan bahwa pada akhirnya. Sebagaimana sudah diketahui." Tapi. Gedung Putih tetap saja menolak menyebut serangan tersebut sebagai tindak terorisme. Sementara tindak kriminal adalah tindakan 8 . hari Kamis (18/02) pagi lalu. "Terorisme didefinisikan sebagai tindakan teror yang bertujuan untuk mengubah arah kebijakan pemerintah. kejadian itu seharusnya diklasifikasikan sebagai tindak terorisme." kata Greenberger. Texas. para pakar hukum dan keamanan memiliki pandangan yang berbeda. dirinya menetapkan bahwa "kekerasan bukan hanya merupakan sebuah jawaban. dengan sengaja menabrakkan sebuah pesawat kecil ke bangunan Inland Revenue Service (IRS) di Austin. selain Stack yang juga tewas dalam serangan bunuh diri tersebut."Tidak diragukan lagi. seorang teknisi software berusia 53 tahun. maka tindakan itu jelas termasuk tindak terorisme. Departemen Keamanan AS membantah adanya "kaitan" dengan aktivitas para "teroris". Stack kecewa karena dirinya mengaku dua kali ditarik pajak oleh IRS. Namun." kata profesor Michael Greenberger. tapi kekerasan adalah satusatunya jawaban. Joseph Stack. direktur Pusat Kesehatan dan Keamanan (CHHS) di Universitas Maryland kepada IslamOnline.Kepala kepolisian Austin juga bersikukuh mengatakan bahwa serangan tersebut bukanlah aksi terorisme. Mereka tanpa ragu lagi menyebut orang yang sengaja menabrakkan pesawat ke sebuah bangunan yang berisi banyak orang dengan dilandasi oleh dendam pribadi terhadap pemerintah atau demi mengeluarkan pernyataan politis sebagai seorang teroris. Stack menuliskan bahwa dirinya mengeluhkan layanan pemerintah Amerika Serikat. hal tersebut menyebabkan dirinya kehilangan uang ribuan dolar. "Jika kita buka kembali definisi di dalam buku-buku. Hal tersebut menyebabkan bangunan tersebut dilalap api dan menewaskan satu orang lainnya.

" Mark Potok. berhubung nama si penyerang adalah Joe Stack. sebuah organisasi di Oklahoma yang bertujuan untuk memerangi ekstremisme dan kejahatan yang dilandasi kebencian." tuturnya. "Apa yang dilakukan pria itu." katanya kepada IOL. mereka (pemerintah Amerika Serikat) akan langsung menyebut tindakan itu sebagai tindak terorisme. kepada IOL. "Jika seseorang melakukan sesuatu untuk menyuarakan pernyataan politik atau didorong atas ideologi. 9 . direktur nasional Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR). AS akan langsung menyebut tindakan itu sebagai aksi terorisme. yang juga menjadi pengajar di Fakultas Hukum Universitas Maryland. maka penyematan label teroris secara otomatis digugurkan. "Tapi.yang murni bersifat pribadi dan tidak ditujukan untuk mengubah kebijakan pemerintah." kata Nihad Awad. betulbetul memiliki motif ideologis. setidaknya sebagian di antaranya. mengamini ucapan Greenberg tersebut. "Jika saja nama si penyerang adalah Abdullah Mohamed. dalam hal ini kita tidak boleh memberikan penilaian berdasarkan warna kulit atau ras seseorang." CAIR mengorganisir sebuah konferensi pers pada hari Senin waktu setempat untuk mengemukakan kekhawatiran atas penerapan standar ganda AS terhadap penyematan label terorisme di kalangan non-Muslim." Organisasi-organisasi pembela hak asasi manusia menghubungkan keengganan pemerintah untuk menyebut tindakan itu sebagai aksi terorisme dengan fakta bahwa sang penyerang tidak cocok dengan "deskripsi baku" dari profil seorang "teroris"." Greenberger. mengatakan bahwa serangan Texas tersebut menjadi contoh bahwa penyematan label teroris harus dilakukan secara objektif. "Tapi. maka hal itu termasuk tindak terorisme. "Jika dia adalah seorang Muslim atau berasal dari ras berbeda. dari Southern Poverty Law Center (SPLC).

Menurut Awad. di Jalan AR Hakim Nomor 49. Dan kita harus menggunakan (istilah itu) secara benar atau tidak perlu menggunakannya sama sekali. Mobil gegana kepolisian setempat juga telah tiba di depan gereja tersebut. Hingga saat ini belum diketahui keberadaan korban tewas yang diduga sebagai pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh. Kota Solo sekitarpukul10. terorisme adalah terorisme. Pintu gereja ditutup oleh petugas dan polisi berjaga-jaga di berbagai tempat di sekitar kompleks gereja. sedangkan masyarakat setempat tampak menyaksikan dari jauh lokasi tersebut.45 WIB tiba di gereja untuk meninjau lokasi ledakan. 10 . tanpa memandang agama. Kepunton." kata Wali Kota Solo. dan Wakil Wali Kota Solo. Wali Kota Solo. Wartawan ANTARA di lokasi kejadian melaporkan.Korban bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton Solo. Joko Widodo. Petugas menutup arus lalu lintas sekitar 100 meter dari depan gereja itu.Sekeliling kompleks itu telah dipasangi garis polisi. "Harus ada arti yang jelas terhadap istilah seperti terorisme. Terorisme Nasional Solo (ANTARA News) ." 2. sebanyak 11 orang sedangkan satu orang tewas yang diduga pelaku bom bunuh diri tersebut.55WIBitu. Minggu. Joko Widodo di sela meninjau lokasi. ras atau identitas dari pelaku atau korban. Solo. FX Hady Rudiatmo sekitar pukul 12. satu orang tewas diduga pelaku bom bunuh diri. Kepunton. aparat kepolisian berjaga di Gereja Bethel Injili Sepenuh. "Hingga saat ini diketahui korban luka 10 orang dirawat di RS Oen dan satu lainnya di RS Brayat Minulyo.Ia mendesak pemerintah AS untuk tidak menggunakan istilah terorisme sebagai “bola politik” dan tidak lagi menggunakan persepsi tertentu untuk menentukan siapa saja yang boleh disebut teroris.

Timbulnya etnosentrisme yang menganggap sukunya lebih baik dari sukusuku lainnya. 2. sehingga membuat mereka kecewa pada kinerja pemerintah saat ini. penggelapan uang negara. sehingga yang ada hanya sifat malas. sehingga para anak mencontoh sikap tersebut. dibandingkan dgn kebudayaanya sendiri. egois dan emosional. telah menimbulkan frustasi di kalangan anak dan hilangnya optimisme.Faktor Internal Pemerintahan pada zaman reformasi jauh dari harapan para anak. Terkuaknya kasus – kasus korupsi.Berikut ini beberapa penyebab memudarnya semangat bela negara dikalangan anak-anak ( penerus bangsa): 1. Tertinggalnya Indonesia dengan negara-negara lain dalam segala aspek kehidupan. dan penyalahgunaan kekuasaan oleh para pejabat negara membuat para pemuda tidak memerhatikan pemerintahan. Demokratisasi yg melewati batas etika dan sopan santun serta maraknya unjuk rasa. Sikap keluarga dan lingkungan sekitar yg tidak mencerminkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Para anak merupakan pencontoh yang baik terhadap lingkungan sekitarnya. sebagai contohnya para pemuda lebih memilih memakai pakaian minim yg mencerminkan budaya barat dibandingkan memakai batik atau baju yg sopan yg mencerminkan budaya bangsa Indonesia. 11 . Mereka lebih memilih kebudayaan negara lain.Faktor Eksternal Cepatnya arus globalisasi yg berimbas pada moral pemuda. membuat para pemuda tidak bangga lagi menjadi bangsa Indonesia. membuat anak lebih mengagungkan daerah atau sukunya daripada persatuan bangsa.

Paham liberalisme yang dianut oleh negara-negara barat yang memberikan dampak pada kehidupan bangsa. Ia terbiasa dengan perbedaan dan lebih mudah menerimanya.Para pemuda kini dikuasai oleh narkoba dan minum . seperti sikap individualisme yg hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memperhatikan keadaan sekitar dan sikap acuh tak acuh pada pemerintahan. Anak yg berorganisasi juga cenderung lebih obyektif dalam menilai sesuatu. dan mengucapkan Pancasila dengan semangat. Upaya Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air dan Bela Negara di Sekolah Melaksanakan Upacara Bendera Rasa Cinta Tanah Air dapat ditanamkan kapada anak sejak usia dini agar rasa terhadap cinta tanah air tertananam di hatinya dan dapat menjadi manusia yang dpt menghargai bangsa dan negaranya misalnya dengan upacara sederhana setiap hari Senin yg di lakukuan di sekolah dengan menghormat bendera Merah Putih. Anak cenderung meniru paham libelarisme. Anak yang melibatkan dirinya dalam organisasi. menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh bangga. menghormati bendera ketika dikibarkan Melatih siswa untuk aktif dalam berorganisasi dan kegiatan anak di luar belajar formal juga melatih inisiatif. Inilah sebabnya. Anak juga lebih mudah menerima konflik yg biasa terjadi dalam organisasi. Pada aspek sikap perilaku. Melalui acara memperingati hari Besar Nasional. melalui cerita bisa menghargai dan mencintai Bendera Merah Putih.minum keras. sehingga sangat merusak martabat bangsa Indonesia. anak menjadi pribadi yg berinisiatif tinggi karena ia merasa diperlukan oleh organisasinya. akan berusaha menjadi pribadi yg berguna.Kegiatan lain adalah memperingati hari besar nasional dengan kegiatan lomba atau pentas budaya. mengenalkan aneka kebudayaan bangsa secara sederhana dengan menunjukkan 12 . mengenal cara mencintai Bendera Merah Putih dengan merawat dan menyimpan dengan baik. Kegiatan seperti ini bisa diarahkan pada lima aspek perkembangan sikap perilaku maupun kemampuan dasar.

menyanyangi sesama dan makhluk Tuhan yang lain. Anak tentu saja mnjadi anugerah terindah bagi setiap orangtua. gambar rumah dan pakaian adat. serta mengunjungi museum terdekat. mudah dipahami dan dihafalkan. Namun. Menciptakan kedamaian bangsa adalah juga perwujudan rasa cinta tanah air. anak akan merasa senang. 13 . bisa jadi anak yang telah dibesarkan dan dididik sebaik mungkin.nilai moral dlm kehidupan. Memberikan pendidikan moral dan membentuk moral anak bisa dilakukan lewat story telling (dongeng). Bisa juga diintegrasikan dalam tema lain melalui pembiasaan sikap dan perilaku. menyayangi sesama penganut agama. serta lebih mudah hafal dan memahami pesan yang akan disampaikan guru. mnjadi anak yang tidak mengerti nilai. misalnya manjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. tidak cepat putus asa. mudah diucapkan. gembira. cepat dalam menghadapi dan memutuskan masalah. maka guru bisa menciptakan lagu sendiri yang sesuai untuk anak usia dini. mengenakan pakaian adat pada hari Kartini. Kegiatan membaca dongeng dan berdiskusi antara guru dan anak. Lagu sebaiknya yang bernada riang gembira. Guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan kreativitasnya di sekolah termasuk dlm menciptakan lagu.Dengan menyanyi apalagi jika diiringi dengn musik. anak terbiasa utk selalu riang dalam bekerja. Jika lagu wajib nasional dianggap masih terlalu sulit untuk anak.miniatur candi dan menceritakannya. ketika sang buah hati beranjak remaja atau dewasa. ini dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah. Lagu untuk anak usia dini biasanya dengan kalimat yang sederhana. mengenal para pahlawan melalui bercerita atau bermain peran. Tidak kalah menariknya adalah menanamkan rasa cinta tanah air melalui lagu. tenggang rasa dan menghormati orang lain. karena hal ini akan merangsang perkembangan otak anak.

diharapkan akan tersosialisasikan nilai-nilai nasionalisme. Secara geografis. Salah satu solusi jangka panjang menciptakan sistem ketahanan negara yang tangguh adalah melalui pendidikan bela negara. tetapi demi kepentingan masa depan bangsa Indonesia sendiri. sudah dikenal lama dan mungkin juga sudah familiar di telinga bangsa Indonesia. khususnya bagi bangsa Indonesia. di masa kini dan masa yang akan datang. Kekhilafan ini menyebabkan kita kurang memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi. Sementara itu. dan kontekstual. atau kebangsaan secara rasional. 14 . Dua samudra Hindia dan Pasifik. sejalan dengan kenyataan empirik yang berkembang saat ini dan menjadi satu kebutuhan Indonesia. untuk melakukan reorientasi sistem ketahanan nasional. Bukan saja karena ada kebutuhan dan tuntutan empirik-objektif kondisi wilayah Indonesia dan pluralisme sosial bangsa Indonesia. terhadap masa depan ketahanan negara Indonesia. Kesadaran kolektif ini akan menjadi fundamen ketahanan negara. Melalui pendidikan bela negara. melalui pendidikan bela negara.Penanaman Bela Negara Secara Global Sistem ketahanan negara. Hal paling menonjol dan perlu diperhatikan secara seksama. banyak yang khilaf mengenai letak bangsa Indonesia dari sisi yang lain. Di samping itu. maka setiap orang akan mengalami kesulitan mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam hidup berbangsa dan bernegara. adalah sesuatu yang sangat penting. ada dua letak Indonesia yang perlu mendapat perhatian seksama. objektif. Dalam konteks ini. adalah Indonesia berada pada persilangan dua kekuatan besar dunia. patriotisme. Kedua letak geografis ini. Pendidikan dimaksud sesuai amanat Pasal 30 UUD 1945 bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban untuk bela negara. Tanpa memerhatikan masalah seperti ini. Indonesia berada di persilangan dua benua Asia dan Australia. Pendidikan bela negara menjadi sesuatu yang wajib. diharapkan terbangun kesadaran kolektif bangsa Indonesia yang kuat dan kokoh.

Bahkan. telah menjadi satu ideologi dunia yang kuat dan kokoh. diakui atau tidak. Australia adalah negara benua yang memiliki haluan kapitalisme-liberalisme. letak ideologi. sudah memproklamasikan kemenangan kapitalisme-liberalisme dalam pentas peradaban dunia. Barang elektronik dan otomotif dari Cina. Negara sosialis ini muncul dan menggeliat. Hal ini. Indonesia sebenarnya ada di antara persilangan ideologi dunia yang berbeda. sudah merambah ke berbagai penjuru dunia. Setuju atau tidak. khususnya negara Cina. Kendati demikian. Ini adalah contoh bahwa Cina mulai menunjukkan kekuatan ekonominya di dunia. Indonesia merupakan negara yang berada di daerah persilangan ekonomi yang sangat besar. kita dapat menyebutkannya sebagai negara Barat yang ada di Timur. Ideologi kapitalismeliberalisme saat ini. setelah ideologi sosialisme runtuh. dengan adanya tarikan kedua ideologi itu. Sedangkan negara Cina.Pertama. Dari sisi mana pun. Peta persilangan ini menjadi sangat penting. Secara sederhana. masih mengedepankan sistem ekonomi sosialis. menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru dunia. sebagaimana yang berkembang di dunia Barat. Produk-produk Cina bermunculan menjadi kompetitor produk ekonomi Asia atau pabrikan Barat lainnya. Ekonomi-ekonomi negara Australia dan Singapura adalah negara-negara pengusung kapitalis. Di sebelah Timur ada Australia yang berhaluan liberalisme-kapitalisme. Kedua. akankah negara Indonesia 15 . Sementara. khususnya ditandai runtuhnya kampiun sosialisme Eropa yaitu Uni Soviet. di sebelah Barat Indonesia berbatasan pula dengan negara Asia yang memiliki ideologi sosialis-komunis. ditunjukkan munculnya Cina. letak ekonomi. khususnya bila dikaitkan dengan tarikan ideologi dunia terhadap kultur masyarakat Indonesia. keruntuhan Uni Soviet tidak serta merta diikuti melemahnya ideologi sosialisme. Indonesia ada di persilangan negara kapitalis-sosialisme. Francis Fukuyama 1998-an.

ternyata hanya dalam hitungan bulan mampu menunjukkan kebangkitannya kembali. IMF adalah instrumen kapitalisme global. Padahal. mengapa dapat terjadi seperti itu? Salah satu alternatif jawabannya adalah fundamental ekonomi Cina yang kokoh. dengan sistem ekonomi dunia atau sistem ideologi yang lainnya? Inilah pertanyaaan menarik untuk diperhatikan oleh setiap lapisan masyarakat Indonesia saat ini. Negara jiran Malaysia. temyata mereka dapat pulih kembali dengan cepat. Korea Selatan. selain memiliki wajah ekonomi kapitalis. 16 . Pada sisi lain. Terhadap kondisi ini. Tapi. mampu bertahan dari serangan badai krisis akut yang melanda dunia. namun Cina yang sosialis. sehingga sistem ketahanan negara di bidang ekonomi ini. Padahal. menghantam nilai Won Korea terlebih dahulu. tetapi memiliki wajah ekonomi syariah. krisis moneter akhir abad XX waktu itu. begitu kuat dan kokoh dari serangan krisis. Hal yang menarik. dengan ideologi kapitalisme Barat nya. Negara ini. yang merupakan salah satu negara yang terkena badai krisis ekonomi. perlu ditafsirkan dalam konteks ini. krisis nasional Indonesia merupakan satu pertanda permainan ideologi dunia yang sedang melanda bangsa Indonesia.terjebak dan hanyut dalam sistem ekonomi dunia atau sistem ideologi dunia? Apakah Indonesia akan memiliki karakteristik keunikan sistem kehidupan ekonomi dan kehidupan berbangsa yang berbeda. bukan hanya Korea Selatan yang kapitalis. Mahathir Muhammad di saat masih menjabat sebagai Perdana Mentri Malaysia adalah menolak bantuan IMF dalam memulihkan ekonomi mereka. Salah satu kebijakan politiknya. Artinya. sebelum menimpa Indonesia. justru Cina hampir tidak terkena badai krisis moneter tersebut. mampu menunjukkan kecepatannya dalam memulihkan krisis ekonomi nasionalnya. patut diajukan pertanyaan. Krisis multidimensi berkepanjangan yang menimpa bangsa Indonesia.

Australia menjadi negara terdepan dalam mengampanyekannya. dan kampanye antiterorisme. Dalam masalah perang melawan terorisme. kita menjadi bulan-bulanan politik dunia. Bahkan. campur tangan Australia dalam beberapa kasus kriminal di Indonesia. tidak terlepas dari pantauan Australia. Bagaimana Indonesia? Sekali lagi kita temukan. dalam operasinya. Australia sebagai negara Timur. Pada satu bulan terakhir. yang bernafsu menjadi polisi dunia di Asia Pasifik.Jika Korea dapat pulih dengan IMF. muncul dengan ekonomi syariah setengah hati. menjadi pendukung utama penyerangan ke Irak. 17 . Malaysia dapat pulih dengan menjauhi IMF. merupakan sebagian persoalan keamanan negara yang terpengaruhi oleh peran Australia yang berobsesi menjadi polisi dunia di wilayah Asia Pasifik. Autralia kerap memunculkan kebijakankebijakan yang kurang menyamankan bangsa Indonesia. angka 88 pun dihipotesiskan dan dinisbatkan kepada jumlah korban warga Australia dalam peristiwa bom Bali. akibat ketidakjelasan kepemihakan bangsa Indonesia. Dari sisi ideologi. Australia seolaholah menjadi saudara kembar Amerika Serikat dalam berbagai kampanye dunia global. statemen politik yang menyerang dan menyudutkan Indonesia. Australia kerap mengejutkan nurani bangsa Indonesia. Pembelian senjata perang jarak jauh. begitu semangat mendukung program-program globalisasi atau kapitalisme dunia. sudah sangat jelas. Indonesia adalah negara yang masih gamang. Akibatnya. Australia. bangkit dengan keunikan ekonomi koperasi sebagai sokoguru nasional Indonesia juga setengah hati. Sebagai satu negara kembar Barat yang ada di Timur. kampanye kapitalisme. Bukan hanya gamang dalam ideologi. Indonesia gamang. tetapi juga gamang dalam ekonomi. IMF diterima setengah hati. Dalam konteks pemulihan ekonomi nasional ini. Bahkan. kita tidak mudah keluar dari krisis nasional. Program antiterorisme atau Detasemen 88 milik Polri.

Realitas empiris inilah yang menjadi satu kebutuhan Indonesia untuk melakukan reorientasi sistem ketahanan nasional. sejalan dengan kenyataan empiris yang berkembang saat ini.Pendidikan bela negara Salah satu solusi jangka panjang menjaga keutuhan. karena pertama kebutuhan legal. Ketiga. Dengan 18 . setiap warga negara memiliki kewajiban bela negara. AS yang merasa kuat secara ekonomi dan militer. Sebagai contoh kasus penyerangan ke Irak. menjadi preseden dan indikasi bahwa negara yang kuat secara ekonomi dan militer. kemudian melaksanakan penyerangan ke Irak. dan kenyamanan hidup berbangsa dan bernegara. khususnya merujuk Pasal 30 UUD 1945. dan pertahanan keamanan nasional yang kuat dan kokoh. Dalam versi AS dan sekutunya. keamanan. solusinya adalah pendidikan kewarganegaraan melalui pendidikan bela negara. Untuk itu. potensial menjadi terorisme negara kepada negara-negara lain. Indonesia membutuhkan fundamental ekonomi. ancaman keamanan dan kenyamanan bangsa sangat rentan. Pendidikan bela negara ini menjadi penting. Terorisme dimaksud adalah terorisme negara dan teorisme kelompok. Negara besar yang kuat secara militer dan/atau kuat secara ekonomi-politik. khususnya dikaitkan dengan potensi ancaman di masa yang akan datang. merupakan ancaman yang potensial sebagai terorisme negara di masa yang datang. pelaksanaan pendidikan bela negara menjadi sesuatu hal yang legal dan dipayungi konstitusi negara yang sangat kuat. Kedua. Tanpa fundamental ketahanan nasional yang kuat. Oleh karena itu. kepentingan masa depan. sebagaimana merujuk pada penjelasan di atas. Hal demikian. budaya. ancaman terbesar dunia zaman sekarang ini adalah terorisme. Kendati tidak mengantongi izin PBB. pendidikan bela negara menjadi sesuatu yang wajib. Secara hukum. yaitu jika dikaitkan dengan kondisi empiris Indonesia yang berada pada persimpangan kepentingan dunia.

negara besar dapat menjadi negara teroris. 19 . tetap menjalankan teror kepada masyarakat Palestina. fasilitas politik. Sementara.mengatasnamakan melawan terorisme. serta fasilitas militernya dari AS. Palestina sampai sekarang tidak pemah merasakan kenyamanannya sebagai satu negara berdaulat. Bahkan. Israel dengan segala fasilitas hukum.

BAB III PENUTUP A. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti : a. Konsep bela negara pasal 30 UUD 1945 menyebutkan bahwa „Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”. 2. Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri c. Belajar dengan tekun pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan d. PMR dan Pramuka e. Konsep bela negara dapat diuraikan yaitu secara fisik maupun non-fisik. 4. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara 20 . Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti Paskibra. Melestarikan budaya bangsa f. Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti siskamling b. Perwujudan bela negara penting peranannya dalam usaha meningkatkan kesejahteraan dan stabilitas Negara Kesatuan Republik Indonesia. 3. Kesimpulan 1.

Dengan adanya semangat kebangsaan diharapkan Indonesia mampu dan tepat dalam pembenahan fasilitas. Saran Kesadaran dan kematangan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. politik. oleh karena itu marilah kita terus junjung nilai-nilai luhur bela negara yang telah diwariskan oleh kakek-nenek moyang kita. Dari mulai menumbuhkan semangat bela negara dalam kaum pemuda.B. Dimana kita lah para pemuda yang sangat menentukan nasib bangsa selanjutnya. 21 . Sehingga marilah kita para pemuda dengan semangat nasionalisme terus menjunjung harga diri dan kehormatan bangsa Indonesia yang sangat kita cintai. Mari kita menengok kembali bagaimana sejarah Indonesia telah membuktikan semangat para pemuda pada masa sebelum kemerdekaaan hingga zaman reformasi. dan hukum yang ditegakkan.

Jakarta.DAFTAR PUSTAKA Buku pegangan Pendidikan Kewarganegaraan PSIK UNDIP. Citra Delima. 22 . Jakarta Tim dosen UGM. Paradigma. Pengetahuan Tentang Penyelenggaraan Pertahanan Keamanan Negara. Yogyakarta http://organisasi. Sinar Grafika. CV. diakses tanggal 28 September 2011 http://www.scribd. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. 2011 Basrie. diakses tanggal 28 September 2011 UUD 1945 Setelah Amandemen Kedua Tahun 2000.org/kewajiban-bela-negara-bagi-semua-warga-negara-indonesiapertahanan-dan-pembelaan-negara. 1992.com/doc/7219558/Bela-Negara. Chaidir.2002.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful