Bahaya Klorin yang Terkandung dalam Air Posted on 26 October 2010 | 3 Comments

Klorin atau chlorine atau yang kita kenal dengan nama kaporit merupakan bahan utama yang digunakan dalam proses khlorinasi. Sudah umum pula bahwa khlorinasi adalah proses utama dalam proses penghilangan kuman penyakit air ledeng, air bersih atau air minum yang akan kita gunakan. Sebenarnya proses khlorinasi tersebut sangat efektif untuk menghilangkan kuman penyakit terutama bila kita menggunakan air ledeng. Tetapi dibalik kefektifannya itu klorin juga bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Dari berbagai studi, ternyata orang yang meminum air yang mengandung klorin memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker kandung kemih, dubur ataupun usus besar. Sedangkan bagi wanita hamil dapat menyebabkan melahirkan bayi cacat dengan kelainan otak atau urat saraf tulang belakang, berat bayi lahir rendah, kelahiran prematur atau bahkan dapat mengalami keguguran kandungan. Selain itu pada hasil studi efek klorin pada binatang ditemukan pula kemungkinan kerusakan ginjal dan hati.

Dari manakah asal khlorin? Air ledeng. Oleh PDAM pada saat “pembuatan” air ledeng umumnya menggunakan air permukaan, yang umumnya akan lebih banyak mengandung kuman atau mikroorganisme merugikan daripada bila dibandingkan dengan air sumur. Campuran khlorin yang berlebihan tentunya akan dapat sampai ke kita dan akan masuk ke dalam tubuh jika kita meminum air yang mengandung khlorin tersebut.

uap air yang masih mengandung khlorin dapat terhirup dan masuk ke dalam tubuh kita. Filter air dari arang ini efektif untuk mengurangi rasa dan bau dari air. Pembuangan Air Kolam Renang. Umumnya resiko yang lebih “sering” meminumnya adalah orang-orang yang memakai air ledeng sebagai bahan air minumnya.Septik tank atau air pembuangan limbah rumah tangga. Anda juga dapat sekalian membuat saringan air sederhana yang menggunakan arang sebagai salah satu bahan untuk saringan atau anda dapat juga menggunakan salah satu dari berbagai teknik penyaringan air sederhana untuk mendapatkan air minum. Bagaimana cara mengurangi kadar klorin dalam air? Dengan menggunakan Granulated activated carbon (GAC) atau butiran karbon aktif sebagai filter air dapat mengurangi kadar klorin dalam air yang akan kita pakai. Air buangan dari kolam renang ini juga bisa saja mencemari sumur air bersih warga sekitarnya. Kolam renang umumnya menggunakan khlorin sebagai “penjernih” dari mikroorganisme yang ada dalam air. Selain itu walaupun sedikit. ditambah dengan penyerapan kaporit melalui kulit. Bagaimana khlorin tersebut sampai ke tubuh kita? Lewat air minum. Cara Mencegah Klorin Masuk ke Dalam Tubuh. bagi sebagian orang klorin juga bisa masuk melalui kulit ketika sedang mandi menggunakan air yang mengandung klorin. melainkan dari uap klor (kloroform) dalam kaporit yang terhirup saat mandi. Hal ini terutama saat mandi dengan air hangat. Tetapi cara terbaik adalah tidak menggunakan klorin untuk disinfeksi air minum dan sebagai gantinya dapat digunakan cara sederhana untuk melakukan disinfeksi pada air minum. . bisa jadi air pembuangan hasil cucian tersebut kemudian meresap ke dalam tanah dan mencemari sumur yang merupakan sumber air bersih rumah tangga. Cara paling utama khlorin masuk ke dalam tubuh adalah melalui air yang kita minum. Fakta yang lebih mengejutkan adalah bahwa efek negatif kaporit terhadap tubuh manusia sebanyak 70% bukan masuk melalui air yang diminum. Ketika menggunakan pembersih atau pencuci yang mengandung khlorin. Lewat udara. Ketika mandi menggunakan ”shower” air panas/hangat.

Lalu bukalah jendela atau ventilasi agar udara yang mengandung klorin dapat keluar dan digantikan dengan udara yang bebas klorin... Namun ada baiknya anda waspada karena menurut sebuah penelitian.Selain meningkatkan jumlah kaporit yang menguap. Untuk lebih jauhnya mungkin anda harus bertanya pada pabrik pembuatnya. Lalu bagaimana dengan Air Mineral kemasan? Seharusnya pabrik dari pembuat air mineral kemasan mengikuti standar yang ditetapkan tentang batas aman penggunaan klorin. Sedangkan untuk mengatasi bila anda menaruh klorin pada bak atau sumur sumber air anda. air hangat juga membuka pori-pori kulit. kuraslah bak dan sumur anda. Gunakan air sehemat dan seoptimal mungkin untuk mandi (baik shower ataupun berendam). Klorin memang sering digunakan sebagai zat pembasmi kuman di kolam renang. mencuci ataupun memasak dan sebaiknya air yang digunakan adalah air dingin. Dengan demikian kaporit terhirup dan terserap kulit dan langsung masuk ke pembuluh darah Penelitian di AS menunjukkan bahwa jumlah klor dalam kaporit yang masuk ke dalam tubuh dalam satu kali mandi air hangat setara dengan jumlah klor yang dapat masuk melalui air minum sebanyak 2 liter / harinya. berenang di dalam kolam renang indoor yang diberi klorin bisa menyebabkan kanker. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Centre of Research in Environmental Epidemiology and Research . apalagi kalo katanya “dari Mata Air Pegunungan…” Lalu bagaimana kalau berenang di kolam renang yang diberi klorin.? Ini faktanya : Kolam renang dalam ruangan tertutup (indoor) menjadi pilihan banyak orang karena terhindar dari sinar matahari.

” kata Manolis Kogevinas. diketahui bahwa kolam renang indoor yang diberi klorin bisa menyebabkan mutasi DNA secara permanen (mutagenicity). Spanyol. Meski efek samping klorin ini cukup berbahaya. namun Anda tidak perlu menghindari olahraga berenang mengingat cukup banyak manfaat kesehatan dari kegiatan berenang. dapat bereaksi menjadi gas di kolam tertutup dan membawa dampak terhadap sel-sel tubuh yang melindungi paru-paru. Sayangnya kandungan klorin ini juga bisa ikut masuk ke dalam tubuh saat orang berenang. kalau klorin bersenyawa dengan zat organik. http://setiapermana. maka akan menghasilkan senyawa sejenis nitrogen triklorin yang dapat mengakibatkan iritasi hebat. Berapa lama waktu yang dibutuhkan klorin masuk ke tubuh saat berenang? ilustrasi . Beberapa waktu lalu juga dipublikasikan penelitian mengenai efek klorin terhadap penyakit asma pada anak. Senyawa organik tersebut. “Kami tidak menyarankan orang untuk berhenti berenang namun kami menghimbau pengelola kolam renang untuk mengurangi penggunaan klorin. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 49 orang perenang. “Bukti terjadinya efek genotoxic (mutasi menjadi karsinogen) terlihat pada para perenang setelah mereka berenang selama 40 menit di kolam renang indoor dan mengandung klorin. Para ilmuwan mengaitkan risiko kanker ini dengan efek klorin terhadap sistem pernapasan para perenang. peneliti.com/2010/10/26/bahaya-klorin-yang-terkandung-dalam-air/ Seberapa Cepat Air Klorin di Kolam Renang Masuk ke Tubuh? Kolam renang biasanya menggunakan desinfektan dengan bahan berbasis klorin yang berfungsi untuk menonaktifkan berbagai bakteri patogen yang ada di dalam air.” kata para ilmuwan dalam pernyataannya. lanjutnya.wordpress. Menurut para ahli. seperti air seni atau keringat.Institute Hospital del Mar.

konsentrasi HAAs lebih tinggi pada kolam outdoor dibandingkan pada kolam renang indoor. Klor digunakan dalam air minum dan air kolam renang untuk membunuh bakteri berbahaya. HAA dapat dihasilkan ketika disinfektan seperti klorin bereaksi dengan kotoran dalam air. karena level tinggi dari zat ini dapat dihubungkan dengan cacat lahir dan kanker. Selasa (9/8/2011). Peneliti menguji urine dari 49 partisipan yang berenang di kolam atau bekerja di sekitar kolam renang indoor dan outdoor. Para peneliti menemukan bahwa HAAs muncul dalam urine 20-30 menit setelah berenang dan dapat dieliminasi (dikeluarkan) dari tubuh dalam waktu 3 jam. Penelitian menunjukkan bahwa. Karena di kolam renang menggunakan sistem resirkulasi air untuk waktu yang lama yang bertujuan untuk meningkatkan klorinasi air. Perlu pengelolaan kolam yang benar .Hasil tes menunjukkan urine seseorang mengandung HAAs (haloacetic acids) setelah berenang di kolam yang telah diklorinasi. Dampak HAAs bagi kesehatan masih belum jelas dan masih terus diteliti. Penelitian meliputi orang dewasa dan anak-anak. Konsentrasi HAAs di kolam renang juga lebih tinggi daripada di sumber air minum. The Environmental Protection Agency membatasi level HAA dalam air minum. Sebuah penelitian menunjukkan. klorin dalam bentuk HAAs dapat terdeteksi dalam urine perenang dalam waktu 30 menit berenang. Bagaimana klorin masuk ke tubuh? Hampir 90 persen kasus terpapar HAAs karena menelan air kolam renang. Anak-anak lebih mungkin memiliki konsentrasi HAAs yang tinggi setelah berenang dibandingkan orang dewasa. Akumulasi HAAs pada perenang kurang lebih 4 kali lebih cepat dibandingkan pekerja di sekitar kolam. Studi baru ini dipublikasikan dalam Environmental Science & Technology seperti dikutip dari WebMD. Sedangkan sisanya karena inhalasi atau diserap melalui kulit.

“Kami telah menentukan penggunaan bahan kimia pada air minum dan air kolam. jangan berenang jika mengalami diare atau infeksi saluran pencernaan beberapa hari sebelumnya.” kata Ostrowski. Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Belgia serta dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics. menggunakan baju renang yang ketat menempel di tubuh. Healthy Families di Washington DC mengatakan bahwa masalah ini telah dibahas sejak beberapa waktu yang lalu. Untuk mencegah tertularnya berbagai penyakit dari kolam renang sebaiknya membilas diri dengan air dan sabun antiseptik sebelum dan sesudah berenang . usahakan untuk selalu buang air kecil di toilet dan biasakan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. menunjukkan klorin yang terdapat di dalam kolam renang bisa meningkatkan risiko asma. kolam renang yang dikelola dengan baik harus memiliki konsentrasi HAAs yang kurang dari apa yang ditemukan dalam air minum. Pengelola kolam renang harus mengantisipasi jika hasil strip tes tidak dalam rentang yang dapat diterima atau rentang normal. National Campaign Director of Safer Chemicals.” ungkap Igrejas. Strip tes yang tersedia secara komersial dapat mengukur kadar klorin dan pH atau keasaman dalam kolam. alergi rhinitis dan demam pada orang yang rentan terhadap alergi. Perenang juga dapat mengurangi paparan HAAs pada tubuhnya caranya dengan tidak menelan air kolam dan harus belajar untuk menjaga mulut agar tetap tertutup ketika berenang di kolam renang. Untuk pengukuran kadar klorin bisa dilakukan dengan mudah. Tetapi penggunaaan bahan kimia yang berlebihan masih terjadi karena penggunaan jumlah bahan kimia yang tidak sesuai dengan aturan.com/post-481/seberapa-cepat-air-klorin-di-kolam-renang-masuk-ke-tubuh . Tapi penggunaan bahan kimia untuk disinfeksi harus dengan risiko yang paling minimal. Andy Igrejas.Menurut Mary Ostrowski. “Klorin digunakan untuk mendisinfeksi kolam renang. Pengelolaan kolam yang baik harus mempertimbangkan penggunaan bahan kimia untuk disinfeksi dengan risiko yang paling minimal. direktur chlorine issues pada the American Chemistry Council di Washington DC. http://inidanitu.

Menggunakan desinfektan memang telah terbukti secara signifikan menyebabkan kematian mikroorganisme patogen.com/. Hal penting yang harus diperhatikan dalam menjaga kolam renang adalah mempertahankan nilai pH dengan benar. Selama musim panas. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan dari Belgia serta dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics. Tetapi jika senyawa tersebut bercampur dengan bahan organik lain seperti urin dan keringat. www. menunjukkan klorin yang terdapat di dalam kolam renang bisa meningkatkan risiko asma. Meski didapatkan risiko asma yang terkait dengan penggunaan klorin.zegez. alergi rhinitis dan demam pada orang yang rentan terhadap alergi. memastikan sirkulasi air tetap tinggi serta menjaga nilai ambang batas dari klorin dan bahan organik lain. maka klorin bisa melepaskan produk campuran yang dapat mengiritasi mata. usahakan untuk selalu buang air kecil di toilet dan biasakan cuci tangan menggunakan air mengalir. jangan berenang jika mengalami diare atau infeksi saluran pencernaan beberapa hari sebelumnya. namun kaporit bisa menjadi bumerang. tapi kolam renang tetap memerlukan desinfektan untuk menjaga kebersihannya. klorin atau chloroisocyanurates berfungsi untuk menonaktifkan berbagai bakteri patogen yang ada di dalam air. melakukan pembersihan filter secara rutin.coli dan jentik nyamuk../bahaya-berenang-di-dalam-air-berkaporit/ Kaporit digunakan pada kolam renang sebagai desinfektan untuk mencegah bakteri e. . Memelihara kolam renang dengan bahan organik lain yang berkadar tinggi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama ketika suhu air lebih tinggi seperti saat musim panas. Meskipun terlihat baik untuk manusia. kolam renang harus selalu dimonitor kadar klorin dan pH nya untuk mencegah tertularnya berbagai penyakit infeksi melalui air. terkadang penyakit ini bisa tetap bertahan terutama di kolam renang umum.hari ini harus lebih baik dari kemarin Senin. Namun. kulit dan saluran udara atas. menggunakan baju renang yang ketat menempel di tubuh.. Untuk mencegah tertularnya berbagai penyakit dari kolam renang sebaiknya membilas diri dengan air dan sabun antiseptik sebelum dan sesudah berenang. 08 November 2010 Analisa Klor aktif Cara Kerja Klorin Sebagai Desinfektan Penggunaan kaporit bertujuan sebagai desinfektan bisa menjadi potensi bahaya bagi orang lain. Desinfektan berbasis klorin seperti hipoklorit.

Sewaktu menderita diabetes. memproduksi zat asam secara berlebihan. Coca-Cola Bottling Indonesia Medan dengan metode kolorimetri dengan menggunakan komparator lovibond 1000 yaitu berdasarkan perbandingan warna yang terbentuk setelah sampel ditambahkan indikator DPD (N-Dietil-pfenilendiamin). Data yang diperoleh dengan penambahan klorin yang paling baik adalah 0.htm diakses 8 November 2010 Analisa kadar klorin pada air baku produksi di PT. karena metabolisme gula mengalami hambatan..04 ml didalam 1000 ml air yang di lakukan secara eksperimen di laboratorium atau 5.0 ppm. Data ini sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh SNI 06-4824-1998 yaitu bahwa kandungan klorin pada air tidak melebihi batas 4.cc/bahayakah-kaporit-di-dalam-kolam-renang. sehingga PH meningkat. Risiko tersebut juga berlaku bagi mereka yang sering berenang di air berkaporit. www.html Klorin / Chlorine (Cl) Klorin biasanya terkandung pada air ledeng (PAM).htm Mengurangi gula darah Chitosan dapat mengatur PH dalam cairan tubuh.Sebuah penelitian mengatakan bahwa kadar kaporit yang terlalu banyak dalam air dapat menyebabkan berkurangnya fungsi paru-paru.jelambaraquaticlife. HCO3 meningkat secara relatif. ion positif dalam cairan tubuh terutama terdiri dari CL dan HCO3. PH cairan tubuh cenderung rendah. Tingkat klorin diatas 0. www. . dan dapat memperbaiki gula darah.6 liter/jam didalam 40000 liter air pada filter tank yang menghasilkan kandungan klorin 1.bagi-bagi-info. Kaporit yang tercampur dengan daun-daunan dapat menimbulkan suatu zat yang berbahaya. menambah sensitivitas insulin.com/water_chemist. Klorin ini akan masuk bersama air ledeng (PAM) yang digunakan pada saat penggantian air atau penataan ulang akuarium secara keseluruhan (new setup). www.com/html/.. sehingga meningkatkan sensitivitas insulin. Pemulihan cairan tubuh cenderung bersifat basa. agar tercapai tujuan mengurangi gula. asma.02 mg/l (ppm) akan menyebabkan membran sisi insang (mucous membranes) ikan merasa terbakar dan berwarna merah./chitosan. sehingga sensitivitas insulin menurun.tiens-stokis47.co. Sewaktu CL berkurang. Gas beracun dalam kolam akan lebih cepat tersebar pada kolam renang di alam terbuka. bahkan dapat mematikan bakteri ini. Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan segera mandi dengan sabun disinfektan setelah berenang dan menghindari air kaporit meresap dalam pori-pori. Chitosan dapat mengurangi penyerapan CL. Menyiasati dengan memilih kolam renang di alam terbuka juga bisa menjadi solusinya. erosi pada email gigi hingga kanker kandung kemih.0 ppm. Klorin juga dapat mengganggu kerja bakteri pengurai yang menguntungkan pada saat mengurai polutan pada filter.

Golongan ini berdaya aksi dengan cara oksidasi dalam rentang waktu sekitar 1030 menit dan umum digunakan dalam larutan air dengan konsentrasi 1-5%.scribd. www. Besarnya kadar klorida dalam perairan sangat penting dalam berbagai aspek seperti dalam penelitian-penelitian tenaga panas bumi.oleh akar tanaman dan dapat diserap pula berupa gas atau larutan oleh bagian atas tanaman. www. sulfat (8%).mukosa. misalnya daun. tetapi tidak efektif untuk membunuh beberapa bakteri jenis gram positif dan ragi.iodofor.http://repository. Garam-garaman utama yang terdapat dalam air laut adalah klorida (55%). bromida./Mengenal-Bahan-Kimia-Desinfeksi . Keberadaa ion Cl. magnesium (4%). memperbaiki penyerapan ion lain. sulit terbiodegradasi dan mengiritasi . untuk tanaman kelapa dan kelapa sawit dianggap hara makro yang penting.misalnya natrium hiperklorit.ac. Umum digunakan sebagi desinfektan pada pakaian. Klor berfungsi sebagai pemindah hara tanaman. strontium dan florida. Kadar Cl yang terbaik pada tanaman adalah antara 3401200 ppm dan dianggap masih dalam kisaran hara mikro. industri. 2005).Lumpur air selokan. Kadar Cl dalam tanaman sekitar 2000-20.sedangkan senyawa yang terhalogenasi adalah senyawa anorganik dan organic yang mengandung gugus halogen terutama gugus klor. Semua perairan alami mengandung klorida yang kadarnya sangat bervariasi mulai dari beberapa milligram sampai puluhan ribu milligram (air laut)..natrium klorit. hara Cl kebanyakan bukan menimbulkan defisiensi. mencegah kehilangan air yang tidak seimbang. dll.com/doc/. Tiga sumber utama garam-garaman di laut adalah pelapukan batuan di darat. hidrologi. berarti semakin asin air dan semakin rendah kualitasnya. tetapi justru menimbulkan masalah keracunan tanaman. Oleh karena itu. kalsium (1%). natrium (31%).000 ppm berat tanaman kering.aplikasi desinfeksi untuk mereduksi virus. danau atau sungai biasanya memiliki kadar klorida yang relatif tetap. Semakin tinggi konsentrasi Cl-. air artesis. meningkatkan osmosis sel./Laporan-Praktikum-Laboratorium-Lingkungan-Percobaan-III-Klorida Golongan Halogen yang biasa digunakan adalah berbasis Iodium seperti larutan iodium. Juga berperan dalam fotosistem II dari proses fotosintesis. irigasi.scribd. Namun suatu perairan baik itu airtanah.klor dioksida..dalam air akan berpengaruh terhadap tingkat keasinan air...kolam renang.dan kloramin. sehingga sangat mobil dan mudah tercuci oleh air drainase.id/handle/123456789/19476 Klor merupakan unsur yang diserap dalam bentuk ion Cl. Sumber Cl sering berasal dari air hujan. Klor dalam tanah tidak diikat oleh mineral. asam borak. Perubahan kadar klorida dalam suatu perairan berhubungan dengan lokasi maupun waktu tertentu yang menunjukkan adanya percampuran dengan perairan lain maupun pencemaran terhadap perairan tersebut. khususnya dalam evolusi oksigen (Prihatmoko 2009). gas-gas vulkanik dan sirkulasi lubang-lubang hidrotermal (hydrothermal vents) di laut dalam (Agusset.usu. Adapun kekurangan dari golongan halogen dan terhalogenasi adalah tidak stabil. potasium (1%) dan sisanya (kurang dari 1%) teridiri dari bikarbonat.com/.

Dalam jumlah kecil. Klor berasal dari gas Cl2. Untuk menentukan atau mengukur jumlah (kadar) klorida dalam air. NaOCl. 1998). mereka dibutuhkan karena alasan ini. proses kloral kali ini menghasilkan gas hidrogen dan natrium hidroksida. Kadar rendah atau menengah dari kedua senyawa ion tersebut menambah rasa segar ada air. Dua faktor penting yang mempengaruhi proses desinfektan adalah waktu bereaksi dan konsentrasi zat desinfektan. Zat kimia lain yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah ozon (O3). Ozon boleh juga digunakan untuk membunuh bakteria. Klor merupakan salah satu zat desinfektan yang sering digunakan dalam pengolahan air minum. Karena itu.Klorin adalah bahan kimia yang penting untuk beberapa proses penurunan air. dan digunakan sebagai katalis dalam sintesis organik (Putranto. Kebanyakan klorida larut dalam air. dan korosif. Dalam konsentrasi tinggi. Anhidrat dari besi (III) klorida adalah asam Lewis yang cukup kuat. 2008). dan sebagainya. Dalam konsentrasi yang wajar. Oleh karena itu. mereka menyebabkan masalah. klordioksidan. Mohr Method (Argentometric) - . Sulfat dapat lebih bermasalah karena sulfat ada dalam konsentrasi yang lebih besar. Larutan ini juga digunakan sebagai pengetsa untuk logam berbasis-tembaga pada papan sirkuit cetak (PCB). kemudian mengalir ke sungai. indikator digunakan untuk menunjukkan adanya kelebihan ion Hg2+. Mercurie Nitrate Method (metode HgNO3) Menentukan banyak sedikitnya kandungan klorida dengan perbandingan Mohr method (metode Mohr). yang digunakan sebagai koagulan pada pengolahan limbah dan produksi air minum. Konsentrasi klorida pada dataran tinggi dan pegunungan biasanya relatif rendah. Klorida biasanya dihasilkan melalui elektrolisis natrium klorida yang terlarut dalam air. Senyawa ini umum digunakan dalam pengolahan limbah. Jumlah konsentrasi yang berlebihan dari keduanya tentu akan membuat air jadi tidak enak diminum (Anonim1. Biasanya konsentrasi klorida rendah. sungai dan air tanah memiliki tingkat klorida yang tinggi. Ca(OCl)2 atau larutan kaporit atau larutan HOCl (asam hipoklorit). produksi air minum maupun sebagai katalis. baik di industri maupun di laboratorium. HgCl2 (K = 2. a. Bersama dengan klorin. Pada metode ini. Hidrolisis ini menghasilkan larutan yang coklat. asam. S. Pada kenyataannya. klorida tidak akan membahayakan bagi manusia. mereka tidak berpengaruh. Bila dilarutkan dalam air. 2009). Konsentrasi klorida yang juga sangat tinggi pada air laut yang menguap. penggunaan klorida dibatasi untuk kebutuhan manusia (Alaerts dan Ir. Sumetri. besi (III) klorida mengalami hidrolisis yang merupakan reaksi eksotermis (menghasilkan panas). atau bawah tanah. penjangkitan dan dalam pelunturan. oleh karena itu klorida biasanya hanya ditemui di kawasan beriklim kering. dapat digunakan metode berikut ini. 2009). sedangkan pada sungai dan air tanah biasanya sangat banyak jumlahnya.6 x 10b. Rasa asin terhadap air merupakan pengaruh dari klorida dalam jumlah konsentrasi sebesar 250 mg/L. dan ozon tidak membentuk organoklin dan tidak tertinggal dalam air setelah perawatan (Jatilaksono.

Metode Mohr ini menggunakan AgNO3 sebagai zat pentitrasi dan menganjurkan menggunakan metode standar. jika chlorine yang berlebih akan membentuk Nitrogen khlorida yang bersifat explosive. 3. 2009). . unalea. sebagai contoh menjenuhkan ikatan rangkap dalam suatu molekul. hal ini dapat diminimalisir dengan menggunakan karbon aktif. 2.102-) (Hanief. Zat humus di dalam air menyebabkan warna kuning (warna sejati) yang dikenal dengan “air gambut” yang dapat dipulihkan (dipudarkan) oleh oksidasi sebagian.com/2010/02/laporan-praktikum-klorida. Konsentrasi asam humus dan asam flufik kadang-kadang relatif besar. . Reaksinya dengan zat organik (NH3) berlebih akan bereaksi membentuk ammonium khlorida dan gas nitrogen. tetapi metode ini tidak cocok untuk perumahan dibanding reverse osmosis (Anonim2. Dengan cara senyawa haloform seperti kloroform (CHCl3). Indikator ini akan mengubah warna putih perak menjadi endapan merah bata. Sebagian besar zat organik yang terdapat dalam berbagai jenis air adalah berupa zat humus. Pemakaian gas khlor masih perlu mendapat kajian yang lebih teliti dimana gas khlor dalam kinerjanya akan menghasilkan zat sisa dan tidak efektif dalam kasus. Gas khlor dapat menimbulkan rasa dan bau yang khas sehingga dapat mengurangi estetika dan visual air. Selain itu asam humus dan asam flufik mengandung grup Keto yang dapat menyebabkan terbentuknya “haloform” setelah bereaksi dengan klor/senyawa klor. monobromodiklorometan (CHCl2Br). Deionisasi (demineralisasi) atau destilasi juga akan menghilangkan klorida dan sulfat dari dalam air. .10-10) Indikator yang biasa digunakan untuk menentukan adanya ion Ag+ adalah potassium chromate.blogspot.kasus tertentu misalnya: 1.Metode ini merupakan metode yang dapat menghasilkan hasil yang lebih memuaskan dari pada metode HgNO3. Klorida dan sulfat dapat dihilangkan dari air dengan Reverse Osmosis. 2008).html – Pemakaian gas khlor sebagai bahan desinfeksi untuk air minum perlu penanganan yang lebih efektif mengingat daya reaktifitas dan toksisitasnya yang tinggi. Dalam proses titrasi ion klorida akan terbentuk klorida dengan lapisan endapan putih perak. dibromomonoklorometan (CHClBr2) dan bromoform (CHBr3) dengan kondisi tertentu dapat .

Oleh karena itu reaksi haloform tidak diinginkan terjadi. chlorophenoles. sehingga menjadi senyawa organik terkhlorinasi.5 ppm tidak cocok digunakan dalam hal – hal tertentu bahkan tidak dianjurkan. Terhadap umur tanaman (Spermatophyta) : 1. Tubuh akan melemah.terbentuk. Gas khlor tidak efektif dalam membunuh virus Hepatitis A meskipun bakteri mati oleh desinfektan ini. seperti THM.Dosis klor → lebih tinggi menyebabkan kemungkinan haloform terbentuk lebih besar. 4. reaksi haloform lebih baik. (Kasus di sungai Jamuna. < 1 mg/l Sisa Khlor bebas (umur panjang) 2. pH → pH lebih tinggi. udang. India). Air olahan dengan kadar sisa khlor 0. < 0.1 mg/L Sisa Khlor Bebas . Mikroba dari grup protozoa ini mampu membentuk spora di usus halus manusia lalu menghalangi penyerapan air sehingga penderitanya menjadi haus terus. 3. < 0. Konsentrasi zat-zat organik → konsentrasi yang tinggi menaikkan kandungan haloform 2. Masa inkubasi penyakit ini berkisar antara 1-2 bulan setelah terkena infeksi yang ditandai dengan demam yang disertai rasa mual dan muntah. Pembentukan haloform dipengaruhi oleh : 1. (budi daya perikanan) : 1. sebagai produk samping klorinasi yang dikenal dengan “THMs (trihalomethanes)“.5 – 1. Gas klor tidak efektif dalam membunuh protozoa Cryptosporidium-c. C – org. 6. Klor terlarut/Hipoklorit dapat bereaksi dengan zat organik (karbon organik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan. Reaksinya dengan air yang mengandung warna tinggi (Tannin dan Lignin) akan membentuk senyawa klorolignin sangat sulit didegradasi karena mengandung senyawa organik terklorinasi dengan berat molekul yang tinggi. Ribuan orang lantas sakit dan ratusan tewas). mutagenik dan karsinogenik 5. (Kasus terjadi di sebuah kota San Paolo yang air ledengnya diambil dari Danau Chavez yang tercemar berat. bola mata pun menjadi kuning. dimana senyawa ini dikatagorikan “karsinogenik” (penyebab kanker).1 < 0. Tri halometan merupakan produk samping desinfeksi.) dalam air yang didesinfeksi dengan klor. Hati penderita menjadi bengkak. 1-2 mg/l Sisa Khlor bebas (umur pendek) Terhadap ikan (dewasa) : 1. Warna kuning ini bisa menjalar ke permukaan kulit.3 mg/l Sisa Khlor bebas Terhadap ikan. dimana pada badan air penerima dapat terurai menjadi senyawa klorolignin dengan berat molekul lebih rendah yang bersifat lebih toksik. 7. menjadi kurus dan perut membuncit. Mikroba ini tahan dalam air mendidih lebih dari sepuluh menit tetapi parasit ini dapat mati oleh ozon.

8 per 100 ml air. Dachi di 19:59 Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook 0 komentar: Poskan Komentar .8 per 100 ml air. namun sebaliknya dengan sisa khlor semakin berkurang. Sesuai tabel 8. Pengaruh jarak pengaliran air minum terhadap sisa khlor dan angka MPN Coliform air minum sangat berpengaruh. untuk menjaga sisa khlor pada jaringan distribusi. Untuk menjaga kualitas air perpipaan. Frekuensi pemakaian desinfektan alternatif gas klor yaitu kaporit maupun sodium hipochlorit harus diatur sedemikian rupa supaya tidak lebih dari batas “kadaluarsa”. sisa khlor sebesar 0. Pada jarak 2 Km. masing-masing dianalisis dengan uji stastistik regresi linier. Pada jarak 6 km. Diposkan oleh Adi S. Pengaruh jarak pengaliran terhadap sisa khlor dan angka MPN Coliform. umumnya kadar khlornya berkurang antara 2 – 4% per bulan pada temperatur kamar . keberadaan sisa khlor sangat diperlukan dalam suatu sistem jaringan distribusi karena dapat mengurangi risiko tumbuhnya mikroba dan terjadinya kontaminasi.0 mg/lt dengan angka MPN Coliform nol. Pada jarak 4 km. Sementara itu pada jarak 8 km sisa khlor dengan MPN Coliform sebesar 55.Terhadap manusia : 1.2-0.1 mg/lt dengan angka MPN Coliform sebesar 7.01. sisa khlor sebesar 0. Penyimpanan yang terlalu lama pada bahan kimia cair terutama kaporit juga akan mengurangi gugus aktif khlor sehingga daya desinfeksi berkurang.6 per100 ml air dan pada jarak 10 km sisa khlor nol dengan angka MPN Coliform sebesar 133. Kadar sisa khlor pada PDAM Buntok adalah 1. Pada jarak pengaliran terhadap MPN Coliform dengan uji regresi linier ap<0. Apabila larutan disimpan terlalu lama. Disimpulkan bahwa faktor jarak pengaliran air minum berkorelasi terhadap angka MPN Coliform semakin meningkat.3 mg/lt dengan angka MPN Coliform nol. Dalam penelitian di PDAM Buntok. Sisa khlor pada sistem jaringan distribusi harus dijaga pada konsentrasi 0.5 mg/lt. Kalimantan Tengah. sisa khlor sebesar 0. Untuk itu perlu diadakan pos khlorinasi pada jarak tertentu. 9. dengan observasional analitik yang dilakukan secara cross sectional dengan variabel bebas jarak pengaliran dan variabel terikat angka MPN Coliform serta nilai sisa khlor.5 mg/lt dengan angka MPN Coliform nol.01 dan terhadap sisa khlor uji regresi linier p<0. Sampel penelitian diambil secara acak pada pelanggan PDAM Buntok.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langgan: Poskan Komentar (Atom) Pengikut Arsip Blog ▼ 2010 (14) ▼ November (14) PENGUMUMAN TES WAWANCARA BPS PENGUMUMAN TES TERTULIS BPS NAD 2010 PENGUMUMAN TES TERTULIS BPS SUMUT 2010 CPNS Kab Karo Formasi CPNS 2010 Labuhan Batu cpns Labura Analisa Klor aktif Bahan Pengawet Kimia Yang Dilarang Bahan Pengawet pada Mi Instant Eksplosif Gunung Merapi Gunung Teraktif di Dunia Keindahan Pulau Nias Pasca Pelantikan Pejabat Bupati Nias Barat BANGUNAN YANG MENYALAHI SIMB BERJAMUR DI KEL....TITI. Mengenai Saya .

Kata klorida dapat pula merujuk pada senyawa kimia yang satu atau lebih atom klornya memiliki ikatan kovalen dalam molekul. Ini berarti klorida dapat berupa senyawa anorganik maupun organik. sedangkan contoh sederhana senyawa organik (suatu organoklorida) adalah klorometana (CH3Cl). Gambar template oleh LonelySnailDesign. Dachi Lihat profil lengkapku Template Travel. Dalam air. http://id. atau sering disebut metil klorida. Garam dari asam klorida HCl mengandung ion klorida.html Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur klor mendapatkan satu elektron untuk membentuk suatu anion (ion bermuatan negatif) Cl−.com/2009/12/11/sanitasi-kolam-renang/ . yang adalah natrium klorida dengan formula kimia NaCl.blogspot. http://wwwsabarombudsman. contohnya adalah garam meja.wikipedia. Diberdayakan oleh Blogger.Adi S.wordpress. Contoh paling sederhana dari suatu klorida anorganik adalah hidrogen klorida (HCl). senyawa ini terpecah menjadi ion Na+ dan Cl−.org/wiki/Klorida http://kristonimala.com/2010/11/analisa-klor-aktif.