P. 1
Kata Ganti

Kata Ganti

|Views: 368|Likes:
Published by Aag Menunggu Pagi

More info:

Published by: Aag Menunggu Pagi on May 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2014

pdf

text

original

Kata Ganti (Pronoun

)
1. Pengertian Kata Ganti Kata Ganti merujuk atau mengantikan Kata Benda (Noun), Orang dan Hal (Thing) dalam bentuk tunggal atau jamak yang telah disebut pada kalimat sebelumnya (antecedent). Contoh : My parents are serous about health. They say that beef is not good for me. "My parents" (antecedent) diganti dengan "they". Arti : Orang tua saya serius tentang kesehatan. Mereka berkata bahwa makan daging sapi buruk bagi saya. Tapi tidak semua Pronoun harus ada antecedent. Contoh : Everyone here earns over a thousand dollars a year. Arti : Setiap orang di sini mendapatkan lebih dari seribu dolar sehari Dalam hal ini, pronoun “everyone” tidak mengunakan antecedent 2. Jenis Pronoun Pronoun terdiri dari 8 (delapan) jenis, yaitu Personal, Demonstrative, Indefinite, Relative, Reflexive, Intensive, Interrogative, dan Reciprocal. A. Personal Pronoun (Kata Ganti Diri) Personal Pronoun terdiri dari 4 (empat) bentuk, yaitu: Personal Pronoun sebagai Subject, Object, Possessive (kepunyaan) dan Nominative possessive (kepunyaan nominative). Silahkan anda perhatikan table berikut ini: Personal Pronoun Subject I (Saya) You (Anda) We (Kita – Kami They (Mereka) He (Dia-pria) She (Dia – Wanita) It ( Dia-Benda) Contoh: 1. Mr. Bambang is an English teacher. He teaches his students well. They love him very much. Arti : Tuan Bambang adalah seorang guru bahasa Inggris. Dia mengajar siswa-siswinya dengan baik. Mereka sangat menyayangi dia. 2. My car is BMW. It is parked over there. Which one is yours? Arti : Mobil saya adalah BMW. Dia diparkir disana. Yang mana milik anda? Object Me (Saya) You (Anda) Us (Kita /Kami) Them (Mereka) Him (Dia-pria) Her (Dia –Wanita) It ( Dia-Benda) Possessive My (Saya) Your (Anda) Our (Kita / Kami) Their (Mereka) His (Dia-pria) Her (Dia – Wanita) Its ( Dia-Benda) Nominative Mine ( Milik Saya) Yours (Milik anda) Ours (Milik Kita/Kami) Theirs (Milik Mereka) His (Milik Dia Pria) Hers (Milik Dia Wanita) Its (Milik Dia Benda)

3. Your book is the red one. Hers is the blue one. Arti : Buku anda adalah yang berwarna merah.

Dengan tiga contoh di atas tentunya anda menjadi lebih tahu bagaimana cara mengunakan Personal Pronoun dalam kalimat. Perhatikan secara khusus posisi pronoun dalam kalimat, yaitu posisi He, They, It, Hers sebagai subyek. Apabila personal pronoun digabungkan dengan kata benda dengan bantuan and sebagai Kata Sambung (Conjuction) silahkan anda tulis seperti berikut ini. Contoh: 1. Selly and I are taking a course in Indonesian history. Arti Arti : Selly dan saya mengambil kursus sejarah Amerika. : Professor Lukman memberi semua buku nya kepada Selly dan saya. 2. Professor Lukman gave all her books to Selly and me. Perhatikan perubahan pronoun I pada kalimat pertama menjadi me pada kalimat kedua. Ketika diposisikan sebagai subyek kita mengunakan pronoun ”I” untuk kata saya, dan ”me” ketika diposisikan sebagai objek. B. Demonstrative Pronoun Kata-kata yang menunjukkan sesuatu (demonstrative) seperti this dan that menunjukkan keberadaan benda tunggal (singular) dan atau benda yang tidak bisa dihitung (uncountable noun). Kata these dan those menunjukkan keberadaan benda jamak (plural). Such bisa bertindak sebagai kata ganti (Pronoun) yang dianggap tunggal (singular). Perhatikan contoh berikut ini: Contoh: 1. That is incredible! Art Arti i: Itu luar biasa! (“that” menunjukkan sesuatu (tunggal) yang baru saja anda lihat) : Saya tidak akan pernah melupakan ini. (“this” menunjukkan suatu (tunggal) pengalaman 2. This is unforgetable. yang baru saja terjadi.) 3. These are expensive. Arti : Semua ini mahal harganya ( These menunjukkan beberapa (plural) barang yang sedang diperlihatkan ) 4. Those are reasonable. Arti : Itu semua beralasan ( Those menunjukkan beberapa (plural) hal yang sedang dicermati ) 5. Such is my belief. Arti : hal semacam itu merupakan keyakinan saya. (“such” menunjukkan suatu penjelasan (tunggal) yang baru saja dibuat). Ketika digunakan sebagai subject, this/that/these/those/such bisa digunakan untuk merujuk kepada hal (thing) juga orang. Contoh: 1. This is my father. Arti : Ini adalah bapak saya.

none. Indefinite Pronoun Indefinite pronoun seperti: everybody. Makna this. those. somebody. every. each. 3. These [kue yang ada di piring saya saat ini] are delicious (lezat). dan such menyangkut jarak letak dan waktu seperti contoh berikut ini: These cakes. Supaya jelas. dan one tidak mengantikan Kata Benda khusus tapi berfungsi sendiri sebagai Kata Benda. that. Such always fails. demonstrative pronouns juga bisa menunjukkan makna memandang rendah bersifat emosional seperti contoh berikut ini: Contoh: 1. Arti : Kepala sekolah mengskor murid-murid itu selama dua hari. anybody. these. Those cakes. This book. Selain itu. The principal suspended those students for two days. anda bisa gunakan “those” sebagai determiner seperti contoh berikut ini: 2. Mohon dihindari pengantian ini kalau belum ada kejelasan pengantian seperti contoh berikut ini. 2.2. 4. those. Pada beberapa contoh kalimat berikut ini These cakes. “those” bisa bermakna guru tapi juga siswa. C. That is my book. Arti : Mereka itu dulu manager kita. Contoh: . This book. all. That [buku yang ada di sana tepatnya di atas meja itu] is trash (sampah). 5. 3. dan such menjelaskan kata benda yang mengikuti. You're going to wear these? Arti Arti : Anda akan memakai ini? (“ these” menggantikan pakaian yang dipandang tidak layak) : Ini yang terbaik yang anda dapat lakukan? (“this” menggantikan tindakan yang dianggap 2. 4. Those cakes. The principal suspended those for two days Arti : Kepala sekolah mengskor mereka selama dua hari. Sebagai Determiner. This [buku yang ada ditangan saya ini] is well written (ditulis dengan baik. these. some. Arti : Ini semua adalah teman-teman saya. that. Arti : Itu adalah buku saya. This is the best you can do? dibawah standar) Untuk menegaskan makna emosionalnya biasanya pronoun seperti ini mendapatkan penekanan khusus dalam percakapan. These are my friends. dan That book tidak perlu disampaikan kata benda dengan syarat antara pembicara sudah sama-sama tahu benda yang dibicarakan sehingga penyampaian bahasanya bisa seperti berikut ini:. Arti : Hal semacam itu selalu gagal. Contoh: 1. this. and That book. Those were our managers. Contoh: 1. Those [kue yang ada di piring saya pagi ini] were even better (bahkan lebih baik).

2. much. Arti Arti : Sedikit akan dipilih. dengan Kata Kerja (studies) dalam anak kalimat. None is fresh. : Matematika yang berhubungan dengan perhitungan adalah mata pelajaran favorit saya. Arti : Pelajar yang belajar paling keras biasanya mengerjakan yang terbaik (“who” bermakna “yang”). Indefinite pronoun yang lain juga bisa berperan sebagai Determiner seperti: enough. 4. all. 4. many. Arti : Tak satupun berkualitas. Sedangkan perbedaan antara “who” dan “whom” is that “whom” merujuk object dan “who” merujuk kepada subject. few. some: Contoh: 1. Walaupun memiliki arti yang sama yaitu “yang” bukan berarti mereka dapat digunakan saling-mengantikan. Bentuk ini dikenal sebagai Indefinite relative pronoun. whatever. both. : Guru matematika kita yang baru yang paling saya sukai adalah Tuan Bambang. Arti : Beberapa berada di dalam botol. neither. Math. Dari contoh di atas anda tahu bahwa “that” dan “which” merujuk kepada kata benda selain orang dan “who” merujuk orang. dan antara “who” dan “whom”. less. every. : Sedikit yang diharapkan. Anda harus bisa memilih secara benar antara “which” dan “that” . each. D. Arti : Tak satupun segar. Bambang. Few will be chosen. None are qualified. Little is expected. lebih sedikit akan selesai. Perbedaan antara “that” dan “which” adalah pengunaan koma pada “which”. Kata “who” menghubungkan subject. more. none. most. fewer will finish. which deals with calculation. either. whomever. Our new math teacher whom I like best is Mr. 3. student. Our new math teacher who lives next door comes from Malaysia. Relative Pronoun Relative pronouns seperti who. dan that menghubungkan sekelompok kata dengan Kata Benda atau Kata Ganti lainnya seperti pada contoh berikut ini: Contoh: The student who studies hardest usually does the best. little. any. 2. Math that deals with calculation is my favorite subject. Bentuk lain dari relative pronoun adalah whoever. 3. whoever. is my favorite subject. Some is in the bottle. Maksud dari “indefinite” adalah “tidak pasti”. : Guru matematika kita yang baru yang tinggal di sebelah berasal dari Malaysia. . Arti Arti Arti Arti : Matematika yang berhubungan dengan perhitungan adalah mata pelajaran favorit saya. several. Arti : Beberapa berada di dalam ruang kelas. 2.1. Some are in the classroom. which. Untuk lebih jelas silahkan pelajari contoh berikut ini: Contoh: 1. fewer.

Demikian juga dengan “what” yang juga merupakan sebuah indefinite relative pronoun seperti contoh berikut ini: Contoh: 1. and I have deceived ourselves into believing in my uncle. yourself. Reflexive Pronoun Reflexive pronouns seperti myself. 2. They always say what they want. herself. Basuki dan saya telah menipu diri kami sendiri dengan percaya pada paman saya. Arti Arti Arti : Dia akan mengatakan apa yang anda perlu tahu. ourselves. ourselves. : Siapapun yang melintasi galis ini pertama kali akan memenangkan balapan itu. Contoh: 1. He seemed to say whatever came to mind. Basuki. Students who cheat on this quiz are only hurting themselves. : Dia tampaknya berkata apapun yang terlintas dipikirannya. F. 4. : Dia memerintah saya apa yang saya seharusnya lakukan. She encouraged herself to do well. You paid yourself a million dollars? 3. .Beberapa contoh berikut ini memberikan penjelasan kepada anda mengapa mereka dianggap indefinite. dan themselves terdiri dari personal pronoun ditambah dengan self atau selves yang menitik beratkan pada sebuah kata benda. Arti Arti Arti : Pelatih akan menyeleksi siapapun yang dia senangi. yourself. 3. She will tell you what you need to know. Contoh: 1. 2. Arti Arti Arti Arti Arti : Siswa-siswa yang menyontek pada quiz ini hanya menyakiti diri mereka sendiri. himself. Intensive Pronoun Intensive Pronouns seperti myself. dan itself menunjukkan bahwa subject terkena aksi dari verb. E. : Anda bayar sendiri satu juta dolar? : Dia mendukung dirinya sendiri untuk melakukan dengan baik. 3. : Toni. 5. Toni. herself. : Mereka selalu berkata apa yang mereka ingin. He told me what I should do. themselves. You and Clara have deceived yourselves. 2. : Anda dan Clara telah menipu diri anda sendiri. Whoever crosses this line first will win the race. The coach will select whomever he pleases.

G. 2.Contoh: I myself don't know the answer. We know who is guilty of this crime. What is that? 2. dan what digunakan untuk membuat pertanyaan Contoh: 1. Arti: Jika Anton memberi Siti sebuah tas sebagai hadiah and Siti memberi Anton sebuah tas sebagai hadiah. Interrogative Pronouns memainkan peran sebagai subject pada klausa yang dibangun. Arti : Apa itu? Arti : Siapa yang akan menolong saya? Arti : Yang mana yang anda lebih suka? Interrogative Pronouns juga berperan sebagai Determiner: Peran determiner pada contoh di atas disebut dengan Interrogative Adjectives. Arti : Ibu saya dan saya saling memberi hadiah. Contoh: 1. Apabila lebih dari dua orang yang terlibat kita mengunakan one another. Which do you prefer? Contoh: It doesn't matter which books you buy. If Anton gave Siti a bag as a present and Siti gave Anton a bag as a present. Contoh: 1. Interrogative Pronouns membuat Noun Clause. Club members share opinions one another. Arti He doesn't know whose car he hit. . Sangat mungkin sebuah Intensive Pronoun mendahului Kata Benda yang dirujuk. : Saya telah menceritakan kepada detektif apa yang saya tahu. which. Reciprocal Pronoun Reciprocal pronoun terdiri dari each other dan one another. Who will help me? 3. dan seperti relative clause. My mother and I give each other presents. I already told the detective what I know about it. Sama seperti Relative Pronoun. Arti Arti : Kita tahu siapa yang bersalah pada kejahatan ini. Arti : Dia tidak tahu mobil siapa yang dia tabrak. Contoh: 3. H. 2. : Tidak masalah bir yang mana yang anda beli. Interrogative Pronoun Interrogative Pronouns yang terdiri dari who. Bentuk ini cocok untuk mengabung ide-ide. Arti : Saya sendiri tidak tahu jawabannya. Kita bisa mengatakan bahwa mereka saling memberi tas satu dengan lainnya.

dengan lainnya. : Pegawai-pegawai di departemen ini sering mengunakan peralatan kantor milik satu 2. Arti Arti : Mereka saling meminjam ide-ide milik satu dan lainnya. Kata Benda (noun) .Arti : Anggota club berbagi pendapat satu dengan yang lainnya. bentuk pada setiap jenis. Pengetahuan ini akan sangat bermanfaat sewaktu anda membangun kalimat-kalimat dengan aturan gramatika yang benar. dan artinya. posisinya dalam kalimat. They borrowed each other's ideas. The employees in this department often use one another's office equipment. Reciprocal pronoun bisa juga dalam bentuk Kepunyaan (Possessive): Contoh: 1. Anda telah memahami secara baik tentang Pronoun khususnya tentang jenis.

tempat. committee. God. Malaysia. atau ide.Kata Benda (noun) merupakan nama orang. team. a few dishes. Middle East. Buddhism. yang memberinama untuk benda yang tidak bisa dihitungseperti water. b. Spanish. Sekelompok huruf yang berkaitan dapat bertindak seperti kata benda tunggal di dalam kalimat. herd. Noun Clause berisikan subject dan kata kerja dan bisa melakukan apapun yang Kata Benda dapat lakukan seperti contoh berikut ini: Contoh: What he does for this town is a blessing. Presbyterianism. • the very difficult problem. He got into trouble. biasanya kata benda yang ditemani modifiers. Arti : Pengalaman adalah guru terbaik. Contoh: a. Kata Benda Proper ini ditandai dengan huruf besar pada awal kata. Jerusalem. Arti Arti : Dia mendapatkan masalah (non-count) : Dia memiliki banyak masalah (countable) Arti : Menantu perempuan. class. Arti Arti : pesanan pembelian yang penting : masalah yang sangat sulit itu Terdapat bagian terpisah pada kombinasi kata yang menjadi Compound Noun: c. Kata Benda Umum (Common nouns) memberi nama terhadap benda lainnya dan biasanya tidak diberi huruf besar pada awal kata. adalah sekelompok kata yang bertindak sebagai kata benda: Contoh: • the important purchase order. Contoh: • daughter-in-law Jenis Kata Benda Kata Benda dikelompokkan dalam kata benda bisa dihitung (count nouns). Phrase kata benda (Noun Phrase). He had many troubles. blood. Queen Marguerite. tempat.Apapun yang ada dan dapat dinamakan itulah kata benda. a dozen buildings. air. Arti : Apa yang dia perbuat untuk kota ini adalah sebuah anugrah. Sesuai dengan namanya kata benda ini memberi nama untuk barang-barang yang bisa dihitung. dan barang seperti Carlos. the Republican Party. Harus dipahami secara baik bahwa beberapa kata bisa menjadi baik count noun ataupun non-count noun tergantung pada bagaimana mereka digunakan dalam kalimat. Ada lagi yang disebut kata benda proper (proper noun) yang merupakan nama khusus orang. Jenis lainnya adalah kata benda yang tidak bisa dihitung atau disebut dengan non-count nouns. two continents. seperti four books. Experience (non-count) is the best teacher. yang berbentuk seperti tunggal tapi terdiri dari lebih dari satu individu orang atao barang seperti jury. barang. Bentuk ini dinamakan Noun Clause. Kata-kata count noun atau non-count noun ditentukan apakah mereka digunakan dengan artikel dan determiner atau tidak. Jenis yang lain adalah kata benda kolektif atau sering disebut sebagai collective nouns. Kita bisa menulis . energy.

yang berakhiran dengan huruf s dimana kita hanya menambahkan apostrophe saja. COUNT NOUN Amati disekitar ruang kelas dimana anda sedang duduk. Sekarang sebutkan bagian-bagian dari ruangan itu sendiri. Apakah dia sebagai subyek. windows. door." Bentuk Kata Benda Kata Benda bisa berupa kasus subjektif. • He chose the American professor [object]. Hampir semua kata benda berubah bentuk ketika mereka berubah bentuk menjadi jamak. backpacks. : tapi juga bisa Beberapa teks akan memasukkan kategori kata benda abstrak (abstract nouns) yaitu kata benda • The American professor's [possessive] car is green. bookcases." • "The skirmish disrupted the peace that had settled over the countryside. wall. Count nouns bisa dijamakkan. chairs. kepunyaan. desks. Kata benda sebagai subyek dan sebagai objek berbentuk sama tapi untuk kepunyaan memiliki bnetuk yang berbeda. hijau. biasanya hayan ditambah dengan -s atau -es. students. keyboards. projector. dan objectif.  justice. books. Kita bisa mengunakan ungkapan seperti: Contoh: Arti : Profesor Amerika itu tinggi. notebooks." Arti yang tidak bisa kita lihat: Contoh:  warmth.  peace.  grief. sesuatu yang anda bisa lihat. pens. flag. Abstract noun sering kali menjadi masalah bagi penulis yang non native speaker karena mereka dapat muncul dengan determiner atau tanpa determiner. Floor. chalkboard. Arti : Mobil professor Amerika berwarna . computers.Contoh: "He got into troubles. Kata kasus disini diartikan peran sebagai kata benda pada kalimat. Mereka semua adalah COUNT NOUNS. kepunyaan atau objek? Contoh: • The American professor [subject] is tall. Biasanya kita mengunakan apostrophe ditambahkan dengan huruf s (kecuali untuk kata benda jamak. lights. Sebutkan nama-nama benda yang dibawa oleh pelajar dan guru ke dalam ruang kelas tersebut.. Seperti kalimat berikut ini: Contoh: • "Peace settled over the countryside. clock. Arti : Dia memilih professor Amerika. ceiling.

a. • Singular count nouns dapat didahului dengan this dan that dan dengan every. any. Demikian pula dengan Frase amount of . a or an dengan singular count-nouns. Frase number of ditemani oleh count nouns. Berikut ini adalah daftar Mass Nouns yang tidak bisa dihitung. dan zero article. enough. a few bottles • Count nouns. either. dapat didahului oleh definite and indefinite articles — the dengan baik singular maupun plural. baik singular ataupun plural. each. few bottles c. Mass (non-count) Nouns. • Plural count nouns dapat didahului dengan these and those dan dengan some. many bottles b. • Count nouns tidak bisa didahului dengan much. and neither.  cloth (pakaian)  ice (es)  plastic (plastik)  wool (wol)  steel (baja)  aluminum (aluminium)  metal (besi)  glass (kaca)  leather (kulit)  porcelain (porselen)  hair (rambut)  dust (debu)  air (udara)  oxygen (oksigen)  Water (air)  milk (susu)  wine (anggur)  beer (bir)  cake (kue)  sugar (gula)  rice (beras)  meat (daging)  cheese (keju)  flour (tepung)  Reading (bacaan) .

 boating (berperahu)  smoking (merokok)  dancing (menari)  soccer (sepak bola)  hockey (hoki)  weather (cuaca)  heat (panas)  sunshine (sinar mentari)  electricity (listrik)  biology (biologi)  history (sejarah)  mathematics (matematika)  economics (ekonomi)  poetry (puisi) Chinese (Bahasa Cina)  Spanish (Bahasa spanyol)  English ( Bahasa Inggris)  luggage (barang bawaan)  equipment (perlengkan)  furniture (perabotan)  experience (pengalaman)  applause (tepuk tangan)  photography Fotografi)  traffic (lalu lintas  harm (kerusakan)  publicity (publisitas)  homework (pekerjaan rumah)  advice (nasehat) • Pada umumnya mass noun tidak bisa dijamakkan. non-count nouns of the second column (foodstuff) dijamakkan ketika kita mengunakan mereka untuk mengungkapkan tipe benda: Contoh: a. There are new wines being introduced every day. : Air-air di lautan Atlantik jauh lebih hangat pada tahun saat ini. . c. Arti Arti : Ada anggur-anggur baru yang diperkenalkan setiap hari. The waters of the Atlantic are much warmer this time of year. b. The Dutch are famous for their cheeses.

: Gula manis. b. each. Arti Art Arti : cahaya mentari itu : sebuah pengalaman : sebuah anggur Arti Arti Arti : Sangat merusak : Sedikit merusak : Sedikit merusak • Dipandang tepat untuk mendahului non coun noun dengan a definite atau indefinite article. and neither. d.  Abstract Nouns  Berikut daftar Abstract Nouns. • Kita dapat mengunakan ungkapan-ungkapan: Contoh: a. enough. an experience c. every. this. Tapi mereka sering pula muncul dengan zero article: • Mass noun dapat didahului dengan some. a wine Contoh: a. Experience is the best teacher. either. much harm b.Arti : Belanda terkenal dengan keju-keju mereka. those. Poetry is beautiful. Sugar is sweet. : Puisi indah.  Peace (perdamaian)  warmth (kehangatan)  hospitality (keramahan)  information (informasi)  anger (kemarahan)  education (pendidikan)  melancholy Melankoli)  softness (kelembutan)  violence (kekerasan)  Conduct (perbuatan)  courage (keberanian)  leisure (kesenangan)  knowledge (pengetahuan)  safety ( keamanan) . c. : Pengalaman merupakan guru terbaik. any. that. and much. • Disebabkan mereka tidak dapat dihitung. Arti Arti Arti Arti : Merokok buruk buat anda. the sunshine b. Smoking is bad for you. a little harm Contoh: a. mass nountidak bisa didahului oleh these. little harm c.

Sebaliknya. shopping (perbelanjaan)  justice (keadilan)  chaos (kekacauan)  progress (kemajuan)  Speed (kecepatan)  experience (pengalaman)  time (waktu)  friendship (persahabatan)  trouble (masalah)  work (pekerjaan)  culture (Budaya)  virtue (Kebajikan)  Taste (Rasa)  evil (setan)  liberty (kemerdekaan)  democracy (demokrasi)  death (kematian)  grief (duka cita)  piety (kasihan) • Karena mereka bermakna ide atau concept. Arti Arti Arti : Kedukaan-kedukaan negara ini terlalu banyak untuk dirasakan. : Para editor mengambil kebebasan-kebebasan dengan prosa kami. c. She formed many friendships at college. agak sulit untuk melihat bagaimana abstract nouns bisa dijamakkan. b. The griefs of the nation are too much to bear. the abstract nouns pada kolom kedua bisa dijamakkan. Sebenarnya banyak diantara mereka yang tidak bisa dijamakkan. kita memaknai kata benda sebagai sesuatu yang spesifik maka kata tersebut menjadi count noun. Sebagai contoh kata experiences. • Dalam hal quantifiers dan kata yang mendahului kata-kata ini.Count Noun juga dapat berperan sebagai Mass Noun Jika kita memaknai sebuah kata benda sebagai sesuatu yang umum dan abstrak maka kata tersebut menjadi mass noun. The editors took liberties with our prose. Bagian dibawah ini memberitahu kita apa yang terjadi kalau abstract noun dijamakkan: Contoh: a. Ketika saya berkata: . kita bisa memperlakukan abstract nouns layaknya non count noun. : Dia membentuk banyak persahabatan di kolij.

skis (Ski) Kata-kata yang berakhiran seperti bunyi-ch. Arti : Posisi ini membutuhkan pengalaman. s or s. sebuah hal yang orang perlu miliki untuk melamar pekerjaan tersebut. Contoh: I hate it when a meeting is nothing but talk. Perbincangan ini merupakan kejadian yang bisa dihitung. envy. kata tersebut bukanlah kata yang bisa dihitung. Arti : Saya memiliki banyak pengalaman yang mengerikan sebagai seorang pilot. Evils bermakna dosa-dosa khusus — pride. sloth. Contoh: This position requires experience.witches (penyihir) • box . Contoh: The talks will take place in Jakarta Convention Center.people (masyarakat) • goose . ia lebih mirip sebuah ide. Bentuk plural kebanyakan kata benda diciptakan hanya dengan menanbahkan huruf s. Plural yang dibentuk dengan cara seperti ini disebut mutated (or mutating) plurals. Contoh: • child – children (anak-anak) • woman .women (wanita) • man . x.men (pria) • person .mice (tikus) • barracks .buses atau busses (bus) Terdapat beberapa kata benda yang memiliki bentuk plural yang tidak beraturan. Arti : Pembicaraan-pembicaraan tersebut akan terselenggara di Jakarta Convention Center. gluttony — tapi evil bermakna ide umum dari sifat buruk. Jika saya berkata.Contoh: I had many horrifying experiences as a pilot. Jika saya menulis. and everyone's favorite. Saya mengunakan kata tersebut dengan cara yang abstrak.geese (angsa) • mouse . Saya merujuk kepada ide abstrak dan umum dari perbincangan yang tidak efisien. membutuhkan -es untuk membuat plural: Contoh: • witch . terdapat kata benda yang menjaga bentuk Latin dalam plural: . Contoh: • snake – snakes (Ular) • ski . Arti : Saya benci ketika sebuah rapat tidak ada apa-apanya selain ngobrol.barracks (barak) • deer – deer (rusa) Dan akhirnya. Kata talk sekarang menjadi tidak bisa dihitung.boxes (kotak) • bus .

Arti Arti : Berita itu buruk. • Fifty percent of the students have voted already. • Gymnastics is fun to watch.cacti atau cactuses (kaktus) • thesis .Contoh: • nucleus – nuclei (inti) • syllabus .foci (fokus) • fungus . : Olahraga senam menyenangkan untuk ditonton. kata itu dipandang singular apakah kata tersebut mengunakan bentuk tunggal atau tidak.crises* ( krisis) • phenomenon – phenomena (fenomena) • index . Arti : Celana saya robek Arti : Guntingnya dicuri. Arti : satu setengah dari fakultas memiliki doktor.fungi (jamur) • cactus . Arti : Satu setengah dari fakultas pensiun semester ini. • One-half of the faculty have doctorates.appendices atau appendixes (lampiran) • criterion – criteria (Kriteria) Kata benda yang muncul dalam bentuk plural tapi mengunakan kata kerja singular: Contoh: • The news is bad. angka bertindak secara individu: Contoh: • Fifty thousand dollars is a lot of money. Contoh: • Faces is the name of the new restaurant in Bandung.indices atau indexes (indeks) • appendix . • Her scissors were stolen. Ungkapan angka biasanya singular tapi bisa menjadi plural jika individu-individu dalam kelompok • The glasses have slipped down his nose again.theses (ini) • crisis . : Chelmsley adalah perusahaan yang terbaik di kota. • Postcards is my favorite novel. Arti : 50% mahasiswa telah memilih. Apabila sebuah kata benda bermakna judul sesuatu atau menjadi sebuah kata yang digunakan. • Chelmsley Brothers is the best company in town.syllabi (Silabi) • focus . Arti : 50 Ribu Dolar adalah uang yang banyak. . • One-half of the faculty is retiring this semester. Arti: Kaca mata itu melorot di hidungnya lagi. Dan kata benda tampak singular tapi mengunakan bentuk plural dan selalu mengunakan kata kerja plural: Contoh: • My pants are torn. Arti Arti : Faces merupakan nama restoran baru di Bandung.

Nama Olah raga. Contoh: • knife . Nama Perusahaan.kita perlu menganti y .lives (kehidupan) • self . Nama Keluarga. Arti : Media itu penting untuk bisnis.Kennedys Kata-kata yang berakhiran dengan o : Contoh: • potato – potatoes (kentang) • hero – heroes (pahlawan) • memo .leaves (daun) • life .selves (diri sendiri) • elf – elves (kurcaci) Tapi ada pengecualian: Contoh: • dwarf . dengan i dan menambahkannjuga es Contoh: • baby – babies (bayi) • gallery – galleries (galeri) • reality – realities (realitas) Aturan ini tidak berlaku untuk proper nouns: Contoh: • Kennedy .memos (memo) • cello . • The media is important for business. Collective nouns Arti : Data saya lenyap.dwarfs (orang kate) • roof – roofs (atap) Collective Nouns.knives (pisau) • leaf .Arti : Poscards adalah novel favorit saya. Kebanyakan penulis sepakat bahwa kata-kata data dan media merupakan are Latin plurals dan harus digunakan sebagai kata jamak.cellos (cello) • stereo – stereos (stereo) Kata-kata yang berakhiran dengan -f atau -fe biasanya berubah dari bunyi f menjadi bunyi v dan ditambah s or -es. Kata-kata yang berakhiran y dimana y didahului dengan huruf konsonan . Akan tetapi bentuk latin tunggal dari kata-kata tersebut jarang digunakan: datum dan medium. Malah kebanyakan penulis dewasa ini mengunakan kata data dan media sebagai tunggal Contoh: • My data is lost.

Pada umumnya nama band dan kelompok musik bisa mengunakan kata kerja jamak dan singular.” Para hakim datang dan mengambil kursi mereka. kita bisa berkata: Contoh: "A dozen is probably not enough. The beatles adalah beberapa dari penyanyi-penyanyi paling terkenal dalam sejarah. Contoh lain • " The jury delivers its verdict.merupakan kata benda yang kita anggap singular kalau mereka bertindak atas nama kelompok dan jamak ketika kita menganggap mereka bertindak mewakili sebagian mereka seperti contoh berikut:  audience (audiens)  band (band)  class (kelas)  committee (panitia)  crowd (keramaian)  dozen (lusin)  family (keluarga)  flock (gerombolan)  group (kelompok)  heap  herd (gerombolan)  jury (hakim)  Kind (jenis)  Lot (banyak)  [the] number (jumlah)  public (publik)  staff (staf)  team (tim) Jika kita berbicara tentang telur. Tapi jika kita berbicara pesta dengan teman: . • “The jury came in and took their seats. Contoh: "The Mamas and the Papas were one of the best groups of the 70s" and "Metallica is my favorite Arti : Selusin akan singgah sore ini. • “ The Beatles were some of the most famous singers in history. Arti : Selusin mungkin tidak cukup." Contoh: "A dozen are coming over this afternoon. Hakim membacakan keputusan.

Contoh: • "The Chambers are coming to dinner" Arti : Keluarga Chamber akan datang untuk makan malam (bukan the Chamberses)." Contoh: ” So. the Rodriguezes. Collective nouns merupakan count nouns yang bermakna mereka sendiri bisa dijamakkan: Contoh: • A university has several athletic teams and classes. • One of the students in this room is responsible." Arti : The Mamas and the papas adalah salah satu kelompok terbaik era 70-an. Gray. karena bisa membuat makna kepunyaan. Walau demikian "A number. Contoh: • One of the reasons we do this is that it rains a lot in December Arti : Salah satu dari alasan kami melakukan ini adalah bahwa hari sering hujan di bulan Desember. kita pergi mengunjungi keluarga Smith. Contoh: "The number of applicants is steadily increasing. or z. . Arti : Salah satu dari mahasiswa di ruang ini bertanggung jawab." Arti : Jumlah pelamar meningkat secara pasti. seperti pada the Marches. x. ch. Apabila sebuah nama keluarga berakhiran dengan s. we go to visit the Smiths. etc." Arti: Beberapa ada disini untuk menemui predisen. Arti : Jadi. • The immigrant families kept watching over their herds. Apabila proper noun berakhiran dengan "s" dan pelafalan bunyi keras "z". Apabila sebuah nama keluarga ( proper noun) dijamakan kita hampir selalu menambahkan "s. dan lain-lain. Arti : Keluarga-keluarga imigran terus menjaga gerombolan-gerombolan mereka. • A number are here to see the president. Arti: Ada beberapa mahasiswa di lobi. sh." merupakan bentuk plural: Contoh: • "There are several students in the lobby.band. Kennedy. kita tidak menambahkan tambahan apapun untuk membentuk plural. Jangan bentuk nama keluarga menjadi plural dengan mengunakan apostrophe. kita membentuk plural dengan menambah -es. the Maddoxes. Kata yang emngikuti frase one of the akan selalu plural. Perhatikan kata "the number" yang merupakan sebuah singular collective noun. the Kennedys. Arti : Sebuah universitas memiliki beberapa tim dan kelas atletik. the Joneses. the Grays. • "The Hodges used to live here" Arti : Keluarga Hodge dulu tinggal di sini (bukan the Hodgeses). the Bushes.

Contoh: "Dallas has attempted to secure the services of two assistant coaches that Green Bay hopes to keep.Nama perusahaan dan organisasi dianggap singular: Contoh: • "General Motors has announced its new vehicle launch." Arti : Untuk dua tahun berturut-turut. Utah Jazz telah mencoba memenangkan hati masyarakat. • "Shadrach. Meshach. Meshach. Apabila yang kita maksud sebuah tim milik sebuah wilayah atau kota dimana tim itu berada. • "For two years in a row. Vernon. dan Gridley akan pindah ke kantor hukum yang baru minggu depan. Abednego & Associates has won all its cases this year." Arti : Shadrach. Meshach. Abednego & Associates have won all their cases this year." Arti : Dallas telah mencoba untuk mengamankan layanan dari dua asisten pelatih yang Green Bay berharap untuk merebut mereka. Vernon. Arti : Towanda belajar dengan sangat . • "General Motors has announced their fall lineup of new vehicles. Walau demikian Singular verbs dan pronouns dianggap benar juga. Plurals and Apostrophes Kita mengunakan apostrophe untuk membuat bentuk plural pada dua situasi: Contoh: • Jeffrey got four A's on his last report card. Vernon. Nama tim olah raga dianggap sebagai plural. and Gridley are moving to new law offices next week" Arti :Upton. Vernon. • Towanda learned very quickly to spell her p's and q's. Abednego & rekanan telah memenangkan senua kasus mereka tahun ini. Arti: Jeffrey mendapatkan empat A di rapor terakhirnya." Arti : General Motors telah mengumumkan peluncuran kendaraan barunya. Meshach." Arti : General Motors telah mengumumkan peluncuran kendaraan baru mereka. kita mengunakan singular. the Utah Jazz have attempted to win people’s hearts. • "Shadrach. Contoh: • "Upton. Berapa penulis mengunakan plural verb ketika konstruksi pluralnya dalam bentuk asosiasi: Contoh: • "Upton. and Gridley is moving to new law offices next week" Arti :Upton. • "The Yankees are a great organization" Arti : Yankees merupakan organisasi yang besar. dan Gridley akan pindah ke kantor hukum yang baru minggu depan. Abednego & rekanan telah memenangkan senua kasus mereka tahun ini. Contoh: • "The Yankees have signed Memorandum of Unerstanding Arti : Yankees telah menanda tangani surat kesepakatan." Arti : Shadrach.

Kita sering menghadapi situasi dimana singular subject terkait dengan plural predicate: Contoh: • My favorite breakfast is cereal with fruit. Plural Predicates.cepat untuk mengeja huruf p dan q nya. and orange juice. Singular Subjects. . etc. • You have fifteen and's in that last paragraph Arti: Anda memiliki lima belas ana pada paragraf terakhir itu. Arti : Sarapan pagi favorit saya adalah sereal dengan buah-buahan. Arti : Kesalahan-kesalah dalam aturan grammatika merupakan satu-satunya masalah di sini. milk. dan orange juice Kadang-kadang plural subject bisa terkait dengan singular predicate: Contoh: • Mistakes in grammar are the only problem here. susu.

Kata keterangan. 1) Kata keterangan sebagai objek Beberapa kata keterangan waktu atau tempat dapat dipakai sebagai objek untuk preposisi yang menunjukkan hubungan waktu atau tempat : Contoh: He has studied hard from then till now. Ia telah belajar giat dari waktu itu sampai sekarang 2) Ungkapan sebagai objek Ungkapan yang bersifat kata keterangan (yaitu ungkapan yang tidak berakhir dengan kata depan atau kata sambung) dapat dipakai sebagai objek untuk preposisi : Contoh: She didn’t return till about a week afterwards. to (ke. under (di bawah). Bentuk preposisi 1) Simple preposition (preposisi tunggal) after (sesudah). till/until (sampai. ungkapan. pada). dengan. hingga). di dalam). kepada). with (dengan. by (oleh.PREPOSITION (Kata Depan) PREPOSITIONS Preposition (kata depan) adalah kata yang tidak dapat berubah bentuknya dan biasanya diletakkan di depan kata benda atau pada kata benda (noun-equivalent. atau anak kalimat kata benda yang dapat dipakai sebagai objek untuk preposisi. Ia tidak kembali sampai kira-kira seminggu kemudian 3) Anak kalimat kata benda (noun clause) sebagai objek Noun clause (anak kalimat yang melakukan pekerjaan kata benda) dapat menjadi objek untuk preposisi dengan cara yang sama seperti kata benda dan kata ganti : Contoh: My departure will depend upon whether I get leave or not. pada). A. Kata benda atau padan kata benda itu disebut objek : • • I put the book on the table. 2) Double preposition (preposisi ganda) Preposisi ganda dipakai bilamana preposisi tunggal tidak cukup untuk menyatakan pengertian. karena). through (melalui). selama. ke). karena). over (di atas). of (dari. in (di. tentang. Keberangkatanku akan tergantung pada apakah aku mendapat izin cuti atau tidak B. on (di atas. . for (untuk. jauh). pada) dan sebagainya. off (lepas dari. up (ke atas. di dekat). from (dari). termasuk kata ganti) untuk memperlihatkan hubungannya tertentu dengan katakata lain dalam kalimat. bagi. Saya menaruh buku di atas meja itu Kata on dalam kalimat tersebut ialah kata depan (preposisi). pada. at (di.

but (kecuali). dalam hal. above (di atas). mengingat in front of = di muka in opposition to = berlawanan dengan in spite of = meskipun instead of = sebagai pengganti. long (sepanjang). dan sebagainya. tentang). berhubungan dengan for the purpose of = dengan maksud for the sake of = demi in consequence of = karena in lieu of = sebagai pengganti in place of = sebagai pengganti in point of = tentang in behalf of = untuk kepentingan in the event of = kalau (sekiranya). 3) Compound preposition (preposisi gabungan) Ini dibentuk dari noun. karena by means of = dengan memakai by reason of = karena. about (di sekitar. mengenai with relation to = berkenaan dengan with respect to = berkenaan dengan. onto (di atas).into (ke dalam). daripada on account of = karena on behalf of = atas nama on the score of = karena upon the subject of = tentang with a view to = dengan maksud untuk with reference to = berkenaan dengan with regard to = berkenaan dengan. beside (di sebelah. below (di bawah). besides (selain). behind (di belakang). from under (dari bawah). beneath (di bawah). bila in the place of = sebagai pengganti in view of = karena. amongst (di antara lebih dari dua). before (di muka). adjective atau adverb yang digabungkan dengan preposisi “be”(= by) atau “a” (=on) across (on cross = di seberang). between (di antara dua). di samping). pada waktu notwithstanding = meskipun past = lewat except = kecuali save = kecuali considering = mengingat touching = concerning = regarding = mengenai owing to = karena 5) Phrase preposition (preposisi phrase) Dua atau lebih kata yang biasanya disusun dalam rangkaian kata dan yang berakhir dengan preposisi tunggal boleh disebut phrase preposition. from among (dari antara). beyond (di luar). from off (lepas dari). 4) Participal preposition (preposisi partisip) • • • • • • • • • pending = seraya menantikan during = selama. over against (bersandar di/kepada). • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • because of = disebabkan oleh. amidst (on middle = di tengah-tengah). mengenai with the pupose of = dengan maksud . within (dalam). without (tanpa). from within (dari dalam).

dan sebagainya. with 1. • • I passed my holidays at Puncak. disebelah. sedangkan among lebih dari dua • • I sat between the two of them. Kapal itu akan tiba pada hari senin At. on August 10. Saya duduk diantara mereka berdua Devide the apple among you three. misalnya in the morning.5) Disquised preposition (preposisi tersembunyi) He has gone a-hunting. Ia tinggal di London At. • • • I usually get up at six o’clock. on New Year’s Day. at dawn. Ia membeli buku dengan harga sepuluh dolar Beside. selain. when we USE something TO DO something: I paint the wall with brush 2. misalnya at two o’clock. in summer. Sedangkan at dipakai di depan nama kota kecil dan desa. at midnight dan sebagainya. in (place = tempat) In biasanya dipakai di depan nama negeri dan kota besar. When we JOIN someone TO DO something: Jimmy goes to school with his sister . Saya biasanya bangun pada pukul enam He takes a walk in the afternoon. at sunset. in June. Saya tak dapat membeli barang itu dengan harga yang begitu tinggi He bought a book for ten dollars. Bagilah buah apel itu diantara kalian bertiga By. Kami mempelajari bahasa Jerman selain Inggris Between. atau pada waktu membicarakan suatu tempat yang jauh. Ia telah pergi berburu C. at noon. • • He came and sat beside me. in the year 1997 dan sebagainya. on (time = waktu) At dipakai dengan waktu yang tepat. besides Beside berarti disamping. Sedangkan for dipakai jika jumlah uang yang sebenarnya disebutkan. for (price = harga) At dipakai jika jumlah uang yang sebenarnya tidak diberikan. Aku melewatkan hari-hari liburku di Puncak He lives in London. In dipakai dengan suatu bagian waktu. Ia berjalan-jalan pada sore hari The ship will arrive on Monday. Pemakaian preposisi 1) Perbedaan pemakaian khusus preposisi yang sering membingungkan At. atau didepan nama tempat di mana seseorang pada waktu berbicara. in 1997. among Between dipakai untuk diantara dua orang. • • I can not buy the goods at such a high price. Sedangkan besides berarti di samping itu. On dipakai dengan nama hari atau tanggal. in. Ia datang dan duduk di sebelah saya We study German besides English. misalnya on Saturday.

since Semua ini dipakai untuk suatu batas tertentu. Setelah beberapa hari ia meninggal In. Kami datang ke sekolah tiap pagi Somebody is standing at the door. Karena kesehatan buruk. Ia melewatkan waktu sepanjang sore di dalam kamarnya She came into the room and sat down. We may also use “with” to meand “against”: I quarrelled with my best friend. from. Saya akan menyelesaikannya dalam waktu tiga jam He died after a few days. Ia tak dapat berbicara karena kesedihan Owing to bad health. Ia mati karena kanker He almost died from fatigue. Seseorang sedang berdiri di pintu itu To. Ia hampir mati karena keletihan She couldn’t speak for grief. Kami berjalan ke lapangan tenis dan kembali I shall stay here till next week. for. Contoh: • • • • He died of cancer.3. after • • I will finish it in three hours. Saya akan tinggal disini sampai minggu depan 2) Perbedaan pemakaian umum preposisi menurut apa yang dinyatakan Sebab atau alasan dinyatakan oleh of. Anda harus kembali menjelang pukul lima She didn’t get back before five o’clock. before. be couldn’t work. Surat ini ditulis dengan sebuah pena By. ia tidak dapat bekerja . sedangkan with dengan alat yang dipakai • • This book was written by me. through. till To dipakai dengan jarak dan till dengan waktu. Ia berada disini sejak pukul lima In. sedangkan at dipakai untuk menunjukkan posisi atau ketidakadaan gerak. because of. Ia tidak kembali sebelum pukul lima She has been here since five o’clock. in consequence of atau owing to. Buku ini kutulis This letter was written with a fountain pen. at To dipakai untuk menyatakan gerak dari satu tempat ke tempat lain. • • We come to school every morning. Ia masuk kedalam kamar dan duduk To. • • We walked to the the tennis court and back. By berhubungan dengan pelaku. into • • She spent all the afternoon in her room. • • • You must be back by five o’clock.

Sekalipun begitu ia adalah orang baik After all his labour. Ia sangat marah terhadapku I did it against my better judgment. Kata ganti adalah kata yang dipakai sebagai pengganti kata benda Pertentangan atau perlawanan dinyatakan oleh with atau against. for all that. Ia seorang laki-laki yang cocok dengan perasaan hatiku This coffee is quite to my taste. Contoh: You had better work instead of idling away your time. ia masih tetap gagal Penyesuaian atau persesuaian dinyatakan oleh after atau to. dinyatakan oleh for. for. after. Ia memberi kepadaku dua dolar sebagai pengganti buku itu Subtitusi/pengganti dinyatakan oleh ungkapan yang berpreposisi instead of. Raja itu telah berperang sehingga mengakibatkan kejatuhannya Kepunyaan dinyatakan oleh preposisi of. Contoh: • • To our surprise. Contoh: • • • With all his weight he isn’t a strong man. sedangkan tindakan setuju dinyatakan oleh for. dan kadang-kadang oleh preposisi for. dan kadangkadang oleh ungkapan seperti in spite of. he wasn’t successful. Lebih baik anda bekerja daripada membuang-buang waktu anda Pronouns are words used instead of nouns. in lieu of. Contoh: She gave me two dollars for that book. Rumah paman saya sangat besar Pertukaran. Walaupun ia begitu berat ia bukanlah orang kuat He is a good man. Kopi ini cocok benar dengan seleraku . Contoh: • • He’s a man after my own heart. ia tidak berhasil The king has engaged in war to his ruin. notwithstanding. atau fakta satu benda/makhluk yang disalahkirakan/dikira benda/makhluk yang lain. in the place of.Akibat dinyatakan oleh preposisi to. Contoh: The house of my uncle is very big. Mereka berbuat demi kepentingan umum Perbedaan atau kontras dinyatakan oleh with. Mengherankan bagi kita. Meskipun ia bekerja sekeras-kerasnya. he has failed. Kulakukan itu bertentangan dengan pertimbanganku yang lebih baik They acted for the public interest. kecuali kalau akhiran kasus genetif dipakai untuk maksud ini. Contoh: • • • He was deeply offended with me.

Bagaimanapun juga hal ini harus dilakukan He lends out money at three per cent. Kecuali dia semuanya gagal All but you three may go. Contoh: • • The city of Jakarta. Ia minum secangkir kopi tiap pagi He is a man of good character. Ia tetap setia sampai saat terakhir Pokok persoalan. Pulau Bali Material. Ada sesuatu yang hendak kukatakan tentang bisnis kita . on.Kekecualian dinyatakan oleh except. Contoh: • • • All failed except him. save. perihal dinyatakan oleh of. about. Contoh: • • He paid his debts to the last cent. with regard to. regarding. Kota Jakarta The island of Bali. Inilah buku tentang peribahasa I have no preference as to color. Tentang warna bagiku tak menjadi soal I have something to say in respect to our business. in respect to. Ia meminjamkan uang dengan bungan tiga persen Takaran atau ukuran dinyatakan oleh preposisi by. isi dan sifat dinyatakan oleh preposisi of. Contoh: • • • This is a book about proverbs. Meja biasanya dibuat dari kayu He drinks a cup of coffe every morning. Jangan menilai orang menurut katakatanya atau rupanya Batas atau taraf dinyatakan oleh preposisi to atau up to. but. Ia membayar hutangnya sampai lunas sama sekali He remained faithful to the last. Semua boleh pergi kecuali kau bertiga All save one were successful. Contoh: • • This must be done at any rate. as to. Contoh: Don’t judge of a man by his words or by his looks. in regard to. Ia seorang yang berwatak baik Penilaian sesuatu atau suku (bunga) dinyatakan oleh preposisi at. Semua berhasil kecuali seorang Gambaran aposisi dinyatakan oleh of. concerning. Contoh: • • • Tables are usually made of wood.

Contoh: • • I will bet you five to one on his success. Selain tertawa ia tidak melakukan sesuatu hal yang lain Pekerjaan atau jabatan dinyatakan oleh at. Ia membidikkan senapannya kepada babi hutan itu Penunjukkan kepada maksud. Ia bebas dari tanggung jawab He’s honest in word and deed. Contoh: • • The troops marched on the town. for dan to. on. pokok atau hal khusus tertentu dinyatakan oleh of dan in. Contoh: • • • From what I have seen of him. Ia melakukannya karena ketidaktahuan He is sprung from a noble ancestry. Saya bersumpah demi nama Tuhan Persiapan untuk menghadapi peristiwa tertentu yang akan segera datang dinyatakan oleh against. alasan (motive). Menurut pengamatan saya terhadapnya. Ia jujur dalam ucapan dan perbuatan Perimbangan dinyatakan oleh to. Pasukan itu berbaris menuju kota He aimed his gun at the wild boar. he seems to be a good man. Contoh: • • He’s free of responsibility. Contoh: Many of the wounded did not recover. upon. Contoh: Get all the men together against the arrival of the chief. Contoh: I swear by the name of God. Ia melakukan usaha dagang You may go about your business. rupanya ia seorang yang baik He did it from ignorance. Kamu boleh melakukan pekerjaan sendiri Pengangkatan sumpah dinyatakan oleh preposisi by. dan preposisi ini biasanya didahului oleh kata sifat tertentu. Contoh: • • • He is at his old tricks again.Kesimpulan. in atau about. Banyak diantara para orang yang luka tidak sembuh . Saya berani bertaruh lima lawan satu atas keberhasilannya He did nothing else than laugh. Panggillah semua anak buah bersama-sama untuk menyambut kedatangan sang kepala Penyebutan sebagian tertentu seperti ternyata dari keseluruhan dinyatakan oleh of. dan sumber dinyatakan oleh preposisi from. Ia mulai lagi dengan tipu muslihatnya seperti dulu He engaged himself in business. Ia berasal dari keturunan bangsawan Arah atau tujuan dinyatakan oleh preposisi at. dan perbandingan dinyatakan oleh than.

dinyatakan dengan from.Pembedaan orang atau benda yang satu dari yang lain. dinyatakan kadang-kadang oleh from. saya harus patuh She is quite under your thumb. Ia dapat membedakan buah apel dari buah persik Pemisahan atau kenyataan bahwa benda yang satu berada di luar atau terlepas dari yang lain. Contoh: He can tell apples from peaches. Hari ini kami bebas tugas. Contoh: • • • He’s away from home. Contoh: • Since you have been placed over me. Sejak kedudukan anda berada di atas saya. of atau off dan kadang-kadang oleh out of. Contoh: • • He is above suspicion. tetapi besok akan bertugas lagi Keunggulan dinyatakan oleh above dan sifat yang rendah atau ketidakpatuhan dinyatakan oleh beneath. I must obey. Kelakuannya terlalu hina Wibawa atau kekuasaan dinyatakan oleh over dan penaklukan atau keadaan di bawah kekuasaan atau pengaruh dinyatakan oleh under. Ia hampir saja terbunuh oleh tembakan yang membabi buta We are off duty today. Ia berada jauh dari rumah He was within an inch of being killed by a random shot. Ia betul-betul di bawah kekuasaan anda . Ia bebas dari kerugian His conduct is beneath contempt. but shall on duty again tomorrow.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->