P. 1
Pengantar Sistem Basis Data

Pengantar Sistem Basis Data

|Views: 10|Likes:
Published by Aco Aan

More info:

Published by: Aco Aan on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2014

pdf

text

original

5/21/12

PENGANTAR SISTEM BASIS DATA

SISTEM BASIS DATA  Suatu sistem menyusun dan mengelola recordrecord menggunakan komputer untuk menyimpan, merekam dan memelihara data secara lengkap, sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk proses mengambil keputusan.

 ^___~

Char (SQL). Text Untuk menyimpan (SQL) deretan karakter dengan ukuran yang besar (melebihi 256 karakter) Number (Accses). TIPE-TIPE DATA 5/21/12 TIPE DATA KET Character (VB) . Text (Accses) Menyatakan tipe data untuk menyimpan deretan karakter seperti nama orang Memo (Accses. Numeric (VB) Untuk menyimpan data bilangan . VB).

TIPE DATA KET 5/21/12 Currency (Accses) Untuk menyimpan data uang Yes/ No (Accses). logical Untuk menyimpan data (VB). Bool (SQL) logika bener ato salah .

Coba anda jelaskan letak perbedan sistem lama (tradisional) dengan sistem yang berbasis SBD !!!! @___@ PERBEDAAN SISTEM 5/21/12 FILE TRADISIONAL DENGAN SISTEM BASIS DATA .

5/21/12 Komponen dasar sistem basis data 1.Data dipakai secara share. . yaitu masing2 dari basis data dapat diakses oleh pemakai dalam waktu yang bersamaan untuk aplikasi yang berbeda. . Data . yaitu Menghilangkan data yang redundant atau rangkap.Data disimpan secara terintegrasi.

Data dan hubungannya pada basis data  Data 5/21/12 operasional. data dari suatu organisasi berupa data yang disimpan di dalam sistem basis data. v Data masukan (input data) data dari luar sistem yang dimasukkan melalui peralatan input (misal : keyboard) yang dapat mengubah data operasional .

3. 2.data berupa laporan melalui peralatan output (misal : screen. printer. 5/21/12 Hardware (perangkat keras) terdiri dari semua peralatan komputer yang digunakan untuk pengelolaan sistem basis data. dan lainlain) sebagai hasil proses dari dalam suatu sistem yang mengakses data operasional. Software (perangkat lunak) berfungsi sebagai perantara (interface) antara pemakai dengan data fisik pada .

End User 5/21/12 .4. User .Database Administrator (DBA) .Programmer .

keterpaduan data terjaga .data dapat dipergunakan bersamasama .5/21/12 Keuntungan dan kerugian sbd q Keuntungan SBD .keamanan data dapat terjaga .Mengurangi kerangkapan data .integritas dapat dipertahankan .mencegah ketidak konsistenan .

diperlukan tempat penyimpanan yang besar .kerusakan di sistem basis data dapat mempengaruhi departement yabg terkait .diperlukan tenaga yang terampil dalam mengelola data .q Kerugian SBD 5/21/12 .

universitas. pabrik dan lain-lain Data sekolah  Mahasiswa Data Rumah sakit  Pasien Data Bank  Nasabah .5/21/12 Istilah2 yang digunakan dalam sbd A. Enterprise suatu bentuk organisasi. seperti bank.

Entitas 5/21/12 Suatu obyek yang dapat dibedakan dengan obyek yang lainnya.B. nasabah.) kumpulan entitas disebut himpunan entitas Bank merupakan kumpulan Himpunan entitas nasabah . Entitas di lingkungan bank (simpanan.

Alamat Entity nasabah  atributnya adalah Kode_Nasabah. nama_nasabah D. Data value (nilai ato isi data) merupakan data actual atau informasi yang disimpan ditiap data elemen atau atribute E.C. Atribute/field (karakteristik entitas tertentu) 5/21/12 Entity Siswa  Nim.Nama_siswa. Record/tuple .

F. Kunci elemen data sebagai tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. G. File 5/21/12 kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen dan atribute yang sama. ^__^ . namun berbedabeda data valuenya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->