KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT Ya Rahman, Ya Rahhim karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas Pkn yang yang berjudul “Organisasi Internasional” ini. Shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang dengan perantaraan dan perjuangan Beliaulah, manusia kini berada di abad yang penuh dengan ilmu pengetahuan. Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauhdari kata sempurna. Namun penulis sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Guru mata pelajaran yang bersangkutan. Penulis tidak akan berhasil dalam penyusunan makalah ini tanpa bantuan dari pihak pihak terdekat penulis. Untuk itu, penulis ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada: 1. Allah SWT, Tuhan semesta alam, penguasa langit dan bumi yang selalu memberikan nikmatberupa kesehatan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini. 2. Ibu dan bapak penulis yang telah memelihara dan merawat penulis sejak kecil hingga dewasa ini dan telah memberikan dorongan materiil maupun spirituil selama penyusunan makalah ini. Tak ada karya manusia yang benar-benar sempurna, demikian pula dengan makalah ini. Sarandan kritik yang membangun begitu saya harapkan agar tulisan selanjutnya dapat lebih baik Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

PENULIS

ii

ii Bab I PENDAHULUAN A. Bentuk–bentuk Organisasi Internasional…………………………………… 2 Bab II PEMBAHASAN A. Macam-macam Organisasi Internasional…………………………………..Perserikatan Bangsa-bangsa/PBB ……………………………………………… 3 B. 6 Bab III PENUTUP ……………………………………………………………………………………… 7 ii . ASEAN ……………………………………………………………………………………… 4 C. Pengertian Organisasi Internasional ……………………………………… 1 B.DAFTAR ISI Kata Pengantar………………………………………………………………………………………… i Daftar Isi………………………………………………………………………………………………….. KONFERENSI ASIA AFRIKA (KAA) ………………………………………………. 1 C.

dari 150 negara. Sedangkan menurut Clive Archer (1983) organisasi internasional sebagai suatu struktur formal dan berkelanjutan yang dibentuk atas suatu kesepakatan antara anggota-anggota (pemerintah atau nonpemerintah) dari dua atau lebih negara yang berdaulat dengan tujuan untuk mengejar kepentinganbersama para anggotanya. IMF = International Monetary Fund (Juli 1944. memiliki sekitar 2. UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund (1946). UN = United Nation = PBB (1945) 2. NATO = North Atlantic Treaty Organisation (4 April 1949) 11. UNSCOP = The United Nations Special Committee on Palestine (May 1947. organisasi yg membantu menghentikan penyelewengan/pelecehan hak ii . oleh 11 negara) 8. AMNESTY International (1961. UNCHR = United Nations Commission on Human Rights (2006) 5.2 juta anggota. Scientific and Cultural Organization (16 November1945) 4. UNESCO = the United Nations Educational.BAB I PENDAHULUAN A. PENGERTIAN ORGANISASI INTERNASIONAL Menurut Wikipedia. WHO = World Health Organization (7 April 1948) 9. namun namanya diganti setelah thn 1953 menjadi: United Nations Children’s Fund. organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yang jugamerupakan isi dari perjanjian atau charter. UNHCR = Uited Nations High Commissioner for Refugees (14 Desember 1950) 6. Macam macam organisasiinternasional yang ada antara lain: 1. UNDPR = The United Nations Division for Palestinian Rights (2 Desember 1977) 7. 180 negara) 10. 3. Macam-macam Organisasi Internasional Banyak sekali macam organisasi internasional di belahan bumi ini. B.

G8 = Group of Eight.azasi manusia)12. serta Uni Eropa. kelompok negara termaju di dunia. bencana alam) 15. DANIDA = Danish International Development Assistance (Organisasi yang memberikan bantuan kepada negara2 miskin.Governmental Organizations / NGO) Anggotanya terdiri dari kelompok-kelompok swasta dibidang-bidang keilmuan. gerakan bantuan kemanusiaan saat bencana alam atau peperangan. OPEC = Organization of the Petroleum Exporting Countries (1960. ASEAN = Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsabangsa AsiaTenggara (PERBARA) ( Dibentuk 8 Agustus 1967. Memiliki hampir 5 juta pendukung. Jepang. termasuk Indonesia) 17. distribusi dari lima benua. memiliki perkantoran/perwakilan di 90 negara). dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota) C. Association of South East Asia Nation (ASEAN). Organisasi antarpemerintah (Inter-Governmental Organizations / IGO) Anggotanya terdiri dari delegasi resmi pemerintah negara-negara. Bentuk Organisasi Internasional Terdapat dua kategori utama organisasi internasional. 16. dan World TradeOrganization (WTO) b. yaitu: a.Amerika Serikat. kebudayaan . Misalnya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). atau ekonomi. 1 november 1993) 14. ICRC = International Committee of the Red Cross (1863) = Palang Merah. Kanada dan Rusia (tidak ikut dalam seluruh acara). 13. UNHCR.kemudian dimasuki oleh Kanada 1976 (Perancis. Greenpeace. Italia. ii . Organisasi non pemerintah (Non. pengungsi.kegamaan. Oxfam International. Timor Leste danPapua new Guinea hanya sebagai pemantau. dan sebagainya. bantuan teknik. Sebelumnya G6 pd thn 1975. Jerman. Britania Raya. 12. memiliki 10 negara anggota. WWF = the World Wildlife Fund (1985. anggota 13 negara. EU = The European Union (27 negara anggota. Misalnya Palang Merah Nasional (PMI).

dan menuduh bahwa tujuan PBB adalah mendirikan "One World Government" atau Pemerintah Seluruh Dunia.Pada tanggal 25 April 1945. pada tahun 1945 PBB didirikan untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang gagal dalamrangka untuk memelihara perdamaian internasional dan meningkatkan kerjasama dalam memecahkan masalah ekonomi.Sejak pendiriannya. Republik Cina. Setelah Perang Dunia Kedua berakhir. Di Amerika Serikat. saingan awal PBB adalah John Birch Society. ketika 26 pemerintah menandatangani Piagam Atlantik. Istilah ini pertama kali secara resmi digunakan pada 1 Januari 1942. Kedudukan organisasi ini awalnya menggunakan bangunan milik Sperry Gyroscope Corporationdi Lake Success. Untuk mencegah meletusnya Perang Dunia Ketiga.BAB II PEMBAHASAN A. Sampai gedung Markas Besar PBB diManhattan telah selesai dibangun. PBB resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945 atasratifikasi Piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan-Perancis. ii . banyak kontroversi dan kritik tertuju pada PBB. Komite Kemerdekaan Perancis terlambat diakui oleh ASsebagai pemerintah resmi Perancis.Inggris dan Amerika Serikat-dan mayoritas dari 46 anggota lainnya. Roosevelt dipercaya sebagai seorang yang pertama menciptakan istilah "United Nations" atau Perserikatan BangsaBangsa sebagai istilah untuk menggambarkan negara-negara Sekutu. dihadiri oleh 50 pemerintah dan sejumlah organisasi non-pemerintah yang terlibat dalampenyusunan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Rencana konkrit awal untuk organisasi dunia baru ini dimulai di bawah naungan DepartemenLuar Negeri AS pada tahun 1939. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Liga Bangsa-Bangsa dianggap gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II (19391945). dia lebih percaya pada perjanjian/pakta pertahanan antar negara secara langsung. dimana masing-masing negara berjanji untuk melanjutkan usaha perang. dan merasa tidak yakin bahwa aliansi keamanan global akan membantu menjaga perdamaian dunia. Franklin D. diadakan di Westminster Central Hall di London pada Januari 1946. Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional dimulai di SanFrancisco. sehingga Perancis awalnya tidak diikut sertakan dalam konferensi yang membahas pembentukan PBB. mulai dari 1946 hingga 1952. Uni Soviet. PBB beranggotakan 191 negara. Sidang Umum pertama. yang mana tidak diinginkan oleh seluruh umatmanusia. dan Dewan Keamanan. yang memulai kampanye "get US out of the UN" pada tahun1959. Charles de Gaulle menyindir PBB dengan menyebutnya le machin (dalam bahasa Indonesia: "Si Itu"). New York. sosial dan kemanusiaan internasional. dengan51 wakil negara.

Menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan. bahasa. dan kemanusiaan. kulit. Menjadikan pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai kerja sama yang harmonisuntuk mencapai tujuan PBB. dan Thanat Khoman (Thailand). Tun Abdul Razak(Malaysia). Filipina. budaya. Mengembangkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalahmasalah ekonomi. Rajaratnam (Singapura). S. Singapura danThailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. hak menentukan nasib sendiri. Mempercepat pertumbuhan ekonomi. Memajukan dan menghargai hak asasi manusia serta kebebasan atau kemerdekaanfundamental tanpa membedakan warna. dan agama. Diantaranya adalah: 1. Peranan PBB Peran PBB terhadap hubungan internasional sangat banyak. Menindak pihak pihak yang melakukan pelanggaran internasional B. Menteri luar negeri penanda tangan DeklarasiBangkok kala itu ialah Adam Malik (Indonesia). Memelihara perdamaian dan keamanan dunia. Malaysia. kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan dikawasan Asia Tenggara b. dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negaralain.Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut: a. Mengembangkan hubungan persahabatan antarbangsa berdasarkan asas-asas persamaanderajat. Menyelesaikan konflik –konflik yang terjadi antar Negara anggota PBB dengan menjadipihak ketiga 2.sosial. ASEAN Sejarah Berdiri ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa. f.Tujuan PBB Tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut. c. yaitu Indonesia. e. Narsisco Ramos (Filipina). d. a. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional ii . jenis kelamin. b.

rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya masalah politikdalam negeri Kamboja. ASEAN beranggotakan semua negara di Asia Tenggara (kecuali Timor Leste dan PapuaNugini). Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN: Filipina (negara pendiri) Indonesia (negara pendiri) Malaysia (negara pendiri) Singapura (negara pendiri) Thailand (negara pendiri) Brunei Darussalam (7 Januari 1984) Vietnam (28 Juli 1995) Laos (23 Juli 1997) Myanmar (23 Juli 1997) Kamboja (16 Desember 1998) Tujuan ASEAN Deklarasi ASEAN menyatakan bahwa maksud dan tujuan dari Asosiasi adalah a. sosial. latihan.ilmu pengetahuan. ii . Mempercepat pertumbuhan ekonomi. yaitu Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan dikawasan Asia Tenggara. yaitu pada tanggal 1823 Juli 1997. dan penelitian di kawasanAsia TenggaraBrunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemrakarsa. Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN.tengah organisasi regional dan internasional yang ada Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan. Walaupun Kamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersamadengan Myanmar dan Laos.c. Duatahun kemudian. teknik. ASEAN kembali menerimaanggota baru. Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidangekonomi. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggusetelah memperingati hari kemerdekannya). Anggota ASEAN Sekarang. satu tahun kemudian Kamboja akhirnya bergabungmenjadi anggota ASEAN yaitu pada tanggal 16 Desember 1998. Meskipun begitu. dan administrasi d. Memelihara kerjasama yang erat di tengah . b. Sebelas tahun kemudian. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dantertib hukum.

Myanmar (dahulu Burma). teknik. c. jasa dan meningkatkan taraf hidup. f. serta asas yang termuat dalam Piagam PBB. f. Uni Soviet. budaya. di Gedung Merdeka. b)tidak melakukan tekanan terhadap negaralain. tidak melakukan intervensi atau ikut campur tangan dalam persoalan dalam negeri negaralain. baik secara sendirianmaupun secara kolektif sesuai dengan Piagam PBB. Tujuan KAA adalah : a. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955. Dasasila Bandung ini memasukkan prinsipprinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsipNehru.menghormati hak-hak tiap bangsa untuk mempertahankan diri. dll ii . baik bangsa besar maupun bangsakecil.Sepuluh poin hasil pertemuan ini kemudian tertuang dalam apa yang disebut DasasilaBandung. mengakui persamaan ras dan persamaan semua bangsa. Bandung. d. yangkebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. ilmupengetahuan dan administrasi. KTT ini diselenggarakan oleh Indonesia. Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasamaekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme AmerikaSerikat. e. KONFERENSI ASIA AFRIKA (KAA) Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KTT Asia-Afrika. India dan Pakistan dan dikoordinasi olehMenteri Luar Negeri Indonesia Roeslan Abdulgani. tujuan. yang berisi tentang "pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasamadunia". menghormati hak-hak dasar manusia. kadang juga disebut KonferensiBandung) adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara negaranegara Asia dan Afrika.Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.a)tidak menggunakan peraturan-peraturan dari pertahanan kolektif untuk bertindak bagikepentingan khusus salah satu negara besar. e. industri. b. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian.c. atau negara imperialis lainnya. Sri Lanka (dahulu Ceylon). sosial. menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa. perdagangan. d. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasiorganisasi internasionaldan regional c. Meningkatkan penggunaan pertanian. Meningkatkan kerja sama yang aktif dalam bidang ekonomi.

BAB III PENUTUP Demikianlah pembahasan makalah tentang Organisasi Internasional. semoga dari pembahasan tersebut diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi siswa/siwi SMK . Sekian dan Terima Kasih. ii .

Retno.org/wiki/Konferensi_Tingkat_Tinggi_Asia-Afrika Listyarti.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA/ REFERENSI http://marinnrin. 2007.wordpress.org/wiki/Perhimpunan_Bangsa-bangsa_Asia_Tenggara http://id. Jakarta: Esis ii .wikipedia.wikipedia. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA dan MA kelas XI.com/2010/10/05/macam-macam-organisasi/ http://id.org/wiki/Perserikatan_Bangsa-Bangsa http://id.

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) “ORGANISASI INTERNASIONAL” DI SUSUN OLEH : SITI ROHMAH XI AK 1 ii .

ii .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful