KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan pada Allah SWT, atas terselesaikannya penyusunan makalah ini. Makalah yang berjudul “Etika Dan Filsafat Dalam Kegiatan Komunikasi,” dimaksudkan untuk membahas mengenai hubungan etika dan filsafat komunikasi dengan implementasi atau pelaksanaan kegiatan komunikasi. Eitka dan filsafat komunikasi merupakan hal yang mutlak diketahui oleh pelaku komunikasi sebelum melakukan kegiatan komunikasi. Karena jika belum mengenal etika maupun filsafat komunikasi, dimungkinkan pesan yang disampaikan tidak berujung kepada kebenaran. Makalah ini akan membahas terlebih dahulu tentang apakah itu etika serta filsafat komunikasi. Untuk selanjutnya akan dibahas mengenai hubungan etika dan filsafat komunikasi dengan kegiatan komunikasi. Tak ada yang ciptaan manusia yang sempurna di dunia ini, begitu pula dalam penyusunan makalah ini. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, karena itu segala kritik dan saran sangat saya harapkan demi perbaikannya. Akhir kata, semoga makalah ini bisa memberi sedikit wacana dan selamat membaca….

Padang, 11 2012

Penyusun

................................................................................................................. 1 B......... dan Pilar Filsafat............................... Hubungan Etika............................................ i Kata Pengantar............ Kegiatan Komunikasi................................................ Kegiatan Komunikasi..................................... ii Daftar Isi...................................................... 1 BAB II ETIKA DAN FILSAFAT DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI A... 2 B................ 6 DAFTAR PUSTAKA.... 4 BAB III PENUTUP A............................................................................................................DAFTAR ISI Halaman Halaman Judul..................... iii BAB I PENDAHULUAN A.. Etika dalam Kegiatan Komunikasi........... 3 D....................................................................... 2 C.......................... Rumusan Masalah...................... 7 .......... Kesimpulan... Latar Belakang..................................................................... Empat Pilar Filsafat Komunikasi..................................................................................

Filsafat melandasi pandangan dalam pelaksanaan komunikasi. Namun bagaimanakah hubungan antara filsafat. etika.BAB I PENDAHULUAN A. Selain filsafat. Dalam melakukan kegiatan komunikasi. kegiatan komunikasi. B. serta kegiatan komunikasi? Makalah ini akan mencoba membahas tentang hubungan antara etika. manusia harus mengetahui etika dalam melakukan kegiatan komunikasi. Karena dengan berfilsafat. manusia juga harus menggunakan filsafat sebagai landasan. serta pilar filsafat komunikasi. manusia akan dapat melakukan segala hal dengan baik. Latar Belakang Filsafat merupakan landasan setiap perilaku manusia. Rumusan Masalah Dari latar belakang permasalahan di atas maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimanakah etika dalam komunikasi? Apa sajakah kegiatan komunikasi ? Apa sajakah yang termasuk dalam pilar filsafat komunikasi ? Bagaimanakah etika melandasi kegiatan komunikasi yang mengacu pada pilar filsafat? .

Kegiatan Komunikasi Kegiatan komunikasi mencangkup lima tingkatan yaitu : 1.BAB II ETIKA DAN FILSAFAT DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI A. susila atau tidak susila. dan aturan yang berlaku di tempat ia berada. Etika dalam komunikasi merupakan kearifan dalam melakukan kegiatan komunikasi. 2. Maka etika adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia. namun juga tetap memperhatikan agar pesan dan cara penyampaian pesannya itu baik dan benar. ia akan selalu mempertimbangkan terlebih dahulu apakah pesan dan cara penyampaian pesannya etis ataukah tidak etis. B. Etika merupakan suatu ilmu yang normatif. Filsuf asal Yunani. Komunikasi intrapersonal Komunikasi interpersonal Komunikasi kelompok Komunikasi organisasi Komunikasi massa . mana yang dapat dinilai baik dan mana yang jahat. 4. Orang yang mengetahui etika komunikasi akan melakukan kegiatan komunikasi sesuai dengan norma. Etika dalam Kegiatan Komunikasi Kata etika berasal dari bahasa latin yaitu Ethic yang berarti kebiasaan. dengan sendirinya berisi norma dan nilai-nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Titik berat penilaian etika sebagai suatu ilmu adalah pada perbuatan baik atau jahat. Plato mengartikan etika sebagai ilmu yang mempelajari persoalan baik dan buruk. 5. nilai. Sehingga ia tidak hanya sekedar menyampaikan pesan sesukanya. sesuai dengan norma yang berlaku. Dalam melakukan kegiatan komunikasi. 3.

metodologis. Apa yang saya ketahui ? Bagaimana saya mengetahuinya ? Apakah saya yakin ? Apakah saya benar ? . 4. mencakup komunikasi intrapersonal. dan holistik terhadap teori dan proses komunikasi dalam segala dimensinya. tujuan. 3. kritis. Review. and Commentary tentang filsafat komunikasi. teknik. fungsi. dalam bukunya Communication Models in Philosophy. Filsafat komunikasi berkaitan dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pemahaman terhadap komunikasi. dan metodenya. sifat. komunikasi interpersonal. Empat Pilar Filsafat Komunikasi Filsafat komunikasi merupakan suatu disiplin ilmu yang menelaah pemahaman secara fundamental. Laningan mengungkapkan bahwa dalam filsafat merupakan jawaban terhadap pertanyaan berikut 1. komunikasi kelompok. Seperti pemikiran Richard Laningan. analitis.C. Dalam ranah tatanan komunikasi inilah yang biasa kita sebut sebagai kegiatan komunikasi seperti yang diungkapkan sebelumnya. yakni bidang. 2. sistematis. dan komunikasi kelompok. Dalam ranah dimensi tatanan komunikasi. komunikasi organisasi. tatanan.

aksiologi. Ontologi : studi tentang sifat dan fungsi teori tentang realita. Hubungan Etika. Merupakan cabang filsafat yang berkaitan dengan etika. dan batasan pengetahuan manusia. kegiatan komunikasi. D. Berikut ini adalah penjelasan tentang empat pilar filsafat diatas : 1. Apakah pesan yang akan dia komunikasikan itu etis atau tidak. Aksiologi : asas mengenai bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan. Logika : berkaitan dengan telaah terhadap asas-asas dan metode penalaran secara benar. dan hakekat kaitan zat dan pikiran. estetika. Dalam filsafat komunikasi. maka dapat kita lihat bahwa ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Empat studi tersebut merupakan empat pilar filsafat dalam kegiatan komunikasi. komunikator dapat . Merupakan kajian tentang hakekat keberadaan zat. serta pilar komunikasi di atas. Karena dengan landasan etika. harus dilandasi oleh etika para pelaku komunikasi. 2. sifat. epistemologi merupakan bagaimana orang harus menyusun pesan yang ingin ia sampaikan kpada orang lain. Suatu pemikiran yang dikomunikasikan terhadap orang lain merupakan putusan sebagai hasil dari proses pemikiran logis. ontologi merupakan pengetauan tentang hal apa yang ingin orang sampaikan kepada orang lain. Dalam kaitannya dengan komunikasi. epistemologi. aksiologi menyadarkan bagaimana pentingnya seorang komunikator harus mempertimbangkan nilai pesan yang akan dia sampaikan. Jika dalam kegiatan komunikasi. dan Pilar Filsafat Dari penjelasan tentang etika.Pertanyaan-pertanyaan tersebut berkaitan dengan penyelidikan sistematis terhadap studi ontologi. 4. Berkaitan dengan bagaimana pengetahuan disusun. dan metodologi. Kegiatan Komunikasi. terutama komunikator. Kegiatan komunikasi yang baik. hakekat pikiran. 3. Epistemologi : cabang filsafat yang menyelidiki asal. dan agama. metode.

komunikator dapat menentukan pesan apa yang ingin disampaikan. Sehingga dapat menghindari penyampaian pesan yang akan berdampak negatif bagi orang yang menerima pesannya. Dapat memilih pesan apa yang baik untuk penerimanya. dan apakah pesan yang akan ia sampaikan itu benar. bagaimana penyampaiannya.memberikan pesan yang baik. Sebelum melaksanakan kegiatan komunikasi. apakah pesan yang ia sampaikan itu etis. komunikator harus mengetahui dan memahami filsafat komunikasi. yang terdiri dari beberapa studi yang dimuat dalam empat pilar filsafat komunikasi. Dengan adanya pemahaman tentang filsafat komunikasi. .

komunikator harus memahami tentang filsafat komunikasi. apa yang ia sampaikan juga merupakan suatu kebenaran. Jika orang sudah mengetahui tentang etika dalam berkomunikasi. yang terdiri atas empat pilar filsafat komunikasi. metodologis. sistematis. dan holistik. maka komunikator dapat memahami teori maupun proses komunikasi secara fundamental. analitis. Dengan adanya pemahaman tersebut komunikator dapat merancang pesan yang ingin ia sampaikan secara logis. dan pesan yang ia sampaikan merupakan hal yang bermakna. . Maka pada akhirnya etika merupakan landasan dalam melakukan kegiatan komunikasi. Dengan pemahaman tentang filsafat komunikasi. Maka bisa disimpulkan bahwa filsafat komunikasi sangat diperlukan dalam perencanaan sebelum kegiatan komunikasi.BAB III PENUTUP A. Orang yang memahami etika komunikasi. akan memperhatikan segala hal. Etika merupakan pemahaman tentang kebaikan dan keburukan. kritis. dalam melakukan kegiatan komunikasi akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai maupun norma yang sesuai dengan tempat di mana dia berada. Orang yang mengetahui etika dalam berkomunikasi. maupun bagaimana cara penyampaian pesan. Sementara saat melaksanakan kegiatan komunikasi. Kesimpulan Sebelum melakukan kegiatan komunikasi. komunikator harus mengetahui dan memahami tentang etika dalam berkomunikasi. Dimana kegiatan komunikasi yang dilaksanakan mengacu pada filsafat komunikasi. tentang baik buruknya pesan yang ia sampaikan. maka orang dapat menyampaikan pesan yang baik dan benar.

An Introduction to Ethics. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2011. Lilie. Liliweri. Riswandi. 2009. New York: Barnes & Noble. Etika Individual. Dalam Salam. . Burhanuddin. Etika Individual. Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta : PT Rineka Cipta. Bandung : Penerbit Citra Aditya Bakti.DAFTAR PUSTAKA Salam. Pola Dasar Filsafat Moral. Surakarta. Komunikasi Antarpribadi. 2000. Alo. Yogyakarta : Graha Ilmu Widiyantoro. W. 1991. Dalam Materi Kuliah Filsafat dan Etika Komunikasi. Burhanuddin. 2000. Ilmu Komunikasi. 1966.

Makalah Dasar-Dasar Filsafat Etika Dalam Berkomunikasi Oleh : Agung Nugraha 1103529 / 2011 Jurusan Seni Rupa / Desain Kom. Visual Universitas Negeri Padang .