.

.

Siswa dapat menjelaskan cacat dan penyakit menurun pada manusia  Siswa dapat menjelaskan persilangan antar gen yang berhubungan dengan cacat dan penyakit menurun pada manusia  Siswa dapat menganalisis kemungkinan yang terjadi akibat pewarisan sifat yang diturunkan berdasarkan pada peta silsilah  .

.Substansi dasar hereditas yang mengandnung informasi genetik. tersusun dari asam nukleat (nukleo protein) dan terdapat dilokus gen dalam kromosom.

 struktur benang yang ada di dalam inti sel yang tugasnya bertanggung jawab dalam hal sifat keturunan (hereditas). .

. salah satu sifat suatu individu yang dalam proses persilangannya mengalahkan atau menutupi pemunculan sifat individu lain dalam persilangan.

yaitu sifat suatu individu yang tidak muncul dalam keturunannya karena terkalahkan atau tertutupi oleh pemunculan sifat sejenis dari individu lain dalam persilangan. . suatu sifat kebalikan dari sifat dominan.

dan tt adalah genotipe dengan fenotipe pendek. . sedangkan t adalah gen untuk pendek . Susunan genetik suatu sifat yang dikandung suatu individu yang menyebabkan munculnya sifat-sifat pada fenotipe. tinggi dominan terhadap pendek Maka : TT atau Tt adalah genotipe dengan fenotip tinggi. Contoh : T adalah gen untuk tinggi.

. sifat-sifat yang tampak pada individu serta dapat diamati dengan panca indera.

K adalah alel dari k. Contohnya : untuk pasangan gen Kk. Anggota pasangan gen yang mempunyai sifat alternatif sesamanya. dan k alel dari K. .

 . Hemofilia terjadi karena tubuh kekurangan AHG (anti haemophilic globulin).Penyakit yang mengakibatkan darah seseorang sukar membeku.  Hemofilia bersifat menurun dn ditentukan oleh gen resesif yang terpaut pada kromosom X.

.Contoh soal : Seorang wanita carrier hemophilia bersuamikan laki-laki normal. Tentukan persentase anak-anak yang mungkin lahir ! Jawab : P : (Ibu) XHXh >< XHY (Ayah) G : XH XH Xh Y F1 : XHXH Wanita Normal ( 25% ) XH Y Laki-laki Normal ( 25% ) XH Xh Wanita carrier ( 25% ) XhY Laki-laki hemophilia ( 25% ) Rasio fenotipe F1 adalah 75% anak normal dan 25% anak hemophilia.

 Buta warna dibagi menjadi 2 :  Buta warna parsial  Buta warna total . Penyakit menurun yang ditentukan oleh gen resesif dan terpaut kromosom seks (kromosom X) yang menyebabkan seseorang tidak bisa membedakan warna dengan jelas.

Contoh soal : Seorang laki-laki penderita buta warna (cb) merah dan hijau beristrikan wanita normal. . tetapi pembawa sifat buta warna (carrier). Tentukan persentase anak-anak yang mungkin lahir ! Jawab : P : XXcb >< XcbY G :X Xcb Xcb Y F1 : XXcb Wanita carrier ( 25% ) XcbXcb Wanita buta warna (25% ) XY Laki-laki normal ( 25% ) XcbY Laki-laki buta warna ( 25% ) Rasio fenotipe F1 adalah 50% anak normal dan 50% anak buta warna.

 Cacat ini disebabkan oleh gen resesif a.  . sehingga rambut dan badanya putih.Merupakan kelainan yang disebabkan tubuh seseorang tidak mampu memproduksi pigmen melanin.

aa Keterangan : AA = normal = 25% Aa = normal heterozigot (pembawa) = 50% aa = albino = 25% .a F1 : AA .Suami istri normal tetapi keduanya bersifat heterozigot (pembawa) A : gen penyebab pigmentasi a : gen yang tidak menyebabkan pigmentasi P : Aa >< Aa G : A. Aa. Aa .a A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful