Posted by Heru Prabowo Hadi S.Farm.

, Apt On Sunday, November 28, 2010 No comments DEFINISI BENTUK SEDIAAN OBAT Bentuk sediaan adalah bentuk formulasi obat hingga didapat suatu produk yang siap untuk diminum atau dipakai oleh penderita supaya tercapai efek terapi yang diinginkan

LARUTAN 1. Sediaan cair yang mengandung satu atau lebih bahan obat terlarut 2. Terdispersi secara molekuler dalam pelarut yang sesuai atau campuran pelarut yang saling bercampur.Contoh : sirup (± 60% gula)

EAR DROPS (tetes telinga) Bentuk sediaan : larutan. suspensi. . emulsi atau suspensidigunakan melalui telinga dengan cara diteteskan EYE DROPS ( tetes mata ) ediaan steril larutan atau suspensimengandung satu atau lebih bahan obatdigunakan pada mata. dalam bentuk tetesan kecil.SUSPENSI Adalah sediaan cair yang mengandung partikel padat tidak larut yang terdispersi (tercampur) dalam fase cair EMULSI Adalah sediaan cair sistem dua fase (minyak dan air) yang salah satu cairannya terdispersi (tercampur) dalam cairan lain.

INJEKSI (Suntik) sediaan steril yang disuntikkan dengan cara merobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau melalui selaput lendirMemberikan efek sistemik (langsung melalui peredaran darah) Paling ideal digunakan untuk pasien yang tidak sadar SEDIAAN PADAT KAPSUL Bahan kapsul terbuat dari gelatinditujukan untuk pemakaian oral. Terdapat 2 tipe kapsul -Hard gelatin capsul . .Soft gelatin capsul.

. Ada beberapa obat yang bersifat sustained release (lepas lambat) KAPLET Adalah Sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan berbagai pembawa (bahan tambahan) pembuatanya dengan cara memberikan tekanan (kompresi) massa seperti tablettetapi bentuknya seperti kapsul.TABLET adalah Sediaan padat yang merupakan kompresi dari bahan obat dengan berbagai pembawa (bahan tambahan).

Umumnya untuk pengobatan saluran cerna atau untuk batuk PASTILES Adalah Sediaan padat yang mengandung obat. lebih lunak dibanding lozenges. . dirancang untuk larut secara perlahan di mulut. LOZENGES adalah Sediaan padat yang mengandung gula sebagai pembawa bahan obat.PIL Sediaan oral padat berbentuk bulatmengandung satu atau lebih bahan obat yang terdispersi (tercampur) dalam pembawa.

. terpenetrasi oleh suatu cairan.SERBUK/PUYER Adalah campuran homogen (merata) dua atau lebih obat yang diserbukkan SEDIAAN SETENGAH PADAT SALEP Adalah sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir CREAM Adalah bentuk sediaan setengah padat mengandung satu atau lebih bahan obat terlarut atau terdispersi dalam bahan dasar yang sesuai. GEL Adalah merupakan sistem semipadat terdiri dari suspensi yang dibuat dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organik yang besar.

Contoh : sapo kalinus (sabun hijau) dan berbagai macam sabun IMPLAN (SUSUK) Adalah Silinder steril yang dimasukkan ke dalam jaringan tubuh diharapkan dapat melepaskan obat pada periode waktu tertentu. .EX : Gel pada Rambut. dll PASTA Adalah sediaan semipadat yang mengandung lebih dari 80% bahan padat.. SAPO (Sabun) Sediaan semisolid untuk pemakaian luarhasil dari proses penyabunan alkali dengan lemak atau asam lemak tinggi.

AEROSOL Adalah Bentuk sediaan spray yang digunakan dengan cara disemprotkan atau dihirup umumnya digunakan untuk pengobatan sesak atau asma.bobot dan bentukdigunakan dengan cara disisipkan di rectal (dubur). vagina atau uretraMemberikan efek lokal Suppositoria biasanya digunakan untuk obat wasir . SUPPOSITORIA Adalah sediaan padat dalam berbagai ukuran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful