5/21/12

PENGANTAR SISTEM BASIS DATA

SISTEM BASIS DATA  Suatu sistem menyusun dan mengelola recordrecord menggunakan komputer untuk menyimpan, merekam dan memelihara data secara lengkap, sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk proses mengambil keputusan.

 ^___~

Text (Accses) Menyatakan tipe data untuk menyimpan deretan karakter seperti nama orang Memo (Accses. TIPE-TIPE DATA 5/21/12 TIPE DATA KET Character (VB) . Text Untuk menyimpan (SQL) deretan karakter dengan ukuran yang besar (melebihi 256 karakter) Number (Accses). Numeric (VB) Untuk menyimpan data bilangan . Char (SQL). VB).

Bool (SQL) logika bener ato salah .TIPE DATA KET 5/21/12 Currency (Accses) Untuk menyimpan data uang Yes/ No (Accses). logical Untuk menyimpan data (VB).

Coba anda jelaskan letak perbedan sistem lama (tradisional) dengan sistem yang berbasis SBD !!!! @___@ PERBEDAAN SISTEM 5/21/12 FILE TRADISIONAL DENGAN SISTEM BASIS DATA .

. yaitu Menghilangkan data yang redundant atau rangkap.5/21/12 Komponen dasar sistem basis data 1.Data disimpan secara terintegrasi. . yaitu masing2 dari basis data dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan untuk aplikasi yang berbeda.Data dipakai secara share. Data .

data dari suatu organisasi berupa data yang disimpan di dalam sistem basis data. v Data masukan (input data) data dari luar sistem yang dimasukkan melalui peralatan input (misal : keyboard) yang dapat mengubah data operasional .Data dan hubungannya pada basis data  Data 5/21/12 operasional.

2. printer.data berupa laporan melalui peralatan output (misal : screen. Software (perangkat lunak) berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data fisik pada . 3. dan lainlain) sebagai hasil proses dari dalam suatu sistem yang mengakses data operasional. 5/21/12 Hardware (perangkat keras) terdiri dari semua peralatan komputer yang digunakan untuk pengelolaan sistem basis data.

Database Administrator (DBA) .4.Programmer .End User 5/21/12 . User .

Mengurangi kerangkapan data .data dapat dipergunakan bersamasama .integritas dapat dipertahankan .mencegah ketidak konsistenan .keamanan data dapat terjaga .5/21/12 Keuntungan dan kerugian sbd q Keuntungan SBD .keterpaduan data terjaga .

q Kerugian SBD 5/21/12 .kerusakan di sistem basis data dapat mempengaruhi departement yabg terkait .diperlukan tenaga yang terampil dalam mengelola data .diperlukan tempat penyimpanan yang besar .

Enterprise suatu bentuk organisasi. pabrik dan lain-lain Data sekolah  Mahasiswa Data Rumah sakit  Pasien Data Bank  Nasabah . seperti bank. universitas.5/21/12 Istilah2 yang digunakan dalam sbd A.

Entitas di lingkungan bank (simpanan. Entitas 5/21/12 Suatu obyek yang dapat dibedakan dengan obyek yang lainnya.B. nasabah.) kumpulan entitas disebut himpunan entitas Bank merupakan kumpulan Himpunan entitas nasabah .

Record/tuple .Nama_siswa. nama_nasabah D. Data value (nilai ato isi data) merupakan data actual atau informasi yang disimpan ditiap data elemen atau atribute E.C. Alamat Entity nasabah  atributnya adalah Kode_Nasabah. Atribute/field (karakteristik entitas tertentu) 5/21/12 Entity Siswa  Nim.

^__^ . Kunci elemen data sebagai tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. G.F. namun berbedabeda data valuenya. File 5/21/12 kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen dan atribute yang sama.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.