P. 1
Arti Dan Pengertian Dalam k3

Arti Dan Pengertian Dalam k3

|Views: 598|Likes:
Published by Gatot Priyono

More info:

Published by: Gatot Priyono on May 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2013

pdf

text

original

 Hazard adalah Suatu kondisi, secara alamiah maupun karena ulah manusia, yang berpotensi menimbulkan kerusakan atau

kerugian dan kehilangan jiwa manusia  Accident adalah suatu kejadian yang sudah terjadi dan menimbulkan kerugian  Nearmiss adalah kondisi atau situasi dalam kecelakaan yang tidak direncanakan yang tidak menyebabkan cedera, penyakit atau kerusakan tetapi memiliki potensi bahaya.  Incident adalah suatu kejadian yang tidak di inginkan,bila pada saat itu sedikit saja ada perubahan maka dapat mengakibatkan terjadinya accident  Anomaly adalah setiap kejadian atau benda yang aneh tidak biasa atau unik. Ini juga bisa berarti perbedaan/penyimpangan dari aturan yang ada. Atau penyimpangan dari bentuk normal dan tidak mudah di klasifikasikan  Mitigasi adalah serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko,bencana, baik berupa pembangunan fisik,sarana maupun berupa penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana  Unsafe action adalah seseorang yang membuat perubahan atau melakukan sesuatu yang kemudian menyebabkan ia menjadi tidak aman dengan potensi untuk menyebabkan kerusakan
Contoh : a) Karyawan bekerja tanpa memakai Alat Pelindung Diri Pekerja yang mengabaikan Peraturan K3. b) MEROKOK di daerah Larangan merokok. c) Bersendau gurau pada saat bekerja.Dll.

 Unsafe condition adalah sesuatu yang jika dibiarkan memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan Contoh :
a) b) c) d) e) Peralatan kerja yang sudah usang ( tidak laik pakai ). Tempat kerja yang acak-acakan Peralatan kerja yang tidak ergonomis. Roda berputar mesin yang tidak dipasang pelindung ( penutup ). Tempat kerja yang terdapat Bahan Kimia Berbahaya yang tidak dilengkapi sarana pengamanan ( labeling, rambu) dll.

 Apa itu OHSAS 18001?
OHSAS 18001 merupakan Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional dengan tujuan untuk menciptakan system untuk diterapkan di organisasi sehingga bisa mengurangi dampak dan resiko terhadap aktivitas yang ada di organisasi/perusahaan. OHSAS 18001:2007 adalah suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Diterbitkan tahun 2007, menggantikan OHSAS 18001:1999, dan dimaksudkan untuk mengelola aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3) daripada keamanan produk.

3. HIRADC adalah salah satu bagian dari standar ohsas 18001.1 Wire rope adalah salah satu bagian dari pesawat angkat yang berfungsi sangat penting yang menghubungkan main hoist dengan benda yang diangkat (melalui tali kawat baja tersebut) Sling adalah salah satu jenis alat bantu angkat (seperti wire rope dengan struktur berbeda biasanya lebih pendek 2-10m) . Penilaian dan Pengendalian Resiko.HIRADC dari pengertiannya saja mengandung arti Identifikasi Bahaya.2007 clause 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->