P. 1
RPP LOGIKA

RPP LOGIKA

|Views: 125|Likes:
Published by Toko Aydina

More info:

Published by: Toko Aydina on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2012

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Program Semester Standar Kompetensi Alokasi Waktu : : : : SMA N 81 Jakarta Matematika X (Sepuluh) Genap

: Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. : 10 jam pelajaran (5x pertemuan)

A. Kompetensi Dasar 1. Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor 2. Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan B. 1. 2. 3. 4. Indikator Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk 5. Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor 6. Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor 7. Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor C. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat membedakan pernyataan dan bukan pernyataan 2. Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan 3. Peserta didik dapat menentukan negasi/ingkaran suatu pernyataan 4. Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi (dengan menggunakan tabel kebenaran atau bernalar berdasarkan teori). 5. Peserta didik dapat menentukan negasi dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi. 6. Peserta didik dapat mengidentifikasi pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk. 7. Peserta didik dapat menentukan konvers, invers dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi. 8. Peserta didik dapat membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor dengan sifat-sifat logika matematika. 9. Peserta didik dapat memeriksa apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi atau kontadiksi atau bukan keduanya.

D. Materi Ajar
1. Logika Matematika - Pernyataan dan Nilai Kebenarannya - Pernyataan Berkuantor - Negasi dari suatu pernyataan 2. Pernyataan majemuk : Nilai kebenaran dan negasinya - Tabel Kebenaran, Tautologi dan Kontradiksi - Konjungsi - Disjungsi - Implikasi - Biimplikasi - Ekuivalensi

Kegiatan Inti  Peserta didik diberikan informasi awal berupa pengertian pernyataan dan bukan pernyataan. Penutup a. Peserta didik diminta untuk melanjutkan tugas di rumah (jika belum selesai). disjungsi dan implikasi (dengan menggunakan tabel kebenaran atau bernalar berdasarkan teori). 275 no. Pendahuluan  Apersepsi: Guru menjelaskan sistem pembelajaran dan hal-hal yang harus disiapkan siswa dan bersama siswa membuat kesepakatan mengenai hal-hal yang harus dikerjakan siswa apabila tidak memenuhi tugas dari guru (kontrak belajar): 1 JP.tautologi dan kontradiksi  Peserta didik bersama-sama dengan guru mencari nilai kebenaran suatu pernyataan menggunakan tabel kebenaran (2 dan 3 pernyataan). diskusi. Peserta didik diminta untuk melanjutkan tugas di rumah (jika belum selesai). c.   2. serta membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. 4d dan 6 (b.  Motivasi: peserta didik dapat membedakan pernyataan dan bukan pernyataan. . dapat menentukan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi.  Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Metode Pembelajaran Presentasi Power Point. f). dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan. Langkah-langkah Kegiatan  Pertemuan Pertama (3 JP) 1. e. serta kalimat tertutup dan kalimat terbuka.  Peserta didik diberikan stimulus berupa pernyataan yang berkaitan dengan keseharian dan peristiwa sehari-hari. 2.  Motivasi: Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Pertemuan Kedua (2 JP) 1. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan negasi/ingkaran suatu pernyataan majemuk dan mengidentifikasi pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. inquiry. G. f) dan no. Pendahuluan  Apersepsi: Mengingat kembali mengenai pengertian pernyataan dan macam pernyataan majemuk (dengan bertanya kepada beberapa siswa secara acak). Alokasi Waktu: 6 x 45 menit F. 3.pernyataan majemuk dan tabel kebenarannya . Kegiatan Inti  Pemberian materi oleh guru melalui media power point presentation tentang: kuantor/kuantifier ingkaran/negasi dari pernyataan dan pernyataan majemuk  Peserta didik diberikan stimulus berupa pernyataan yang mengandung kuantifier dan negasinya yang berkaitan dengan keseharian dan peristiwa sehari-hari. b. 2 (a. tanya jawab. 3 3. Penutup  Peserta didik dan guru melakukan refleksi. d.  Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket halaman 287 no.E.  Pemberian materi oleh guru melalui media power point presentation tentang: .

LCD . Alat : . 3.Spidol . Suprayitno Syukur. konvers. Kegiatan Inti  Pemberian materi oleh guru melalui media power point presentation tentang: pengubahan kalimat ke dalam ekspresi logika.Pd .  Motivasi: Apabila materi ini dikuasai dengan baik. penerbit: Tiga Serangkai. Pendahuluan  Apersepsi: Mengingat kembali mengenai kuantifier dan negasi pernyataan majemuk serta membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Alat dan Sumber Belajar Sumber : .  Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket halaman 290 no. yaitu buku Matematika SMA Bilingual (Theory and Application of Mathematics for Grade X Senior High School).Laptop . Peserta didik diminta untuk melanjutkan tugas di rumah (jika belum selesai). Bentuk Instrumen : uraian singkat (tugas) dan pilihan ganda (UB) Contoh Instrumen : *terlampir* Mengetahui Kepala Sekolah. H.Whiteboard I. 131273837 Yana Variandari. Januari 2010 Guru Bidang Studi Matematika b. invers. Jakarta.  Peserta didik diberikan contoh berupa pernyataan implikasi yang berkaitan dengan keseharian dan peristiwa sehari-hari. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan konvers. M. . S. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Ketiga (1 JP) 1. Pd. Penutup a.Buku referensi lain. dan kontrapositif dari suatu implikasi. dan kontrapositif dari suatu implikasi beserta contohnya. Drs. invers. Penilaian Teknik : tugas individu. 1 dan 2. NIP.Buku paket. 2.

 Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal.  Pertemuan Kedua (2 JP) 1.A. tollens. Materi Ajar Penarikan Kesimpulan . invers. Peserta didik dapat menyusun kesimpulan yang syah berdasarkan premis-premis yang diberikan. 3.  Motivasi: Setelah pertemuan ini selesai. D. 2. Peserta didik dapat merumuskan cara penarikan kesimpulan berdasarkan implikasi (modus ponens. 303 dan 311.Modus Tolens . Langkah-langkah Kegiatan  Pertemuan Pertama (2 JP) 1. Kompetensi Dasar Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah B. Pendahuluan  Apersepsi: Mengingat kembali mengenai penarikan kesimpulan dan ketiga modusnya. Peserta didik dapat mengidentifikasi cara–cara penarikan kesimpulan dari beberapa contoh yang diberikan.  Motivasi: Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Kegiatan Inti  Pemberian materi oleh guru melalui media power point presentation (tentang penarikan kesimpulan: modus ponens. G. Kegiatan Inti . dan kontrapositif.  Peserta didik diberikan contoh soal dan guru membantu mereka dalam bernalar. Indikator 1. maka peserta didik diharapkan terampil dalam menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan.  Peserta didik diminta untuk melanjutkan tugas di rumah (jika belum selesai). 4. tanya jawab. maka peserta didik diharapkan siap menghadapi kuis dan ulangan.Silogisma E. Alokasi Waktu: 4 x 45 menit F. 2. Menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan C. Peserta didik dapat memeriksa keabsahan dari penarikan kesimpulan. Tujuan Pembelajaran 1. inquiry.Modus Ponens . diskusi. dan silogisme). Metode Pembelajaran Presentasi Power Point. 2. 3. modus tolens dan silogisma). Pendahuluan  Apersepsi: Mengingat kembali mengenai konvers. Penutup  Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika 2.

 Peserta didik diminta untuk menyiapkan diri menghadapi kuis dan ulangan.Buku paket. 131273837 Yana Variandari. NIP.Pembagian soal latihan.Pd . Alat dan Sumber Belajar Sumber : . Alat : Laptop LCD Spidol Whiteboard I. : uraian singkat.  Pembahasan soal dan berdiskusi dengan peserta didik. Membuat tabel kebenaran dengan metode lain. S. Suprayitno Syukur. . H.Buku referensi lain.   3. Penutup  Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Januari 2010 Guru Bidang Studi Matematika Drs. Mengetahui Kepala Sekolah. M. yaitu buku Matematika SMA Bilingual (Theory and Application of Mathematics for Grade X Senior High School). Jakarta. penerbit: Tiga Serangkai. Penilaian Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen: : tugas individu. Pd.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->