SEPUTAR PENYAKIT SISTEM ENDOKRIN

Setiap tubuh seseorang pasti mengalami perubahan dan akan mempengaruhi fungsi sistem endikron dan sekresi (keluarnya) hormon. Berubahnya tingkat hormon bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti stress, infeksi, penuaan, genetik, dan lingkungan yang bisa merusak keseimbangan badan. Bila sistem endokrin tidak seimbang, ia akan terganggu dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan bisa merusak kesehatan kita lewat beragam cara.

Ada banyak penyakit sistem endokrin yang diakibatkan oleh gangguan pada sistem yang komplek ini. Di antara penyakit-penyakit yang sudah polpuler antara lain:  Gangguan pertumbuhan – Seseorang yang kelebihan hormon pertumbuhan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pada anak-anak kelebihan hormon pertumbuhan disebut gigantisme dan pada orang dewasa disebut ackromegali. Sebaliknya, bila anak-anak mengalami kekurangan hormon, ia akan mengalami kekerdilan.  Hyperprolactinemia – Sekresi prolaktin yang berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan produksi/keluarnya air susu ibu (galactoorhea) meski tidak mengandung atau tidak menstruasi (amemorrhea).  Kegagalan fungsi gonad (hypogonadisme) akibat kekurangan sekresi Hormon Peluteinan (LH) dan Hormon Perangsang Folikel (FSH). Keadaan ini biasanya sering dialami pria, yakni berupa kegagalan menghasilkan jumlah sperma yang normal.  Penyakit tiroid – Hormon tiroid yang berlebihan sebagai hasil dari kelenjar tiroid yang terlalu aktif disebut hyperthyroidisme. Hal ini akan menyebabkan badan meningkatkan keadaan metabolik yang naik. Kondisi ini akan mengabkibatkan

testosteron. jenis kedua terjadi akibat badan tidak mampu merespon insulin dengan normal. kegemukan.  Sindrom Ovari Polisistik – PholycysticOvary Syndrome (PCOS) adalah penyakit endokrin yang menyerang lebih kurang 5% jumlah wanita. dsb. emosi tidak stabil. Hal ini bisa menghalangi proses ovulasi dan menyebabkan ketidaksuburan. Ini terjadi bila struktur tulang menjadi semakin lemah dan kelihatan seperti retak atau patah.  Menopause . hilang konsentrasi. serta stroke. Wanita yang mengalami PCOS ini menghasilkan jumlah hormon seks lelaki (endogren) yang berlebihan. berpeluh.  Osteoporosis – terjadi baik pada wanita maupun laki-laki. Kekurangan estrogen menyebabkan badan terasa panas. Hypothyroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid kurang disekresi dari kelenjar tiroid yang kurang aktif.banyak sistem dalam tubuh mengembangkan fungsi yang tidak normal. tidak subur. Jenis pertama terjadi apabila pankreas gagal menghasilkan insulin yang mencukupi. vagina kering. dsb. Para penderita PCOS mungkin mengalami gangguan menstruasi atau malah tidak menstruasi. . berat badan meningkat. termasuk kekurangan hormon estrogen pada masa menopaus wanita. murung. Banyak faktor penyebabnya.Yakni masa perubahan badan di mana level estrogen. Ada banyak risiko jangka panjang yang bisa terjadi seperti penyakit kardiovaskular meningkat. Hal ini akan melambatkan proses-proses dalam tubuh dan mungkin mengakibatkan kepenatan. perubahan tingkat kolesterol. neuropathy dan kerusakan saraf. kebutaan. penyakit Alzhiemer. urin terganggu. risiko osteoporosis meningkat. dan sembelit. denyut jantung lemah. atau kekurangan hormon tetosteron pada laki-laki seiring bertambhnya usia. Penyakit kencing manis ini bisa menyebabkan gagal ginjal.  Penyakit kencing manis . Sementara. Penyakit ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan jangka panjang pada wanita. sakit jantung. dan progesteron semakin berkurang dan akhirnya sama sekali berhenti produksi. rambut yang tumbuh berlebihan. Penyakit kecing manis ada dua.Penyakit sistem endokrin yang sering kita dijumpai. Pada anak-anak. amputasi kaki. penyakit ini menyebabkan pertumbuhan yang lambat dan telatnya masa balig. kulit menjadi kering.

Tanpa sistem endokrin. Masalah ini timbul akibat rusaknya tangkai pituitari atau kelenjar pituitari posterior.  Ketidakcukupan Adrenal atau penyakit Addison. dan awet muda. adalah ramuan herbal yg bekerja untuk merangsang kelenjar pituitari sebagai pusat hormon agar dapat melakukan sekresi hormonal secara optimal dimana selanjutnya akan menyeimbangkan sistem hormon seluruh tubuh. jerawat. loyo. murung. dan perubahan psikologis. menjaganya dengan baik amatlah penting.  Sindrom Cushing – Yakni keadaan akibat hipersekresi [perembesan yang berlebih] glukokortikoid dari korteks adrenal. gagal pertumbuhan. Jadi. penat. Ada banyak penyakit sistem endokrin yang tidak dijelaskan di sini. kulit mudah lebam. problem seputar hormonal dapat teratasi. Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. kita perlu menjaga kesehatan sistem endokrin kita dengan baik. lesu. anoreksia. tekanan darah tinggi. Penyakitpenyakit tersebut dapat menyerang kesehatan kita. kekurangan/turunnya berat badan. kapan pun dan di mana pun. Penderita yang mengidap diabetes insipidus ini selalu merasa dahaga dan sering kencing. karena sistem ini sangat penting bagi hidup kita. lemah otot. tubuh kita tidak mungkin berfungsi. dan hiperpigmentasi. Yakni akibat rusaknya fungsi korteks adrenal dan secara langsung mengakibatkan kekurangan pengeluaran/sekresi hormon kortikosteroid adrenal. bugar. Konsumsi makanan yang sehat dan berkualitas. tubuh akan sehat. badan lemah. Maca max. Diabetes insipidus – Penyakit diakibatkan oleh kekurangan hormon antidiuresis. . Oleh sebab itu. muntah-muntah. Gejalanya antara lain termasuk kegemukan. Gejala-gejalanya antara lain. Dengan mengonsumsi Maca Max secara rutin.

Penanganan: kondisi ini bisa diatasi dengan radioterapi atau pengangkatan sebagian dari . Kelenjar endokrin (kelenjar dari sistem endokrin yang mengeluarkan hormon langsung ke dalam darah) utama adalah kelenjar hipotalamus. kelenjar adrenal (ginjal). Gangguan ini ditandai dengan gagalnya pertumbuhan.Gangguan Kelebihan dan Kekurangan Hormon Written by Ikarowina Tarigan HORMON mengontrol sejumlah fungsi esensial tubuh. dan respon terhadap penyakit dan stres. Gangguan fungsi kelenjar memengaruhi semua bagian tubuh yang distimulasi dan dikontrol oleh hormonhormon yang dikeluarkan kelenjar tersebut. keseimbangan garam dan cairan. Gangguan kelenjar endokrin mempunyai efek luas di seluruh tubuh. perkembangan seksual. pembesaran laring. kelenjar pituitari. tangan. termasuk aktivitas kimia sel-sel. Terlalu banyak. Pada orang dewasa. hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan berlebih pada tulang tengkorak. ovarium dan plasenta pada perempuan hamil. yang seringkali dikaitkan dengan kegagalan kematangan seksual. kelenjar tiroid. penebalan kulit dan suara yang kedengaran semakin dalam. Berikut beberapa gejala penyakit akibat kekurangan atau kelebihan hormon yang diproduksi kelenjar endokrin: Hormon pertumbuhan (growth hormone) Terlalu sedikit. hal ini bisa menyebab anggota tubuh (seperti tangan) tumbuh terlalu panjang. kaki. Penanganan: Gangguan ini bisa diobati dengan pemberian hormon pertumbuhan (dalam jumlah yang sangat sedikit). Terlalu banyak hormon pertumbuhan memicu pertumbuhan berlebih. pertumbuhan. Pada anak.

Hormon antidiuretik (anti-diuretic hormone) Terlalu sedikit. Terlalu banyak prolaktin bisa menghentikan siklus menstruasi. penghentian menstruasi pada perempuan. Parathormone . penambahan selera makan. Penanganan: Penggantian hormon yang hilang dengan dosis yang dikontrol sesuai keperluan. Penanganan: Pasien biasanya diatasi dengan pemberian hormon sintetis dalam bentuk nasal spray (semprot hidung). Terlalu sedikit. yodium radioaktif melalui mulut untuk menghancurkan sel-sel yang memproduksi tiroksin berlebih. Hormon selanjutnya akan diserap ke dalam darah. serta memicu ketidaksuburan. Prolaktin Terlalu banyak. serta operasi untuk mengangkat bagian kelenjar. Pada bayi. gangguan jni bisa dideteksi dan ditangani sejak dini. serta konstipasi. Gangguan ini ditandai dengan penurunan selera tetapi diikuti dengan berat badan berlebih dan pembengkakan tubuh. keletihan. membuat payudara menghasilkan susu dan menjadi lembek. Terlalu sedikit jenis hormon ini akan membuat ginjal gagal merespon hormon tersebut. Penanganan: Kondisi ini biasanya diatasi dengan penggunaan tablet untuk mengurangi produksi prolaktin. panas tubuh berlebih. Akibatnya produksi air seni yang tidak diencerkan semakin banyak (diabetes insipidus). Penanganan: Gangguan ini bisa ditangani dengan obat-obat antitiroid. Terlalu banyak tiroksin ditandai dengan penurunan berat badan. Dengan begitu. Hormon tiroksin Terlalu banyak.kelenjar. Bayi yang baru lahir perlu menjalani screening. gangguan ini bisa memicu kretinisme (kegagalan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental).

Di usia selanjutnya. Gangguan ini ditandai dengan gula darah tinggi. Kondisi ini bisa memicu penurunan berat badan. keletihan. Penggantian hormon yang hilang dengan suntikan setiap bulan. Gangguan ini ditandai dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan seksual serta tidak munculnya siklus menstruasi. Gangguan ini ditandai dengan pengeluaran air seni dalam jumlah besar. Gangguan ini ditandai dengan serangkaian jantung berdebar. Penanganan: Diet dengan cara mengurangi jumlah asupan gula merupakan langkah dasar mengatasi gangguan ini. gangguan pencernaan. Hormon seks perempuan Terlalu sedikit. gangguan ini bisa . Insulin Terlalu sedikit. perasaan takut. Adrenalin Terlalu banyak. Penanganan: Pemberian tablet vitamin D yang meniru aksi hormon yang hilang. denyut nadi yang cepat. peningkatan tekanan darah. Selain itu bisa dibantu dengan suplemen tablet antidiabetes atau suntikan insulin. Penanganan: pengangkatan tumor. perasaan tidak enak badan. batu ginjal. Gangguan ini ditandai dengan kejang otot. Penanganan: pengangkatan tumor yang memicu produksi adrenalin berlebih. Pada orang dewasa ditandai dengan impotensi atau ketidaksuburan. Gangguan ini ditandai dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan seksual.Terlalu banyak. perasaan haus dan pengeluaran air seni dalam jumlah besar. dan gangguan mental. Penanganan. kejang. Hormon seks laki-laki Terlalu sedikit. Terlalu sedikit. Hal ini akan memicu peningkatan tekanan darah permanen dan wajah menjadi pucat.

Surabaya. pankreas. yang dipaksa atau yang sakit menciptakan badan yang sakit dan komplikasikomplikasi yang tersembunyi. seorang penyembuh paling tidak harus memahami fungsi-fungsi kelenjar endokrin. pineal 6.menyebabkan menopause (karena kurangnya kadar hormon). Kelenjar-kelenjar itu amat mempengaruhi seseorang baik jasmani maupun rohani. Kelenjar yang terhambat. dan 8. Penanganan: Penggantian hormon dengan tablet. thyroid 3. dibantu dengan autosugesti. gonad Kelenjar-kelenjar ini disebut juga dengan kelenjar tanpa saluran. kelenjar tadi tidak mempunyai saluran untuk dilalui oleh hormon-hormon yang dihasilkan olehnya mencapai aliran darah. sehingga penyembuhan yang dilakukannya menjadi lebih sempurna. yang membahas mengenai kelenjar endokrin. adrenal 4. memperkuat fungsi kelenjar-kelenjar endokrin. Untuk itu. Kelenjar-kelenjar endokrin itu adalah : 1. Masing- . parathyroid 7. badan sehat dan panjang usia. karena keadaannya yang berbeda ddibandingkan dengan kelenjar yang lain. pituitari 2. berikut ini disajikan tulisan yang di ambil dari buku Patanjali Raja Yoga terbitan Paramita. Praktek samyama (teknik mengarahkan kesadaran) dalam cakra. Kelenjar yang sehat membuat tabiat normal. Kelejar Endokrin Dalam mempraktekkan seni Penyembuhan dengan Tenaga Prana. Kelenjar-kelenjar itu menyumbang pada sifat seseorang. kelenjar yang membentuk perangai. thymus 5. tahu kaitannya dengan penyakit yang sedang ditanganinya.

Kelenjar ini menghasilkan hormon yang merupakan pengatur kimia yang disebarkan oleh darah ke semua bagian tubuh. serta mengakibatkan rasa bosan dan kecewa. 2. fungsi indera penglihatan. Mereka yang mempunyai pituitari sehat akan tetap muda biarpun sudah berumur tujuh puluhan. Kekurangan hormon ini akan menyebabkan seseorang tidur terlalu banyak. penciuman. Kelenjar pituitari ini merupakan “diktator” dari semua sistim kelenjar endokrin. pendengaran. Bila tidak memiliki hormon ini maka akibatnya seseorang bersifat bodoh. Pituitari menghasilkan tak kurang dari duabelas hormon yang berbeda. Thyroid Terletak di leher tepat di depan batang tenggorok. Seorang praktisi yoga yang dapat menyelamatkan pituitarinya dari penyakit akan sangat maju. tulang belulang yang kuat. Hasil produksi kelenjar thyroid itu harus tetap berada dalam arus darah untuk melakukan . Satu di antaranya adalah pituitrin. atau sakit. sebuah hormon yang digunakan para dokter untuk menggiatkan kontraksi kandungan pada waktu kelahiran. Kesehatan pituitari menentukan efisiensi kelenjar endokrin yang lain. Orang yang sering gelisah dan sedih memiliki kelenjar pituitari yang tidak menghasilkan cukup hormon guna melayani otak. akan langsung mengurangi kegiatan dan kegembiraan. tempatnya amat disembunyikan oleh alam supaya aman terhadap benturan dari luar. Pituitari Terletak di dasar otak. sex pria yang sehat. sehingga setiap jam seluruh volume darah kita harus melalui kelenjar ini untuk dimuati lagi dengan hasil produksi kelenjar thyroid itu. delapan puluhan atau sembilan puluhan. tekanan mental saraf-saraf. Pituitari yang kurang mendapatkan makanan. kewaspadaan mental. yakni di belakang cakra tenggorokan. Jadi pituitari inilah yang mendorong kecerdasan dan bakat kreatif. Kalau terlalu banyak memiliki hormon ini akan mengakibatkan kegelisahan. Kelenjar ini didepan memiliki hubungan erat dengan pengeluaran hormon otak yang mendukung pemikiran abstrak. penampilan muda. 1. ia adalah kepala pengawas kimia tubuh. dibelakang cakra ajna. Pengaruh thyroid ini begitu penting untuk segenap tubuh kita (termasuk semua kelenjar yang lain).masing kelenjar endokrin tadi mengeluarkan hormonnya langsung dalam darah tanpa saluran sebagaimana kelenjar-kelenjar lain. Hormon kelenjar ini terkenal sebagai thyroxin yang mengandung sedikit yodin pula. kejengkelan dan sedih. hormon-hormon lain banyak hubungannya dengan tekanan darah.

Tanpa adanya thyroxin yang cukup dalam aliran darah. Pankreas Letak kelenjar endokrrin ini berdekatan dengan lambung. maka darah tidak mampu menggunakan gula dalam darah untuk keperluannya. Bila kulit nampak pucat. seseorang tidak dapat menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan kehidupannya. jadi dalam lingkup cakra solar plexus. yang adrenalnya tidak bekerja dengan semestinya. Daya tahan dan kekuatan luar biasa yang diperlihatkan pada saat-saat tertentu disebabkan oleh bantuan adrenalin itu sehingga memungkinkan munculnya prestasi luar biasa dalam keadaan darurat. Fungsi adrenal yang normal memberikan warna kemerah-merahan dan terang kepada kulit biarpun kulit itu berwarna gelap. 4. Fungsi utamanya adalah menggiatkan dan mengkoordinasikan setiap urat saraf. Jadi bila kelenjar ini tidak berfungsi dengaan baik. masing-masing menempel di atas ginjal sebagai topi. darah tidak dapat membakar gula untuk menghasilkan tenaga. Hormon yang dihasilkan dikenal sebagai adrenaline merupakan suatu zat kimia yang amat penting dalam tubuh. orang-orang demikian bermental lemah dan seolah-olah membunuh dirinya perlahan-lahan. setiap otot. Adrenal Kelenjar ini berpasangan. Ada suatu peribahasa yang mengatakan : kesedihan lebih mematikan daripada pembakaran. dalam keadaan darurat. Dengan perkataan lain. kisut. wanita belasan tahun mengembangkan semacam perangai tertentu bila thyroid dan kelenjar sex mereka tidak kembali menjadi normal setelah masa remaja yang kritis. . Kelenjar ini berdekatan dengan cakra meng mein. perasaan sedih itu menimpa seseorang. Kelenjar adrenal yang sehat merupakan alat kecantikan yang paling baik di dunia. Anak-anak. 3. Pankreas menghasilkan hormon pencerna yang disebut insulin. Tanpa hormon itu. kulit kelihatan segar. akan menimbulkan gejala diabetes (kencing manis). maka itu menandakan kurangnya aktivitas adrenal.proses pengeluaran semua sisa-sisa yang perlu dibuang. Warna dan mutu kulit merupakan suatu tanda dari cara bekerja adrenal itu.

maka anak itu akan kurang bertanggung jawab. 6. Fungsi thymus yang paling utama adalah pertukaran zat-zat mineral terutama kapur dan fosfor. Pineal Kelenjar pineal terletak di puncak kepala. Thymus Terletak di dada. Kelenjar ini memegang peranan yang penting pada perkembangan sex seorang anak. 7. Sebenarnya tidak ada suatu larutan mineral di dunia ini yang dapat . Tetapi sekarang diketahui bahwa ada semacam hubungan antara kelenjar pineal. Parathyroid Terdapat empat kelenjar parathyroid yang terletak pada bagian atas diantara amandel dan batang leher di kedua sisi kelenjar thyroid. bilamana tidak demikian. bila mereka terus menggiatkannya dengan melakukan samyama mereka pada salah satu cakra yang berdekatan dengan thymus. besarnya tidak lebih dari sebutir gabah dan memiliki fungsi yang paling rahasia di antara semua kelenjar endokrin. Sesudah masa remaja kelenjar ini seharusnya berhenti bekerja. otak dan alat kelamin. yakni dalam lingkup cakra jantung. Perilaku para praktisi yoga pada usia lanjut menjadi kekanak-kanakan karena thymus mereka masih bekerja. mudah marah dan tidak mengindahkan kebenaran. Hasil kelenjar ini menentukan pengangkutan kapur dari tulang ke dalam aliran darah dan jaringan otot. Keempat kelenjar para-thyroid itu menghasilkan hormon yang amat penting. Kelenjar parathyroid ini seolah-olah melepaskan kapur dari tulang dan menyalurkannya melalui aliran darah. Kelenjar ini mempengaruhi otak dan sangat mungkin kekuatan mental yang seimbang tergantung dari kelenjar pineal yang aktif dan terpelihara dengan baik melalui cara makan yang tepat. Jantung dan tenggorokan memiliki hubungan baik dengan kelenjar thyroid maupun parathyroid. Kadang-kadang kelenjar ini akan mengerut dan berisi sisa-sisa garam mineral yang dikenal sebagai “pasir otak”. Cakra mahkota dan ajna. Kadang-kadang kelenjar ini dianggap sebagai tempat bersemayamnya jiwa (descrates): lama sekali tempatnya tidak diketemukan.5. keduanya berkombinasi mempunyai hubungan dengan kelenjar pineal dan pituitari. yang mengatur banyaknya kapur dan fosfor dalam darah. hal ini diakibatkan karena kekurangan gizi.

Dengan mengatur testosterone orang dapat mengobati anak-anak yagn terlalu “tua” dan menghambat usia lanjut pada orang dewasa. menstruasi didahului dengan menderita “sakit kepala dan pituitari” yang akan hilang bila aliran menstruasi mulai berjalan. 8. .bermanfaat bagi tubuh kita bila tidak ada hormon parathyroid dalam arus darah untuk mengatur penyebarannya. Lemahnya parathyroid bisa mengakibatkan penyakit parkinson (yang mengakibatkan gemetar dan kelumpuhan kaki). khususnya pada pria yang sulit dioperasi karena usianya sudah lanjut. Gonad amat penting dalam kehidupan seorang wanita. Bahkan testosterone dapat menolong seorang wanita yang menderita kanker payudara. Gonad sex dipengaruhi oleh hormon pituitari dan thyroid. Hormon-hormon ini juga merupakan diktator yang menentukan apakah seorang wanita akan tetap langsing dan muda setelah menopause atau apakah ia segera akan berubah menjadi gemuk. Barangkali ini akan dapat membantu kita memperpanjang usia. dapat menggiatkan sel-sel otak yang lemah. Kekacauan ovari pada wanita sering ada hubungannya dengan gangguan pada thyroid. Hormon yang kuat ini dapat membangunkan otot yang lemah. Agar kelenjar ini bekerja dengan baik. Cakra ajna dan cakra sex kedua-duanya bertemu dalam gonad. Testosterone mempengaruhi pertumbuhan tulang. Hormon pria disebut testosterone. kita harus memperoleh kapur sepanjang hari melalui makanan kita. Banyak goncangan saraf disebabkan karena kekacauan parathyroid. gonad mengatur kehidupan jasmani dan emosi. orang memanfaatkannya untuk menyembuhkan patah tulang pada orang lanjut usia. Tanpa pituitari seorang wanita tidak akan menjadi dewasa. Hormon ini menentukan apakah ia akan mempunyai keturunaaan dan rumah tangga yang bahagia. misalnya dengan minum susu setiap hari. tua dan kurang menarik lagi. dapat memberikan zat-zat kepada otot jantung yang mengalami kemunduran. Hormon ini sangat penting bagi penderita prostat. ini dihasilkan oleh gonad pria yang sangat mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani seorang pria. Gonad atau kelenjar sex Kelenjar sex wanita disebut ovari. Ovari menghasilkan dua hormon estrogen dan progesterone. Pada banyak wanita. Progresterone mempersiapkan kehamilan seorang wanita. Tanpa estrogen perkembangan buah dada dan menstruasi akan kurang baik.

kita mempunyai delapan cakra pada tubuh kita yang sangat berdekatan dengan kedelapan kelenjar endokrin ini. Tumbuh-tumbuhan yang paling terkenal untuk memperoleh testosterone adalah sarsaparila yang memberikan berbagai hormon yaitu progeserone (hormon wanita). cortin (hormon yang sama seperti yang dikeluarkan oleh adrenal dan testosterone). . tetapi kesulitan kencing dapat diringankan. melainkan juga untuk nilai-nilai yang tinggi dalam kehidupan ini. Jadi dengan demikian. melainkan suatu kemunduran yang sedikit demi sedikit dalam hormon testosteronenya. Seorang yang berlatih yoga menjalankan sadhana (latihan spiritual) atau samyama (mengarahkan kesadaran) bukan hanya untuk kesehatan tubuh dan pikiran. amat jauh di luar itu semua.Dengan sendirinya hormon ini tidak dapat memperkecil prostat yang membesar. tetapi juga sesuatu yang diluarnya. perbuat atau makan mempengaruhi inti kehidupan kita. Dalam kenyataannya. Juga pria mengenal suatu periode perubahan pada kelenjar yang tidak begitu mendadak seperti pada wanita. yaitu sistem kelenjar-kelenjar endokrin ini. segala apa yang kita pikirkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful