.

.

Siswa dapat menjelaskan cacat dan penyakit menurun pada manusia  Siswa dapat menjelaskan persilangan antar gen yang berhubungan dengan cacat dan penyakit menurun pada manusia  Siswa dapat menganalisis kemungkinan yang terjadi akibat pewarisan sifat yang diturunkan berdasarkan pada peta silsilah  .

Substansi dasar hereditas yang mengandnung informasi genetik. tersusun dari asam nukleat (nukleo protein) dan terdapat dilokus gen dalam kromosom. .

. struktur benang yang ada di dalam inti sel yang tugasnya bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas).

 salah satu sifat suatu individu yang dalam proses persilangannya mengalahkan atau menutupi pemunculan sifat individu lain dalam persilangan. .

. suatu sifat kebalikan dari sifat dominan. yaitu sifat suatu individu yang tidak muncul dalam keturunannya karena terkalahkan atau tertutupi oleh pemunculan sifat sejenis dari individu lain dalam persilangan.

Contoh : T adalah gen untuk tinggi. tinggi dominan terhadap pendek Maka : TT atau Tt adalah genotipe dengan fenotip tinggi. sedangkan t adalah gen untuk pendek . Susunan genetik suatu sifat yang dikandung suatu individu yang menyebabkan munculnya sifat-sifat pada fenotipe. dan tt adalah genotipe dengan fenotipe pendek. .

 sifat-sifat yang tampak pada individu serta dapat diamati dengan panca indera. .

K adalah alel dari k. . Anggota pasangan gen yang mempunyai sifat alternatif sesamanya. dan k alel dari K. Contohnya : untuk pasangan gen Kk.

 . Hemofilia terjadi karena tubuh kekurangan AHG (anti haemophilic globulin).  Hemofilia bersifat menurun dn ditentukan oleh gen resesif yang terpaut pada kromosom X.Penyakit yang mengakibatkan darah seseorang sukar membeku.

Contoh soal : Seorang wanita carrier hemophilia bersuamikan laki-laki normal. Tentukan persentase anak-anak yang mungkin lahir ! Jawab : P : (Ibu) XHXh >< XHY (Ayah) G : XH XH Xh Y F1 : XHXH Wanita Normal ( 25% ) XH Y Laki-laki Normal ( 25% ) XH Xh Wanita carrier ( 25% ) XhY Laki-laki hemophilia ( 25% ) Rasio fenotipe F1 adalah 75% anak normal dan 25% anak hemophilia. .

 Buta warna dibagi menjadi 2 :  Buta warna parsial  Buta warna total . Penyakit menurun yang ditentukan oleh gen resesif dan terpaut kromosom seks (kromosom X) yang menyebabkan seseorang tidak bisa membedakan warna dengan jelas.

Contoh soal : Seorang laki-laki penderita buta warna (cb) merah dan hijau beristrikan wanita normal. . Tentukan persentase anak-anak yang mungkin lahir ! Jawab : P : XXcb >< XcbY G :X Xcb Xcb Y F1 : XXcb Wanita carrier ( 25% ) XcbXcb Wanita buta warna (25% ) XY Laki-laki normal ( 25% ) XcbY Laki-laki buta warna ( 25% ) Rasio fenotipe F1 adalah 50% anak normal dan 50% anak buta warna. tetapi pembawa sifat buta warna (carrier).

 .  Cacat ini disebabkan oleh gen resesif a. sehingga rambut dan badanya putih.Merupakan kelainan yang disebabkan tubuh seseorang tidak mampu memproduksi pigmen melanin.

aa Keterangan : AA = normal = 25% Aa = normal heterozigot (pembawa) = 50% aa = albino = 25% .a A.Suami istri normal tetapi keduanya bersifat heterozigot (pembawa) A : gen penyebab pigmentasi a : gen yang tidak menyebabkan pigmentasi P : Aa >< Aa G : A. Aa .a F1 : AA . Aa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful