PENELITIAN SEJARAH

BANDUNG LAUTAN API

SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

. Seperti pepatah mengatakan bahwa. hingga selasai makalah ini. karena itu kepada para pembaca khususnya guru mata pelajaran ini dimohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi bertambahnya wawasan saya di bidang ini. Makalh Penelitian Sejarah Ini dapat Terselesaikan. ii .TAHUN AJARAN 2010-2011 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Sidoarjo. berkat rahmat dan karunia-Nya. Melalui Makalah Penelitian Sejarah ini saya ingin menjelaskan secara sederhana tentang sejarah khususnya bagi generasi muda. Desember Penulis. Semoga makalah ini benar-benar bermanfaat. “Tak ada gading yang tak retak” demikian pula dengan makalah ini tentu masih mempunyai banyak kekurangan dan kesalahan. Makalah ini membantu untuk lebih jauh mengetahui penelitian sejarah suatu permasalahan itu serta tujuan yang diperoleh setelah mengidentifikasi Peristiwa Sejarah. Diucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu.

Tujuan Penelitian …………………………………………………….1. Latar Belakang Masalah 1.4. 2 1. 6 Bab II: LANDASAN TEORI 2.5.2. Saran …………………………………………………………………… iii . 3 1.DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar Daftar Isi ………………………………………………….1.……… …………………………………………………… …………………………………………………………………… i ii iii 1 Bab I: PENDAHULUAN 1.. Permasalahan ……………………………………………… 1 …………………………………………………………..3. Kesimpulan …………………………………………………. …………………………………… 7 10 10 7 …………………………………………………. Metode Penelitian…………………………………………………….… 9 …………………………………………………………… 2. Tinjauan Pustaka …………………………………………………….…………… ………………………………………………………. 2 1.Hasil penelitian Bab III KESIMPULAN 1.

sekitar 200. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda menguasai kota tersebut. pada tanggal 24 Maret 1946. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung diambil melalui musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan (MP3) di hadapan semua kekuatan perjuangan.000 penduduk membakar rumah dan harta benda mereka. Selanjutnya TRI melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. Latar Belakang Masalah Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung. Abdoel Haris Nasoetion selaku Komandan Divisi III. mengumumkan hasil musyawarah tersebut dan memerintahkan untuk meninggalkan Kota Bandung. provinsi Jawa Barat pada bulan Maret 1946.BAB I PENDAHULUAN 1. Dalam waktu tujuh jam. rombongan besar penduduk Bandung mengalir panjang meninggalkan kota dan malam itu pembakaran kota berlangsung. iv . Kol. meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung.1. Hari itu juga.

Penulis merumuskan masalah-masalah yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah: 1.2.2.2.1.3.1.3. Mengusir para penjajah • c. permasalahan yang dibahas dalam penelitian sejarah ini adalah sebagai berikut: Setiap kegiatan penelitian.2.pejuang. Permasalahan timbul akibat dari suatu kesangsian yang akhirnya mendorong suatu keinginan untuk memecahkannya. Mendeksripsikan bagaimana sejarah dan terjadinya peristiwa Bandung lautan Api v .Permasalahan Sehubungan dengan latar belakang masalah di atas. Menjelaskan bagaimana keterlibatan antara masyarakat. Apa Penyebab dan Dampak dari Peristiwa Bandung Lautan Api? 1. Bagaimana sejarah perjuangan rakyat Indonesia khusunya Di Daerah Bandung? 1.Apa itu Peristiwa Bandung lautan Api? 1. Menjelaskan bagaimana sejarah perjuangan masyarakat bandung menhadapi para penjajah * b.2.Tujuan Penelitian Tujuan penulisan penelitian sejarah : a. selalu bertolak dari permasalahan yang akan dibahas.

Heuristik Sumber Tertulis : Saya Pilih Mengungsi (Pengorbanan Rakyat Bandung untuk Kedaulatan). Agresi militer Inggris dan NICA Belanda pun memicu tindakan pembumihangusan kota oleh para pejuang dan masyarakat Bandung.com/index. London. pada awal tahun 1946. Inggris menjanjikan penarikan pasukannya dari Jawa Barat dan menyerahlan Jawa Barat kepada Belanda. Maret 2002 bandungheritage. yang selanjutnya akan menggunakan sebagai basis militer untuk menghadapi Republik Indonesia. Tentara sekutu berusaha untuk menguasai Bandung.com http://bdgyes.org bandungtempodulu.php? option=com_content&view=category&layout=blog&id=68&Itemid=82 berbagai sumber didapat dari berbagai kajian pustaka dan sumber media elektronik(via internet) Sumber Lisan : Surat Kabar De Waarheid sebagaimana dikutif Soeara Merdeka Bandung (Juli 1946) memberitahukan bahwa di Downingstreer 10. Kesepakatn dua sekutu Inggris dan NICA (Nederlands Indie Civil Administration) Belanda itu memunculkan perlawanan heroic dari masyarakat dan pemuda pejuang di Bandung. meskipun harus melanggar hasil perundingan dengan Republik Indonesia. vi . Penerbit Bunaya.4.1.Metode Penelitian A. ketika tentara Inggris dan NICA melakukan serangan militer ke Bandung.

membakar tanpa sisa kota bandung. Demi menyelamatkan kotana. Tinjauan Pustaka Daftar Pustaka vii . Berbangga kepada para pejuang yg telah menusir para penjajah.namun rakyat Bandung dibantu oleh Para Pejuang.agartidak diduduki dan ditempati para penjajah Belanda. Peristiwa ini sangat berpengaruh. dan melanjutkan perjuangan para pejuang dimasa kini. Banyak mengilhami masyarakat.dimana Bandung saat itu akan diduduki oleh Belanda. kita patutnya bersyukur. setidaknya kita sebagai Masyarakat indonesia yg hidup di zaman tanpa penjajahan.bagaimana suatu Sejarah kota bandung itu sendiri saat dijajah belanda.Kritik Kritik Internal Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan titik tolak dari perjuangan Rakyat kota bandung dan Indonesia dalam Menghadapi Penjajahan . Kritik Eksternal Sejak Peristiwa Bandung Lautan Api. dan Menghargai para pejuang dan yang telah mencurahkan jiwa dan raga mereka untuk merebut kota bandung.dan bermawa diri.

dkk.Bandung Lautan Api. 2000. Bandung dan Api. 2005.Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Usman. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Bunaya.com http://bdgyes.org bandungtempodulu.com/index. Sukardi. Jakarta : PT. 2005. Minggu. Subana. Jakarta : PT. Bandung: Heritage. Sumber Majalah Dan Surat Kabar Bandung Heritage. Minggu. Sumber Lain: bandungheritage. 1996. Bumi Aksara. M. dkk. Nurul. Bunaya. 15 Maret 2002. Husaini. 2003.Sejarah Perjuangan. 8 oktober 200. 2002. Bumi Aksara.php? option=com_content&view=category&layout=blog&id=68&Itemid=82 BAB II viii .Zuriah. Bandung : Pustaka Setia.

ix . tembakan mortir pejuang RI yang tidak tepat sasaran menimbulkan korban sipil Eropa. garuda). berbagai serangan terus dilakukan oleh pihak musuh. Brigjen MacDonald mengeluarkan ultimatum pertama yaitu “wilayah bandung dibagi dua dengan batasan rel kereta api. lengkong. sedangkan wilayah selatan diperuntukkan bagi pribumi”. di bulan november 1945. tentu saja keadaan ini dimanfaatkan musuh untuk menyerang rakyat yang saat itu sedang lemah. perlawanan terjadi di berbagai daerah. kondisi tentara di bandung saat itu tidak menguntungkan dan sangat tidak seimbang. namun ternyata perjuangan bangsa kita belum berakhir. hal ini tentu saja menimbulkan kemarahan rakyat sehingga peperangan tidak dapat terelakkan. kebonjati dan wilayah lain di sekitarnya. ratusan korban terbawa hanyut dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. namun dalam perkembangannya. para pejuang hanya memiliki 100 pucuk senjata api dan sisanya hanya berupa senjata tajam serta bambu runcing. tentara Inggris dibawah komando Brigjen MacDonald mendarat di bandung pada bulan Oktober 1945. sedangkan pasukan Inggris berkekuatan 12. pada pertempuran tersebut. awalnya misi mereka adalah melucuti tentara Jepang serta membebaskan tawanan perang. sasakgantung. Akibat kejadian iniInggris membalas dengan membombardir tegalega yang menimbulkan banyak korban sipil pribumi.Hasil Penelitian Historiografi sejarah bangsa ini mencatat kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 agustus 1945. keadaan semakin parah ketika pada tanggal 27 november 1945. bagian utara diperuntukkan bagi orang Belanda. salah satu pertempuran yang terkenal yaitu pertempuran yang terjadi di daerah fokkerweg (sekarang jl. Inggris melakukan pengeboman di daerah lengkong dan cicadas yang menewaskan banyak korban. keadaan ini diperparah dengan meluapnya sungai cikapundung sejak tanggal 25 november 1945.000 tentara ditambah pula pasukan Belanda yang telah siap dengan berbagai perlengkapan perang modernnya. setelah ultimatum ini ratusan pribumi yang tinggal di wilayah utara segera mengungsi dibawah tekanan para tentara sekutu. Eropa dan sebagian Cina. akibatnya terjadilah banjir besar di kawasan balubur. termasuk bandung yang pada akhirnya menimbulkan peristiwa bandung lautan api. mereka malah membuka jalan bagi Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. kedatangan tentara sekutu (Inggris) yang diboncengi Belanda memaksa para pejuang bangsa harus kembali bertempur kembali demi mempertahankan kemerdekaan yang baru seumur jagung.

yang berisi “memerintahkan Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk meninggalkan bandung selatan hingga radius 11 km dari pusat kota selambat. maka hari itu juga rombongan besar penduduk kota bandung dengan suka rela meninggalkan kota serta rumahnya dengan membawa barang-barang seadanya.lambatnya tanggal 24 maret 1946 pada pukul 24. BAB III Kesimpulan x .H. karena kekuatan TRI tidak akan sanggup melawan musuh yang berkekuatan besar. ciwidey. garut.00. keputusan ini diambil agar pihak musuh tidak dapat memanfaatkan kota bandung pasca pribumi mengungsi. pengorbanan dan perjuangan penduduk dan pejuang kota bandung yang heroik ini kemudian memberikan inspirasi hingga terciptanya sebuah lagu yang berjudul “HaloHalo Bandung”. Nasution selaku Komandan Divisi III mengumumkan hasil musyawarah tersebut pada tanggal 24 maret 1946 pukul 14. tanpa tau tujuan dan berapa lama harus mengungsi… mereka kebanyakan mengungsi ke ciapay.Inggris kembali mengeluarkan ultimatum kedua oleh Letjen Montagu Stophord pada tanggal 17 maret 1946. setelah perundingan yang cukup alot diantara pimpinan pejuang. dan wilayah lain disekitarnya. hingga tengah malam bandung telah kosong dan hanya meninggalkan puing-puing bangunan yang masih menyala. malamnya. majalaya.00 dan jika ultimatum ini tidak dilaksanakan. Inggris akan membombardir bandung selatan”. pembakaran kota berlangsung besar-besaran. langkah ini akan diikuti oleh pejuang setelah sebelumnya akan dilakukan bumi hangus terhadap bangunan-bangunan penting. diputuskan bahwa rakyat diminta untuk meninggalkan kota bandung. apabila kini kita mendengarkan kembali lagu ini. Kolonel A. bisa dipastikan kita masih dapat merasakan semangat juang yang terjadi pada peristiwa bandung lautan api. pembumihangusan kota bandung ini merupakan langkah yang tepat.

karya seniman Sunaryo. 1. Stilasi ini disebarkan di 10 titik di wilayah Bandung. stilasi di depan Bank Jabar Banten jalan Braga. depan bangunan Drikleur (Bank BTPN sekarang). maka dibuatlah stilasi atau monument BLA oleh Bandung Heritage dengan bantuan dari American Express. Di atas gedung ini adalah tempat terjadinya perobekan xi . Di ketiga sisinya terdapat plakat jalur pengungsian BLA. Titik ke-dua. Kesepuluh titik itu mewakili peristiwa-peristiwa penting di Bandung. Bangunan bekas kantor berita Domei ini dijadikan lokasi pembacaan teks proklamasi untuk pertama kalinya oleh rakyat Bandung. dan logo American Express. seperti monumen berukuran kecil. Dulu adalah gedung DENIS Bank. Stilasi ini berbentuk prisma segitiga.mengulas balik peristiwa masa lampau. 2. Bagian atas stilasi terdapat bunga patrakomala yang terbuat dari besi.dan memberikan apresiasi terhadap perjuangan para pejuang dan Rakyat bandung dan Indonesia.Dari Makalah Penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kita dapat mengetahui peristiwa bandung lautanapi lebih detail. Rekomendasi Bukti Sejarah Monumen Bandung Lautan Api Agar BLA ( Bandung Lautan Api) tidak dilupakan dan tetap dikenang oleh masyarakat Bandung dan Masyarakat Indonesia. tinggi ± 50 cm. teks lagu Halo-Halo Bandung. Titik pertama adalah stilasi di jalan Dago tepatnya belokan Dago-Sultan Agung.

H. stilasi di pertigaan Lengkong Dalam-Lengkong Tengah. Batas garis pertahanan pemuda pejuang saat Pertempuran Lengkong. stilasi di jalan Dewi Sartika. 10.bendera merah-putih-biru menjadi merah-putih oleh pemuda Bandung E. 5. 3. 9.Karmas dan Moeljono. stilasi di kompleks SD Asmi. 4.A. Titik ke-sembilan. Sebelumnya adalah gedung pemancar NIROM dimana berita kemerdekaan dan pembacaan teks proklamasi RI disebarkan ke seluruh dunia. Rumah yang ada di belakang stilasi ini adalah rumah sekaligus markas Kol. Titik ke-delapan. 8. stilasi di jalan Jembatan Baru. Tempat perumusan dan diputuskannya pembumihangusan Bandung. xii . Titik ke-sepuluh.Toha depan gereja. Bangunan ini adalah markas bagi pemuda pejuang sebelum Bandung Lautan Api. wilayah yang dibombardir Inggris pada 6 Desember 1945. Titik ke-enam. 6. Titik ke-tujuh. 7. Merupakan pemukiman Belanda. stilasi di Rumah tepatnya di jalan Simpang. stilasi depan kantor Asuransi Jiwas Raya. stilasi di jalan Moh. Titik ke-empat. Kantor yang dulu dikenal dengan nama NILMIJ ini sempat dijadikan markas resimen 8. mengacu pada bangunan di sekitarnya yang sempat dijadikan gedung perkumpulan para pejuang dan menggambarkan kondisi Bandung yang sudah sangat gawat. Titik ke-lima. stilasi di jalan Kautamaan Istri. Titik ke-tiga.Nasution.